Pulau Kayangan Makassar, Pulau Karang Kecil Dekat Pusat Kota Makassar

Pulau Kayangan Makassar adalah satu dari sekian banyak pulau cantik yang terletak di Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Lokasi Pulau Kayangan Makassar yang dekat dengan pusat kota menjadikannya sala-satu destinasi yang selalu ramai dikunjungi setiap akhir pekan, atau saat liburan tiba.

pulau kayangan
pulau kayangan. google maps. sumber: Muhammad Dadang Kurnia

Namun, Pulau Kayangan Makassar tidak seramai sebelum pandemi. Dan tentu saja fenomena tersebut bukan hanya dirasakan di Makassar saja, hampir di setiap tempat wisata yang ada di Indonesia.

Dari beberapa sumber yang berhasil kami himpun, terdapat dua alasan besar kenapa Pulau Kayangan Makassar tidak seramai tahun 2019. Pulau Kayangan Makassar tahun 2020 menjadi awal sepinya pengunjung yang datang. Dan inilah alasannya:

1. Pandemi Covid-19

Situasi pandemi covid-19 menjadi persoalan besar bagi setiap sektor kehidupan, bukan hanya di Makassar, bukan hanya di Indonesia, bahkan hampir di seluruh dunia.

Tempat-tempat wisata menjadi satu dari sekian banyak sektor yang terdampak. Termasuk di dalamnya objek wisata Pulau Kayangan Makassar, Sulawesi selatan.

berfoto di indahnya pantai
berfoto di indahnya pantai. google maps. sumber: Melodi Dianthy

Simak juga: tempat wisata seru di Seputaran Makassar

2. Transisi Pengelolaan

Pada awalnya, pengelolaan Pulau Kayangan Makassar berada di pihak swasta. Namun pada tahun 2020 Pulau Kayangan Makassar mulai proses pengalihan pengelolaan menjadi di bawah Pemkot Makassar.

Sebuah transisi tentu saja memerlukan waktu, dan dalam proses tersebut tentu saja langkah pertamanya adalah proses administratif, selanjutnya  baru ke tahap penataan kawasan.

Dua alasan besar tadi tentu saja berdampak terhadap peremajaan di lokasi utama Pulau Kayangan Makassar. Tetapi, dua hal tersebut tidak merubah pesona keindahan alam Pulau Kayangan Makassar. Pulau tersebut masih terlihat menawan.

Daya Tarik Pulau Kayangan Makassar

Sejarah penamaan Pulau Kayangan Makassar merujuk kepada pesona keindahan yang terhampar di tempat wisata tersebut.

Biasanya diksi “kayangan” dipakai untuk menggambarkan, atau melukiskan sebuah keindahan tiada tara, yang hanya ada di kayangan. Memang, nyatanya Pulau Kayangan Makassar sangatlah indah. Dan inilah daya tariknya:

1. Pulau Karang Kecil Yang Elok

dermaga pulau kayangan makasar
dermaga pulau kayangan makasar. google maps. sumber: Muhammad Dadang Kurnia

Simak juga: Pulau Moyo yang Menawan

Daya tarik yang pertama dari Pulau Kayangan Makassar adalah eloknya pulau karang kecil yang berada di dekat pusat Kota Makassar.

Pulau Kayangan Makassar memiliki luas sekitar 2 ha, dan dikelilingi oleh gugusan karang. Hampir tidak ada ombak besar di sana, sehingga menjadi tempat yang nyaman untuk snorkeling.

Pulau Kayangan Makassar memiliki pasir putih, serta di tengah – tengah pulaunya ditumbuhi banyak sekali pepohonan yang membuat suasana menjadi teduh, ada tempat buat “santuy” sambil menikmati keindahan alam sekitar loh…

Pulau Kayangan Makassar menjadi sebuah tempat terbaik untuk sejenak melepas dari penatnya kehidupan kota besar,sekaligus sebagai destinasi wisata keluarga yang edukatif.

2. Penginapan Pulau Kayangan Makassar

Jarak yang dekat dengan pusat kota, ditambah dengan indahnya pesona alam sekitar, semakin nikmat bagi mereka yang memilih untuk menginap di Pulau Kayangan Makassar.

Suasana yang tenang, nyaman, adalah kenikmatan saat menginap di pulau tersebut. View di sebrang pulau berupa kapal – kapal besar sampai yang kecil, bangunan-bangunan indah, adalah deretan pemandangan yang bisa disaksikan selama di pulau tersebut.

3. Ragam Wahana

wahana di pulau kayangan makasar
wahana di pulau kayangan makasar. google maps. sumber: Andi Nurul P.R

Simak juga: Pantai Pasir Padi di Bangka

Kenikmatan berwisata ke Pulau Kayangan Makassar tidak hanya berhenti sampai di situ saja, karena di Pulau Kayangan Makassar terdapat ragam wahana yang bisa menambah keseruan wisata para pengunjung.

Lokasi Dan Alamat Pulau Kayangan Makassar

Lokasi dan alamat Pulau Kayangan Makassar berada di Desa Bulo Gading, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Rute Menuju Pulau Kayangan Makassar

Akses jalan menuju Pulau Kayangan Makassar hanya bisa dilalui oleh kendaraan sampai dermaga saja. Setelah itu, para pengunjung harus melanjutkan perjalanan dengan perahu ke Pulau Kayangan Makassar.

Jarak dari dermaga tersebut ke Pulau Kayangan Makassar kurang dari 1 kilometer. Dan jika harus menunggu pemberangkatan, para pengunjung bisa menikmati café yang ada di dermaga.

cafe di dermaga
cafe di dermaga. google maps. sumber: Oei Herman

Simak juga: Pantai Tanjung Pasir Tangerang

Harga Tiket Masuk Pulau Kayangan Makassar

Tiket masuk Pulau Kayangan Makassar gratis, hanya saja pengunjung diwajibkan membayar biaya transportasi perahu sekitar Rp. 75.000 per orang.

Penginapan Di Pulau Kayangan Makassar

Terdapat penginapanan di lokasi utama Pulau Kayangan Makassar. Harga yang ditawarkan berkisar dari Rp. 100.000 – Rp. 300.000.

Jam Buka Pulau Kayangan Makassar

  • Jam operasional Pulau Kayangan Makassar buka selama 24 jam
  • Pulau Kayangan Makassar buka setiap hari
senja di pulau kayangan
senja di pulau kayangan. google maps. sumber: Syamsul Irfan

Simak juga: Pantai Akkarena

Fasilitas Di Pulau Kayangan Makassar

Fasilitas di Pulau Kayangan Makassar sudah sangat memadai untuk menunjang kenyamanan wisatawan, di antaranya:

  • Penginapan
  • Resto
  • Ragam wahana
  • Toilet
seru seruan bersama keluarga
seru seruan bersama keluarga. google maps. sumber: Afdil Ahmad

Penutup

Demikian informasi tentang Pulau Kayangan Makassar, semoga situasi pandemi covid-19 dapat segera berakhir. Sehingga geliat wisata, termasuk peremajaan fasilitas yang ada segera terealisasi, dimanapun objek wisatanya.


Tinggalkan komentar