Posong Temanggung, Menatap Keindahan dari Ketinggian 2000 meter

Posong Temanggung menyuguhkan keindahan khas alam pegunungan yang begitu memanjakan mata. Pengunjung dapat melihat samudra awan pada paginya dan siangnya mendapatkan pemandangan 7 Puncak gunung sekaligus yaitu Gunung Merbabu, Merapi, Telomoyo, Ungaran, Muria, Sumbing dan Sindoro.

Posong Temanggung menyuguhkan keindahan khas alam pegunungan yang begitu memanjakan mata. Pengunjung dapat melihat samudra awan pada paginya dan siangnya mendapatkan pemandangan 7 Puncak gunung sekaligus yaitu Gunung Merbabu, Merapi, Telomoyo, Ungaran, Muria, Sumbing dan Sindoro.
Posong Temanggung. Image via: anekawisataseru.net

Konon nama Posong memiliki arti “pos kosong”. Menurut cerita rakyat, pos kosong memang sengaja dibangun oleh Pangeran Diponegoro saat zaman penjajahan Belanda. Pembangunan pos ini bertujuan memancing lawan untuk melakukan penyerangan pada pos yang ternyata kosong.

Posong merupakan sebuah tempat wisata alam yang terletak di ketinggian sekitar 2000 Mdpl. Posisi geografis ini menjadikan Posong Temanggung sebagai spot favorit untuk melihat sunrise.

Bila datang dalam cuaca yang cerah, pengunjung akan menemukan keindahan detik-detik munculnya matahari berwarna keemasan di sela kedua gunung yang dipadu dengan nuansa alam yang memukau, itulah Golden Sunrise yang bisa Anda saksikan dari Temanggung.

Bagi pengunjung yang suka berinteraksi dekat dengan alam, dapat mendirikan camp dan bermalam di lokasi ini. Pengunjung yang menginap dapat menikmati keindahan milky way di langit Temanggung pada malam harinya.

Posong merupakan sebuah tempat wisata alam yang terletak di ketinggian sekitar 2000 Mdpl. Posisi geografis ini menjadikan Posong Temanggung sebagai spot favorit untuk melihat sunrise.
Panorama cantik. Image via: travel.detik.com

Simak juga: 11 Lokasi indah di Temanggung

Lokasi Posong Temanggung

Lokasi wisata alam Posong berada di desa Tlahab, Kecamatan Kledung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Lokasi wisata ini berada di kaki gunung Sindoro yang terkenal pemandangan menakjubkan. Letaknya cukup jauh dari pusat kota Temanggung yakni sekitar 26 kilometer dengan waktu hampir satu jam.

Rute Menuju Posong Temanggung

Untuk mencapai posong temanggung ada beberapa rute yang bisa dipilih, sesuai titik keberangkatan pengunjung. Bagi pengunjung yang datang dari arahs emarang, bisa mengambil jalur ke arah Pantura(pantai utara) Semarang-Yogyakarta melewati kecamatan Bawen, Ambarawa dan terakhir di perempatan Secang.

Dari situ belok ke arah kanan dan ikuti saja jalan menuju alun-alun kota Temanggung.

menikmati masa berdua di posong temanggung sungguh memoriabel
Di Posong. Image via: @eviyah09

Bagi pengujung yang datang dari arah kota Yogyakarta, bisa mengambil jalan menuju Yogyakarta-Semarang, melewati kota Magelang dan terakhir perempatan Secang belok saja ke arah kiri. Ikuti saja jalan aspal/utama hingga bertemu dengan alun-alun kota Temanggung.

Apabila sudah sampai di alun-alun kota, ambil ke arah ke daerah Wonosobo melewati daerah Parakan. Setiba di pasar Parakan, lurus dengan jalan menanjak hingga sampai di kecamatan Kledung. Ikuti terus jalan menuju Wonosobo kurang lebih 5 hingga 7 kilometer.

Setelah itu, pengunjung , akan menemui gerbang masuk sekaligus TPR wisata Posong temanggung tepat di kanan jalan.

Jam Buka Posong Temanggung

Posong temanggung Buka mulai sebelum subuh. Yakni mulai jam 04.00 dini hari. Kemudian waktu tutup di sore hari jam 17.00.

Menikmati panorama posaong temanggung adalah alasan utama orang berkunjung ke lokasi ini.
Menikmati panorama. Image via: antarafoto.com

Simak juga: Ramang-Ramang, Karst terbesar III Dunia

Tiket Posong Temanggung

Biaya masuk cukup terjangkau. Pengunjung hanya perlu menyiapkan uang Rp 10.000 untuk tiket masuk, Rp 2.000 untuk parkir motor, sedangkan parkir mobil cukup dengan Rp 4.000.

Di atas sana terdapat taman, jika kalian ingin memasuki taman tersebut, kalian perlu mengeluarkan uang sebesarRp  10.000 lagi. Di taman ini kalian bisa menikmati permainan flying fox atau sekadar berswafoto..

Fasilitas Posong Temanggung

Seperti layaknya lokasi wisata lainnya, pengelola wisata Pososng Temanggung juga menyediakan beberapa gazebo untuk pengunjung yang ingin bersantai berlama-lama menikmati keindahan panorama wisata Posong.

Tak hanya fasilitas gazebo saja, melainkan terdapat sejumlah wahana menarik seperti flying fox juga ada di area sekitar wisata. Berada di lokasi wisata, traveler dapat menikmati kesejukan udara pegunungan dengan hiasan hijau nya area sekitar karena perkebunan milik masyarakat setempat.

Disini juga telah disediakan kamar mandi umum secara gratis.

Daya Tarik Posong Temanggung

  1. Hiking Ringan

Jalur Hiking menuju lokasi wisata posong temanggung adalahs ebuah perjalanan wisata tesendiri.
Jalur Hiking. Image via: tsemoet

Dari gardu pembelian tiket dekat jalan utama, pengunjung diajak berjalan kaki menempuh jarak 3,5 kilometer, menuju taman Posong.

Jarak gerbang masuk sampai area utama kawasan wisata lembah sindoro ini membutuhkan perjalanan sekitar satu jam. Perjalanan melintasi kebun kopi dan tembakau dengan jalan lebar dan berlapis batu makadam.

Sepanjang perjalanan menyenangkan ini, pengunjung tempat wisata Posong temanggung dapat melihat dengan jelas puncak Gunung Sindoro. Lanskapnya berpadu hamparan kebun sayur dan buah yang ditanam mengikuti kontur lereng gunung.

Pemandangan di sini damai, rumpun awan dan bukit-bukit di bawahnya membuat wisatawan kagum.

  1. Golden Sunrise

atraksi alam paling di tnggu di posong temanggung adalah kehadiran golden sunrise
Golden Sunrise. Image via:joglowisata.com

Simak juga: Atlantis, Dunia Fantasinya Surabaya

Jam operasional wisata Posong Magelang buka pukul 04.00 hingga pukul 17.00. Jam buka yang sangat pagi ini, untuk memfasilitasi pengunjung bisa menikmati golden sunrise. Dikarenakan jarak tempuh dari gerbang sampai ke spot sunset dan sunrise memerlukan waktu tempuh kurang lebih satu jam.

Waktu paling tepat menikmati sunrise ialah pukul 06.00. Berarti pengunjung sudah ahrus masuk gerbang, paling lambat jam 04.30. Usahakan membawa makanan dan minuman hangat sendiri dari rumah sambil menunggu datangnya momen golden sunrise di gazebo yang telah disediakan pengelola wisata.

Pada pukul 06.00 pengunjung akan merasakan dan menikmati keindahan Golden sunrise. Jika beruntung akan melihat keindahan samudera awan dan pada siang hari mendapatkan panorama alam bersih terbebas dari awan. Dari atas puncak Posong, traveler secara jelas melihat keindahan tujuh tempat puncak sekaligus yakni Ungaran, Merapi, Telomoyo, Merbabu, Sumbing, Muria dan Sumbing.

Bila siang hari cuaca cerah, wisatawan akan disuguhi ‘samudera awan’ dengan tujuh puncak gunung. Pun jika cuaca sedikit mendung, Posong akan diselimuti kabut yang mencipta suasana syahdu. Udara sejuk dan juga tumbuhan-tumbuhan hijau terhampar luas.

Untuk menikmati panorama Posong, disediakan tiga cakruk (gardu) besar dan satu cakruk kecil yang bisa digunakan untuk duduk santai. Di sini biasanya para wisatawan duduk bersantai menikmati minuman hangat sambil menikmati pemandangan.

Bukan hanya terbitnya matahari yang menjadi momen buruan pengunjung. Di sore hari wisatawan akan disuguhi pemandangan indahnya matahari terbenam. Pancaran sorot sinar matahari tampak seakan membelah Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

  1. Kegiatan Outdoor

camping dan kemudianbermalam di psong temanggung sungguhs ebuah pilihan yang tepat untuk dapat lebih maksimal menikmati pesona tempat ini.
Camping. Image via: detik.com

Pengunjung  yang menyukai wahana aktivitas outdoor dapat juga menikmatinya di tempat wisata sini. Di sini tersedia Flying Fox, Mendaki, Outbond, serta trekking lembah dan gunung. Tersedia juga taman bermain kecil untuk anak.

Posong juga membuka tempat berkemah. Pengunjung yang berminat bisa menghubungi pihak pengelola setempat. Menginap di wisata alam Lembah Sindoro Posong ini membuat pengunjung  dapat merasakan sejuknya udara pegunungan.

Pengunjung dapat menikmati indahnya ‘milky way’ di saat cerahnya langit malam. milyaran bintang berada di atas persis kepala kita. Hamparan ‘Milky Way’ menghiasi angkasa malam Posong mengundang decak kagum wisatawan. Galaksi Bimasakti ini dapat nampak jelas karena minimnya polusi cahaya.

  1. Beragam Spot Foto

Pengelola psoogn temanggung menyediakan ebberapa titik yang dipandang ideal muntuk pengambilan foto kenangan.
Spot Foto. Image via: sianakwisata

Simak juga: Mengenang KAA di Kiara Artha Park

Berfoto, tentu sudah jadikebutuhan dasar bagi para pengunjung lokasi wisata dewasa ini. Wisata alam Pososng Temanggung, menyediakan banyak spot utnukd apat memperoleh foto foto catik.

Titik foto pertama dengan latar belakang tulisan ‘Posong’ dan Gunung Sindoro. Titik wisata ini sangat cocok buat pengunjung yang suka berfoto. Waktu terbaik untuk mengambil gambar di tempat ini adalah pagi dan sore hari.

Kedua, titik foto sayap kupu-kupu. Titik foto ini sangat cocok terutama bagi anak-anak.

Titik foto ketiga yaitu gardu pandang. Titik foto ini memiliki keunikan dengan latar belakang Gunung Sumbing dan lanskap Temanggung. Titik ini juga menjadi salah satu titik foto terbaik bagi wisatawan di wisata ini.

Berfoto berlatar gunung di posong temanggung
Berlatar gunung. Image via: dowes29.com

Tips Mengunjungi Posong Temanggung

  • Datang lebih awal.

Datanglah paling tidak saat jam buka sudah berada di gerbang pintu masuk. Agar tidak terlewat mengejar momen sunrise.

  • Lebih baik kemah

Di kawasan Posong kita juga bisa mendirikan tenda, jadi tidak perlu menginap di hotel.

  • Datang pada musim Kemarau

Waktu terbaik berkunjung ke Posong Temanggung adalah saat musim kemarau dan saat hari biasa (senin-kamis) karena pada saat itu tidak terlalu ramai oleh pengunjung.

  • Bawa kendaraan pribadi

Disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, terutama motor daripada mobil, agar bebas mengelola waktu kunjungan.

milk way, sebuah keindahan yang bsia dinikmati ketika memutukan camping di posong temanggung
Milky Way di langit Posong. Image via: @muprikhah

Simak juga: Pesona Curug Malela

Objek Wisata Dekat Posong Temanggung

Ada lagi lokasi lain yang tidak kalah indah untuk menikmati panorama pegunungan di temanggung. Yaitu Embung Kledung. Dari sini pengunjung dapat melihat Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Bahkan ada yang membandingkan pemandangan embung berlatar gunung Sindoro bagian Selatan ini dengan pemandangan Danau Kawaguchi berlatarkan Gunung Fuji.

Apabila Yogyakarta mempunyai candi Prambanan, Temanggung juga mempunyai candi gedong songo yang bernuansa alam terbuka. Tempat ini menyuguhkan perpaduan antara wisata sejarah sekaligus wisata alam yang begitu indah.

Semoga artikel dari kami ini bermanfaat dan selamat menikmati hari libur yang menyenangkan.

Baca juga:

Leave a Comment