Pulau Tidung, Paket Liburan Lengkap Selangkah Dari Jakarta

Pulau Tidung merupakan salah satu pilihan wisata Jakarta yang terbanyak peminat sampai saat ini. Keindahan alam dan nuansa pantai dengan air laut yang bening mendukung pulau ini untuk lokasi wisata.


pulau tidung, sebuah pulau wisata alam di dekat jakarta
Pulau tidung. Image via: belanja.jbsgroup.xyz

Fungsi pulau sebagai lokasi wisata di kembangkan oleh penduduk setempat untuk menciptakan nilai terbaik untuk wisatawan berlibur. Berada di utara kota Jakarta, 2 pulau yang di sambung oleh satu jembatan sungguh unik untuk dikunjungi. Jembatan antar pulau itu sering disebut Jembatan cinta, menjadi icon wisata pulau tidung.

Sebagai salah satu tujuan wisata, di pulau ini dapat ditemui perkampungan penduduk dan beberapa warung yang menyediakan makanan dan minuman ringan. Terdapat jalan setapak yang panjang melewati fasilitas umum.

Di pangkal jembatan Cinta di sisi pulau tidung besar ada suatu cekungan laut yang agak dalam. Di sana banyak anak kecil memperagakan loncat indah dari jembatan sebagai sarana bermain mereka.

Pulau Tidung Kecil merupakan kawasan pengembangbiakan mangrove, yang dapat ditelusuri dengan bersepeda. Pengunjung bisa bersepeda melalui jalan setapak yang dipenuhi dengan ilalang dan pantai sepi dengan pasir putih yang lembut.

Untuk sarana permainan air atau water sport juga tersedia. Lokasi tepatnya terletak di bagian barat pulau.

Perairan pulau tidung terjaga ke bersihan dan juga kondisi habitatnya. INi menyebabakan perairana man untuk wisata air seperti renang, dan permainan air lain.
Menteri Laut di jembatan cinta. Image via: @susipudjiastuti115

Simak juga: wisata hits di Jakarta

Lokasi Pulau Tidung

Pulau Tidung adalah salah satu kelurahan di kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu, Jakarta, Indonesia.

Pulau ini memiliki luas 1.07 km persegi, dengan total penduduk kurang dari 5.000 orang.

Akses Menuju Pulau Tidung

Mengingat jika  wisata pulau tidung adalah wisata lepas pantai, maka cara untuk mencapai kolasi ini tentu melalui penyeberangan laut. Ada beberapa alternatif dermaga yang bisa dipilih untuk menyeberang ke pulau indah itu.

Alternatif pertama Dari Dermaga Muara Angke. Pengunjung bisa melakukan perjalanan menuju tempat wisata pulau tidung melalui dermaga Muara Angke. Di sana banyak sekali kapal kayu yang akan berangkat menuju pulau.

Pengunjung harus datang sebelum jam 07:00 WIB, karena kapal dari dermaga ini akan berangkat ke pulau tidung jam 07:00. Untuk biaya penyeberangan menggunakan kapal  dari pelabuhan ini terbilang sangat murah. Unutk tiap pengunjung hanya dikenakan tarif Rp. 35.000 saja. Dan untuk waktu penyeberangan akan memakan waktu kurang lebih adalah 3 jam.

Jembatan cinta salahs atu icon pulau tidung. pada jembatanpenghubung tidung besar dan tidung kecil, bsia dimanfaatkan untuk kegiatan air lompat laut.
Lompat di jembatan cinta. Image via: travelpulauseribu.co.id

Selain muara angke, di dekat sana juga ada dermaga Kali Adem, dermaga tersebut tersebut tidak jauh dan hanya beberapa meter saja dari dermaga Muara Angke. Di dermaga kali adem terdapat sebuah kapal yang juga melayani perjalanan menuju pulau tidung. Nama kapal tersebut adalah KM Kerapu.

Pengunjung yang menaiki kapal ini akan di kenakan tarif Rp. 32.ooo dengan keberangkatan sama seperti dari dermaga muara angke. Tetapi kalau di dermaga ini, pengunjung harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu pada pukul 06:00. Waktu penyeberangan memakan waktu 2 jam.

Untuk pengunjung yang ingin jalur cepat, bisa memilih dermaga Ancol. Jika melakukan perjalanan dari ancol hanya akan memakan waktu 1 jam saja. Rute wisata dari ancol ini menyediakan kapal dengan jenis speedboat yang memiliki kemampuan untuk bisa sampai di pulau tidung dengan lebih cepat.

Namun yang harus sobat ketahui adalah biaya yang di kenakan menggunakan kapal speedboat ini cukup terbilang mahal. Biayanya adalah Rp. 250.000.

Pasir putih Pulau tidung yangbersihd an bebas sampah, sangat menyenangkan untuk dinikmati sendiri maupun bersama teman.
Pasir putih Pulau tidung. Image via: @_ajengagwin_

Simak juga:  Pulau Semeti

Jam Buka Pulau Tidung

Pulau tidung terbuka untuk aktivitas pengunjung 24 jam sehari. Namun demikian, untuk pengunjung yang tidak akan menginap tentu harus menyesuaikan aktivitas kunjungan dengan jadwal keberangkatan kapal, untuk kembali ke Jakarta.

Tiket Pulau Tidung

Untuk memasuki kawasan pulau wisata ini, pengunjung tidak dipungut biaya masuk. Gratis.

Hal Menarik Mengenai Pulau Tidung

  1. Pulau Tidung Besar

Pertama kali menginjakkan kaki di pulau ini pengunjung akan mendarat di pulau Tidung Besar yang dihuni oleh masyarakat setempat. Aktivitas penduduk pada wilayah ini juga cukup tinggi tetapi pengunjung tidak perlu khawatir, karena destinasi wisata ini masih cukup nyaman untuk dikunjungi. Pulau ini bisa untuk bersantai bersama keluarga atau rekan-rekan.

Yang istimewa dari pulau ini tentu adalah panorama pantai yang sangat memukau dengan perairan yang biru jernih serta pasir pantai yang putih bersih dan lembut. Fasilitas umum di pulau ini tergolong cukup lengkap sehingga Pengunjung tak akan mengalami masalah yang berhubungan dengan akomodasi bila hendak berlibur.

  1. Pulau Tidung Kecil

Pulau tidung terdiri dari 2 pulau. Tidung besar yang berpenghuni dan tidung kecil yang tidak berpenghumi
2 tidung. Image via: kumparan.com

Bila pulau Tidung Besar merupakan kawasan yang dihuni oleh masyarakat setempat, sebaliknya pulau Tidung Kecil yang berada di dekat pulau itu justru tak berpenghuni. Pulau yang lebih kecil dikhususkan menjadi lokasi budidaya dan pelestarian tanaman bakau atau mangrove.

Hutan bakau berfungsi untuk melindungi pesisir pantai dari abrasi atau pengikisan karena gempuran gelombang laut yang berlangsung terus-menerus. Lokasi budidaya hutan bakau ini selain berfungsi sebagai upaya pelestarian alam juga sebagai alternatif wisata, dan penelitian.

Pada waktu-waktu tertentu wisatawan bahkan bisa berpartisipasi untuk membantu penanaman pohon bakau di pulau Tidung Kecil

  1. Jembatan Cinta

jembatan cinta menghubungkan pulau tidung besa rdengan pulau tidung kecil
Jembatan Cinta. Image via: daftartour.com

Simak juga: Pulau Pari

Dari pulau Tidung Besar pengunjung bisa mengakses pulau Tidung Kecil dengan melintasi jembatan yang disebut Jembatan Cinta.  Jembatan sepanjang 800 meter yang menjadi ikon Pulau ini awalnya hanya terbuat dari kayu. Namun setelah dipugar, kini menjadi jembatan beton yang bersaput cat berwarna merah muda.

Konon menurut mitos yang berkembang, jembatan tersebut memberikan aura yang positif bagi hubungan asmara seseorang. Mereka yang melintasi Jembatan Cinta, jika dia masih sendiri maka akan segera mendapatkan jodoh, jika dia datang bersama pasangan, maka hubungan mereka akan langgeng.

Dan jika ada persoalan asmara dengan pasangan, maka masalah tersebut akan segera teratasi sehingga tidak sampai berpisah atau rujuk kembali.

Terlepas dari benar tidaknya mitos tersebut, menyusuri Jembatan Cinta dengan berjalan kaki dari Pulau Tidung Besar ke Pulau Tidung Kecil atau sebaliknya bakal memberikan keasyikan tersendiri. Pengunjung akan dibuat kagum dengan keindahan panorama kawasan perairan saat dilihat dari atas jembatan.

Jika beruntung, pengunjung dapat menyaksikan anak-anak melakukan atraksi lompat indah dari atas jembatan mencebur ke laut. Bagi pengunjung yang berkeinginan dan punya keberanian bisa juga melakukan hal yang sama bersama anak-anak tersebut.

  1. Makam Pejuang

Makam Raja Tidung XIII raja pejuangd ari kalimantan, yang akhirnya terasing di pulau tidung besar
Makam Raja Tidung XIII. Image via: Bhineka Satu

Di kawasan pulau Tidung Kecil memang terdapat makam seorang tokoh disegani yang menurut cerita masyarakat setempat adalah panglima kerajaan. Beliau adalah seorang yang sakti dan turut berjuang saat perang kemerdekaan melawan kolonialisme Belanda.

Beliau adalah Panglima Hitam dari Cirebon, Banten. Panglima Perang dari Kerajaan Syarif Hidayatullah ini dikenal gigih dalam melawan kolonial Belanda. Namun dalam satu pertempuran, Panglima Hitam dan pasukan Cirebon kalah dari tentara Belanda dan melarikan diri ke Pulau ini.

Di Pulau inilah Panglima Hitam dan pasukan Cirebon menghabiskan sisa-sisa hari mereka hingga akhirnya meninggal dan dimakamkan di Pulau Tidung Kecil.

Makam tersebut saat ini menjadi objek wisata sejarah yang tidak jarang dikunjungi para wisatawan dari luar pulau, karena di lokasi makam masih tersimpan sisa-sisa peninggalan, seperti Pedang, Keris, Kendi dan peralatan untuk beribadah.

  1. Wisata Kuliner

Piknik pantai pulau tidung memebrikan nuansa berbeda. Lingkungan yangbersih dan tenang, menambah rasa nikmat makanan di lidah.
Piknik pantai tidung. Image via: travel.detik.com

Simak Juga: Pulau Cubadak.

Pengunjung bisa menikmati wisata kuliner khas pulau tidung di banyak lokasi di areapulau ini. Di Pulau ini  pengunjung bisa melakukan wisata kuliner di warung-warung makan, kedai, cafe, hingga restoran yang dikelola penduduk setempat.

Pengunjung bisa mencoba berbagai olahan kuliner lokal Seafood segar. Nikmati makanan laut yang diolah dari hasil tangkapan segar, seperti ikan, udang, cumi-cumi, kepiting, sotong, kerang, dan seafood lainnya. Seafood ini diolah dengan bumbu khas penduduk setempat. Menu khas yang tidak akan bisa ditemukan di tempat lain.

Jajanan khas Pulau Tidung yang tidak boleh pengunjung lewatkan antara lain, otak-otak yang diolah dari daging ikan tenggiri. Jajanan khas ini sangat enak dinikmati bersama es teh, es soda, es kelapa muda, es jeruk, atau minuman dingin lainnya.

  1. Diving dan Snorkeling

snorkeling pulau tidung bisa dilakukan di tepipantai maupun jauh di lautan lepas
Snorkeling. Image via: haraduta.com

Air laut yang jernih dengan hamparan terumbu karang dan berbagai macam habitat laut yang ada di kawasan perairan Pulau Tidung sangat sayang untuk dilewatkan. Pengunjung bisa Menikmati keindahan taman laut tersebut dengan melakukan aktifitas snorkeling di perairan yang berada di sekitar Jembatan Cinta. Pengunjung dapat menyewa peralatan snorkeling seharga Rp.35.000.

Bagi pengunjung yang belum pernah melakukan aktifitas tersebut atau merasa takut melakukan snorkeling seorang diri, dapat meminta untuk ditemani pemandu dengan membayar seharga Rp.100.000.

Aktifitas snorkeling tidak hanya dapat dilakukan di kawasan perairan sekitar Jembatan Cinta, tapi juga dilepas pantai Pulau Tidung. Di tempat yang lebih dalam tersebut pengunjung dapat melakukan snorkeling dan diving dengan panorama bawah laut yang lebih indah.

Untuk diving di laut lepas, pengunjung mesti mengeluarkan lagi biaya yang tidak sedikit karena harus menyewa kapal atau perahu untuk mengantar ke kawasan perairan lepas.

Sunset di jembatan cinta. Image via: https://bisniswisata.co.id/manjakan-wisatawan-free-wifi-di-pulau-tidung/

Simak juga: Pulau Tangkil.

Objek Wisata Dekat Pulau Tidung

Untuk objek wisata lain di dekat pulau Tidung, yang paling dekat tentu saja pulau pari. Pulau yang sama-sama ada di kabupaten kepulauan seribu ini cocok untuk kegiatan wisata menyenangkan. Mulai dari jogging, bersepeda, main pasir, dan juga snorkeling. Dan yang paling berkesan adalah berburu sunrise di dermaga pulau.

Pulau wisata lain yang berdekatan adalah pulau Pramuka. Di Pulau Pramuka, terdapat sebuah kelurahan bernama Kelurahan Pulau Panggang. Daerah ini dihuni oleh campuran beberapa etnis nusantara, seperti etnis Betawi, etnis Banten, etnis Bugis, hingga etnis Madura. Pengunjung bisa melihat sendiri bagaimana penduduk dari latar belakang etnis yang berbeda hidup berdampingan dan berbaur secara aman.

Dari cerita singkat kami ini mengenai keindahan pulau tidung, tentu anda sudah bisa menerka-nerka bagaimana keseruan yang dirasakan jika berwisata ke sana. Jadi kalau ada jadwal kunjungan ke Jakarta, pastikan lokasi ini masuk dalam daftar lokasi tujuan berlibur.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment