Pulau Samalona, Sekeping Surga di Selat Makassar

Pulau Samalona adalah pulau kecil yang indah di dekat Makassar. Luas total pulau ini hanya sekitar 2,34 hektar. Namun, walaupun kecil, pulau ini memiliki gugusan terumbu karang yang indah di sekitar pulau.


Pulau Samalona adalah pulau kecil yang indah di dekat Makassar. Luas total pulau ini hanya sekitar 2,34 hektar
Pulau Samalona. Image via: evelyn

Simak juga: tempat wisata di Makassar

Pulau Samalona memiliki pantai dengan pasir putih dan air laut yang biru yang jernih. Selain itu, terdapat banyak pohon kelapa yang memberikan suasana nyaman bagi wisatawan. Pulau ini juga terkenal akan keindahan bawah laut pulau ini.

Ada banyak hal seru yang bisa dilakukan di sini, seperti berenang di laut maupun bermain air di pinggir pantai. Dijamin aman karena ombak cukup tenang. Pulau cantik ini juga memiliki banyak spot foto keren, sangat cocok bagi mereka yang hobi selfie bertema pantai.

Para pengunjung yang suka petualangan bawah air, bisa berenang dan menyelam. Mereka bisa leluasa menyelam untuk melihat terumbu karang yang indah dengan ikan laut yang berwarna-warni.

Ketika udara terasa panas di siang hari, pengunjung dapat duduk di pinggir pantai sembari menikmati segarnya es kelapa muda. Suasana santai bakal kian menyenangkan sembari menikmati sepiring pisang goreng di cocol sambal.

kelilingi pulau samalona bisa dilakukan dnegan menggunakan perahu kecil
Keliling pulau. Image via: Briliant

Lokasi Pulau Samalona

Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Posisi lebih tepatnya berada di sebelah barat kecamatan Wajo, Makassar, berjarak sekitar 2 km dan bisa dilihat dengan jelas dari kecamatan tersebut.

Biaya ke Pulau Samalona

Untuk menuju pulau ini bisa menggunakan perahu nelayan, perahu dengan mesin tempel. Perjalanan ini  memerlukan waktu tempuh tidak lebih dari 0,5 jam. Penyeberangan itu biayanya sekitar Rp 300.000-Rp 500.000.

Di pulau ini berdiri sebuah mercu suar yang digunakan sebagai tanda batas daratan bagi kapal-kapal berbadan besar. Samalona adalah kepulauan yang bisa dilihat jelas dari Benteng Fort Rotterdam di daerah Keling – Makassar.

Jam Buka Pulau Samalona

Pengunjung bisa beraktivitas di pulau Samalona sepanjang hari. Apalagi dengan adanya penginapan di pulau ini, maka praktis pulau ini terbuka 24 jam.

gazebo di Sudut Pulau Samalona memebrikan tempat pada pengunjung untuk menikmati pantai dengan santai
Sudut Pulau. Image via: keepo.me

Simak juga: Pesona Tersebunyi Pulau Rupat di Riau

Tiket Pulau Samalona

Unutk memasuki pulau Samalona pengunjung tidak dikenakan tiket masuk. Kalaupun memerlukan persiapan uang cash, itu adalahuntuk keperluan belanja makanan dan sewa penginapan saja.

Fasilitas Pulau Samalona

Mushala dan toilet umum juga tersedia di pulau Samalona ini. Di pulau ini juga ada beberapa warung makan yang menawarkan berbagai macam makanan laut. Selain itu, juga terdapat layanan penyewaan peralatan menyelam dan snorkeling, gazebo serta tenda payung di tepi pantai.

Untuk fasilitas penginapan, Di Pulau Samalona juga tersedia penginapan. Sebagian besarnya adalah rumah penduduk setempat, meskipun juga terdapat pondok-pondok penginapan khusus. Beberapa penduduk setempat dengan sengaja menyediakan kamar di rumah mereka untuk tamu yang mengunjungi pulau itu.

Hal Menarik di Pulau Samalona

  1. Menyelam

Snorkeling di pulau samalona terasa menyenangkan karena air yang jernih
Snorkeling pulau Samalona. Image via: wisatalova.com

Sajian utama di Pulau Samalona adalah keindahan dunia bawah laut. Saat menyelam, pengunjung dapat bertemu dengan terumbu karang yang cantik dan ikan laut berwarna-warni, serta kuda laut. Airnya yang jernih  menambah kelokan dunia bawah laut ini.

Keindahan akan tampak lebih eksotis jika aktivitas menyelam dilakukan di pagi hari. Dengan melakukan penyelaman di pagi hari, pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan ikan-ikan yang lebih ramai. Mereka berenang kesana-kemari bermain di antara terumbu-terumbu karang di laut.

Pengunjung bisa menikmati sensasi berada di dalam air di laut lepas yang berwarna biru, garis-garis cahaya matahari terlihat jelas menyusup masuk ke dalam air. Ikan dengan berbagai corak warna bermain-main menyelinap keluar masuk terumbu karang, seakan menggoda kita untuk ikut bermain.

Dengan sesekali mengejar sekumpulan ikan untuk diikuti dan melihat ritmenya. Pengunjung akan merasa takjub sekaligus merasa lemah. Lemah karena kesunyian dalam laut.

Nilai tambah dari menyelam di sekitar pulau ini adalah keberadaan kapal sisa Perang Dunia ke-2 yang telah karam dan ditumbuhi oleh terumbu karang nan cantik.

  1. Menikmati Panorama Pantai

Pantai pulau samalona yang menghadap kota Makassar.
Pantai yang menghadap kota Makassar. Image via: tripadvisor.co.id

Simak juga: Air Terjun Girimanik, Lokasi Pertapaan Batara Semar

Saat berkunjung ke pantai Samalona, pengunjung sangat disarankan untuk mencoba sensasi menghabiskan banyak waktu di tepi pantai yang berpasir putih. Berburu foto di pantai ini juga bisa menjadi aktivitas yang mengasyikkan.

Selepas puas menyelam menikmati keindahan dunia bawah laut, pengunjung bisa melanjutkan dengan bersantai di pantai. sambil menikmati sinar matahari pagi. Pantai di Pulau Samalon memiliki pasir putih dan sangat bersih.

Ketika udara terasa panas di siang hari, pengunjung dapat duduk di pinggir pantai sembari menikmati segarnya es kelapa muda. Suasana santai bakal kian menyenangkan sembari menikmati sepiring pisang goreng di cocol sambal.

Saat senja, pengunjung dapat menikmati tenggelamnya matahari yang sungguh menawan. Dengan pemandangan laut lepas yang luas dan tidak ramai oleh orang-orang atau toko-toko, akan membuat rasa nyaman menjadi maksimal, saat menikmati proses sang mentari yang perlahan tenggelam.

payung pantai pulau samanola disediakan utnuk dudu menikmati pantai ditemani kelapa muda
Payung pantai. Image via: daenggassing.com
  1. Banana Boat

Pantai Pulau Samalona juga menyediakan permainan banana boat ada di tempat wisata indah ini. Perahu karet berbentuk menyerupai pisang digunakan untuk wahana banana boat. Selain itu, perahu dapat ditumpangi sampai enam orang pengunjung dan satu orang pemandu.

Perahu akan ditarik oleh speed boat berputar-putar di pantai pulau Samalona. Biasanya speed boat dikendarai oleh satu sampai dua orang pemandu. Untuk satu kali putaran keliling perairan pantai, permainan naik banana boat berlangsung sekitar 15 menit. Saat menaiki perahu banana boat, rasanya seperti menunggang kuda.

Banana Boat bisa dinikmati bersama keluarga atau teman yang datang. Karena setiap boat bisa dinaiki 5-6 orang. Harga sewa Fasilitas banana boat dengan tarif Rp 150 ribu. Dengan membayar sejumlah itu pengunjung bisa memacu adrenalin di atas lautan biru Selat Makassar.

dermaga pulau terbuat dari kayu siap menyambut pengunjung pulau samalona nan indah
Dermaga Pulau. Image via: travel.detik.com

Simak juga: Liburan murah di lokasi  mewah di Ocarina Batam

  1. Villa Belanda

Samalona sebuah pulau yang dikenal dengan sebutan spermonde, menyimpan banyak ingatan sejarah. Pada masa pendudukan Belanda di Indonesia, kurang lebih sebanyak 350 orang Belanda yang kemudian tinggal menetap di Sulawesi.

Sebagai alternative wisata bagi para pejabat tinggi maka dibangun sebuah villa di Pulau Samalona sebagai tempat peristirahatan. Vila ini berdiri cukup lama hingga akhirnya rubuh karena dimakan usia, setelah berdiri hampir 100 tahun di pulaui ini.

Bekas-bekas tinggalan dari villa ini yang tersisa hanya atap seng dan tegel.

Pasir putih pantai pulai samanola terasa lembut di kaki
Samalona Beach. Image via: kataomed.com
  1. Siarah Makam

Pada hari-hari tertentu beberapa orang dari luar pulau akan datang berziarah ke kuburan ini untuk meminta berkah dan sebagainya.

Di pulau ini terdapat sebuah kuburan tua. Dimana menurut beberapa tetua kuburan tersebut telah ada sejak dahulu. Bahkan diperkirakan sejak Islam belum masuk di Sulawesi selatan. Hal inilah yang menyebabkan bentuk kuburan yang tidak menghadap ke kiblat.

Ada juga yang mengatakan bahwa jenazah yang dikuburkan di pulau ini adalah suku Bajoe, karena dahulu pulau Samalona merupakan tempat persinggahan para pelayar dan pedagang. Letak pulau samalona yang berada di tengah-tengah menjadi jalur perlintasan para pelayar-pelayar  ulung dari tanah daeng.

pelayaran pulang ke makassar setelah puas menimati keindahan pulaa samanola
Pulang ke Massar. Image via: AustynTV

Simak juga: Cantiknya Selat Sunda dari  Menara Siger

Objek Wisata Dekat Pulau Samalona

Setelah puas bermain di pantai Samalona, pengujung yang masih penasaran bisa lanjut ke pulau kodingareng keke. Perjalanan ke pulau itu hanya memerlukan  15 menit dari pulau Samalona.

Pulau kodingareng keke tidak berpenghuni. Pulau ini sudah lama diketahui sebagai salah satu serpihan surga yang indah di Makassar. Tidak heran jika para petualang, membuat pulau ini sebagai salah satu incaran dan masuk ke dalam daftar perjalanan mereka. Aktivitas utama di pulau ini adalah snorkeling dan diving.

Ada juga pulau kayangan. Pulau Kayangan dikaruniai alam yang indah. Pesisir sebelah barat pulau ini menghadap ke laut lepas selat Makassar. Sedangkan di bagian timur menghadap kota Makassar, tepatnya berhadapan dengan pelabuhan. Di pesisir barat, mata bisa memandang biru air laut plus gugusan pulau-pulau kecil.

Apakah anda menjadi penasaran dengan Pulau Samalona dengan berbagai hal menariknya? Kalau sudah, langsung saja bersiap cuti dari rutinitas, siapkan budget secukupnya, dan langsung saja berangkat ke Sulawesi Selatan.

 

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment