Pantai Watu Ulo, Wisata Pantai Eksotis di Pesisir Selatan Jawa Timur

Pantai Watu Ulo adalah sebuah pantai yang lokasinya terletak di pantai selatan Jawa Timur. Mayoritas penduduk di Pantau Watu Ulo berasal dari etnis Madura dan kebanyakan berprofesi sebagai nelayan dan petani.

wisata pantai watu ulo
wisata pantai watu ulo. google maps. sumber : Ardhan Febriansyah

Pantai Watu Ulo merupakan pantai yang unik dan menarik. Nama Pantai Watu Ulo berasal dari bahasa Jawa, yaitu Watu yang berarti Batu dan Ulo yang berarti Ular. Jadi Pantai Watu Ulo dapat diartikan sebagai Pantai Batu Ular. Karena mempunyai susunan batu panjang yang menjorok ke pantai. Dan susunan batu panjang tersebut meyerupai bentuk ular.

Pantai Watu Ulo menjadi salah satu destinasi wisata pantai yang berada di pesisir selatan Kabupaten Jember. Lokasi Pantai Watu Ulo berdekatan dengan Pantai Papuma, keduanya merupakan objek wisata pantai di Jember. Pantai yang cukup populer di Jember karena memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Memiliki pantai yang indah dengan pulau-pulau kecil yang ada di sekitarnya. Air lautnya jernih kebiruan dengan hamparan pasir hitam yang eksotis. Mengunjungi pantai Watu Ulo, pengunjung juga akan dimanjakan dengan berbagai spot foto instagramable.

Alamat Pantai Watu Ulo

  • Desa Sumberrejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Jam Buka

  • Buka setiap hari. 24 jam.

Harga Tiket Masuk

  • Harga Tiket Masuk : Rp.10.000,-

Rute ke Pantai Watu Ulo

Jarak tempuh menuju Pantai Watu Ulo dari Kota Jember sekitar 38 km. Dengan waktu tempuh perjalanan kurang lebih satu jam. Perjalanan dapat melalui Jalan Semeru, Jalan Argopuro, Jalan Kawi, Jalan Kopral Soetomo, Jalan Raya Suyitman, dan Jalan Raya Watu Ulo.

Transportasi

Untuk mencapai lokasi Pantai Watu Ulo ini cukup mudah, lokasinya tidak terlalu jauh dari kota dan kondisi jalannya sudah cukup bagus. Anda bisa mengunjungi pantai ini dengan menggunakan kendaraan mobil maupun motor. Jalur yang akan dilalui juga cukup bagus. Begitu juga dengan aksesnya yang mudah dilalui oleh kendaraan.

Ada Apa di Pantai Watu Ulo

wisata pantai watu ulo jember
wisata pantai watu ulo jember. google maps. sumber : Kevin Arf

Wisata Pantai Watu Ulo Jember dikenal dengan pemandangannya yang indah dan menawan. Tempat wisata ini juga menyimpan keunikan tersendiri yang membuatnya begitu istimewa.

Batu Panjang Mirip Sisik Ular

batu khas pantai watu ulo
batu khas pantai watu ulo. google maps. sumber : Simona Diah

Salah satu daya tarik utama Pantai Watu Ulo adalah batu yang memanjang ke lautan. Dengan ukuran panjang sekitar 110 meter dan lebar kurang lebih 4 meter batu tersebut menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Bentuk permukaan batu yang menyerupai sisik ular raksasa memberikan kesan mistis dan memikat bagi para pengunjung. Keunikan formasinya pun tak lepas dari beragam legenda yang melingkupinya. Dalam batas tertentu, batu panjang tersebut dapat dilewati oleh pengunjung untuk menikmati keindahan pantai.

Hamparan Pasir Luas

hamparan pasir pantai watu ulo
hamparan pasir pantai watu ulo. google maps. sumber : Chika Ainur Rifki

Pantai Watu Ulo juga menawarkan pesona alam yang memukau. Hamparan pasir di sekitar pantai memberikan suasana yang khas. Ke arah timur anda akan dimanjakan dengan panorama garis pantai yang luas. Daerah tersebut berbatasan dengan bukit-bukit di Payangan dan Taman Nasional Meru Betiri.

Sunset Menawan

sunset di pantai watu ulo
sunset di pantai watu ulo. google maps. sumber : Ipung Muhammad

Jangan lewatkan untuk menikmati momen Sunset di sekitar Watu Ulo. Menawarkan pemandangan matahari terbenam yang begitu mempesona.

Keliling Pantai Naik Delman

keliling pantai naik delman
keliling pantai naik delman. google maps. sumber : Puji Harti

Salah satu kegiatan menarik di pantai ini adalah mengelilingi pantai dengan menggunakan delman. Anda bisa menikmati pemandangan setiap sudut pantai tanpa harus merasa kelelahan.

Keindahan Pantai dari Atas Bukit

Di Pantai Watu Ulo terdapat bukit barisan yang mengelilingi wisata pantai ini. Bukit yang tidak terlalu tinggi dapat menjadi kegiatan trekking santai bagi para pengunjung.

pemandangan pantai watu ulo
pemandangan pantai watu ulo. google maps. sumber : reinkarnasi 88

Sesampainya di puncak bukit anda akan disajikan pemandangan pantai yang indah. Banyak para wisatawan yang sengaja naik ke atas puncak untuk melihat pemandangan dan juga menjadikannya latar untuk berfoto.

Berswafoto

foto di pantai watu ulo
foto di pantai watu ulo. google maps. sumber : Aditiya Zamrud Anggar Kasih
berswafoto di pantai watu ulo
berswafoto di pantai watu ulo. google maps. sumber : Fery _ ija hangga
berswafoto di pantai watu ulo jember
berswafoto di pantai watu ulo jember. google maps. sumber : Simona Diah

Pihak pengelola pantai juga menyediakan beberapa spot foto menarik bagi para wisatawan. Terdapat ayunan yang ada di pinggir pantai dengan alas pasir dan berlatar belakang pantai yang indah. Spot foto tersebut menjadi salah satu tempat favorit untuk mengabadikan momen liburan wisatawan. Selain itu, anda juga bisa berfoto di batu yang berbentuk ular yang menjadi ciri khas dari pantai ini.

Ikan Bakar di Tepi Pantai

Selain menyajikan keindahan pantai, anda juga bisa menikmati kuliner yang ada di sekitar pantai. Salah satu sajian menu khas di kawasan pantai adalah ikan bakar. Menikmati sajian lezat di tepi pantai sambil melihat keindahan pantai.

Fasilitas Pantai Watu Ulo

Berikut adalah fasilitas dan sarana umum yang tersedia di Pantai Watu Ulo Jember.

  • Area parkir
  • Toilet
  • Mushola
  • Camping ground
  • Penjual makanan dan minuman
  • Toko souvenir dan lain-lain

Hotel Sekitar Pantai Watu Ulo

Hotel, villa atau penginapan sekitar Pantai Watu Ulo.

  • Hotel Watu Ulo Asri
    Jl. Raya Watu Ulo, Brego, Sumberrejo, Kec. Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68172.
  • Hotel Ambulu
    Hotel bintang 3. Jl. Manggar No.200, Tegalsari, Kec. Ambulu, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68172. (0336) 884488.

Tempat Wisata Sekitar Pantai Watu Ulo

Tempat wisata lain sekitar Pantai Watu Ulo.

  • Pantai Payangan
  • Teluk Love
  • Bukit Samboja
  • Dira Park Ambulu
  • Pantai Papuma

Video Pantai Watu Ulo

Video Pantai Watu Ulo berikut dikutip dari channel : JOIN Channel

Penutup

Pantai Watu Ulo merupakan salah satu objek wisata populer dan andalan Kota Jember. Setiap akhir pekan dan libur panjang tiba, para wisatawan banyak yang mengunjungi pantai ini. Terutama pada saat libur hari besar seperti Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru.