Pulau Moyo, Surga Tersembunyi di Sumbawa Besar

Pulau Moyo, sebuah pulau imut yang indah di utara pulau Sumbawa. Pulau ini memiliki luas 350 km2, ketinggian maksimum 671 meter, dan garis pantai 88 km. Dengan geografis semacam itu, pulau menjanjikan aktivitas wisata alam yang lengkap. Mulai  dari menyelam, pasir pantai, air terjun, hingga jelajah hutan.


Pulau Moyo, sebuah pulau imut yang indah di utara pulau Sumbawa
Pulau Moyo. Image via: akurat.co

Diapit oleh hamparan laut lepas, Pulau Moyo juga memiliki beberapa pilihan pantai yang menawan. Beberapa di antaranya, pantai Tanjung Pasir. Ada juga Tekat Sagele yang terkenal sebagai spot terbaik untuk snorkeling.

Kalau kamu orang yang suka akan pemandangan alam dan suasana hutan, kamu bisa pergi ke Air Terjun Mata Jitu. Di sana kamu bisa berendam sambil menikmati indahnya pemandangan alam. Di Pulau ini, kamu juga biasa berswafoto dengan latar belakang pemandangan indah.

Pulau Moyo menjadi habitat untuk berbagai satwa liar. Di sini terdapat babi hutan, biawak, 21 jenis kelelawar, rusa liar dan terdapat juga kelompok kera pemakan kepitin. Ada juga sapi liar dan berbagai macam spesies burung, serta kura-kura.

Pulau terdekat yang menjadi titik keberangkatan ke Pulau Moyo adalah Pulau Sumbawa Besar. Tersedia dua jenis transportasi laut menuju Pulau Moyo, yaitu menyewa perahu boat atau perahu nelayan. Perjalanan dengan perahu boat hanya memakan waktu 20 menit saja, lebih cepat 1.5 jam jika dibanding perahu nelayan.

kolam alam pulau moyo terdapat di bawah air terjunny ayang indah bertingkat
Kolam alam. Image via: id-blog.zenrooms.com

Simak juga: Tempat Wisata di Lombok NTB

Lokasi Pulau Moyo

Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Moyo berada  2,5 km di sebelah utara Pulau Sumbawa.

Rute Menuju Pulau Moyo

Untuk bisa datang ke pulau satu ini, pengunjung bisa menggunakan jalur darat atau udara. Jika menempuh jalur darat, pengunjung perlu menelusuri kota Mataram dengan berjalan menuju ke arah timur. Menuju pelabuhan Kayangan yang terletak di Lombok Timur.

Dari pelabuhan Kayangan menaiki kapal laut untuk menyeberang menuju pelabuhan Poto Tano yang berada di Sumbawa Barat. Kemudian, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan jalur darat untuk tiba di Sumbawa Besar.

Sesampainya di Sumbawa Besar, pengunjung harus menyeberang kembali dengan menggunakan kapal laut untuk sampai di Pulau Moyo.

Lain halnya dengan jalur udara. Pengunjung bisa menggunakan penerbangan menuju Bandara Sultan Kaharuddin yang terletak di Sumbawa. Dari Sumbawa Besar melanjutkan perjalanan dengan menaiki kapal laut untuk mengantar kamu ke Pelabuhan Labuhan Aji di Pulau Moyo.

perairanpantai pulau moyo terlihat fantastis dengan Air sebening kristal
Air sebening kristal. Image via: liputan6.com

Jam Buka Pulau Moyo

Pengunjung yang ingin datang ke Pulau Moyo, pulau ini terbuka 24 jam.

Kalaupun memerlukan jadwal, itu semata karena faktor jadwal sarana transportasi, yakni kapal penyeberangan dari Sumbawa besar.

Tiket Pulau Moyo

Untuk masuk ke pulau Moyo pengunjung tidak dikenakan tiket.

Fasilitas Pulau Moyo

Untuk saat ini di Pulau Moyo hanya terdapat satu penginapan yang tersedia, yaitu Amanwana Resort. Resort ni level bintang 5, dengan harga per malam $800-$1000.

Untuk pilihan penginapan yang lebih murah, pengunjung dapat menginap di rumah-rumah warga yang menyediakan kamar untuk menginap dengan harga per malam sekitar Rp. 150.000 – Rp. 200.000.

Jika ingin yang lebih murah lagi, pengunjung dapat berkemah di kawasan pantai Brang Sedo.

Daya Tarik Pulau Moyo

  1. Air Terjun Mata Jitu

air terjun mata jitu telah terkenal di seluruh duni. Mendiang Lady Diana, pernah menikmati segarnya berendam di kolam bawah air terjun ini
Air Terjun Mata Jitu . Image via: wow.tribunnews.com

Simak juga: Pesona wisata Pantai Pasir Padi

Di air terjun inilah mendiang Putri Diana sempat berendam sembari menikmati kesejukan dan keasrian hutan Pulau Moyo. Warga setempat pun menjuluki air terjun ini dengan sebutan Queen Waterfall. Air Terjun Mata Jitu memiliki tujuh kolam yang saling berundak.

Bentuknya yang unik ini seolah menggambarkan air terjun yang ada dalam cerita peri negeri dongeng. Airnya yang berwarna hijau muda dan tua menjadi daya tarik utama siapa pun yang mengunjungi. Di sini, pengunjung bebas berenang dan berendam di kolam khusus yang diperuntukkan untuk aktivitas pengunjung.

Di bagian bibir air terjun, pengunjung bahkan bisa melihat stalaktit dan stalagmit yang telah terbentuk berjuta-juta tahun lalu.

  1. Pantai Tanjung Pasir

Tanjung Pasir Pulau Moyo memiliki pasir yang luas dnegan bentuk yang unik
Pantai tanjung pasir. Image via: jokembe.com

Dengan garis pantai yang panjang, Pulau Moyo memiliki banyak pantai yang keindahannya tidak kalah dengan yang ada di Lombok dan Bali. Hampir semuanya memiliki keindahan alam bawah laut yang mempesona. Salah satunya adalah Pantai Tanjung Pasir.

Pantai Tanjung Pasir ini memiliki hamparan pasir putih yang paling luas di antara pantai yang lain. Air lautnya yang biru dan jernih seolah memanggil-manggil minta didekati. Pengunjung bisa sekedar bermain air di pinggiran pantainya atau mencoba berenang.

Di pantai ini pengunjung bahkan bisa snorkeling dan menyelam, masuk ke kedalaman untuk bercengkerama dengan hewan laut dan terumbu karang yang ada di sana.

  1. Pantai Raja Sua

pantai Raja Sua pulau moyo dengan spot menawannya
Pantai Raja Sua. Image via: @amenkardian

Simak juga: Tertatanya Pantai Akkarena

Pantai Raja Sua jaraknya hanya 20 menit dengan perahu motor dari pantai Tanjung Pasir. Pantai ini memang tidak terlalu banyak memiliki pasir putih. Area pantai didominasi oleh hutan dengan padang rumput dan pepohonan tinggi.

Kekuatan pantai ini terletak pada airnya. Kejernihan airnya bak cermin yang memancarkan keindahan biota laut di bawahnya.

Pantai Raja Sua merupakan salah satu spot favorit untuk snorkeling maupun menyelam. Di kedalaman, pengunjung bisa menemukan White Coral yang biasa digunakan untuk perhiasan sekaligus memiliki khasiat untuk kesehatan.

  1. Takat Sagele

tekat segale gundukan pasir kecil lepas pantai pulai moyo. semacam gosong pasir
Takat Sagele. Image via: webgram.life

Wisata ke Pulau Moyo memang paling tepat jika dilakukan pada musim kemarau. Sepanjang bulan Mei hingga Agustus. Selain karena ombak yang lebih tenang, pengunjung juga bisa bersantai di atas gundukan karang dan pasir putih unik bernama Takat Sagele.

Kejernihan air laut yang mengelilingi Takat Sagele membuat pengunjung dengan mudah menemukan ikan-ikan cantik yang berenang di bawah air. Selain itu, pengunjung bisa menikmati senja syahdu dan tenang di antara luasnya lautan.

Semua pengalaman itu akan jadi pengalaman tak terlupakan. Yang tidak akan bisa didapatkan di tempat lain.

  1. Air Terjun Diwu Mbai

Selain Air Terjun Mata Jitu, ada juga air terjun lain yang tak kalah indahnya di Pulau Moyo. Namanya Air Terjun Diwu Mba’i. Kesegaran air terjun ini bagaikan oase di tengah panasnya cuaca Pulau Moyo. Meski undakan tidak sebanyak Air Terjun Mata Jitu, namun tidak akan lengkap rasanya berkunjung ke Pulau Moyo tanpa mampir ke sini.

Ala Tarzan di air terjun Diwu Mbai pulau moyo.
Ala Tarzan di Diwu Mbai. Image via: anakpapabandy

Simak juga: Buaian Angin Pantia Tanjung Pasir

Di sekeliling air terjun, pengunjung akan disuguhi oleh hutan belantara dengan pepohonan berumur puluhan tahun yang tinggi menjulang. Terdapat sebuah ayunan tali tambang yang diikatkan ke salah satu pohon besar di dekat air terjun.

Pengunjung bisa memacu adrenalin dengan berayun dan terjun ke kolam air terjun di bawahnya. Pengalaman seru yang Mirip seperti adegan film Tarzan and The Jungle Book.

  1. Pantai Poto Jarum

Pantai Poto Jarum memiliki ciri khas dibanding dengan pantai lain di Pulau Moyo. Apalagi kalau bukan karena bebatuan besar yang mudah kamu temui di area bibir pantainya. Pantai ini merupakan salah satu kawasan yang dilindungi sehingga kamu tidak akan menemukan bangunan di sekitarnya.

Ombaknya yang tenang dengan air berwarna toska membuat siapapun betah berlama-lama di sini. Keindahan alam bawah lautnya juga menjadi tujuan utama siapa pun yang datang kemari. Pantai ini dapat ditempuh selama kurang lebih 60 menit dengan perahu motor nelayan setempat dari Pantai Tanjung Pasir.

  1. Pantai Brang Sedo

pantai brang sedo pulau moyo dengan pepohonan lebat di pantai
Pantai Brang Sedo. Image via: suarantb.com

Pantai lainnya di Pulau Moyo yang bisa kamu kunjungi adalah Pantai Brang Sedo.

Di pantai ini pengunjung bisa menikmati keindahan alam bawah laut yang mengagumkan.  Sekaligus juga berkesempatan bersantai di area pantainya yang cantik.

Untuk yang suak dengan udara malam di ruang terbuka, bisa pula mendirikan tenda di sini untuk bermalam. Menikmati langit malam Pulau Moyo tentunya akan jadi pengalaman berkesan seumur hidupmu.

  1. Pantai Ai Manis

Hampir mirip seperti Pantai Raja Sua, di Pantai Ai Manis pengunjung disuguhkan lanskap hutan tropis di area dekat dengan pantai. Bebatuan di sekitar area pantai juga bisa jadi spot asyik untuk berfoto.

Jika berani, pengunjung bisa mencoba menjelajahi area hutan di dalamnya. Jika beruntung pengunjung bisa bertemu dengan rusa liar yang menawan dan aneka burung langka yang hinggap di dahan pepohonan.

Pantai Ai Manis pulau moyo terkenal dengan air bening dan spot menyelamnya
Pantai Ai Manis. Image via: wisatabaru.com

Simak juga: Pulau Samalona, Sekeping Surga di Selat Makassar

Tips Mengunjungi Pulau Moyo

  1. Pemilihan Waktu

Hindari berlayar pada Desember- Februari karena ombak sedang tinggi. Yang terbaik, datanglah bulan Juni- Agustus.

  1. Siapkan Perlengkapan Wisata Outdoor

Bawa tabir surya, lotion pencegah gigitan nyamuk, kaos kaki, sepatu boot untuk trekking serta kaos dan celana yang cepat kering. Yang penting juga, kain pantai dan sleeping bag.

  1. Bawa uang tunai

DI pulau ini semua transaksi berbasis tunai. ATM juga sulit ditemukan Jadi selalu siapkan uang tunai

  1. Manfaatkan Guide Lokal

Manfaatkan jasa guide lokal saat menjelajah hutan tropis di Pulau Moyo. Budgetnya sekitar 75.000-150 ribu per hari. Selain mencegah risiko kesasar, ngobrol dengan penduduk lokal bisa menambah kaya pengalaman kita jalan-jalan di sana.

  1. Kamera Underwater

Untuk   mengabadikan kenangan saat menyelam atau snorkeling di Moyo, bawa kamera dengan casing khusus untuk foto underwater.

bulan madu impian di pulau moyo, menikmati kebersamaan laksana king and queen
Bulan Madu Impian. Image via: makassar.terkini.id

Objek Wisata Dekat Pulau Moyo

Mumpung berkunjung ke Sumbawa, tidak ada salahnya juga mencoba destinasi lain, selain Pulau Moyo. Ada beberapa pilihan yang bisa di coba untuk memperkaya pengalaman wisata.

Puncak Mantar adalah spot di ketinggian untuk melihat Selat Alas. Puncak Mantar adalah puncak dari Gunung Mantar setinggi 650 meter . Di Puncak Mantar pengunjung bisa menyaksikan keindahan dari sunrise dan sunset. Dari sisi barat akan nampak pemandangan Pulau Lombok, Selat Alas hingga pulau-pulau kecil lainnya di perairan tersebut.

Objek lain adalah Pantai Tropica. Pantai ini berada di desa Sekongkang Bawah, kecamatan Sekongkang, Sumbawa Barat. Pantainya unik, di tepi ombaknya landai cukup nyaman untuk bermain air. Di tengah ada ombak besar yang dimanfaatkan pengunjung untuk bermain surfing.

Sekian dulu kami berbagi kisah soal pesona Pulau Moyo yang indah ini. Segera rencanakan perjalanan wisata anda ke pulau mungil nan cantik di Indonesia tengah ini.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment