Goa Pinus Malang, Goa Jepang Dengan Spot Instagramable

Goa Pinus Malang merupakan prototipe yang menginspirasi. Ketika sebuah kawasan bekas penambangan pasir mampu disulap menjadi sebuah tempat wisata alam yang nyaman, dan instagramable.

Keberadaan beberapa spot kekinian tersebut, ternyata mampu menyedot animo masyarakat untuk berkunjung ke Goa Pinus Malang. Jadi, kunjungan wisatanya bukan hanya sekedar tentang goa saja.

goa pinus malang
goa pinus malang. google maps. sumber: Yosi Wibowo

Kunjungan wisata ke Goa Pinus Malang memang didominasi oleh kaum milenial. Karena merekalah generasi yang paling eksis di media sosial.

Sebelum kita lanjutkan review Goa Pinus Malang, mungkin para pembaca pernah beberapa kali membaca artikel wisata yang disematkan lokasi di Malang, padahal nyatanya berada di Kota Batu.

Hal tersebut disebabkan oleh beberapa hal. Di antaranya:

  • Kota Batu adalah pemekaran dari Kabupaten Malang,
  • Jarak Kota Batu dengan Malang cukup dekat.

Begitupun dengan Goa Pinus Malang. Secara administratif, lokasinya berada di Kota Batu, Provinsi Jawa Timur. Goa Pinus Malang, disebut juga dengan nama Goa Pinus Batu.

Dan sekarang, kita lanjutkan review Goa Pinus Batu yang sudah kami siapkan untuk anda. Sebagai referensi awal menentukan tempat wisata di Kota Batu saat liburan tiba.

Lokasi dan Alamat Goa Pinus Malang

Lokasi Goa Pinus Malang terletak di sebuah kawasan bekas penambangan pasir yang dirubah menjadi tempat wisata. Adapun alamat Goa Pinus Malang berada di gunungsari, Bumiaji, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur.

Rute Menuju Goa Pinus Malang

Rute menuju Goa Pinus Malang disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi saja. Karena angkutan umum yang tersedia saat ini hanyalah jasa ojek.

Akses jalan menuju Goa Pinus Malang sudah bisa dilalui oleh kendaraan roda dua maupun roda empat hingga area parkir yang sudah ditentukan.

Harga Tiket Masuk Goa Pinus Malang

  • Tiket masuk Goa Pinus Malang Rp. 10.000 per orang.
  • Tiket masuk Lego Spot Rp. 10.000 per orang.
  • Tiket masuk area Rumah Papua Rp. 10.000 per orang.
  • Biaya parkir Rp. 10.000 per mobil.

Khusus untuk area Rumah Papua, para pengunjung akan mendapatkan cashback berupa segelas susu.

loket pembayaran tiket
loket pembayaran tiket. google maps. sumber: Bahrudin Hasan

Fasilitas Di Goa Pinus Malang

Fasilitas di Goa Pinus Malang sudah cukup lengkap untuk memberikan kenyamanan bagi para wisatawan yang datang. Hanya saja, di Goa Pinus Malang belum terdapat wahana permainan.

Dan inilah beberapa fasilitas di Goa Pinus Malang:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Kantin, dan cafe,
  • Spot foto.

Jam Buka Goa Pinus Malang

  • Goa Pinus Malang buka setiap hari.
  • Goa Pinus Malang buka dari pukul 07.00 – 17.00.

Beberapa daerah yang terkena kebijakkan PPKM, khususnya wilayah Jawa dan Bali, tempat wisatanya akan mengalami tutup sementara waktu.

Meskipun nantinya kebijakkan PPKM sudah dicabut, para pengunjung diharuskan untuk selalu mentaati protokol kesehatan.

Daya Tarik Goa Pinus Malang

1. Goa Jepang

goa jepang
goa jepang. google maps. sumber: Mas Rahman

Daya tarik yang pertama dari Goa Pinus Malang kita mulai dari keberadan sebuah goa yang sudah ada dari jaman penjajahan Jepang.

Goa yang ada di Goa Pinus Malang merupakan goa kecil bekas galian orang Jepang. Ukuran goa tersebut hanya memiliki tinggi sekitar 1,5 meter, dan kedalamannya hanya 5 meter.

Di dalam goa tersebut terdapat bebatuan, serta kondisinya tidak terlalu gelap. Sonar matahari cukup bisa masuk ke dalam goanya.

2. Lego Spot

spot selfie goa pinus malang
spot selfie goa pinus malang. google maps. sumber: Galih Fajar Antasari

Selain keberadaan goa Jepang, daya tarik selanjutnya dari Goa Pinus Malang adalah keberadaan spot selfie yang instagramable, yang bahan-bahannya didominasi oleh bahan baku dari bambu, dan kayu.

Salah-satu area tempat berburu foto di Goa Pinus Malang bernama Lego Spot. Di lokasi ini para pengunjung bisa melakukan selfie di spot yang bervariatif, dengan latar alam yang menawan.

Adapun spot selfie di Lego Spot adalah sebagai berikut:

  • Perahu,
  • Rumah Hobbit,
  • Arah panah,
  • Sangkar burung,
  • Balon udara.

Para pengunjung akan dikenakan biaya lanjutan untuk memasuki area Leggo Spot. Nggak mahal kok, hanya 10.000 per orangnya.

3. Rumah Papua

rumah papua
rumah papua. google maps. sumber: Melissa MW

Spot selfie selanjutnya di Goa Pinus Malang adalah area Rumah Papua. Di area tersebut, para pengunjung dapat berswafoto di spot yang didesign ala rumah adat Papua.

Hal tersebut sekaligus menjadi nilai edukatif tentang warisan, dan pesona nusantara. Di lokasi Rumah Papua juga terdapat cafe, dengan tempat yang nyaman, berlatarkan alam yang indah, serta udara yang sejuk.

Para pengunjung yang ingin masuk ke area Rumah Papua akan dikenakan biaya lanjutan sebesar Rp. 10.000 per orangnya, dan mendapatkan cashback berupa secangkir susu.

4. Panorama alam

panorama alam
panorama alam. google maps. sumber: Ilmul Hakim

Panorama alam di Goa Pinus Malang didominasi oleh view deretan pohon pinus yang memberikan nuansa keteduhan. Selain itu, panorama alam pegunungan, dan alam pedesaan terlihat elok dari ketinggian.


Tinggalkan komentar