Pasar Ceplak, Street Food Garut Lestari Di Tengah Modernisasi

Pasar Ceplak ternyata tetap mendapatkan tempat khusus di hati masyarakat Garut, sebagai wisata kuliner yang legendaris, dan bersejarah. Sekalipun saat ini sudah banyak pilihan tempat kuliner yang menyajikan beragam konsep yang lebih kekinian.

Pasar Ceplak seakan menasbihkan bahwa Garut memiliki wisata kuliner, dan wisata malam, sekaligus street food yang sangat layak untuk dikunjungi.

pasar ceplak garut
pasar ceplak garut. sumber: kikey

Pasar Ceplak Garut pun mesti diakui tidak luput dari kontroversi, khususnya terkait area jalan yang dijadikan tempat berjualan makanan oleh para pedagang.

Bahkan Pasar Ceplak Garut sempat direlokasi, alias berpindah tempat. Namun, ternyata perpindahan tersebut menuai banyak kontroversi, karena sisi sejarah Pasar Ceplak dianggap menjadi tidak ada.

Penasaran apa saja daya tarik Pasar Ceplak? Dan inilah review tentang Pasar Ceplak yang wajib anda ketahui.

Simak juga: Alun – Alun Garut, wajah Baru Yang Instagramable

Lokasi Pasar Ceplak

  • Lokasi Pasar Ceplak terletak di Kawasan Pengkolan Garut, sebagai pusat perbelanjaan bersejarah di Kabupaten Garut.
  • Alamat Pasar Ceplak berada di Jl. Siliwangi, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Pasar Ceplak

wisata kuliner di garut
wisata kuliner di garut. sumber: hasan

Jalan menuju lokasi Pasar Ceplak Garut hampir sama dengan rute menuju kawasan Pengkolan Garut. Nah, untuk memangkas jarak tempuh, ada baiknya menggunakan angkot 02 yang berwarna orange, kemudia turun di Jogja Swalayan.

Begitupun yang datang dari luar Garut, saat nanti kereta rute Garut – Jakarta sudah beroperasi, maka anda bisa memilih opsi menggunakan moda transportasi tersebut, dan turun di Stasiun Kereta Api Garut Kota.

Simak juga: 29 Tempat Wisata Di Garut Yang Hits, Dan Terbaru

Harga Tiket Masuk Pasar Ceplak

Tidak ada biaya tiket masuk untuk Pasar Ceplak. Para pengunjung hanya dibebankan biaya parkir kendaraan saja, dan selalu siapkan uang recehan untuk diberikan kepada para pengamen.

Jam Buka Pasar Ceplak

  • Pasar Ceplak Garut mulai buka dari pukul 16.00 – 24.00.
  • Pasar Ceplak beroperasional setiap hari selama sepekan.

Fasilitas Di Pasar Ceplak

salah satu kuliner di ceplak
salah satu kuliner di ceplak. sumber: rudi

Fasilitas utama yang ada di Pasar Ceplak Garut adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Penjual makanan, dan minuman,
  • Tepat berada di pusat perbelanjaan Pengkolan Garut.

Simak juga: Antapura De Djati

Sejarah Pasar Ceplak Garut

wisata kuliner bersejarah di garut
wisata kuliner bersejarah di garut. sumber: hilmi

Sejarah Pasar Ceplak sudah mengalami perjalanan panjang, lengkap dengan sisi kontroversinya. Nyatanya, meskipun laju modernisasi begitu kencang, namun Pasar Kuliner di Garut Kota tersebut masih mampu tetap lestari.

Istilah untuk Pasar Ceplak sebetulnya bukan hanya ada di Kabupaten Garut saja. Terdapat diksi yang sama digunakan di daerah yang lain, yaitu Pasar Ceplak Tangerang.

Adapun sejarah Ceplak Garut sudah ada dari sejak tahun 70 an. Tetapi jika dirunut ke belakang, maka hadirnya Pasar Ceplak tidak bisa lepas dari sejarah pasar malam di sekitar Alun – Alun Garut, tepatnya di tahun 1959.

Dan istilah penamaan Ceplak adalah mengacu kepada suara yang dikeluarkan saat mulut mengunyah makanan. Dengan demikian, makan Ceplak artinya makan yang mengeluarkan bunyi.

Dari dulu hingga saat ini, Pasar Ceplak telah mampu memecah kesunyian malam di kota Garut. Wisata Kuliner yang berpadu dengan wisata kuliner, dan dimensi sejarah.

Simak juga: Pantai Sayang Heulang, Wajah Baru Yang Semakin Instagramable

Daya Tarik Pasar Ceplak

1. Wisata Garut Yang Bersejarah

aneka kuliner di pasar ceplak
aneka kuliner di pasar ceplak. sumber: hilman

Meskipun hadir dalam sajian wisata kuliner, namun dimensi sejarah dari Ceplak tidak bisa dihilangkan begitu saja. Bahkan relokasipun mendapatkan kontroversi yang sangat besar pada beberapa tahun yang lalu.

Jika dirunut ke tahun 1959, sebagai cikal bakal lahirnya Ceplak. Maka, tentu saja perjalanan sejarah pasar kuliner tersebut patut diacungi jempol.

2. Street Food Dan Wisata Malam

street food di garut
street food di garut. sumber: yolanda

Meskipun saat ini di Kabupaten Garut sudah banyak street food, dan wisata malam yang bergenre kuliner, namun tetap saja Ceplak menjadi ikon wisata kuliner di Garut.

Beragam jajanan aneka makanan, dan minuman, tersaji lengkap di pasar tersebut. Dari mulai makanan yang klasik, hingga makan yang populer, dan kekinian, tersaji lengkap di Pasar Ceplak garut.

Soal harga, cukup bersahabat dengan dompet para pengunjung. Dan soal citarasa, sudah tidak pelu diragukan lagi. Hadirnya Ceplak dari jaman dulu, menandakan bahwa soal citarasa makanan di kawasan tersebut sangat memanjakan lidah para pengunjung.

Oh iya, jangan lupa untuk selalu menyiapkan uang recehan, untuk sekedar berbagi kepada para pengamen yang menghibur acara makan anda di Pasar Ceplak Garut ya….


shopee