Pantai Watu Kodok, Spot Camping Asyik Di Pantai Gunung Kidul

Pantai Watu Kodok merupakan salah satu pantai di Gunung Kidul yang memiliki pemandangan indah serta menjadi lokasi yang asyik untuk mendirikan tenda.

Seperti yang sudah kalian ketahui, pantai-pantai di Gunung Kidul beberapa diantaranya memiliki spot untuk camping dengan sajian alam yang berbeda tentunya. Nah, salah satunya ialah Pantai Watu Kodok.

Pantai Watu Kodok sendiri memiliki hamparan pasir putih bersih nan lembut, serta deburan ombak yang tak begitu besar, ditambah dengan air lautnya yang jernih dan berwarna biru.

batu karang yang menjadi ikon pantai ini
batu karang yang menjadi ikon pantai ini. google maps. sumber: M.Shafry Nur Ihsan

Pantai ini dihiasi pula dengan bukit karang di kiri dan kanannya, di sekitar pantainya dihiasi oleh pepohonan yang dapat kamu gunakan untuk berteduh.

Meski Pantai Watu Kodok tak sepopuler Pantai Barong dan pantai lainnya, namun wisata bahari ini selalu saja dikunjungi pengunjung di setiap harinya.

Sejarah Penamaan Pantai Watu Kodok

Terdapat dua versi yang menceritakan tentang asal muasal penamaan dari pantai ini, yakni:

  • Bermula dari adanya sebuah patung yang menyerupai kodok, yang berada di dalam gua. Gua tersebut lokasinya berada di sebelah barat pantai. Sayangnya, gua ini hanya dapat dilalui ketika air laut sedang surut saja.
  • Ada pula yang mengatakan bahwa penyematan Watu Kodok tersebut didasarkan pada adanya batuan karang yang berbentuk seperti kodok.

Entah mana yang sebenarnya terjadi dari sejarah penamaan pantai cantik yang satu ini, namun yang pasti kata Watu Kodok berasal dari bahasa Jawa. Yang mana arti Watu ialah Batu, sedangkan Kodok artinya hewan kodok.

senja di pantai watu kodok
senja di pantai watu kodok. google maps. sumber: Desinta Anggrain

Lokasi & Alamat Pantai Watu Kodok

Lokasi Pantai Watu Kodok berada di kawasan wisata bahari Gunung Kidul, tepatnya berada di Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, D.I. Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Watu Kodok

Rute yang dapat dilalui menuju Pantai Watu Kodok jika dari Jogja, dengan mengarahkan kendaraanmu menuju Wonosari. Kemudian ambil rute ke arah Pantai Baron, lalu masuklah kamu di kawasan wisata bahari Gunung Kidul.

Kemudian belok ke arah kiri ke arah Pantai Krakal, sebelum pantai tersebut kamu akan menemukan papan nama yang menunjukkan lokasi Pantai Watu Kodok.

Dari Jogja jarak yang akan kamu tempuh sekitar 70 km, dengan estimasi waktu sekitar 2 jam perjalanan. Jalurnya dapat dilalui kendaraan motor maupun mobil.

landmark pantai watu kodok
landmark pantai watu kodok. google maps. sumber: Muhammad Aesar G. #5A Bilal Bin Rabbah

Simak: info wisata Jogja paling populer

Jam Buka Pantai Watu Kodok

Jam operasional Pantai Watu Kodok dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, selama 24 jam nonstop. Karena lokasi ini dibuka juga untuk kegiatan camping.

Tiket Pantai Watu Kodok

Harga tiket masuk Pantai Watu Kodok cukup membayar sebesar Rp. 10.000,- per orang di pintu masuk kawasan wisata. Itu artinya kamu dapat mengunjungi pantai lain yang ada di kawasan tersebut, dengan hanya membayar satu kali tiket masuk.

Sedangkan untuk kamu yang ingin camping di kawasan Pantai Watu Kodok harus membayar biaya tambahan sebesar Rp. 10.000,- per orang. Biaya tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan yang kamu bawa.

keindahan pantai dari ketinggian
keindahan pantai dari ketinggian. google maps. sumber: Francesca Nathania

Fasilitas Pantai Watu Kodok

Meski terbilang masih baru, fasilitas yang ada di sekitar Pantai Watu Kodok sudah dibilang lengkap dan memadai. Yakni dengan adanya:

  • Area parkir kendaraan
  • Kamar mandi umum
  • Area untuk camping
  • Gazebo
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Resort atau Villa

Penginapan Di Pantai Watu Kodok

Di sekitar Pantai Watu Kodok terdapat sebuah villa yang bernama Villa Watu Kodok, lokasinya sangat dekat dengan pantai. Gaya bangunannya pun sangat khas, yakni berupa kayu yang terlihat sangat eksotis.

Harga yang ditawarkan cukup aman dikantong, fasilitas yang tersedia pun sangat lengkap. Sangat cocok untuk kamu yang datang rombongan bersama keluarga atau kawan.

Ragam Wisata Di Pantai Watu Kodok

Ragam wisata yang dapat kamu lakukan ketika berada di Pantai Watu Kodok ialah:

1. Menikmati Keindahan Pantai

menikmati pantai watu kodok
menikmati pantai watu kodok. google maps. sumber: Mila Wardani

Garis pantai yang dimiliki Pantai Watu Kodok tak terlalu luas, yakni hanya sekitar 600 meteran saja, namun keindahan alam yang coba disajikan sungguh memikat.

Dengan memiliki hamparan pasir putih yang bersih, banyak pengunjung yang bersantai dengan duduk-duduk sambil memandang jauh ke arah samudera lepas.

Terlihat birunya laut berpadu dengan birunya langit, yang dihiasi awan putih serta deburan ombak yang datang silih berganti.

Kondisi pantai yang tak begitu ramai seakan memberikan waktu untuk kamu menenangkan diri dan bersantai sejenak menikmati alam.

2. Bermain air

keseruan bermain air
keseruan bermain air. google maps. sumber: yuniar ikhtiarini

Lengkapi keseruan di Pantai Watu Kodok dengan bermain air lautnya, asal kamu hati-hati dan selalu waspada aman kok. Lokasinya yang berbentuk teluk membuat ombak yang menghampiri tepian pantai tak begitu besar.

Sehingga banyak pengunjung yang bermain air di sekitar tepian pantainya, seru banget, apalagi ketika ombak datang tapi kamu malah lari untuk menghindarinya.

3. Camping

camping di pantai watu kodok
camping di pantai watu kodok. google maps. sumber: Mukminah Tb

Menikmati Pantai Watu Kodok secara lengkap dapat dirasakan dengan camping di hamparan pasir putihnya. Kamu akan menikmati sunset yang cantik diiringi deburan ombak yang menenangkan.

Menyaksikan proses pergantian hari dari siang menjadi malam, kemudian langit di malam hari dihiasi dengan bintang yang berkelap kelip.

Di pagi hari kamu akan disambut dengan indahnya sunrise, sungguh lengkap keindahan yang kamu dapatkan ketika camping di Pantai Watu Kodok.

Soal keamanan ngga perlu dikhawatirkan, karena akan ada petugas yang menjaga kemanan pengunjung selama camping di area Pantai Watu Kodok.

3. Trekking Bukit Kodok

Pantai Watu Kodok memiliki beberapa bukit yang ada di kanan dan kirinya, batuan karang tersebut dapat kamu daki dengan menyusuri jalan setapak yang sudah disediakan.

Bukit karang yang ada telah disediakan gazebo untuk pengunjung supaya dapat menikmati keindahan alam dari ketinggian dengan nyaman. Yang menjadi favorit pengunjung ialah dengan trekking ke batu kodok.

Bukit karang yang mirip kodok ini memiliki beberapa gazebo untuk kamu bersantai, lokasi ini juga sering dijadikan spot foto oleh pengunjung yang ingin mengambil view pantai dari atas.

Dari ketinggian akan terlihat dengan jelas keindahan dibalik mungilnya Pantai Watu Kodok, hamparan pasir putihnya pun tampak berkilauan.


Tinggalkan komentar