Pusat Laut Donggala, Pesona Sumur Alami Yang Mengagumkan

Pernahkan kamu melihat sebuah sumur raksasa? Di Sulawesi Tengah, tepatnya di Donggala terdapat sebuah sumur raksasa dengan diameter mencapai 10 meter.

Lokasi ini disebut dengan nama Pusat laut Donggala, karena letaknya yang berada di Kabupaten Donggala. Selain lebar, sumur yang satu ini memiliki kedalaman 5 hingga 7 meter, karena dipengaruhi pasang surut air laut.

Sumur raksasa yang satu ini sering disebut pula dengan sebutan Pusentasi, yang berarti pusat laut. Karena terhubung langsung dengan pantai yang berjarak sekitar 100 meter.

lokasinya yang sangat dekat dengan pantai
lokasinya yang sangat dekat dengan pantai. Google Maps. Sumber: Norman Marantika

Airnya sangat jernih hingga kamu dapat melihat ke dasarnya serta berwarna kebiru-biruan, cantik sekali. Konon kabarnya terdapat sebuah lubang yang menjadi penghubung antara sumur ini dengan Pantai Donggala.

Masyarakat setempat pun percaya bahwa air di dalam sumur ini bisa mengobati segala macam penyakit. Maka tak jarang, banyak pengunjung yang membawa pulang air ini sebagai oleh-oleh.

Simak juga: Ragam wisata di Sulawesi Tengah

Lokasi Pusat Laut Donggala

Lokasi Pusat Laut Donggala atau Pusentasi tepatnya berada di desa Towale, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Rute Menuju Pusat Laut Donggala

Rute menuju Pusat Laut Donggala jika berangkat dari pusat kota Donggala akan menempuh jarak sekitar 12 km, dimana jalan yang dilalui sangat mudah karena sudah beraspal.

Dimana kamu akan melewati sepanjang jalur Pantai Tanjung Karang yang terkenal akan keindahannya. Terdapat papan petunjuk yang akan mengarahkanmu menuju pusat laut.

bermain air pantainya
bermain air pantainya. Google Maps. Sumber: Amarul Rosyada

Ketika hendak mendekati lokasi kamu akan melalui jalan yang cukup menanjak dan berbelok, oleh karena itu persiapkan kendaraanmu sebaik mungkin.

Untuk menuju Pusat Laut Donggala sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi atau dengan menyewanya, karena belum tersedia angkutan umum yang akan membawamu ke tempat wisata yang satu ini.

Setelah memakirkan kendaraan, kamu harus berjalan kaki sebentar untuk menuju Pusat Laut Donggala atau Pusentasi ini.

Jam Buka Pusat Laut Donggala

Jam operasional Pusat Laut Donggala terbuka setiap hari selama 24 jam. Namun ada baiknya berkunjung hanya pada saat terang saja, karena masih minimnya lampu penerangan di sekitar sumur.

Tiket Pusat Laut Donggala

Tiket masuk untuk menikmati Pusat Laut Donggala hanya dengan membayar Rp. 2.500 saja per orangnya. Sangat murah bukan? Jika dibandingkan dengan keseruan yang akan kamu dapatkan nantinya.

tak pernah sepi pengunjung
tak pernah sepi pengunjung. Google Maps. Sumber: Norman Marantika

Simak juga: Pulau Tomia di Wakatobi

Fasilitas Pusat Laut Donggala

Fasilitas umum yang ada di Pusat Laut diantaranya:

  • Area parkir yang cukup luas
  • Warung-warung makanan dan minuman
  • Gazebo atau saung sederhana
  • Kamar mandi

Daya Tarik Pusat Laut Donggala

Sekilas, lokasi wisata yang satu ini hanya sebuah sumur raksasa yang biasa saja. Namun ternyata tempat ini tak pernah sepi pengunjung, karena memiliki beberapa daya tarik sebagai berikut:

1. Sumur Besar Yang Terbentuk Secara Alami

Sebuah sumur biasanya terletak di dalam rumah dan dibuat dengan cara dibor atau digali, Tak demikian dengan sumur besar yang satu ini. Sumur ini terbentuk secara alami dengan dikelilingi bebatuan yang sangat besar, tampak bagaikan hiasan.

Masyarakat setempat menyebutnya Sumur alami ini dengan nama Pusentasi. Dalam bahasa lokal, kata ”pusen” berarti pusat dan ”tasi” berarti laut. Hal tersebut didasari bahwa air dari sumur ini berasal dari air laut.

Terdapat sebuah bangunan layaknya jendela yang mengelilingi sumur besar yang satu ini. Airnya sangat jernih dan kamu dapat melihat dengan jelas batuan karang yang berada di dasar sumur.

2. Melakukan Ragam Wisata Seru

ragam wisata seru
ragam wisata seru. Google Maps. Sumber: Norman Marantika

Telah disebutkan di awal bahwa Pusat Laut Donggala memiliki kedalaman sekitar 5 hingga 7 meter, untuk kamu yang pandai berenang hal tersebut bukanlah sebuah halangan untuk bermain air.

Kamu dapat melompat dari bebatuan yang ada di sekeliling sumur, dengan melakukan beberapa gaya yang bisa kamu lakukan.

Kemudian akhirnya kamu menceburkan diri kedalam Pusat Laut tersebut dan merasakan kesegaran airnya. Jangan heran jika airnya terasa asin, karena memang berasal dari air laut.

Untuk kamu yang tidak pandai berenang, sebaiknya jangan coba-coba menceburkan diri. Cukuplah dengan duduk manis di pinggir sumur dengan memandangi cantiknya kolam tersebut.

Terdapat sebuah tangga yang terbuat dari pipa paralon yang akan menghubungkanmu dengan air Pusat laut. Tangga tersebut dapat kamu gunakan untuk kembali ke daratan.

3. Terhubung Ke Laut

Air di dalam sumur pusat laut Donggala selalu dalam kondisi jernih kebiruan, kemilaunya menawan hati. Walaupun setiap hari ramai dikunjungi oleh wisatawan yang mandi serta berenang di dalam air sumur ini, namun tak mengubah kejernihannya.

Menurut masyarakat sekitar, hal itu disebabkan karena air sumur terhubung langsung dengan air lautan lepas. Hal ini dikuatkan oleh kenyataan bahwa tinggi permukaan air dalam sumur sering berubah-ubah.

Perubahan itu mengikuti kondisi pasang dan surut air laut di pantai. Ketika air surut, kedalaman air hanya sekitar 3 hingga 5 meter. Namun saat pasang terjadi di pantai, air sumur bisa naik hingga kedalaman 7 meter.

Simak juga: Danau Paniai di Papua

4. Menyaksikan Pantai yang indah

pasir putih di pantai bonebula
pasir putih di pantai bonebula. Google Maps. Sumber: Fiant Otniel

Pusat Laut Donggala berada di Pantai Bonebula, yang termasuk kedalam salah satu keindahan alam yang berada di Sulawesi Tengah.

Di pantai ini kamu akan menyaksikan hamparan pasir putih yang sangat menyilaukan mata, apalagi ditambah dengan birunya laut yang melengkapi keindahan alam yang tersaji.

Begitupun dengan hadirnya batuan karang yang berada di sekitar pantai yang seakan ingin ikut melengkapi lukisan alam yang indah tersebut.

Terdapat sebuah pulau kecil yang letaknya tak jauh dari bibir pantai, kamu dapat menuju ke pulau tersebut jika airnya lautnya sedang surut.

Di hamparan pasir putihnya kamu dapat berjemur menikmati sinar sang mentari menyentuh tubuh, ditambah dengan deburan air laut serta angin yang sepoi-sepoi. Sungguh menenangkan sekali.

Untuk kamu yang menyukai kegiatan snorkeling maupun diving, dapat kamu lakukan di Pantai Bonebula. Pantai ini memiliki ikan hias dan terumbu karang yang sayang untuk dilewatkan.

Simak juga: Pulau Hoga di Wakatobi

Tips Wisata

Berikut saya sampaikan beberapa tips wisata untuk kamu yang hendak mengunjungi Pusat Laut atau Pusentasi Donggala, yakni:

  • Sebaiknya datang di pagi hari, untuk menghindari sengatan matahari yang cukup terik.
  • Berhati-hatilah ketika sedang melakukan lompatan.
  • Hindari keinginan berenang di dalam sumurnya jika kamu tidak terlalu pandai berenang.
  • Jika membawa serta anak-anak selalu jaga dan awasi mereka.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.
menikmati perubahan alam yang cantik
menikmati perubahan alam yang cantik. Google Maps. Sumber: Andi Z Mabbiritta

Penutup

Nah, itulah beberapa aspek pesona dari Pusat Laut Donggala di Sulawesi Tengah. Ada tertarik untuk tahu lebih jauh? Segera jadwalkan kunjungan ke pulau Para Daeng ini.

Selamat Berlibur!!


Tinggalkan komentar