Puncak Bintang Bandung,Keren Lho! Info Terbaru 2019

Puncak Bintang Bandung merupakan tempat wisata di Bandung yang relatif terbilang baru. Lokasinya berada di puncak bukit, tidak jauh dari warung daweung atau moko yang sudah lebih dulu dikenal para traveller. Karena itu pula tempat ini sering disebut juga puncak bintang moko atau puncak bintang bukit moko.


Tempat wisata ini dibuka secara resmi pada tanggal 23 September 2014 oleh kepala perhutani Divreg Jabar dan Banten. Tempat inipun bersalin rupa dari tadinya hutan pinus sadapan, menjadi hutan dan area wisata Puncak Bintang.

Terletak di ketinggian 1442 meter diatas permukaan laut, daerah ini terbilang dingin dan sering juga dilingkupi oleh kabut.

Puncak bintang bandung 2017 - gerbang masuk

Artikel sudah di update info terbaru 2018

Sekarang, tempat wisata ini semakin keren lho! Sarana parkir lebih teratur, jalan masuk yang tadinya jalan batu sudah bagus, jalan buat berkeliling lokasi juga sudah bagus. Selain itu ada tambahan view dek baru; dermaga bintang, keren lho!

Kebetulan akhir tahun ini berkunjung lagi kesini, jadi info di artikel ini sudah di update dengan foto dan info terbaru ya..

Baca juga: daftar tempat wisata di Dago

Tempat Wisata di Lokasi

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa rekan-rekan nikmati ataupun dilakukan di area seputar kompleks wisata puncak bintang;

Jalan-jalan di hutan pinus

Di area Puncak Bintang Bandung, rekan-rekan bisa menikmati area hutan pinus yang terbilang bersih dan cukup tertata, menikmati panorama Bandung tepat dari titik tertinggi bukit moko, dan juga camping dengan fasilitas yang cukup baik.

Selain itu, kita pun bisa menikmati keindahan area patahan lembang dengan hiking menembus hutan pinus kurang lebih 2 KM, kurang lebih 30 menit berjalan kaki.

Hutan pinus di sini cocok dinikmati dipagi atau sore hari. Lumayan bersih dan tertata juga lho hutannya. Saat matahari pagi atau sore menembus sela-sela pohon pinus, efek cahaya yang muncul indah banget. “Lantai” tanah seputar hutan juga tertutup dengan jatuhan daun-daun pinus yang cukup tebal..sehingga terkesan alami banget.

Kalau suka fotografi ataupun sekedar selfie cantik buat ke sosmed, lokasi ini recommended deh.

Baca juga: Segarnya Kebun Teh Sukawana Di Lembang

Menikmati Sunset dan landscape Bandung yang indah

Karena ketinggiannya, tempat ini cocok sekali untuk menikmati sunset. Pemandangan sunset dari tempat ini indah sekali lho ..

puncak bintang bandung - sunset

Sayangnya, kita tidak bisa menikmati sunrise dari sini karena terhalang oleh bukit. Efek sunset disini indah sekali; silhuet tepi hutan pinus ditambah dengan lampu kota Bandung yang mulai terlihat menambah efek pesona sunset disini.

Sebelumnya mungkin rekan-rekan sudah mendengar/mengunjungi warung daweung atau moko dengan pemandangan Bandung dari ketinggian. Nah puncak bintang terletak lebih tinggi lagi dan tidak jauh dari moko, hanya kurang lebih 200 meter saja dari sana. Sejauh ini menurut saya lebih direkomendasikan jika dibandingkan dengan moko/daweung.

Tidak hanya sunset, karena letaknya yang ada diketinggian, cocok banget buat menikmati pemandangan wilayah Bandung. Pandangan kita bisa lepas dari ujung ke ujung lho.

Simak juga; review Floating Market Bandung

puncak bintang bandung - bandung city light

Jika rekan-rekan ingin sekalian ke warung daweung atau moko, harus membayar Rp 10.000 jika hanya ingin berfoto saja. Kebetulan saat kesini kami tidak masuk ke warung daweung, lebih memilih ke warung makan dan kopi baru dipinggirnya..lebih murah 😀

Berburu foto sunset banyak dilakuan di puncak bukit, dari gerbang masuk langsung naik ke sebelah kiri.

Baca juga: daftar tempat wisata di Lembang lengkap

Dermaga Bintang

Dermaga Bintang di Puncak Bintang Bandung, salah satu sarana terbaru yang memanjakan pengunjung buat menikmati pemandangan disini.

Dermaga Bintang di puncak bintang bandung
Aa sama teteh punten ke foto yah :3
dermaga bintang bandung
dermaga bintang, dari dek atas

Dermaga Bintang berupa dek yang cukup masif, besar banget. Cukup tinggi juga, dari atas kita sejajar dengan pucuk pohon-pohon pinus. Sarana yang satu ini belum begitu lama di bangun, keren lho.

Camping Di Puncak Bintang

Di seputar wilayah puncak bintang juga disediakan camping ground yang bisa rekan-rekan gunakan buat sekedar camping bersama teman/keluarga.

Update:

Untuk camping di Puncak Bintang, dipatok harga sebesar Rp 20.000/ orang. Parkir kendaraan bisa di parkiran warung daweung. Tarif parkir camping Rp 15.000 untuk motor, mobil kurang tahu. Ngga ada sistem booking tempat disini ya, jadi langsung dateng – daftar – dan bayar.

Mau camping tahun baru disini? bisa. Tapi harus datang dari pagi sebelum malam tahun baru, biar dapat tempat. Pada tahun baru 2016 kemarin, jumlah pengunjung yang camping kurang lebih 1500 orang. Kebayang kan crowdednya gimana? Diperkirakan tahun baru 2017 ini bakal bertambah.

Sejauh ini tidak ada penyewaan alat camping. Jadi disarankan buat bawa alat sendiri ya. Sebetulnya ada sih, tapi cuma beberapa biji dan bentuknya tenda pramuka.

Berburu Sunrise di Patahan Lembang

Mau berburu sunrise? bisa juga, tapi harus berjalan kaki kurang lebih 30 menit dari gerbang masuk. Nanti kita akan muncul langsung di patahan Lembang. Viewnya keren juga lho..

Lihat review wisata Ke Situ Patenggang Bandung

Fasilitas Yang Tersedia

Fasilitas yang tersedia saat terakhir kami berkunjung antara lain mushalla, toilet, tempat istirahat, track hiking, dan juga area kemping dengan fasilitas toilet yang siap digunakan.

Rekan-rekan bisa parkir di area parkir bawah ataupun di dekat warung daweung/moko. Selain itu juga sekarang sudah ada beberapa warung lesehan untuk istirahat dan makan, tidak hanya warung daweung/moko saja.

Sebagai catatan, sejauh ini tidak ada warung atau tempat makan di dalam area. Jadi kalau mau ngemil atau minum di lokasi bawa sendiri ya.

Jalan buat mengelilingi loaksi juga sudah tersedia dan bagus, dilengkapi dengan lampu penerangan yang cukup banyak.

Kekurangannya ; tempat sampah kurang banyak. Bagusnya sih tempat sampah tersedia cukup banyak ya, biarpun sederhana tapi ada tempat sampah yg tersebar rata. Semoga pengelola bisa memperbaiki hal ini nanti.

Baca juga: info wisata Curug di Bandung

Hotel Dan Penginapan

Sejauh ini di sekitar Puncak Bintang tidak terdapat hotel ataupun penginapan. Tapi karena letaknya yang tidak terlalu jauh dari pusat kota, anda bisa menginap disana saja.

Bisa juga anda cek beberapa hotel dan penginapan yang ada disekitar Cicaheum, jalan suci, dango, dan bandung kota. Silahkan LIHAT DISINI

Tiket Masuk Lokasi

Harga tiket masuk puncak bintang terbaru adalah Rp 15.000 (saat kami berkunjung). Ditambah dengan tiket parkir Rp 5000 / motor (mobil kurang tahu).

Untuk camping, sesuai info sebelumnya adalah Rp 20.000/orang.

Jalan Menuju Lokasi Puncak Bintang

Lokasi puncak bintang Bandung cukup mudah untuk dicapai. Hanya berjarak kurang lebih 8-9 KM dari Cicaheum ke arah padasuka (Saung angklung udjo) tepatnya di Kampung Buntis Bongkor, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung dan masuk ke wilayah Perhutani KPH Bandung Utara.. Untuk menuju lokasi yang paling mudah adalah dari akses jalan Padasuka-Cicaheum (saung angklung udjo, 8.5 km/± 30 menit ke arah utara).

Jika dari arah Bandung, rekan-rekan tinggal menuju ke arah terminal Cicaheum. di perempatan tepat sebelum lampu merah Cicaheum silahkan belok kiri ke arah Padasuka. Tidak perlu takut, terdapat petunjuk jalan yang cukup jelas ke arah padasuka (saung angklung udjo). Ikuti saja jalan terus..

Rutenya terus menanjak dan melewati area perkampungan juga perkebunan milik penduduk sekitar. Selain itu, jalan menuju lokasi akan melewati area cartil (caringin tilu) dengan warung-warung makan dan view bandungnya yang sudah cukup dikenal. Rekan-rekan bisa sekalian berhenti dan menikmati area sini. Pernah ke daerah punclut? suasananya mirip dengan punclut tapi dengan view yang jauh lebih indah.

Update;

Kondisi jalan saat ini ; Dari padasuka sampai dengan caringin tilu (cartil), jalan bagus tapi menanjak. Dari caringin tilu sampai dengan tanjakan ke puncak bintang / bukit moko, jalan berlubang-lubang dan kecil. Tapi masih bisa dilalui motor atau mobil kecil-sedang.

Jalan masuk ke puncak bintang/bukit moko sudah bagus sekarang. Dulu jalannya berbatu dan susah buat dilewati, sekarang bisa dilewati dengan mudah.

Baca juga: Tempat liburan keluarga di Trans Studio Bandung.

Transportasi menuju lokasi

Untuk menuju lokasi, sejauh ini disarankan untuk menggunakan kendaraan mobil atau motor pribadi. Tidak ada angkutan umum yang tersedia untuk menuju lokasi, kecuali ojek dari daerah padasuka atau menyewa angkot. Alternatif lainnya, mungkin bisa menggunakan jasa gojek 😀

Jalan menuju lokasi cukup sempit dan banyak tanjakan panjang dengan belokan tajam. Tidak disarankan/berbahaya untuk bis besar/sedang.

Simak juga: Review Curug Cinulang di Cicalengka Bandung

Peta puncak bintang

Berikut ini peta puncak bintang dari google map. Seperti yang anda lihat, lokasinya dekat banget dengan bukit moko yang duluan terkenal kan?

Perlu di ingat juga kalau jalan menuju lokasi cukup sempit dan banyak tanjakan panjang. Pastikan kendaraan yang digunakan sehat ya..

Video Puncak Bintang Bandung

Agar lebih mudah dan mendapatkan gambaran lebih jelas tentang lokasi, silahkan tonton saja video dibawah ini ya 😀

 

Beberapa foto puncak bintang

puncak bintang bandung 2017

puncak bintang bandung dari arah warung daweung

puncak bintang moko bandung

dermaga bintang dari bawah - puncak bintang bandung

dek dermaga bintang bandung - puncak bintang bandung
punten numpang selfie :p

So, jika rekan-rekan sedang mencari tempat wisata pemandangan alam baru di Bandung, tempat ini bisa jadi alternatif tujuan yang menarik.. silahkan selfie sepuas-puasnya disini.

Silahkan share artikel ini ya 😀

Baca juga:

Artikel lainnya:

105 thoughts on “Puncak Bintang Bandung,Keren Lho! Info Terbaru 2019”

    • parkir mobil ada di bawah (baru) atau bisa juga di dekat warung daweung/moko .. tapi rada sempit jadi ga bisa menampung banyak mobil..

    • untuk rombongan travel yang menggunakan mobil besar (bus,elf,sejenisnya) sepertinya sulit, karena jalannya kecil,berkelok-kelok dan banyak tanjakan panjang.. paling menggunakan mobil kecil aja atau motor kalau ke lokasi puncak bintang

      Di puncak bintang kita ngga bisa melihat sunrise, jadi lebih pas untuk datang sore hari aja..

  1. hai kak,

    saya ada rencana di bulan oktober untuk ke bukit bintang bandung.
    kami sekitar 10 orang semua perempuan hehe
    kami dari jakarta.
    ada saran dan referensi untuk transportasi kesana?
    karena kita tidak punya kendaraan pribadi.
    atau harus naik travel ya?
    mohon dibantu ya kak untuk kendaraan umum/angkut yang bisa membantu kami
    rencana : berangkat sabtu pagi pulang minggu sore

    thanks a lot kak 🙂

    • aduh maaf sekali baru reply kk ..
      transportasi kalau ngga ada kendaraan pribadi rada susah juga sih, menuju tkp paling ada ojek dari bawah, atau sewa angkot.. bisa juga sewa travel dgn mobil semacam avanza/terios, alternatifnya mungkin bisa gunakan juga jasa taksi ub*r

      kalau banyakan seperti itu kyknya lebih enak rental mobil aja ya, biar bisa sekalian keliling tempat lain lebih mudah ngga turun naik kendaraan umum.

    • mbak mw jalan2 di bandung? boleh kontak kami 0857593406satuempat
      kami jg menyediakan kendaraan pribadi, harga nego ya mbak biar enak…

  2. Salam kenal semua,mau Tanya apakh Ada yg tau,klw ke bukit moko biasanya hotek/penginapan dmn ya yg harga terjangkau?dan kira disana bisa ngadain pesta bbq gitu ngga?thx

    • hotel/penginapan sejauh yg saya tahu tidak ada di daerah bukit moko atau bukit bintang mah.. paling di bukit bintang berupa camping ground saja. Pesta barbeque di bukit moko kalau ngga salah bisa mba..kalau di puncak bintang kurang tahu..

      alternatif hotel/penginapan daerah sini mungkin bisa dicari juga penyewaan villa daerah padasuka di website semacam olx.co.id dan sejenisnya.. 😀

      • Mau tanya dong kalo camping ground nya itu bisa dipake buat nginep kan? Soalnya kalo kita mau liat sunset pastinya kan sampe malem jd ga mungkin turun mlm2 kan?

  3. Mau tanya dong kalo camping ground nya itu bisa dipake buat nginep kan? Soalnya kalo kita mau liat sunset pastinya kan sampe malem jd ga mungkin turun mlm2 kan?

    • mungkin lebih baik tanya ke petugas perhutani yang jaga di lokasi aja..
      rada riskan sih soalnya hutan pinus, cenderung gampang terbakar karena ada minyaknya

  4. Ooo ya rencana ane mau k bukit moko bulan maret nanti
    Ni kalo untuk parkiran motor na jauh g ya k lokasi k bukit moko na?
    Trus untuk biaya camping ground na brp ya?
    Kalo nyari2 villa or penginapan sekitar bukit moko d daerah mana ya?
    Maaf kalo ane byk2 nanya biar ksna na mudah
    Thanks

    • parkir motor langsung di pinggir moko, atau rada bawah dikit juga bisa sekitar 100 meteran sebelum moko ada juga parkiran di depan warung2 istirahat..
      Dari parkiran ke puncak bintang paling 100 meter, deket bgt kok.. bisa dilihat di video 😀
      biaya camping kurang tahu juga nih om, mungkin nanti sekalian kesana sy coba lengkapi datanya tanya-tanya lagi ..

      buat penginapan/villa di dekat area situ kurang tahu juga nih.. paling yg sy tahu hotel-hotel di jalan phh mustofa seperti prime park hotel (link info) , The Posters Hotel Mice, dll

    • Pencahayaan cukup sih, ngga terlalu gelap karena ada lampu2 di sepanjang jalur ke bukitnya.
      Kalau di jalannya memang lumayan gelap, tapi ngga begitu horor kok karena banyak rumah penduduk di sepanjang jalan.
      Kecuali di turunan/tanjakan daerah caringin tilu (cartil) harus hati-hati kalau gelap karena kurang lampu dan turunan/tanjakannya tajam

  5. Jadi 18 ribu itu untuk sewa tempat untuk pasang tenda camping nya saja ya?
    Niat nya Kamis 5 mei mau kesana, malam pertama nginep di kota.
    malam kedua mau nyobain camping.

    ada penyewaan tenda gak? dan di kenakan brp biayanya? mau compare sama repotnya bawa tenda dari Jakarta, karena ane pake motor..

    trims

    • iya, tapi itu udah lama sih..harga sekarang kurang tahu nih. Untuk penyewaan tenda juga sy kurang tahu sekarang udah ada atau belum..

      Mungkin bisa coba hubungi dulu ke perhutani nya gan di sini ( datanya sy ambil dari google)
      (022) 7271142, email puncakbintangpht@gmail.com, twitter @PB_kphbdu

  6. keren memang lokasinya, dan asyik sepertinya jika bermalam mingguan di sana sambil camping

  7. Puncak Bintang memang kereen, saya sdh mencoba gowes dr padasuka ke puncak bintang sekitar 9.7km nanjak teruus, mendekati caringin tilu kayaknya gelap kalau malam jadi harus hati2. Dari caringin tilu ke puncak bintang relatif lebih ramai dengan rumah penduduk dikanan kiri jalan. Untuk yang naik mobil harap hati2 krn jalannya sempit utk berpapasan 2 mobil, terutama ada beberapa tikungan yang ‘patah’ bangeet, kebayanglah kalau gowes kesini, demikian juga yg baru pertama naik motor kesana, salah oper gigi bisa berhenti ditanjakan. Pulangnya sdh pasti harus lbh ekstra hati2 krn sangat curam dan sempit, apalagi malam hari, sekali2 pengen juga ‘night ride’ kesana …pasti luar biasa sensasinya gowes malam ke Puncak Bintang !

    • iya, viewnya memang asyik..kadang suka lupa kalau tempatnya cuma 30 menitan pakai motor dari kota bandung/cicaheum dibawah

      btw bisa juga dilanjut jalan via hutan pinusnya ke arah patahan lembang, viewnya juga indah.. nanti sy update foto2nya setelah ke lokasi lagi

  8. Untuk petunjuk arah banyak gk ya gan,udh gtu jelas gk ya..?coz Sabtu tgl 16juli mau ksna gan.?thanks gan….

    • beda mba, puncak bintang ada di wilayah cimenyan-Padasuka atas, sedangkan bukit bintang adanya di daerah dago atas..

  9. Permisi mau tanya, disana buka 24jam gak yah soalnya rencananya saya mau kesana senin malam, star dati jakarta jam 10 malam
    Thx

    • Sy kurang tahu kalau sekarang nih om, mungkin bisa coba dikontak ke nomor ini..

      Telp. 0819-1005-4134

      nomor diambil dari web official di puncakbintangbandung.com 😀

  10. Hi, kebetulan saya mau pergi ke Bandung bulan depan bisa nggak saya tanya di kawasan Hutan pinus bandung ada yang kenal dengan Ki Ajat ? Karna saya mau sampaikan hadiah dari adik sepupu Yang 7tahun lalu perna berjumpa Ki Ajat . Tolong untuk siapa yang tau alamat Ki Ajat karna kasian adik sepupu saya yang tidak bisa berjalan lagi untuk bertemu Ki Ajat.

    • itu kira2 daerah hutan pinus di mana om, solanya banyak area hutan pinus di Bandung..
      Kalau ketahuan daerah hutan pinus di bandung bagian mana, mungkin masih bisa disetelusuri via warga sekitar 🙂

  11. Selamat pagi.Terima Kasih mau reply email saya. Adik saya bilang dari Bandung kalau naik mobil kira2 1jam atau 1jam lebih sampai di satu kampung tapi keatas harus naik ojek karna jalanan makin keatas makin kecil Jadi tak bisa naik mobil tapi keatas naik ojek lumayan juga jauhnya. Mohon digangu yaa .??

  12. Selamat Malam. Bisa jadi tapi adik Saya bilang perjalanan hampir 1 jam dari bandung terus turun dipertiga Jalan naik motor keatas bukit jauh juga ( kira2 + 10 min ) . Mohon bantuanny…??

  13. Hallo…Kalau dr arah lembang kemana lagi tu jalur,y? Kebetulan qt mau camping disana.
    Qt berangkat pake motor jadi mohon petunjuk jalan yg lebih cepat.y menuju puncak bintang itu.
    Terima kasih….

    • kalau dari lembang selain jalur utama bisa turun ke dago via jalan punclut.. bisa terus ikutin jalannya keluar di ciumbuleuit – belok kiri ke arah simpang dago – lurus dari simpang dago ke arah dipati ukur/gasibu – lalu lurus aja ke arah cicaheum. Ntar sebelum cicaheum ada perempatan lampu merah, ambil kiri ke arah padasuka/saung udjo

      alternatifnya dari lembang ke jalur punclut – di punculut belok kiri ke bawah masuk ke jalan kompleks citra green.. ikuti aja terus jalan utamanya gede kok..nanti keluar di pas dekat terminal dago. Dari sana tinggal turun dan dari simpang dago belok kiri dan ikuti arah seperti diatas..

      Paling gampang pakai waze atau google map aja.. udah lgsg ketemu rutenya

  14. Bagi para pecinta keindahan alam Indonesia umumnya dan khususnya datang dari luar kota bandung ,yang butuh guide ,penginapan , Serta transportasi ,bisa call via WhatsApp di No. 0896 244 14 074 / pin bb D273BD8C ,terima kasih

    • Masuknya dari padasuka dekat Cicaheum om, bukan dari dago atw lembang. Bisa aja sih cuman jalur trail-offroad kl dari dago sama lembang mah..

      buat ke lokasi, ke arah Cicaheum dulu, nanti di perempatan padasuka belok kiri (arah saung angklung udjo). Terus aja ikuti jalannya keatas. Ntar ngelewatin kawasan caringin tilu (cartil) masih terus lanjut. Jalannya mengecil dan rada rusak sih dari cartil ke lokasi, tapi ngga bakal nyasar kok Insya allah.. kelihatan lokasinya dari jauh juga

    • Kalau dari parkir ke lokasi recommended kok, datar dan deket, ngga ada rute yg gimana-gimana gitu..

      Kalau dari jalan raya ke atas harus hati2 kl bawa kendaraan, jalannya nanjak dan kecil

    • Coba lgsg hubungi petugas di lokasinya aja om, sy kurang tahu kalau buat acara api unggun bis atau ngga.
      Kalau di area hutan pinus mah kyknya ngga bakal bisa. Tapi ada ruang cukup lapang di depan dermaga bintang..

  15. Makasih infonya min. Keren bgt dah bdg. Saya mau kesana besok ah… Btw ada toiletnya ga di puncak or dermaga.. Trimakasih

  16. itu maksud nya biaya camping per orang 20.000,- itu gimana yak?
    kayanya recommended banget buat besok pas ultah ke bandung pergi berdua sama si bebeb haha

    • Bisa aja sih mba, tapi jalannya sempit dan banyak tanjakan panjang.. coba di cek aja di video biar jelas, atau bisa di trace rute nya via google street

  17. Jangan lupa mampir ke patahan lembangnya,view gak kalah keren dr view bukit bintang ato dermaga bintang. Kita bisa melihat the lodge maribaya dari sini. Dgn jejeran pohon pinus yang rapi itu. Berpotolah di atas batu lonceng. Rutenya masuk ke area hutan pinus dr gerbang tiket dilurusin saja ngikutin jalan utama. Ketemu warung paling ujung banget belok kiri . pohon pinus disini lebat banget, hampir tidak ada rumput dibawahnya ketutup sama jatuhan daun pinus sendiri yang sangat kontras. Sekedar info,mending tidak usah masuk warung daweung kecuali memang pengen duduk2 sambil makan. Karena masuk warung daweung bayar 25k untuk makan (semua menu harganya segitu) kalo gak makan gak boleh masuk, tapi gak rugi jg gak masuk sini mending masuk area hutan pinus nya saja bawa perbekalan dari rumah lebih asiik hahaha. Main kesini sama sekali gak terlalu cape, Karena tanjakan nya mulai daripadasuka sampe area parkir . jd udah nyampe sini udah datar areanya. Favorite kesini sore menjelang malam melihat view kerlapkerlip kota bandung. Saya waktu itu pagi kesininya.

    Saya kesini setelah lebaran 2017, kondisi jalan msh byk yg bolong2 kecil dgn sisi jurang . motor ato Mobil harus dalam kondisi prima . wajib itu. Soalnya sempit dan nanjak teruuus .

    Kalo nyari makan , ada dapur cartil yg legendaris .tempatnya luas dgn gazebo lesehan Dan kursi2 jg. Tempat nya jadul . menunya enak2 menurutku. Harga standard restoran

    • Betul setuj bgt sama kang Yan ini.. sekarang warung daweung dah kalah pamor.. beda dengan dulu.
      Secara view lebih enak dari puncak bintang, paling makanan bekal sendiri qqq

      kalaupun mau jajan, warung-warung di area parkir bawah juga banyak pilihan sekarang mah, ngga kyk dulu yg cuma ada warung daweung

  18. saya rencana mau naik motor matic dari stasiun bandung ke moko jam 11 malam, kira-kira trek jalan lewat padasuka aman ga ya? dari segi kejahatan gtgt.. mohon infonya bang karna bingung hehehe

    • Rencana hari apa om? kalau malam minggu biasanya rame… Kalau hari biasa sepi dijalannya, terutama antara caringin tilu – moko.

  19. Numpang nanya gan ane dari jakarta in sya ALLAH tgl 6 Desember sore ke bandung, nyampe malem .. rencana mau langsung ke puncak bintang/buki moko. Kira2 ada angkot/transportasi yg kearah sana ga ya ?? khususnya pada malam hari. Dan bener ga ya bisa ngecamp disana ??

    • kalau sampai ke pertigaan padasuka sih banyak om, tapi ke atasnya ngga ada angkot. Paling naik ojek dari pertigaan padasuka sampai lokasi, cuma tarifnya kurang tahu nih.
      camping di area bisa. Biasanya langsung datang ke pos masuk dan daftar disana..

    • kurang tahu nih mba, biasanya sih yg dibawah pengelolaan perhutani langsung ngga terlalu mahal. Kemungkinan di kisaran 500 rb an

    • sejauh ini udah jarang hujan sih, baisanya di akhir tahun/malam tahun baru suka ada acara disini dan lumayan padat sama pengunjung+yg camping

  20. Maaf mau tanya, lokasi Puncak Bintang dan Pinisi Resto itu berlawanan arah ya?
    Bisakah mengunjungi kedua tempat tersebut dalam sehari?
    Saya rencana malam tahun baruan di kawasan Bandung tersebut untuk melihat view alam di malam hari pas pergantian tahun.
    Sampai di stasiun Bandung tgl 31 siang dan pulang di tgl 1 Januari tengah hari siang.
    Kira-kira kalau memang berlawanan arah, sebaiknya saya mengunjungi yang mana ya? Dengan mempertimbangkan akses memakai motor matic, keamanan jalan (penerangan, jalanan curam), efisiensi waktu dsb?
    Ohya tempat saya menginap setelah turun melihat view tengah malam th baru tsb ada di dekat Buah Batu Square.
    Mohon bantuan infonya ya, terima kasih banyak 🙂

    • Hallo om, lokasinya berjauhan antara pinisi resto dengan puncak bintang om. Pinisi resto ada di area rancabali ciwidey (kawasan bandung selatan), kalau puncak bintang ada di cimenyan, ngga begitu jauh dari terminal Cicaheum jadi lumayan dekat dari kota. Sepertinya ngga bakal sempat buat mengunjungi dua tempat ini di tanggal 31 – 1 . Jalan bakal macet banget..

      Sy pikir untuk keamanan perjalanan malam pakai motor, lebih condong ke puncak bintang.. Ke ciwidey malam-malam lumayan jauh, jalan gelap, belok-belok, dan kabut. Kalau ke puncak bintang palingan hati-hati di area tanjakan panjang sekitar caringin tilu aja. Btw kalau ke puncak bintang jangan terlalu mepet waktu nya ke acara tahun baru aja om.. biasanya lumayan rame bgt di lokasi, jalan ke atas juga kemungkinan ngga bakal sepi jadi ngga takut dijalan

  21. Rencana ahir taun kan mau kemping di bukit moko sehari sebelum tahun baru nya nah klo dua hari kemping di situ bisa ngga? Apa dikenakan biaya doble?

  22. Info tambahan untuk biaya camping 2018, kemarin baru abis dari sana…
    Untuk camping per orang 25rb
    Parkir motor 15rb
    Parkir mobil 20rb

    • dari rancaekek ke puncak bintang cukup jauh, tapi ngga terlalu ribet kok. Bisa naik angkot Cileunyi-cicaheum, dari cicaheum jalan dikit ke perempatan padasuka lalu naik ojek. Atau bisa juga langsung naik gojek

  23. tidak ada rencana untuk camping, jadi mau tanya hehe, turun dari bukitnya pada waktu dini hari menuju kota bandung kembali apakah direkomendasikan? dan aman? kalau bagi transportasinya seperti apa untuk turun?

Leave a Comment