Pantai Wediombo, Pantai di Perbatasan Jogja Yang Menawan

Menikmati hari libur memang paling asyik di pantai sambil nyantai. Nah, Indonesia mempunyai beragam pantai yang unik dan indah. Tidak hanya itu saja, cukup banyak pantai di Indonesia selalu menjadi perbicangan netizen baik dalam negeri maupun luar negeri. Mereka seakan terbius dengan ombak dan kejernihan air lautnya.


Di Yogyakarta, ada satu pantai yang keren dan menawan. Walaupun letaknya cukup jauh, berada di paling ujung provinsi Yogyakarta dan berbatasan dengan provinsi Jawa Tengah. Memiliki pesona karang yang aduhai, membuat Pantai Wediombo menjadi incaran sobat native untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarga.

Pantai Wendi Ombo
Pantai Wedi Ombo. Image via: wisatakaka.com

Seputar Pantai Wedi Ombo

Wedi Ombo adalah sebuah nama yang berasal dari bahasa jawa. Bila diartikan, wedi artinya pasir, dan Ombo artinya luas. Jadi, Pantai Wedi Ombo adalah sebuah objek wisata pantai yang memilliki pasir luas. Bila dilihat, memang kawasan ini lebih luas diantara beberapa pantai yang ada di sekitar wedi ombo.

Saat menginjakkan kaki pertama kali di kawasan ini. sobat native bisa melihat bagaimana kejernihan air lautnya yang berwarna biru membiru. Disertai dengan berbagai macam karang-karang nan elegan, membuat pesona wedi ombo terlihat lebih menggoda di antara pantai yang lainnya.

Baca juga: tempat wisata populer di Yogya

laut dan karang
Ketika pantai berpelukan dengan karang. Image via: wisatakaka.com

Ombak-ombak bersahutan menabrak karang-karang yang tetap kokoh menjulang. Tabrakan dari ombak ini terkadang menghadirkan pesona lain berupa air terjun yang mengalir diantara bebatuan, mengalir perlahan dari atas menuju kembali ke lautan. Momen seperti inilah yang biasa di tunggu oleh sobat native.

Sepertinya, sobat native harus membawa baju pengganti supaya lebih nyaman dan aman untuk berenang. Karena, di tempat ini ada kolam renang alami yang bisa digunakan untuk bermain air. Kolam ini cukup luas dengan air yang sangat jernih. Siapa pun pasti tidak akan sanggup menahan iman, untuk tidak masuk ke dalamnya.

Menariknya lagi, kolam ini terbentuk karena adanya pembatas berupa karang-karang. Jadi, sobat native bisa melakukan aksi lompat indah dari karang ini. Bila sore atau pagi tiba, banyak pengunjung yang datang dan langsung menikmati kawasan ini. Tidak hanya yang tua saja, anak muda pun ikut menikmatinya.

kolam alami
Kolam alami. Image via: brobali.com

Baca: review wisata Pantai Siung

Kedalaman kolam ini sendiri mencapai 1,5 meter jadi, apabila membawa anak-anak disarankan untuk lebih berhati-hati. Dari sini, sobat native bisa melihat air terjun alami yang terjadi beberapa menit sekali. Saat ombak yang datang sangat deras menerjang. Sungguh pesona alam yang luar biasa.

Menikmati kawasan ini sebenarnya tidak harus basah-basah. Karena, hanya duduk di pantai dan meikmati segala sajian yang ada di depan mata sudah menjadi sebuah nikmat yang tidak bisa didustakan. Apalagi, kebanyakan pesona disini adalah karang-karang yang sudah dipenuhi dengan lumut, sehingga berwarna hijau.

Berpadu dengan semilir angin nan sejuk membuat hati terasa damai. Semua beban masalah seakan kabur bersama dengan angin yang berhembus. Akan lebih nikmat lagi, bila sobat native menikmati es kelapa muda yang diambil langsung dari pohonnya.

Bisa kebayang bukan, panas-panas, di pinggir pantai sambil menikmati es kelapa muda. Sungguh indah nian hidup ini.

yang lain ngotrak
Orang lain ngontrak. Image via: yogyes.com

Simak: info seputar Pantai Kukup

Terasa lebih nikmat lagi bila duduk berdua bersama sang kekasih. Dunia pasti akan terasa milik berdua. Selain kelapa muda ada juga beberapa penjual buah-buahan keiling, yang menghadirkan buah-buah segar.

Jangan lewatkan momen matahari terbenam yang bisa disaksikan di pantai wedi ombo. Lihat pula langitnya yang akan berubah menjadi jingga. Perpaduan warna yang sempurna. Jangan lewatkan momen ini untuk diabadikan di dalam gambar dan juga foto. Agar kenangan itu bisa selalu tersimpan.

Bila lapar, jangan takut karena, di kawasan ini sudah tersedia warung-warung makan yang menyediakan berbagai macam menu makanan lezat. Dengan harga bersahabat dan pasti mampu menggoyang lidah. Jadi, jangan sampai ketinggalan menikmati berbagai macam sajian menu kuliner di sini ya

makan
Kuliner pantai. Image via: gudeg.net

Keunggulan lain dari kawasan ini adalah warga sekitar yang sangat ramah dan bersahaja. Mereka dengan senang hati menolong sobat native bila membutuhkan bantuan. Selain itu, mereka juga bisa menunjukkan berabagai macam tempat wisata lainnya di sekitar wedi ombo. Hal inilah yang memang disukai wisatawan mancanegara dimana, sebagian penduduk disini sudah paham dan mampu berbicara bahasa inggris dengan fasih.

Lihat juga: info wisata Pantai Ngobaran

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa menikmati kawasan ini sobat native akan dikenakan biaya sebesar 5 ribu rupiah. di tambah dengan biaya parkir sebesar 10 ribu rupiah untuk mobil dan bagi pengguna kendaraan bermotor, sobat native akan dikenakan biaya sebesar 5 ribu rupiah.

Bagi yang ingin mengadakan camping, sobat native akan dikenakan biaya sebesar 35 ribu rupiah per malam. nah, biaya menginap untuk motor adalah 10 ribu rupiah. untuk mobil akan dikenakan tarif inap sebesar 20 ribu rupiah. Sayangnya, di sini belum tersedia tempat penyewaan tenda. Jadi, sobat native wajib membawa tenda sendiri.

pantai berbatu
Pantai berbatu. Image via: brobali.com

Alamat Pantai Wediombo

Pantai Wedi Ombo berada di Dusun Jepitu, Desa Girisubo, Kecamatan Pendowo, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. jarak yang harus di tempuh kurang lebih 100 km. dengan waktu tempuh kurang lebih 2, 5 jam dari kota Yogyakarta.

Rute ke Lokasi

Menuju ke tempat ini ada beberapa alternatif yang bisa di tempuh dari Yogyakarta menuju ke wonosari melalui jalur piyungan dan pathuk. Kemudian, arahkan kendaraan menuju ke desa mulo. Lalu ke kiri kearah jepitu. Dari sini belok ke kanan menuju kearah pantai wedi ombo.

Apabila sobat native berasal dari praci wonogori, bisa melalui rute praci menuju ke rongkop kearah nglindur. Lalu, lanjutkan perjalanan menuju ke pasar ngrancah. Belok ke kanan, kearah jepitu. Kemudian, belok kiri dan ikuti jalan hingga sampai di pantai wedi ombo.

Penginapan pantai.
Penginapan pantai. Image via: gunungkidulku.com

Baca: review museum Ullen Sentalu

Penginapan Di Sekitar

Tempat ini memang sangat menawan, siapa pun pasti ingin datang dan menyaksikan. Jika, perlu menginap di penginapan sekitar. sayangnya, penginapan disini masih belum ramah. Sehingga, akan terasa sangat sulit bila mencarinya disini. penginapan terdekat ada di Pantai Indrayanti. Atau di pondok lembah bukit yang berada di Pracimantoro.

Jangan bersedih dahulu, masih ada alternatif yang bisa dilakukan sobat native bila ingin menikmati nuansa malam yang kece di sini. Dengan camping. Di wedi ombo ada sebuah area yang cukup luas. Area ini, memang dimanfaatkan untuk camping bagi mereka yang ingin lebih dekat dengan alam.

Coba rasakan bagaimana keindahan bintang-bintang di wedi ombo yang berpadu dengan kecerian dan kehangatan sobat native. Bersama dengan api unggun dan ikan-ikan bakar, menjadikan tempat ini tidak pernah sepi saat week end tiba.

mancing
Memancing dimpantai. Image via: dedlee30.blogspot.com

Pantai Wedi Ombo adalah tempat yang selalu menjadi incaran tidak hanya warga nusantara saja. melainkan, warga mancanegara yang juga sudah mulai melirik kawasan ini. Jangan lupa, untuk menikmati kawasan ini bersama dengan sahabat, keluarga, dan juga teman. Jadi, kapan sobat native mengunjungi kawasan ini?

Selamat berlibur!

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment