Pulau Pari, Wisata Alam Dengan Fasilitas Lengkap

Pulau Pari ialah pulau lain di Kepulauan Seribu yang berpenduduk dan selalu ramai dikunjungi wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri.

Namun, semenjak pandemi covid-19 melanda dunia, hampir seluruh objek wisata mengalami penurunan yang sangat drastis.

Begitu juga dengan Pulau Pari, saat ini kamu dapat mengunjungi pulau mungil ini dengan syarat harus melakukan Rapid-Test Anti Gen 24 jam sebelum keberangkatan.

Kemudian wisatawan yang berkunjung ke Pulau Pari pun dibatasi, yakni sebesar 30 % saja. Serta untuk armada kapal lautnya hanya boleh menampung sekitar 50% dari kapasitas yang seharusnya.

Meskipun begitu, keseruan yang akan tercipta di Pulau Pari tak berkurang sedikit pun. Asal kamu tetap memakai masker, dan mematuhi aturan 5 M yang telah dicanangkan Pemerintah.

Simak juga: Aneka Lokasi wisata di Jakarta.

Berikut ulasan lengkap tentang lokasi dan keseruan yang dapat kamu lakukan ke Pulau Pari:

Lokasi & Alamat Pulau Pari

Lokasi Pulau Pari berdekatan dengan Pulau Tidung.

Alamat lengkapnya berada di wilayah administrasi Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Provinsi DKI Jakarta.

dermaga pulau pari
dermaga pulau pari. google maps. sumber: Ade Irawan

Rute Menuju Pulau Pari

Rute menuju Pulau Pari ialah dengan mengarahkan kendaraanmu menuju Dermaga Kali Adem, dari sana tinggal melanjutkan perjalanan dengan menggunakan perahu.

Perjalanan yang akan kamu tempuh dari Kali Adem menuju Dermaga Pulau Pari sekitar 2 jam lamanya, dimana kamu akan mengarungi lautan biru.

Atau kamu dapat pula bergerak dari Dermaga Kapal Marina Ancol, dengan menggunakan Kapal Boat yang akan membawamu lebih cepat tiba di Pulau Pari.

Dan tentunya harga yang ditawarkan pun akan lebih mahal dibanding dengan menggunakan kapal dari Kali Adem.

Jam Buka Pulau Pari

Karena Pulau Pari merupakan pulau berpenduduk, sehingga tidak ada patokan waktu khusus seperti objek wisata lain pada umumnya.

Jadi, kamu dapat mendatangi Pulau Pari kapan saja. Namun, yang perlu kamu ketahui ialah jadwal keberangkatan maupun kepulangan kapal laut dari dan ke Dermaga Pulau Pari.

pantai yang cantik
pantai yang cantik. google maps. sumber: yohanes sigit

Tiket Pulau Pari

Tidak ada patokan khusus mengenai harga tiket masuk atau retribusi menuju Pulau Pari.

Supaya lebih nyaman ketika berkunjung ke Pulau Pari, sebaiknya memanfaatkan Open Trip yang ditawarkan oleh beberapa travel yang ada.

Biasanya biaya yang mereka tawarkan sudah termasuk biaya transportasi, menginap, makan, dan fasilitas keseruan wahana yang akan kamu lakukan nanti.

Harga yang ditawarkan pihak travel biasanya berkisar antara Rp. 300.000an selama 2 hari 1 malam.

Fasilitas Pulau Pari

Fasilitas yang ada di Pulau Pari diantaranya:

  • Sebuah Dermaga
  • Penyewaan sepeda
  • Wahana air seru
  • Penginapan
bersantai menikmati alam
bersantai menikmati alam. google maps. sumber: Jastria Rahmat

Simak juga: Pulau cubadak

Penginapan

Untuk kamu yang ingin menikmati wahana-wahana yang ada di Pulau Pari, memang sebaiknya menginap. Disini telah banyak penginapan yang dapat kamu sewa.

Jika kamu memanfaatkan open trip, kamu ngga perlu bingung menentukan tempat menginap karena semuanya telah diatur oleh pihak travel.

Ragam Wisata Seru Di Pulau Pari

1. Snorkeling

Kegiatan pertama yang akan kamu lakukan ketika berada di Pulau Pari, ialah melihat keindahan bawah lautnya. Sebelumnya harus menggunakan perahu untuk menuju spot snorkeling.

Jika kamu menggunakan jasa travel maka biaya sewa peralatan snorkeling dan biaya perahu sudah termasuk kedalamnya.

Spot snorkeling memiliki kedalaman sekitar 3 meter, untuk kamu yang sudah pandai berenang dapat mengeksplor keindahan bawah lautnya tanpa menggunakan jaket pelampung.

Namun harus berhati-hati, karena terumbu karang yang ada cukup tajam. Tak sedikit wisatawan yang terluka karenanya.

2. Bersepeda

Cara terbaik untuk mengelilingi Pulau Pari atau mengunjungi objek wisata lain ialah dengan menggunakan sepeda. Bersepeda sambil menikmati alamnya yang masih sangat alami.

keseruan di pantai perawan
keseruan di pantai pasir perawan. google maps. sumber: Randy Hernando

Simak juga: Pulau Sikuai.

3. Menikmati Sunset Di Pantai Pasir Perawan

Kamu dapat menuju Pantai Pasir Perawan dengan menyewa sepeda yang banyak tersedia sepanjang Pulau Pari. Memasuki Pantai Perawan dikenai tiket masuk sebesar Rp. 5.000,- per orang.

Jika kamu mengikuti Open Trip, tidak usah membayar tiket masuk lagi. Di Pantai Pasir Perawan pula pengunjung dapat melakukan camping, dengan biaya sebesar Rp. 15.000,-

Pantai cantik yang satu ini memiliki hamparan pasir putih yang lembut, terdapat patung Ikan Pari yang menjadi ikon dari pulau yang satu ini.

Ketika berada di Pantai Perawan, keseruan yang dapat kamu lakukan diantaranya:

  • Berenang
  • Bermain pasirnya yang putih dan lembut
  • Menikmati indahnya pantai
  • Menikmati sunset yang tenggelam di sebelah barat
  • Bermain ayunan air
bermain air di pantai perawan
bermain air di pantai pasir perawan. google maps. sumber: Wisata Pantai. Pulau Pari

Simak juga: Pulau Tangkil.

4. Bermain Banana Boat

Wahana seru yang ada di Pulau Pari salah satunya ialah dengan bermain Banana Boat. Dimana kamu akan dibawa mengelilingi lautan dengan ditarik oleh sebuah speedboat.

Dan keseruan pun akan tercipta jika berada di belokan yang tajam dan akhirnya semua penumpang yang ada di Banana Boat terhempas semua.

5. Pantai Bintang

pantai bintang
pantai bintang. google maps. sumber: Aaron Lisandrio

Pengalaman bersepeda ke Pantai Bintang berbeda ketika menuju Pantai Pasir Perawan. Jika menuju Pantai Pasir Perawan kamu melewati rumah-rumah, lain halnya dengan Pantai Bintang karena kamu akan melewati pepohonan yang cukup rindang.

Pantai Bintang dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat, tiket masuk nya pun sangat murah, yakni hanya membayar sebesar Rp. 2.500,- per orang.

Pantai ini memiliki pohon cemara yang cukup untuk kamu berteduh dari panasnya sang mentari. Diberi nama Pantai Bintang karena banyaknya bintang laut di sekitar pantai.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Bintang ialah di pagi hari, supaya kamu dapat melihat bintang laut dengan jelas. Jika sore menjelang air laut mulai pasang, sehingga usaha untuk melihat bintang laut pun akan sedikit susah.

6. Hunting Foto Instagramable

Satu lagi yang ngga boleh terlewatkan, yakni hunting foto-foto keren untuk kemudian kamu post di berbagai media sosial yang kamu miliki.

cantiknya pergantian hari
cantiknya pergantian hari. google maps. sumber: Rudi Pangeran 09

Banyak wisatawan yang mengabadikan diri ketika:

  • Snorkeling
  • Bermain di Pantai Pasir Perawan
  • Bermain di Pantai Bintang
  • Bersepeda

Ternyata untuk berlibur seru dengan suasana alam yang masih alami, ngga perlu jauh-jauh ke luar kota kan? Cukup pergi ke Pulau Pari, yang lokasinya berada tak jauh dari Ibukota.

Liburan seru tanpa haru dan ragu, asal tetap patuhi “Pesan Ibu”!


Tinggalkan komentar