Pantai Wediombo, Lokasi Surfing Dan Sunset Terbaik

Pantai Wediombo merupakan sebuah pantai yang berada di Gunung Kidul, Yogyakarta. Seperti kalian ketahui Kabupaten Gunung Kidul memiliki banyak pantai cantik dan unik.

Beberapa diantaranya bahkan masih alami dan belum banyak terjamah oleh manusia, diantara pantai-pantai yang ada di Gunung Kidul ialah:

Dan masih banyak lagi yang lainnya, kamu dapat kunjungi Nativeindonesia.com untuk informasi pantai-pantai unik dan indah yang ada di Kabupaten Gunung Kidul, Jogja.

alam indah pantai wediombo
alam indah pantai wediombo. google maps. sumber: pemikir kini

Pantai Wediombo ini sangat istimewa, karena menurut informasi yang ada konon katanya pantai ini terbentuk akibat letusan gunung api purba.

Dimana bentuk teluknya yang menyerupai setengah lingkaran, dulunya merupakan kawah dari gunung api tersebut yang tenggelam ke dasar permukaan laut seiring berjalannya waktu.

Di sebelah timur pantai terdapat batuan karang yang merupakan sisa-sisa lelehan lava yang membeku, batuan karang tersebut memiliki beberapa lubang di sekitarnya.

Lokasi dan Alamat Pantai Wediombo

Pantai Wediombo beralamat di Dusun Jepitu, Desa Girisubo, Kecamatan Pendowo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Lokasinya berdekatan dengan Pantai Jungwok.

Rute Menuju Pantai Wediombo

Untuk menuju Pantai Wediombo, kamu dapat melalui rute melalui jalur Piyungan dan Pathuk hingga tiba di Wonosari jika kamu bergerak dari arah Yogyakarta.

Lalu arahkan kendaraan ke Desa Mulo, kemudian belok kiri menuju Jepitu dan terakhir beloklah ke arah kanan menuju Pantai Wediombo.

Setelah memakirkan kendaraan mobil khususnya, kamu harus melanjutkannya dengan berjalan kaki dengan sebelumnya menuruni tangga terlebih dahulu.

Untuk parkir motor terdapat dua lokasi, di bagian atas dan di bagian bawah setelah tangga.

area parkir kendaraan
area parkir kendaraan. google maps. sumber: pemikir kini

Baca: review museum Ullen Sentalu

Jam Buka Pantai Wediombo

Jam operasional Pantai Wediombo dibuka setiap hari Senin hingga Minggu selama 24 jam nonstop, waktu terbaik mengunjungi Pantai Wediombo ialah ketika sore hari sesaat sebelum sunset.

Tiket Masuk Pantai Wediombo

  • Tiket masuk Pantai Wediombo cukup dengan membayar Rp. 5.000,- saja per orangnya.
  • Sedangkan untuk parkir motor sebesar Rp. 3.000,-
  • Dan untuk parkir mobil sebesar Rp. 5.000,-
warna airnya cantik sekali
warna airnya cantik sekali. google maps. sumber: pemikir kini

Baca juga: tempat wisata populer di Yogya

Fasilitas Di Pantai Wediombo

Fasilitas yang ada di sekitar Pantai Wediombo pun sudah sangat lengkap, dengan tersedianya:

  • Area parkir kendaraan motor maupun mobil
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Toko-toko yang menjajakan pakaian
  • Toilet umum
  • Penginapan

Penginapan Di Pantai Wediombo

Pantai Wediombo merupakan lokasi favorit yang selalu ramai dikunjungi wisatawan yang datang dari mana saja. Apalagi di sekitar pantai terdapat penginapan atau homestay.

Harga yang ditawarkan mulai dari Rp. 50.000 hingga Rp. 200.000an per malamnya, sehingga kamu dapat menyesuaikannya dengan budget yang dimiliki.

sunset di wedi ombo
sunset di wediombo. google maps. sumber: Wibie Wibie

Daya Tarik Pantai Wediombo

Pantai Wediombo merupakan salah satu pantai favorit di Gunung Kidul yang tak pernah sepi pengunjung. Ketika pandemi seperti sekarang ini, pantai ini mungkin tak begitu ramai seperti biasanya.

Banyak pengunjung yang memilih untuk istirahat sejenak dengan menikmati alam di sini, berikut daya tarik yang dimiliki Pantai Wediombo:

1. Hamparan pasirnya yang luas

keseruan di pantai wedi ombo
keseruan di pantai wediombo. google maps. sumber: Papa Rasya

Baca: review wisata Pantai Siung

Pantai Wediombo memiliki hamparan pasir yang cukup luas, sesuai dengan nama yang tersemat yakni Wedi artinya pasir dan Ombo yang berarti luas.

Di hamparan pasirnya kamu dapat bersantai dengan menggelar tikar sambil menikmati indahnya pantai dengan deburan ombaknya yang cukup menjadi pusat perhatian.

Di sepanjang pasirnya terdapat beberapa payung besar, yang dapat kamu gunakan untuk berteduh dari teriknya sinar sang mentari.

Kamupun dapat bermain air dengan menunggu ombak yang datang, kemudian berlari untuk menghindarinya. Jangan terlalu ke tengah ya…karena ombaknya cukup kencang.

Di sebelah timur pantai pasirnya dihiasi olah batuan karang dengan berbagai ukuran dan bentuk, banyak pengunjung yang memanfaatkannya sebagai lokasi untuk berfoto.

2. Laguna Wediombo

laguna wedi ombo
laguna wediombo. google maps. sumber: Ivan Zenda Yujuanna

Simak: info seputar Pantai Kukup

Lokasi Laguna Wediombo memang cukup jauh dari pantainya, yakni sekitar 600 meter ke arah selatan. Dimana kamu akan berjalan melalui batuan karang yang datar.

Laguna tersebut layaknya sebuah kolam renang alami dengan hiasan batuan karang di sekitarnya. Air di lagunanya sangat jernih dan bersih, jika airnya sedang surut kedalamannya hanya sekitar paha orang dewasa.

Namun, jika airnya sedang pasang kedalamannya bisa mencapai 1 meter lebih, dengan deburan ombak yang menghempas batu karangnya membentuk air terjun alami yang sangat indah.

Di sekitar laguna sudah tersedia warung sederhana yang menjajakan makanan dan minuman, jadi meski jauh dari lokasi pantai kebutuhan logistik kamu tetap aman kok….

3. Spot Memancing

spot untuk memancing
spot untuk memancing. google maps. sumber: Papa Rasya

Ketika berjalan untuk menuju lokasi Laguna Wediombo, kamu akan melalui spot untuk memancing. Banyak para mancing mania yang sedang menanti umpannya dimakan ikan.

Memancing di lautan memiliki keseruan tersendiri dibanding memancing di kolam pemancingan. Untuk memancing di sini kamu harus membawa perlengkapan sendiri ya….

4. Lokasi Surfing Dan Snorkeling Terbaik

Lihat juga: info wisata Pantai Ngobaran

Daya tarik selanjutnya dari Pantai Wediombo ialah merupakan salah satu lokasi surfing terbaik yang ada di Gunung Kidul. Deburan ombaknya kencang dan relatif tetap.

Jika hendak melakukan snorkeling kamu harus naik perahu terlebih dahulu, kemudian menuju lokasi snorkeling yang mantap jiwa.

mengabadikan sunset pantai wedi ombo
mengabadikan sunset pantai wediombo. google maps. sumber: bang beming

5. Sajian Sunset Yang Menawan

Pantai Wediombo menghadap ke arah barat, sehingga dapat dipastikan memiliki panorama sunset atau matahari tenggelam yang sangat sempurna.

Maka waktu terbaik datang ke Pantai Wediombo ialah ketika sore hari, dengan duduk-duduk di atas hamparan pasirnya kamu menanti sang mentari kembali ke peraduan.

Mengabadikan keindahan sunset jangan sampai kamu lewatkan, siluet yang indah dan cantik akan tercipta dengan sempurna.


Tinggalkan komentar