Pantai Watu Kodok, Lokasi Eksotis di Pantai Selatan Jogya

Pantai Watu Kodok merupakan salah satu pilihan tepat untuk camping di pantai. Lokasi yang mudah dijangkau dengan fasilitas yang memadai adalah paket lengkapnya.


Pantai Watu Kodok
Pantai Watu Kodok. Image via: jogjatourwisata.id

Pantai Watu Kodok berada di deretan pantai di Gunung Kidul. Pasir putih pantai sangat indah berbaur dengan biru warna air laut. Fasilitas di sana bisa dikatakan sudah memadai untuk mengakomodasi para pengunjung yang ingin camping. Pantai ini dinamakan pantai Watu Kodok dikarenakan terdapat bongkahan karang di pantai ini yang menyerupai kodok.

Lokasi Pantai Watu Kodok

Alamat pantai ini berada di Kelor Kidul, Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Watu Kodok

Pantai ini berjarak kurang lebih sekitar 70 km dari Kota Yogyakarta. Dengan arak sedemikian, pantai biasanya dicapai dalam waktu sekitar 2jam saja dari Malioboro. Jalur yang dilalui tidak begitu sulit, baik menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Kondisi jalanan cukup bagus untuk di lalui.

Rute yang paling efektif menuju pantai ini bisa anda mulai dari jalur Kota Yogyakarta, bisa memulai dengan menuju ke arah Wonosari. Kemudian anda bisa menyusuri rute ke arah Pantai Baron. setelah memasuki pintu gerbang Pantai Baron, lalu belok ke kanan, menuju ke arah Pantai Indrayanti. Dari situ terdapat papan petunjuk untuk menuju ke arah Pantai Watu Kodok.

Simak; info wisata Jogja paling populer

Sunset Pantai Watu Kodok
Sunset. Image via: jogjatourwisata.id

Jam Buka Pantai Watu Kodok

Karena pantai ini selain untuk wisata, tapi juga bisa untuk camping, maka Pantai ini buka 24 jam.

Tiket Pantai Watu Kodok

Harga tiket masuk ke wisata Pantai Watu Kodok sudah cukup murah. Pengunjung yang ingin menikmati keindahan Pantai Watu Kodok hanya akan dikenakan biaya Rp. 5000. Jika pengunjung ingin bermalam atau camping di Pantai, dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 10.000 per orang.

Untuk harga tiket parkir Pantai Watu Kodok akan dikenakan biaya Rp. 3000 untuk sepeda, motor dan Rp. 5000 untuk mobil.

Fasilitas Pantai Watu Kodok

Pantai Watu Kodok juga menyediakan fasilitas gazebo dan  warung di pinggiran pantai. Ada tempat duduk yang nyaman. Bisa juga menyewa tikar untuk bisa menikmati keindahan alam. Tak hanya itu, Watu Kodok juga difasilitasi mushola dan toilet.

Keamanan di pantai ini juga sudah bagus. Warga selalu ada yang berjaga dan berkeliling untuk memastikan keamanan pengunjung yang camping.

Meski jauh dari pusat kota, pesona pantai ini tak perlu diragukan lagi. Lalu lintas tidak terlalu macet dan jalan hampir semua sudah diaspal. Hanya arah ke pantai yang belum.

Daya Tarik Wisata Pantai Watu Kodok

  1. Karang Mirip Kodok

Tebing karang Watu Kodok
Tebing karang menawan. Image via: limakaki.com

Pantai ini didominasi oleh bongkahan batu karang. Di kawasan sepanjang pantai ini banyak terdapat karang yang cukup terjal. Karang terjal di kawasan ini menjadi daya tarik tersendiri yang memperkuat kesan natural pemandangan di sini.

Sesuai dengan namanya, Pantai Watu Kodok artinya Batu Kodok. Salah satu bongkahan karang besar di pantai ini ada yang menyerupai kodok. Inilah alasan mengapa Warga sekitar menyebut pantai ini dengan nama Pantai Watu Kodok. Dengan deretan bebatuan karang terjal dengan hamparan Pasir bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk Pantai ini. Karang inilah yang menjadi ikon pantai ini, yang membuat para pengunjung penasaran untuk mengunjunginya.

Pada sore hari, saat air laut surut, akan terlihat bebatuan karang. Pada saat itu terkadang ada binatang laut yang terjebak di cekungan batu.

  1. Spot Foto

Spot-Foto-Pantai-Watu-Kodok
Spot Foto Pantai Watu Kodok. Image via: pantainesia.com

Bagi pengunjung yang hobi fotografi, tidak usah khawatir. Di Pantai ini juga ada spot-spot yang sangat menarik untuk diabadikan bersama keluarga. Dengan suasana yang masih belum begitu ramai, sangat cocok bagi yang gemar mengunggah hasil foto ke sosial media. Atau untuk sekedar berbagi pengalaman dengan teman atau kerabat.

Selain pemandangan alam yang menawan, pengunjung juga dapat menemukan replika kapal di atas tebing. Kapal ini menghadap ke Samudera Hindia, seolah-olah naik kapal tapi dari ketinggian. Tentu dengan mudah bisa di tebak, pose favorit di replika kapal ini adalah pose ala titanic.

Selain menikmati keindahan, mengabadikan beberapa foto tentu sangat menyenangkan. Baik itu untuk dijadikan kenang-kenangan atau dibagikan di sosial media. Jika tak puas dengan hasil foto dari handphone, Teman Traveler menggunakan jasa foto dengan mengeluarkan uang sekitar Rp10.000.

  1. Lokasi Camping

camping pantai watu kodok
Camping di Pantai Watu kodok. Image via: insanjabal

Untuk pengujung yang ingin menghabiskan malam di Pantai Watu Kodok, ada cara yang murah dan menyenangkan. Pengunjung dapat bermalam dengan mendirikan tenda di pinggir Pantai. Menikmati suasana malam dengan lebih menyatu dengan alam tentunya akan menjadi pengalaman pribadi yang lebih berkesan.

Pengunjung tidak perlu khawatir mengenai keamanan anda saat camping. Di lokasi ini ada warga yang bertugas menjaga keamanan pengunjung camping dengan mengelilingi area perkemahan.

Pengunjung biasanya mendirikan tenda di pinggir pantai. Di sore hari pengunjung dapat menghabiskan waktu dengan berenang. Kondisi ombak pantai ini relatif aman untuk berenang, selama tidak terlampau jauh ke tengah. Saat semakin mendekati magrip, pengunjung juga bisa menikmati sunset yang indah di pantai.

Malam harinya pengunjung dapat menyalakan api unggun untuk menghilangkan rasa dingin. Pagi harinya pengunjung akan disuguhkan sunrise yang indah. Sungguh pengalaman yang lengkap.

  1. Pemandangan Menawan

pemandangan menawan pantai watu kodok
Pemandangan yang menawan hati. Image via: insanjabal

Pemandangan yang ada di Pantai Watu Kodok sangat menarik. Kondisi alam yang asri ditambah dengan suara ombak di bibir pantai, dihantarkan oleh angin sepoi yang berhembus. Sungguh sebuah suasana sempurna bagaikan menonton video relaksasi pengantar meditasi.

Di sepanjang pantai, pemandangan didominasi oleh karang di sepanjang pantai. Juga pasir putih pantai yang sangat bersih, terlihat eksotis dengan deburan ombak kecil yang ke arah bibir pantai.

Pasir pantainya nampak putih dan bersih dari sampah. Sangat nyaman digunakan untuk lari pagi menikmati udara pantai di pagi hari. Lalu saat ombak surut, Anda bisa melihat karang-karang yang sebelumnya tidak terlihat.

Pemandangan tersebut akan lebih sempurna lagi saat dinikmati ketika senja tiba. Belum lagi pemandangan saat matahari terbenam. Pemandangan matahari perlahan mulai menghilang ketika berada di pantai selalu menawarkan keindahan yang selalu dinanti.

  1. Gazebo

Gazebo pantai watu kodok
Gazebo di atas bukit. Image via: @jogja.istimewa

Pantai Watu Kodok ini memiliki garis pantai yang tidak terlalu panjang yaitu sekitar 600 meter saja, namun keindahan alamnya sudah tak diragukan lagi. Pada beberapa bagian pantai juga terdapat gazebo- gazebo yang sudah disediakan oleh warga sekitar. Gazebo ini bisa digunakan sebagai tempat untuk bersantai sambil menikmati keindahan pantai.

Di sebelah barat, panorama Pantai Watu Kodok dari bukit karang juga tak kalah menawan. Di puncak bukit karang itu, juga terdapat gazebo-gazebo yang disediakan untuk bersantai para pengunjung. Lekukan indah garis pantai nampak luas, dengan perbukitan karang yang hijau. Semua keindahan ini menambah betah para pengunjung untuk berlama-lama. Berlama-lama menikmati panorama alam sekitar di atas bukit karang tersebut.

Gazebo di bukit pantai watu kodok
Gazebo di ketinggian. Image via: alodiatour.com
  1. Kuliner

Mengenai makanan, pantai ini punya sejarah tersendiri. Oleh penduduk sekitar, pantai ini juga dikenal dengan nama watu kopen. Nama ini berkaitan dengan sejarah pantai. Pada masa lalu pernah dipakai sebagai lokasi camp tentara Belanda. Tempat ini dahulu digunakan sebagai lokasi memanaskan makanan oleh tentara Belanda saat itu. Setelah Belanda meninggalkan lokasi ini, ada dua warga yaitu Kerto Kliwon dan Setro Semang melanjutkan memberdayakan lahan di sekitar pantai ini. Mereka berdua yang menjadi penduduk awal kawasan pantai ini.

Saat ini di sepanjang pantai terdapat Warung makan. Warung makan ini menyediakan beberapa jenis makanan dan minuman bagi pengunjung. Pengunjung yang menjadi konsumen bisa pengunjung yang kehabisan ataupun yang memang tidak membawa persediaan makanan dan minuman.

Menikmati sajian khas ala pantai Watu Kodok akan menambah kesan menyenangkan untuk liburan anda bersama keluarga. Pengunjung bisa memilih menu-menu yang tersedia di sana bahkan dengan harga yang relatif murah dan sangat cocok di kantong.

Tips Mengunjungi Pantai Watu Kodok

Saat mengunjungi pantai Watu Kodok ada beberapa hal ringan yang sebaiknya diingat. Agar wisata menyenangkan tidak terganggu oleh hal-hal kecil. Hal-hal yang sebenarnya dapat diantisipasi dengan mudah sejak awal.

  • Bawa topi dan Sunblock.
  • Bawa camilan dan minuman
  • Bawa kacamata hitam
  • Selain sepatu sol datar, bawa juga sandal. Sandal lebih nyaman saat dipakai berjalan di atas pasir.
  • Jangan pakai pakaian berwarna gelap, apalagi hitam.
  • Bawa kotak P3K. Terutama jika memutuskan untuk camping.
  • Bawa Waterproof Case untuk HP. Selain melindungi dari air dan embun, juga melindungi dari pasir.
  • Pastikan HP tercash penuh, dan juga bawa Power Bank.
Sunset Pantai Watu kodok
Eksotisnya Sunset di balik karang kodok. Image via: backpackerjakarta.com

Objek Wisata Dekat Pantai Watu Kodok

Pantai Watu kodok lokasi nya berdekatan dengan pantai Drini. Pantai terkenal ini berlokasi hanya 300 meter di timur pantai watu kodok. Kedua pantai ini hanya dipisahkan oleh bukit karang. Namun karena bukit karang itu sangat terjal, jika ingin melanjutkan wisata ke pantai drini, dari pantai watu kodok harus mengambil jalan memutar. Jalan memutar itu jauhnya sekitar 2 km, yang bisa ditempuh dengan jalan kaki selama 30 menit.

Lebih ke timur lagi, dalam jarak 3.5 km terdapat pantai Ngrumput. Dari pantai Watu kodok, Pantai ngrumput bisa dicapai dengan kendaraan bermotor. Membutuhkan waktu hanya 12 menitan saja. Di kawasan pantai ngrumput terdapat sebuah bukit dengan ketinggian 50. Dari atas bukit dengan nama Kosakora ini, pengunjung bisa melihat pemandangan indah yang luas. Bukit Kosakora ini juga dimanfaatkan pengunjung untuk memasang tenda.

Sekian dulu cerita kami mengenai pantai indah watu kodok. Jadi tidak perlu jauh-jauh mencari Destinasi Wisata yang pantai yang indah sampai ke luar negeri. Di tanah sendiri sangat banyak pantai yang tak kalah keindahan dan keunikan nya. Pantai-pantai itu bisa dijadikan tujuan liburan yang juga tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal. Dan tidak terlalu menyita waktu dengan perjalanan yang jauh.

 

 

 

 

 

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment