Goa Pinus Malang, Lokasi Foto Instagramable di Malang

Goa Pinus malang, akhir-akhir ramai diperbincangkan di media sosial. Spot foto yang ditawarkan lokasi wisata di Malang ini membuat netizen penasaran dan ingin menyambangi Goa Pinus Batu ini.


Gua Pinus Malang
Gua pinus Malang. Image via: radarmalang.id

Dinamakan Goa Pinus sebab di sana terdapat sebuah gua bekas galian orang Jepang pada zaman dulu. Dalam goa hanya 5 meter, sementara tingginya sekitar 1.5 meter. Jadi saat memasuki goa ini, pengunjung harus menunduk.

Saat berkunjung ke lokasi wisata ini, goa tersebut juga tidak wajib dimasuki. Karena dari luar goa saja pengunjung sudah bisa mendapatkan foto menarik. Bagian luar gua dipasangi ornamen yang membuatnya menarik untuk dijadikan latar belakang foto.

Dahulu, area sekitar Goa Pinus Malang merupakan lokasi penambangan pasir. Namun dengan keahlian para pengelola, lingkungan yang rusak malah berhasil  yang telah disulap menjadi tempat wisata yang indah. Dengan kreatifitas mereka, lokasi ini mampu menarik perhatian pengunjung untuk datang berkunjung ke tempat ini.

Terdapat beberapa spot foto yang menarik bagi pengunjung dengan panorama alam nan indah dari atas perbukitan. Selain itu, udaranya yang segar dan sejuk akan merelaksasi pikiran kita setelah seminggu disibukkan dengan pekerjaan.

Di Goa Pinus Batu terdapat gardu pandang yang dapat dimanfaatkan pengunjung untuk berfoto atau menikmati pemandangan Gunung Arjuno yang kokoh dan indah.

gerbang Matahari Goa pinus Malang
Gerbang Matahari. Image via: brightinternships.com

Bisa juga dilihat Lokasi wisata lain di malang.

Lokasi Goa Pinus Malang

Wisata Goa Pius Malang ini berada di kawasan Pujon, Ds Gunungsari, Kec Bumiaji, Kota Batu, Provinsi Jawa Timur.

Jika Anda berkendara dari pusat kota Batu, pengunjung memerlukan waktu 25 menit. Jaraknya sekitar 11,6 km.

Rute Menuju Goa Pinus Malang

Rute untuk mencapai lokasi wisata Goa Pinus Malang searah dengan rute obyek wisata paralayang dan omah kayu. Akan tetapi, untuk menuju ke wisata Goa Pinus, pertigaan sebelum naik ke wisata Paralayang, sebelah kiri jalan terdapat petunjuk arah yang bertuliskan Goa Pinus.

Bila berangkat dari kota Batu Malang, perjalanan hanya memerlukan waktu kurang lebih 30 menit.

Akses jalan ke wisata Goa Pinus Batu Malang sendiri untuk saat ini sudah aspal. Akan tetapi ada beberapa meter yang aspalnya rusak, untuk itu harap anda selalu berhati-hati.

Mobil roda 4 dan juga sepeda motor bisa melintasi rute Goa Pinus Malang dengan mudah. Untuk mencapai ke tempat lokasi belum tersedia transportasi umum yang menuju lokasi ini. Pengunjung sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi dan berangkat bersama teman, sahabat dan keluarga.

Pesona dataran Tinggi Goa Pinus malang
Pesona Dataran Tinggi. Image via: duniazie.com

Jam Buka Goa Pinus Malang

Goa Pinus Pujon Batu Malang dibuka setiap hari yaitu dari hari Senin sampai hari Minggu dan mulai dibuka pukul 07.00 serta ditutup pukul 17.30.

Tiket Goa Pinus Malang

Setiap pengunjung yang ingin melepas penat di wisata penuh spot selfie ini dikenai biaya Rp 5.000. Pada saat akhir pekan dan hari libur, tiket dinaikkan menjadi Rp 10.000.

Untuk pungutan Parkir, dikenakan biaya Rp 3.000 untuk sepeda motor, dan Rp 5.000 untuk mobil. Sedangkan untuk Bus dikenakan Rp 10.000.

Jumlah biaya yang dibayarkan pada tiket masuk tersebut belum mencakup tiket wahana lain, seperti rumah Papua dan Taman Kelinci.

Daya Tarik Goa Pinus Malang

  1. Pemandangan dari Atas Bukit

Perahu Langit Goa Pinus Malang
Perahu Langit. Image via: pesonajatim.com

Jika di kawasan Gunung Banyak pengunjung bisa melihat Kota Batu dari kejauhan, maka di kawasan Goa Pinus ini pemandangan yang pengunjung dapatkan adalah landsekap Dusun Brau. Bisa tampak rumah penduduk, lahan pertanian berundak, serta akses jalan yang dilalui. Terlihat pula sebuah dusun yang berada di kaki Gunung Arjuno. Pengunjung bisa melihat semua itu dari bibir bukit, dengan ditemani jajaran pepohonan Pinus.

Layaknya perbukitan tentu beberapa diantaranya ada yang curam dengan kemiringan yang beragam. Untuk lebih menambah daya tarik, maka di beberapa sudut diberi bangunan yang menarik untuk dipakai berfoto. Beberapa bangunan diantaranya dengan tema rumah daerah Papua, perahu, sarang burung, serta bangunan yang tepat di bibir bukit.

Sensasi di bibir bukit itulah yang dicari pengunjung untuk berfoto ria. Memang perlu keahlian khusus agar didapatkan foto yang bagus serta sudut yang pas. Jika itu bisa dilakukan maka akan didapatkan hasil seolah “melayang” di bibir bukit tersebut. Beberapa pengunjung mendapatkan momen tersebut, dan cukup banyak yang sudah dipublikasikan di media sosial.

  1. Spot Foto Instagramable

spot instagramable Goa pinus Malang
Spot Instagramable. Image via; @hanascheffer

Spot foto menarik di Goa Pinus bisa ditemukan sejak awal masuk wisata ini. Tepat di papan selamat datang, pengunjung bisa melihat keindahan kayu tua disusun sedemikian cantik, bagai seni instalasi kelas dunia. Spot tersebut bisa dijadikan sebagai latar belakang foto pertama. Foto yang diambil di sini akan menjadi penanda pernah berkunjung ke lokasi ini. Hal itu karena terdapat papan selamat datang bertulis ‘Welcome Gua Pinus’.

Lebih ke dalam lagi, pengunjung menemukan beberapa bangunan tempat istirahat. Bangunan ini umumnya disebut dengan joglo. Joglo tersebut dibentuk menarik, berbahan dasar kayu. Bangunan Joglo digunakan untuk tempat duduk, tapi bisa juga Anda buat sebagai objek berfoto.

Lebih ke dalam lagi, ada spot foto yang semakin menarik saja. Salah satunya sebuah kapal yang ujungnya ada di atas angin, menjorok di atas tebing. Duduk di ujung kapal itu dapat membuat foto terlihat sedang naik perahu di udara.

  1. Pesona Rumah Papua

rumah papua Goa Pinus Malang
Rumah Papua. Image via: malangtoday.net

Salah satu spot yang menjadi ikon Goa pinus malang adalah rumah papua. Bentuknya seperti jamur. Spot ini terletak di dekat tebing Gua Pinus. Berfoto di depan rumah papua bisa mengambil latar belakang jurang yang menampakkan pedesaan indah di area tersebut.

Rumah-rumah kecil tersebut berjejer di sepanjang pinggiran tebing hutan pinus. Spot wisata satu ini memiliki visualisasi yang menarik untuk difoto dari berbagai sisi.

Di area Rumah Papua banyak terdapat gardu pandang yang disediakan untuk pengunjung. Dari gardu ini, pengunjung  dapat bersantai dan menikmati keindahan pemandangan kawasan perbukitan. Keindahan itu ditambah lagi dengan udara perbukitan yang sejuk.

Dari spot Rumah Papua, pengunjung dapat menyaksikan keindahan matahari terbit yang muncul dari balik kaki Gunung Arjuno yang seolah-olah sedang membelah bukit-bukit di sekitarnya.

Spot pertama Goa Pinus Malang
Spot Pertama. Image via: dakatour.com

Tips Mengunjungi Goa Pinus Malang

Saat memutuskan untuk berwisata di Lokasi berburu foto instagramable ini, sebaiknya memperhatikan hal berikut:

  1. Jaga kehati-hatian saat berada di kawasan wisata Goa pinus Malang. Hal ini mengingat lokasi objek wisata yang berada di tepi tebing.
  2. Sebaiknya bawa bekal dari rumah. Objek wisata ini belum memiliki fasilitas pendukung yang memadai. Terutama warung penjual makanan.
  3. Gunakan kendaraan pribadi, baik mobil maupun motor. Hal itu perlu diperhatikan, mengingat lokasi ini belum terjangkau oleh trayek kendaraan umum.
  4. Berkunjung sepagi mungkin atau sesore mungkin. Walau tempat ini buka sepanjang hari, namun Waktu terbaik untuk berkunjung adalah pagi atau sore saat cuaca cerah.
spot cantik Goa Pinus Malang
Spot cantik. Image via: pesonajatim.com

Objek Wisata Dekat Goa Pinus Malang

Tempat wisata ini juga dekat dengan wisata omah kayu dan juga wisata paralayang Batu.

Omah kayu merupakan penginapan yang didesain anti main stream. Keunikan dari Omah kayu atau Rumah Pohon ini adalah didesain full dengan bagan baku dari kayu, dimana terdapat 6 unit , masing masing unit mempunyai luas 3 x 2 x 2 meter. Dengan posisi di tepi jurang, menginap di omah kayu pengunjung bisa melihat keindahan kota batu dengan jelas, baik dalam waktu malam hari atau siang hari.

Pada lokasi wisata Paralayang, selain dapat bermain wisata paralayang, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan alam yang sangat luar biasa dari atas Gunung Banyak. Pengunjung bisa melihat sekeliling kota Batu yang memang penuh dengan berbagai macam keindahan.

Demikianlah info lengkap mengenai objek wisata goa pinus malang, yang lokasinya tidak jauh dengan tempat wisata batu lainnya. Semoga bermanfaat bagi anda semua.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment