Punti Kayu, Hutan Taman Wisata Alam di Tengah Kota

Punti Kayu merupakan hutan pinus dalam kota terbesar di Indonesia. Luasnya mencapai 12 hektar, menjadi paru-paru kota yang di dalamnya tumbuh tanaman yang didominasi oleh tanaman jenis pinus.


Punti Kayu, hutan wisata alam yang ada di tengah kota Palembang
Punti Kayu. Image via: @saemy1123

Punti Kayu menjadi tempat liburan favorit yang ramai dikunjungi warga kota Palembang. Pengunjung meningkat drastis pada akhir pekan dan hari-hari libur.

Untuk menunjang kegiatan wisata di area hutan, pengelola juga membangun berbagai wahana wisata. Wahana yang dibangun seperti jembatan gantung, perahu bebek, perahu naga, kebun binatang, outbound training, kanopi bridge dan flying fox.

Di lokasi ini, pengunjung dapat menggunakan perahu naga untuk menelusuri rawa hutan. Perjalanan perahu itu berakhir di Danau Punti Kayu, yang di sekitarnya ditumbuhi pohon pinus. Jika beruntung, pengunjung dapat menemukan sekawanan kera ekor panjang dan burung-burung langka yang hinggap di pepohonan.

Tidak jauh dari areal tempat bermain anak, ada kebun binatang. Di dalam areal kebun binatang terdapat banyak beragam binatang. Koleksi binatang di kebun binatang ini meliputi buaya, orang utan, owa, beruang madu, elang dan 25 jenis satwa liar lainnya.

Pengunjung juga bisa berkeliling dengan menunggang kuda atau gajah yang tersedia dengan track yang telah ditentukan.

punti kayu cocok unutk lokasi wisata keluarga, dnegan lahan yang lapang dan teduh, bsia menjadi media mengakrabkan antar angota keluarga
Wisata keluarga. Image via: bisniswisata.co.id

Simak: Ragam Pilihan tempat wisata di Palembang.

Lokasi Punti Kayu

Taman Wisata Punti Kayu Palembang berlokasi di Jalan Kolonel Haji Burlian km 6,5, Palembang, Sumatera Selatan.

Rute Menuju Punti Kayu

Untuk mencapai tempat wisata Punti Kayu, pengunjung bisa menggunakan angkutan umum seperti trans musi, bus kota, taksi, maupun ojek.

Selain itu, bagi pengunjung yang ingin menggunakan kendaraan pribadi, setelah melewati kawasan km 5 Ambil jalur pelan di sebelah kiri jalan. Agar dapat dengan mudah menemukan lokasi hutan wisata ini dan tidak menepi mendadak ketika sudah sampai.

Jam Buka Punti Kayu

Kawasan Ruang Terbuka Hijau kota Hutan Pinus Punti Kayu ini buka setiap hari mulai jam 09.00 sampai jam 16.00.

Berbagai jenis wahana yang ada di hutan kota ini bisa dimainkan dari pagi hingga sore hari.

s[ot foto di Punti kayu, bisa dimaksimalkand negan mengkombinasikannay dengan menunggang kuda
Spot paket komplit. Image via: gatra.com

Tiket Punti Kayu

Wisatawan yang berekreasi ke taman ini akan dikenakan biaya tiket. Harga tiket masuk dibedakan berdasarkan usia pengunjung dan hari kunjungan.

Pada hari biasa dewasa dikenakan Rp 10.000 dan anak-anak Rp 5.000. Sedangkan pada akhir pekan dan hari libur, dewasa dikenakan Rp 12.500 dan anak-anak juga sama Rp 12.500.

Selain itu, pengunjung yang membawa kendaraan masih dikenai biaya parkir sebesar Rp.12.000 untuk mobil dan Rp.6.000 untuk motor.

Fasilitas Taman Wisata Punti Kayu Palembang

Taman Wisata Alam Punti Kayu telah dilengkapi berbagai fasilitas yang mendukung kenyamanan pengunjung. Tersedia banyak kursi taman terbuat dari kayu bagi pengunjung. Pada setiap sudut telah dibangun menjadi area untuk membuat pengunjung merasa nyaman dan betah berlama-lama di sini.

Toilet, musola, dan area parkir tersedia luas di taman yang dikelola Dinas Kehutanan ini. Tempat bersantap yang menyajikan hidangan makanan dan minuman pun tersedia di area ini. Pada akhir pekan acap kali dimeriahkan dengan hiburan dari artis lokal maupun luar kota.

Spot foto replika sumur di salahs atu sudut punti kayu palembang
Jangan nyemplung kak!!!. Image via: idntimes.com

Simak juga: Indahnya Taman Suropati Jakarta.

Aktivitas Menarik di Punti Kayu

Sebagai taman wisata alam, Punti Kayu dikelola dengan menambahkan berbagai fasilitas pendukung wisata. Semua fasilitas ini didesain untuk membuat pengujung nyaman dan betah berada di lokasi ini.

Berikut, beberapa daya tarik wisata yang membuat Punti Kayu layak dikunjungi

  1. Piknik

Salah satu hal paling nikmat yang bisa dilakukan di taman Punti Kayu adalah Piknik keluarga. Menggelar tikar di bawah teduhnya pohon pinus.  Sembari menikmati bekal yang dibawa memang sungguh nikmat untuk dilakukan di taman ini.

Panasnya Kota Palembang seakan sirna dihalangi oleh teduh suasana taman. Canda tawa atau sekedar bercerita antar sesama anggota keluarga dapat memberikan manfaat yang positif karena akan semakin mempererat rasa kekeluargaan.

Selain menggelar tikar di bawah pohon,  di sekitar taman juga ada gazebo. Gazebo-gazebo i yang berada di beberapa sudut taman juga tepat untuk dijadikan sebagai tempat bersantap ria bersama keluarga. Tidak ada biaya sewa untuk menggunakan gazebo ini.

  1. Jembatan Gantung

Jembatan gantung di punti kayu, melintas di atas lintasan perahu naga
Berjalan di Udara. Image via: @mutiaratasqiroh

Berjalan di atas jembatan beton adalah sesuatu hal biasa. Namun bagaimana jika mencoba berjalan di atas jembatan gantung akan dirasakan sebuah sensasi yang sedikit menegangkan namun menyenangkan.

Taman kota ini memiliki wahana jembatan gantung antar pucuk pohon atau umum disebut dengan canopy bridge. Jembatan gantung ini membentang di atas danau.

Berjalan menyusuri canopy bridge menjadi aktifitas yang menyenangkan, karena dapat memberikan sensasi tersendiri. Danau yang terhampar di bawah jembatan tersebut merupakan tempat hilir mudik wahana perahu naga, perahu bebek dan sepeda air yang dapat disewa oleh pengunjung

  1. Kid Water Park

Bagi pengunjung yang membawa serta anak-anak, lokasi ini menyediakan sumber kegembiraan bagi mereka.

Taman Wisata Alam Punti Kayu Palembang telah menyiapkan wahana air yang menyegarkan. Sebuah water boom yang tersedia di tempat ini cocok bagi wisatawan bersama keluarga terutama dengan anak-anak.

erosotan lingkar, salah satu fasilitas di water park Punti KayuWater park
Water boom. Image via: @puntikayu

Water boom ini dilengkapi dengan sebuah seluncur air putar. Pada seluncur air tersebut, pengunjung akan diajak menikmati sensasi berputar dalam pipa seluncur. Lalu mendarat di permukaan kolam dengan kedalaman 1,5 meter.

Pengunjung anak akan sangat menikmati bermain di fasilitas ini. Dikarenakan lokasi yang berada di dalam hutan wisata, pasti udara di sekitar wahana air ini sejuk, bersih, dan menyegarkan.

  1. Arena Bermain

Lokasi arena bermain berada tidak jauh dari jembatan gantung. Di dalam arena ini pengunjung anak bisa menikmati beberapa permainan yang menyenangkan. Di lokasi ini, pengelola menyediakan ayunan, bianglala, dan juga komedi putar.

Semua peralatan permainan dikembangkan dengan memperhatikan faktor keselamatan anak. Sehingga dengan demikian para orang tua bisa nyaman hati melepaskan anak-anak bermain di fasilitas ini. Arena bermain Taman Wisata Punti Kayu Palembang hanya dibuka pada hari Minggu.

  1. Menunggang Kuda dan Gajah

menaiki gajah di punti kayu dnegan didampingi pawang berpengalaman
Menaiki Gajah. Image via: republika.co.id

Ingin tahu lebih soal gajah? Baca konservasi Gajah way Kambas.

Di Kota Palembang sangat sulit untuk bisa melihat kuda. Hewan yang sejak zaman dahulu sering membantu manusia dalam kegiatan sehari-hari dapat disaksikan di Taman Wisata Punti Kayu Palembang. Tidak hanya melihat, anak-anak juga berkesempatan untuk mencoba menunggang kuda.

Selain kuda, terkadang juga terdapat gajah. Sang pawang gajah juga memberikan kesempatan kepada pengunjung  untuk naik ke atas punggung gajah.

Kegiatan yang menyenangkan ini hanya bisa dilakukan pada hari Minggu.

  1. Outbound

Bagi orang tua yang ingin memberikan sebuah pengalaman berharga kepada anak-anak, agar bisa memotivasi diri, outbound adalah pilihannya.  Salah satubentuk motivasi dirinya adalah anak didorong untuk melawan rasa takut terhadap ketinggian.

Fasilitas outbound di Taman Wisata Punti Kayu Palembang merupakan sarana yang tepat untuk dipakai mencapai tujuan itu. Salah satu fasilitasnya adalah flaying fox.

Flaying Fox di Punti Kayu, salahs atu wahan untuk memberikan pengalaman "melawan takut" pada anak anak
Pendaratan Flaying Fox . Image via: panduanwisata.id
  1. Berkemah

Taman Wisata Punti Kayu Palembang juga menyediakan lahan yang bisa dimanfaatkan untuk berkemah. Umumnya anak-anak Pramuka sering berkemah di tempat wisata ini.

Terdapat 3 lokasi yang telah disediakan yaitu tipe Pinus, Mahoni, dan Akasia.

  1. Kebun Binatang Mini

Kehadiran kebun binatang mini di Taman Wisata Punti Kayu Palembang pastinya semakin melengkapi aktivitas liburan Anda di tempat ini. Di dalam areal kebun binatang terdapat banyak beragam binatang. Koleksi binatang di kebun binatang ini meliputi buaya, orang utan, owa, beruang madu, elang dan 25 jenis satwa liar lainnya.

  1. Spot Foto

Salah satu spot foto di punti kayu, yang menghadirkan berbagai landmark dunia
Spot foto menara eifel. Image via: tribunnews.com

Untuk memenuhi hobi foto para pengunjung yang suka berselfie ria, terdapat sejumlah Replika Landmark Keajaiban Dunia serta replika bangunan-banguna menarik lainnya, seperti replika Patung Liberty, Menara Eifel, Menara Pisa, Pyramida Mesir, Big Ben London, Opera Sidney, Kincir Angin di Belanda, Red Telephone Box, serta yang lain.

Spot-pot unik tersebut menjadi favorit wisatawan untuk berswafoto dan berpose bersama keluarga.

Selain menarik untuk dijadikan background foto, replika landmark tersebut juga dapat menambah pengetahuan, karena di masing-masing replika dilengkapi dengan board description yang menjelaskan tentang objek yang dijadikan replika.

  1. Keanekaragaman hayati

kera ekor panjang, salah satu spesies yang hidup bebeas di punti kayu
Kera Punti Kayu. Image via: @alhadi_farid

Simak juga: Mongkey forest Bali.

Berdasarkan survey dan inventarisasi tahun 2008, kawasan TWA Punti Kayu memiliki berbagai jenis flora dan fauna. Jenis flora yang mendominasi yaitu pinus dan meranti.

Keragaman flora antara lain mahoni, meranti, pulai, albasia, sengon, ampupu, akasia, kayu putih, bambu, ketapang, beringin, plangas, phillicium, akasia, bungur, jarak, kayu talok, angsana, walikukun, seru, kapuk, lamtoro, asam jawa, keruing, sungkai, laban, kiteja, waru.

Jenis fauna yang berada di TWA Punti Kayu antara lain kera ekor panjang, beruk, bajing tanah, ular phiton, biawak, burung raja udang, burung murai, burung kutilang, burung but-but, burung cici, burung sesap madu, burung perkutut, burung prenjak, burung pipit.

temple of heaven, salah satu miniatur landmark dunia yang ditampilkan di punti kayu palembang
Temple of Heaven. Image via: @ayuamandasitanggang

Objek Wisata Dekat Punti Kayu

Palembang tidak hanya punya 1 lokasi wisata saja. Di dekat punti kayu, hanya berjarak 13 km terdapat wisata Palembang Bird Park. Tempat ini dapat menjadi destinasi wisata untuk menikmati kicauan burung dan berinteraksi dengan burung secara langsung. Anak-anak sudah pasti senang ketika diajak ke sini, karena dapat berinteraksi langsung dengan berbagai jenis burung yang terbang bebas dan menyenangkan.

Bagi yang tertarik dengan wisata sejarah yang agak unik, bisa memilih pulau kemarau, yang hanya berjarak 16 km dari Punti Kayu. Pulau bersejarah ini terdapat klenteng dan makam kuno. Pada momen hari besar kalender Tionghoa ada parade kebudayaan di pulau di tengah sungai Musi ini.

Semoga informasi seputar Punti Kayu yang telah kami bagikan, bisa menjadi panduan pada saat berkunjung ke sana.

 

 

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment