Review Biaya Masuk, Lokasi, Dan Rute Wisata Puncak Gagoan

Sumatera Barat adalah provinsi yang memiliki keunggulan di dunia wisata yang sudah terkenal baik di tingkat nasional maupun mancanegara.

Tidak main-main, di tahun 2017 pernah tercatat jumlah kunjungan wisatawan ke Sumatera Barat sampai menembus angka 7,8 juta orang.

Salah-satu kota yang ada di Sumatera Barat yang turut andil menghadirkan objek wisata yang mempesona adalah Kabupaten Solok. Jumlah kunjungan wisatawan di tahun 2017 pernah menembus angka 500 ribu lebih.

Sejak kebangkitan dunia internet khususnya media sosial, telahir lahir sebuah objek wisata baru di Solok yang mulai dilirik oleh para wisatawan. Namanya wisata Puncak Gagoan.

Puncak Gagoan
Puncak Gagoan. Sumber : phinemo.com

Memang betul bahwa Puncak Gagoan sudah ada dari dulu, hanya saja ketika media sosial mampu melihat sudut keindahan puncak ini, maka saat itu kunjungan ke lokasi ini menjadi meningkat.

Sejarah Puncak gagoan berawal dari beredarnya foto-foto di media sosial tentang pemandangan alam yang begitu indah dari ketinggian, dengan tebing dan bebatuan yang curam namun dibalut hijaunya rerumputan, serta sudut keindahan lain dari Danau Singkarak.

Orang-orang mulai ramai memperbincangkan dan mempertanyakan dimana lokasi pemandangan tersebut diambil, dan terbukalah jawabannya ternyata di Puncak Gagoan.

Keindahan Puncak Gagoan
Keindahan Puncak Gagoan. Sumber : wartawisata.id

Sejarah nama Puncak Gagoan diambil dari suku kata Minangkabau yaitu “Gagau” yang berarti gamang atau takut jatuh. Hal ini sangat beralasan, karena saat di puncak aka terlihat kecuraman dan batuan karang dengan sudut kemiringan hampir 90 derajat.

Pesona Yang DIberikan Saat di Puncak Gagoan

Apa sebetulnya yang menjadikan objek wisata ini menjadi begitu memikat hati para wisatawan? Bahkan sebuah acara terkenal di sebuah TV nasional pernah melakukan liputan khusus tentang keindahan Puncak Gagoan.

Ternyata keindahan Puncak Gagoan sudah dimulai ketika masih berada di bawah bukit. Angin yang kencang dan menyegarkan menjadi teman sejati perjalanan menuju puncak.

Saat terik matahari, bau khas dari ilalang menyengat hidung, sebuah penegasan bahwa kita sedang berada di alam pegunungan, bukannya di perkotaan yang bau asap kendaraan dan polusi pabrik dan limbah.

Secara keseluruhan perjalanan dari bawah ke puncak semuanya adalah sudut terbaik untuk mengambil foto selfie. Darimanapun sudutnya, hasilnya tetap akan bagus. Inilah rupanya kelebihan dari Puncak Gagoan.

Indahnya Jalan Menuju Puncak Gagoan
Indahnya Jalan Menuju Puncak Gagoan. Sumber : www.minang-terkini.com

Para pemuda dan masyarakat setempat telah membuat batasan di beberapa titik yang dianggap berbahaya. Hal ini untuk mengingatkan para wisatawan tentang keamanan dan kenyamanan saat berwisata ke Puncak Gagoan.

Dua bukit yang mengapit Puncak Gagoan menjadi paket keindahan yang tersaji di sana. Bukit yang satu didominasi hamparan rumput dengan pohon yang sedikit, dan bukit yang satuya dipenuhi oleh pepohonan dengan ragam yang berbeda.

Bukit Yang Mengapit Puncak Gagoan Solok
Bukit Yang Mengapit Puncak Gagoan Solok. Sumber : gakpernahpegel.blogspot.com

Kemudian terdapat panorama sungai yang airnya masih sangat jerinih, dan dimanfaatkan menjadi sumber air untuk kebutuhan masyarakat. Dan pengelolaanya di bawah PDAM. Maka jangan heran jika terlihat pemandangan banyaknya piva PDAM.

Perjalanan menuju puncak demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, maka harus disusuri dengan cara berjalan kaki. Di bawah bukit sudah ada lahan parkiran khusus bagi pengunjung yang akan ke Puncak Gagoan.

Hanya 15 menit ko perjalanan dari bawah ke puncak, dan seluruh perjalanannya menyajikan keseruan tersendiri yang bisa diabadikan oleh kamera anda.

Sesampainya di Puncak Gagoan, maka semua lelahnya perjalanan akan dibayar tuntas dengan keindahan alam yang tiada tara.

Pemandangan Kota Solok, pemandangan Danau Singkarak, serta panorama pegunungan seolah-olah berada di bawah kaki kita.

Pesona Danau Singkarak Dari Puncak Gagoan
Pesona Danau Singkarak Dari Puncak Gagoan. Sumber : barrabaa.com

Namun untuk kesekian kalinya pengunjung harus tetap berhati-hati ya… karena pijakan kaki masih berupa tanah serta kerikil.

Setelah di puncak, para pengunjung pun dapat menikmati indahnya hamparan padang rumput dan ilalang yang biasa tumbuh di atas tanah bebatuan pegunungan.

Nikmati sepuasnya mahakarya ciptaan tuhan yang tersaji di Puncak Gagoan, tetapi tetap taat kepada protokol keamanan yang ada.

Padang Rumput Puncak Gagoan
Padang Rumput Puncak Gagoan. Sumber : barrabaa.com

Saat mendekati pukul 17.30 semua keseruan tersebut harus segera diakhiri. Karena kunjungan di Puncak gagoan dibatasi dengan pertimbangan keamanan. Karena pada jam itu kabut tebal selalu turun sehingga memperpendek jarak pandang pengunjung.

Jadi, sebelum kabut turun. Ada baiknya para wisatawan untuk segera turun dari Puncak Gagoan.

Lokasi Dan Alamat Puncak Gagoan

Lokasi dan alamat Puncak Gagoan yaitu terletak di gugusan Pegunungan Bukit Barisan. Atau lebih tepatnya Puncak Gagoan berada di Desa Paninggahan, Kecamatan Tanjung Junjung Sirih, Kabupaten Solok, Provinsi Sumatera barat.

Rute Menuju Puncak Gagoan

Lokasi Puncak Gagoan berdekatan dengan Ngarai Sianok. Dari pusat Kota Solok Puncak Gagoan hanya berjarak sekitar 20 kilometer.

Atau jika kamu mulai bergerak dari Kota Padang kamu akan menempuh perjalanan sekitar 80 Kilometer dan memakan waktu kurang lebih 2 sampai 3 jam.

Rute untuk menuju lokasi Puncak Gagoan kamu bisa menggunakan kendaraan roda empat atau roda dua. Setelah kamu sampai di area parkir Puncak Gagoan, kamu akan memulai pendakian dengan berjalan kaki.

Kamu akan melewati jalan setapak yang berada ditengah rimbunnya pepohonan, dihiasi dengan jurang yang terjal. Sehingga membutuhkan konsentrasi yang tinggi saat menyusuri jalan setapak ini.

Semakin dekat menuju puncak, kamu akan semakin banyak menemui batu cadas dengan berbagai ukuran yang dibiarkan tersebar di perbukitan.

Rute Menuju Puncak Gagoan
Rute Menuju Puncak Gagoan. Sumber : raun2nomaden.wordpress.com

Beberapa batu cadas diberi tanda silang merah oleh para pengelola, maksudnya ialah supaya para pengunjung tidak menginjak batu tersebut karena berbahaya.

Setelah kamu berjalan selama kurang lebih 15 menit, dengan perjalanan yang menegangkan tibalah kamu di puncak Gagoan.

Rasakanlah hamparan keindahan pemandangan perbukitan dan sungai, serta view batu cadas dipinggir bukit yang menghadirkan tariknya sendiri. Selain itu kamu juga akan dapat melihat bentangan view Danau Singkarak dari atas Puncak Gagoan.

Tiket Masuk Menuju Puncak Gagoan

Tiket masuk menuju Puncak Gagoan terbilang murah, kamu hanya cukup membayar tiket sebesar Rp. 10.000,- aja. Cukup murah bukan? Dengan uang segitu kamu sudah bisa menikmati keindahan alam yang tiada duanya.

Jam Operasional Puncak Gagoan

Jam oprasional Puncak Gagoan mulai dibuka pada Pukul 09.30 WIB dan akan ditutup pada Pukul 17.30 WIB. Buka Dari Hari Senin sampai hari Minggu

Tips Wisata Saat Mengunjungi Puncak Gagoan

Tips wisata saat kamu akan mengunjungi Puncak Gagoan yaitu:

  • Gunakan sepatu yang nyaman
  • Bawalah minum yang cukup
  • Kondisi kamu harus dalam keadaan fit
  • Pastikan kondisi cuaca cerah dan tidak mendung atau bahkan hujan
  • Gunakan kendaraan roda dua

Penutup

Selalu banyak cara untuk kita melepaskan rasa penat dalam diri. Selalu ada jalan untuk kita menghilangkan kejenuhan menghadapi hari. Dan selalu ada hal yang akan membuat kita bisa dapat melepaskan semua itu.

Alam memang selalu baik kepada kita. Alam selalu mempunyai cara untuk memanjakan kita. Alam selalu dapat dengan mudah membuat kita menghilangkan rasa penat, menghilangkan rasa jenuh dan menggantinya dengan perasaan bahagia dan bersyukur.

Dengan mendatangi Puncak Gagoan kamu dapat merefresh semua rasa yang ada dalam diri. Rasakan kesejukan alamnya, rasakan indahnya pemandangan yang disajikan.

Jagalah keindahan alam Puncak Gagoan, seperti kamu melihatnya pertama kali. Siapkan foto terbaikmu, ya!

Baca juga:

Leave a Comment