Pantai Wohkudu, Pantai Tersembunyi Nan Cantik

Pantai Wohkudu merupakan sebuah pantai yang tak begitu luas, namun memiliki keindahan alam yang ajib banget. Lebarnya hanya sekitar 20 hingga 25 meter saja, di kiri dan kanan pantainya terdapat batu karang yang besar.

Pantai di Kabupaten Gunungkidul memang istimewa, mereka selalu mempunyai ciri khas tersendiri yang membuat kita berdecak kagum.

hiasan batu karang di pantai wohkudu
hiasan batu karang di pantai wohkudu. google maps. sumber: Wandi Sukoco

Simak: daftar tempat wisata di Yogyakarta yang populer

Begitupun dengan Pantai Wohkudu, pantai ini memiliki landscape alam yang cukup unik. Lokasinya yang serasa pantai pribadi, jauh dari keramaian dan tersembunyi. Sangat cocok untuk kamu yang ingin istirahat dan rileks sejenak dari semua aktivitas yang menjemukkan.

Pantai ini berbentuk teluk, dengan bebatuan karang yang tersebar di sekitar pantai. Sehingga derasnya ombak tak terlalu terasa ke pesisir pantai.

Lokasi & Alamat Pantai Wohkudu

Secara administratif Pantai Wohkudu berada di Kampung Nglaos, Desa Girikerto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta.

Lokasinya berada sekitar 1 km dari Pantai Kesirat ke sebelah timur.

area untuk menyimpan kendaraan
area untuk menyimpan kendaraan. google maps. sumber: diy hajar

Rute Menuju Pantai Wohkudu

Rute yang dapat kamu tempuh jika dari Jogja dapat melalui Jl. Wonosari maupun Jl. Raya Imogiri.

Jika kamu memilih rute lewat Jl. Wonosari yakni dengan mengarahkan kendaraan menuju Kecamatan Panggang, dilanjutkan ke arah desa Girkerto hingga tiba di Kampung Nglaos.

Apabila rute yang dipilih lewat Jl. Raya Imogiri, kamu bisa mengarahkan kendaraan menuju Pasar Imogiri. Lalu dilanjutkan dengan melewati Jembatan Sungai Oyo ke arah Pantai Gesing.

Jalur ini dibilang cukup ekstrim, karena cukup berkelok-kelok dan menanjak. Sehingga kamu harus terus fokus, dengan kendaraan yang prima pastinya.

Trekking Menuju Pantai Wohkudu

trekking menuju pantai wohkudu
trekking menuju pantai wohkudu. google maps. sumber: Ardhia Mangku Ikhsan

Untuk menuju lokasi Pantai Wohkudu kamu harus melakukan trekking terlebih dahulu. Sama halnya dengan Pantai Kesirat yang lokasinya berada di antara tebing batu.

Trekking yang kamu lakukan cukup menguras tenaga, meski hanya sekitar 15 menit perjalanan. Kamu harus menapaki jalur yang masih alami, berupa tanah dan bebatuan dengan jalur yang tidak rata.

Kadang menurun, terkadang datar, kadang pula sempit. Di kiri dan kanan jalan yang ada hanyalah pepohonan yang cukup rindang. Siapkan fisik yang kuat serta alas kaki yang nyaman untuk menunjang trekking menuju Pantai Wohkudu.

Jam Buka Pantai Wohkudu

Jam operasional Pantai Wohkudu dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, selama 24 jam nonstop. Namun, jika kamu tidak berniat untuk camping, sebaiknya datang dan pulang ketika matahari masih bersinar.

Hal tersebut dikarenakan akses trekking menuju Pantai Wohkudu belum dilengkapi lampu penerangan jalan.

Tiket Pantai Wohkudu

Untuk biaya tiket, saat akan masuk ke lokasi wisata ini, harganya sangat murah. Tiket masuk hanya Rp 2.000,-. Untuk pengunjung yang masuk menggunakan mobil dikenakan lagi biaya tambahan Rp 5.000.

Bagi pengunjung yang berkemah, dikenakan biaya menginap sebesar Rp 20.000,-. Untuk mandi dan buang air besar, toilet umum dikenakan biaya Rp 5.000,-.

bermain air di pantai wohkudu
bermain air di pantai wohkudu. google maps. sumber: Ary Daryati

Fasilitas Di Sekitar Pantai Wohkudu

Meskipun lokasinya terbilang masih tersembunyi, bukan berarti tidak ada fasilitas yang dimiliki. Fasilitas umum yang ada di sekitar Pantai Wohkudu, diantaranya:

  • Toilet umum
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Area camping
  • Area parkir kendaraan

Daya Tarik Pantai Wohkudu

Meski lokasinya tersembunyi pantai ini selalu menjadi pilihan pengunjung untuk menghabiskan waktu bersama alam, karena memiliki daya tarik sebagai berikut:

1. Pantai Tenang Dan Indah

pantai wohkudu
pantai wohkudu. google maps. sumber: haiban najid

Daya tarik yang pertama dari Pantai Wohkudu ialah alamnya yang asri dan masih sangat alami. Alamnya dihiasi oleh bukit karang yang cukup tinggi serta batu karang kecil ikut menghiasi di sekitar lautnya.

Ketika berada di Pantai Wohkudu kamu akan merasakan sensasi seperti sedang berada di negeri antah berantah. Dengan suasana alam yang tenang diiringi deburan ombak yang menenangkan, serta batuan karangnya yang kokoh seakan melindungi.

Hamparan pasirnya cukup luas dan berwarna putih bersih, kamu dapat duduk-duduk di atasnya dengan nyaman memandang ke arah laut lepas yang luas.

Hempaskan semua rasa gundah dan penat yang terasa dalam diri, gantilah dengan energi dan semangat yang baru.

2. Camping Area

terdapat lapangan yang luas untuk camping
terdapat lapangan yang luas untuk camping. google maps. sumber: Peralta

Tak tampak semua hal yang modern dan kekinian ada di Pantai Wohkudu, sehingga pantai ini menjadi salah satu destinasi untuk camping.

Apalagi pantai ini memiliki area lapang yang cukup luas, namun tak sedikit pengunjung yang memilih mendirikan tenda di bawah batu karang yang melengkung.

Menikmati panorama alam yang indah di sepanjang malam, pas banget untuk kamu yang menyukai jiwa petualang. Alam memang luar biasa, selalu punya cara membuat kita nyaman dan enggan untuk beranjak pergi.

camping di atas hamparan pasir
camping di atas hamparan pasir. google maps. sumber: kukuh tantya

3. Spot Memancing

Pantai Wohkudu juga dimanfaatkan untuk memancing, terdapat beberapa spot yang biasa digunakan untuk memancing.

Para mancing mania harus membawa alat pancing dan umpannya sendiri, karena di sini tidak ada kios penyewaan alat pancing maupun umpannya.

Kegiatan memancing dapat juga diselipkan ketika kamu sedang berkemah, selesai mancing kamu dapat langsung membakarnya dengan peralatan seadanya.

Primitif memang, tapi seru dan tak terlupakan. Pasti nikmat banget….


Tinggalkan komentar