Pulau Kayangan Makassar, Nama Ini Bukan Hoax atau Klik Bait

Pulau Khayangan merupakan pulau kecil yang sangat terkenal akan panorama pemandangan alam yang begitu indah dan hamparan pasir putih bersih membentang disepanjang pantai. Pulau hanya berjarak 15 menit perjalanan perahu dari Makkasar.


Pulau Kayangan Makassar merupakan pulau kecil yang sangat terkenal akan panorama pemandangan alam yang begitu indah dan hamparan pasir putih bersih membentang disepanjang pantai.
Pulau Kayangan Makassar. Image via: sindonews.com

Simak juga: tempat wisata seru di Seputaran Makassar

Lokasi Pulau Kayangan Makassar

Secara administratif, Pulau Kayangan terletak di Desa Bulo Gading, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar.

Lokasi pulau ini hanya sekitar 0,8 km dari Makassar. Pulau ini dapat dicapai oleh pengunjung dalam waktu sekitar 15 menit dengan naik perahu.

Biaya ke Pulau Kayangan Makassar

Menyeberang ke pulau kayangan dari dermaga Ujung Pandang , tepatnya di depan Benteng Rotterdam. Penyeberangan yang memerlukan waktu sekitar 15 menit itu berbiaya Rp. 40.000 untuk dewasa, dan Rp 25.000 untuk anak-anak.

Penyeberangan tersedia pada pukul 08.00  sampai 20.00 setiap hari nya. Dari dermaga ini perahu tersedia setiap 30 menit.

Jam Buka Pulau Kayangan Makassar

Pulau kayangan terbuka 24 jam untuk dikunjungi dan mewadahi aktivitas para pengunjung.

Keindahan Pasir putih Pulau Kayangan menghadap pelabuhan Makassar.
Keindahan Pasir putih Pulau Kayangan. Image via: pemerintahan.id

Tiket Pulau Kayangan Makassar

Tidak ada tiket masuk yang dikenakan kepada pengunjung yang ingin masuk ke pulau kayangan Makassar ini. Jadi pengeluaran wajib hanya sebatas biaya transportasi penyewaan perahu saja.

Fasilitas Pulau Kayangan Makassar

Fasilitas penunjang kegiatan wisata di Pulau Kayangan sudah cukup memadai. Pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas seperti penginapan, kolam renang, dermaga, dan kafe.

Di pulau ini tidak terdapat pemukiman penduduk, tetapi terdapat resort yang dikelola oleh swasta. Fasilitasnya cukup lengkap mulai dari dermaga penyebrangan khusus, restoran, penginapan, panggung hiburan, areal permainan anak-anak hingga anjungan untuk tempat memancing. Tarif penginapan di pulau Khayangan berkisar antara Rp 100,000 – Rp 300,000.

Selain itu, terdapat penyewaan perlengkapan menyelam untuk menikmati pemandangan bawah laut dengan harga yang terjangkau. Beberapa tempat di pulau ini juga menyediakan akses wifi, jadi tak perlu khawatir kesulitan mengunggah foto wisata ke Acc Instagram.

Daya Tarik Pulau Kayangan Makassar

  1. Pulau Wisata yang Menawan

Pulau Kayangan Makassar yang indah membuat ingin segera menjejakkan kaki
Pulau yang indah. Image via: @agilpanda

Simak juga: Pulau Moyo yang Menawan

Dari kejauhan, Pulau Kayangan sudah memancarkan pesona cantik. Pemandangan tersebut seakan membuat ingin melaju lebih kencang lagi agar cepat sampai. Sambil menikmati perjalanan, pengunjung bisa menyaksikan indah Kota Makassar dari tengah laut. Belum lagi alam bawah laut yang samar-samar terlihat dari permukaan.

Dengan luas hanya sekitar 1 hektar, pulau tak berpenghuni ini sangat cantik dan cocok untuk liburan. Bisa dikunjungi sendirian, maupun  bersama keluarga atau teman-teman. Pengelola pulau menyediakan berbagai fasilitas yang seperti hotel lengkap dengan restoran, panggung hiburan, meeting room , fasilitas olahraga, tempat bermain anak-anak dan kolam renang.

Sunset pulau kayangan makassar terlihat jelas di sisi barat pulau
Sunset Sisi Barat Pulau. Image via: binamandiri.id

Selain fasilitas yang lengkap, Pulau Kayangan juga dikaruniai alam yang indah. Pesisir sebelah barat pulau ini menghadap ke laut lepas selat Makassar. Sedangkan di bagian timur pulau,  menghadap kota Makssar. Tepatnya berhadapan dengan pelabuhan.

Di pesisir barat, pengunjung dapat memandang biru air laut plus rimbun pohon dan gugusan pulau-pulau kecil. Tidak hanya itu, matahari terbenam juga tampak jelas dari sudut ini.

Sementara itu, di pesisir timur pengunjung bisa melihat kesibukan pelabuhan dengan kapal-kapal besar dari kejauhan. Di malam hari, sisi ini menampilkan wajah lain dari kota Makassar dan pelabuhan yang penuh lampu kelap-kelip.

  1. Pantai yang Indah

Pantai pulau kayangan makassar yang indah cocok untuk lokasi bersenang-senangd enagn teman perjalanan
Pantai yang Indah. Image via: travelingyuk.com

Simak juga: Pantai Pasir Padi di Bangka

Saat baru tiba di dermaga, pengunjung sudah langsung akan disuguhkan dengan pasir pantai yang bersih. Di sini pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas bersama keluarga atau teman seperjalanan. Bermain air di bibir pantai selalu menjadi kegiatan favorit bagi hampir setiap pengunjung.

Puas bermain air di pantai, pengunjung bisa beristirahat di penginapan. Alangkah baiknya jika sebelum datang ke Pulau Kayangan, didahului dengan memesan kamar terlebih dahulu. Maklum, pulau ini sudah banyak dikunjungi wisatawan yang mungkin juga akan menginap. Jangan sampai sudah datang jauh-jauh malah tidak kebagian kamar.

Sambil menikmati sore hari yang indah di Pantai Pulau Kayangan Makassar, pengunjung bisa bersantai di ayunan tali yang diikatkan di pohon kelapa. Suasana makin sempurna dengan kehadiran sunset di sebelah barat yang mengeluarkan semburat kuning keemasan.

  1. Kuliner Romantis

Makan malam romantis di pantai pulau kayangan makassar dapat dilakukan dengan format piknik pantai
Piknik Malam romantis. Image via: @fadelaustyn

Seharian beraktivitas tentu membuat perut terasa lapar. Pengunjung bisa segera menuju restoran yang ada di atas laut. Terlihat seperti dermaga, restoran ini menyuguhkan pemandangan yang sangat cantik.

Restoran di Pulau Kayangan Makassar menyajikan masakan khas makassar, seperti coto makassar, sup konro, pallu basa dan es palu butung alias pisang ijo. Pengunjung bisa menyantak hidangan sambil menikmati pemandangan dermaga dan kota Makassar yang gemerlap indah. Kota Makassar sangat indah pada malam hari lengkap dengan kelap-kelip lampu dermaga.

Kata konro berasal dan bahasa Makassar yang artinya iga. Jadi, sup konro berarti sup yang berbahan dasar tulang rusuk iga sapi atau kerbau. Sup konro dapat disajikan dalam dua bentuk, yaitu konro berkuah (makassar beef-ribs soup) dan konro tidak berkuah atau sering disebut sebagai konro bakar (makassar grilled beef-ribs).

  1. Menyelam

Snorkeling Perairan Selat Makassar.
Snorkeling Perairan Selat Makassar. Image via: @aanalamsyah_

Simak juga: Pantai Tanjung Pasir Tangerang

Bagi pengunjung yang suka menyelam, Pulau Kayangan Makassar ini dapat menjadi alternatif yang menarik. Pulau ini memiliki perairan yang jernih dengan dikelilingi pasir putih layaknya Pulau Panjang.

Saking jernihnya air di pulau ini, Pengunjung dapat dengan mudah menerawang biota laut dan terumbu karang dari atas kapal. Sebagai salah satu wisata alam andalan Makassar, pulau cantik ini menawarkan begitu banyak keunggulan.

Selain panorama alam yang menarik, daya tarik lain dari Pulau Kayangan Makassar terletak pada aktivitas diving dan snorkeling. Diving di sini menawarkan pemandangan bawah laut yang cukup berbeda. Selain menawarkan pesona biota laut yang cantik, di sini terdapat beberapa kapal karam sisa perang dunia ke-2 telah berubah menjadi karang.

Jika ingin menyelam, pastikan Anda memiliki lisensi menyelam. Tidak hanya itu, dimanapun menyelam sebaiknya di bawah pengawasan penyelam ahli yang mengetahui seluk beluk tempat yang ingin diselami.

Pulau Kayangan makassar Pulau yang menawan.
Pulau yang menawan. Image via: @satedcc

Objek Wisata Dekat Pulau Kayangan Makassar

Selain pulau kayangan setidaknya ada 5 pulau kecil di perairan sekitar Makassar. Salah satunya Pulau Lae-lae. Pulau ini merupakan pulau wisata yang terdekat dari bibir pantai kota Makassar. Jaraknya dari Dermaga Kayu Bangkoa, Jl Pasar Ikan Makassar, hanya berkisar 1-2 kilometer atau satu mil perjalanan laut dengan waktu tempuh 15 menit.

Di pulau Lae-Lae, pengunjung dapat berenang, sambil menikmati panorama pantai sambil bakar-bakar ikan untuk dinikmati bersama sanak keluarga ataupun teman kencang. Begitu juga bagi yang ingin merasakan sensasi menginap di pulau, puluhan tempat menginap atau villa dapat anda sewa di pulau itu.

Pulau Lae-Lae sebuah pulau lain yang berdekatand engan pulau kayangan makassar
Pulau Lae-Lae. Image via: @akbarlep.88

Simak juga: Pantai Akkarena

Ada juga Pulau Kodingareng Keke. Jaraknya dari Dermaga Kayu Bangkoa, Jl Pasar Ikan, Makassar, hanya berkisar 13-14 kilometer atau sekitar 7-8 mil. Pulau yang terbilang tidak begitu luas itu, menyuguhkan panorama pantai pasir putih yang begitu indah dan air laut nan jernih. Sensasinya terasa berlibur di pulau pribadi. Di pulau itu anda dapat berenang, snorkeling ataupun diving di sekitar pulau.

Nah, ternyata sebuah pulau yang sedemikian Indah tidak hanya ada di cerita dongeng saja. Datang saja ke Makassar lalu menyeberang menuju Pulau Kayangan. Temukan pengalaman lebih dari sekadar tempat cantik di negeri dongeng.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment