Putuk Truno, Air Terjun Cinta Abadi Dua Sejoli

Air Terjun Putuk Truno berada di Kecamatan Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. Wisata air yang satu ini sempat dibuka beberapa waktu lalu, namun saat ini tengah ditutup kembali.

Lokasinya berada di kaki Gunung Welirang dan Gunung Arjuno, sehingga akan memberikan suasana yang sangat sejuk dan juga menyegarkan.

Pas banget untuk kamu yang hendak mencari udara segar melepaskan kepenatan dalam diri, atau mungkin hanya sekedar menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta.

air terjun putuk truno
air terjun putuk truno. google maps. sumber: Silver Top

Simak Juga:  Wisata Tretes

Namun sayangnya, saat ini beberapa tempat wisata di Kabupaten Pasuruan ada yang masih belum beroperasi seperti biasanya. Begitupun halnya dengan Air Terjun Putuk Truno.

Air terjun yang satu ini bersama dengan beberapa lokasi wisata lainnya sampai akhir bulan Maret ini, belum dibuka seperti biasanya.

Langkah tersebut dilakukan untuk menghindari penyebaran covid-19 semakin melebar, nantikan informasi selanjutnya mengenai bukanya kembali objek wisata air yang satu ini.

Lokasi Putuk Truno

Lokasi Air Terjun Putuk Truno berada di Tretes, Desa Pecalukan, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Lokasinya berdampingan dengan Air Terjun Kakek Bodo, yakni sekitar 2 km saja jaraknya.

alam di sekitar air terjun
alam di sekitar air terjun. google maps. sumber: Eriyanto Wibowo

Rute Menuju Putuk Truno

Rute menuju lokasi Air Terun Putuk Truno jika bergerak dari Surabaya akan melewati Masid Cheng Ho, setelah menemukan persimpangan jalan belok ke kanan menuju Tretes.

Tak jauh dari persimpangan jalan tersebut kamu akan menemukan perempatan, ambil ke arah kiri. Jalan yang dilalui sudah beraspal dan sangat mulus.

Setelah melewati Taman Candra Wilwa Tikta, kamu akan melalui jalan yang terus menanjak. Namun pemandangan di sepanjang jalan sangat sejuk dan asri.

Kamu tinggal melaju lurus menyusuri jalan yang sudah tersedia hingga akhirnya kamu akan menemukan sebuah gapura yang bertuliskan “Selamat Datang Di Kawasan Wisata Prigen”.

Kembali kamu akan menemukan persimpangan jalan, tetap arahkan kendaraanmu untuk menuju Tretes dengan belok ke arah kiri.

Tak berselang lama kemudian kamu akan melihat papan petunjuk yang akan mengarahkanmu menuju Air Terjun Putuk Truno, yakni belok ke kiri.

sebelum lanjut cekrek dulu
sebelum lanjut cekrek dulu. google maps. sumber: Sapto Wibowo

Kamu akan menyusuri jalan menurun dengan kondisi jalan yang cukup sempit, berhati-hatilah untuk kamu yang menggunakan kendaraan roda empat.

Kemudian kamu akan melajukan kendaraan di jalanan yang menanjak cukup terang, pastikan kendaraanmu dalam kondisi prima terutama remnya ya.

Pintu masuk menuju Air Terjun Putuk Truno berada di sebelah kiri jalan, selalu fokus supaya tidak terlewat ya. Setelah memakirkan kendaraan kamu harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki.

Dari loket pintu masuk menuju Air Terjun Putuk Truno sekitar 400 meter saja, kondisi jalan yang harus kamu lalui turunan yang cukup tajam.

Jam Buka Putuk Truno

Jam operasional Air Terjun Putuk Truno dibuka setiap hari Senin hingga Minggu mulai pukul 08.00 hingga pukul 17.00, namun akses menuju lokasi air terjun akan ditutup pada pukul 16.00 sore.

Tiket Putuk Truno

Tiket masuk menuju kawasan wisata Putuk Truno dengan membayar sebesar Rp. 18.000 per orang.

Untuk pengunjung yang membawa kendaraan, maka akan di kenakan biaya sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

ada cafe dekat pintu masuk
ada cafe dekat pintu masuk. google maps. sumber: asep setiawan

Simak juga: Danau Purba Matano

Fasilitas Putuk Truno

Fasilitas umum yang ada di Air Terjun Putuk Truno diantaranya:

  • Area parkir yang luas
  • Toilet umum
  • Gazebo atau tempat duduk
  • Warung makanan dan minuman
  • Kafe

Legenda Air Terjun Putuk Truno

Ternyata Air Terjun Putuk Truno menyimpan kisah cinta yang begitu kuat dan dalam. Kisah tersebut merupakan kisah cinta Joko Taruno kepada Sri Gading Lestari.

Cintanya tersebut ternyata mendapatkan perlawanan dari sang ayah perempuan yang bernama Raden Arya Wiraraja, beliau merupakan seorang adipati Madura.

Raden Arya Wiraraja menentang keras kisah cinta mereka lantaran Joko Taruno bukanlah seorang bangsawan, dia hanyalah seorang anak selir.

Berbagai cara telah dilakukan oleh Raden Arya Wiraraja untuk memisahkan putrinya dari Joko Taruno. Yakni dengan menyembunyikan Sri Gading di sebuah tempat kemudian memagarinya dengan pagar gaib supaya mereka tidak pernah bertemu.

Tempat tersebut kemudian dikenal dengan nama Coban Baung, Coban artinya air terjun dan Baung berarti suara harimau. Karena konon katanya di waktu-waktu tertentu sering terdengan aungan harimau di air terjun tersebut.

salah satu fasilitas umum yang ada
salah satu fasilitas umum yang ada. google maps. sumber: Gennie Smile

Pada akhirnya dengan usaha yang gigih, mereka dapat bertemu kembali di sebuah tempat yang saat ini bernama Air terjun Putuk Truno.

Namun akhirnya, keduanya berhasil meloloskan diri menuju sebuah air terjun, dimana Joko Truno biasa bertapa di sana. Tempat itu kini dinamakan Air Terjun Putuk Truno.

Disanalah cinta mereka bersatu untuk selamanya, oleh karena itu air terjun yang satu ini disebut juga Air Terjun Keabadian.

Maka dari itu timbullah mitos atau kepercayaan barang siapa yang berendam di kolam alaminya akan mendapatkan cinta abadi seperti kisah Joko Truno dan Sri Gading.

Daya Tarik Putuk Truno

1. Keindahan Alam Air Terjun Putuk Truno

Simak juga: Pasir putih Pantai Sanglen

Air terjun yang satu ini diberi nama Putuk Truno karena diambil dari nama Joko Truno, yang kemudian menjelma menjadi seekor ular (putuk).

Ketinggiannya mencapai 45 meter dengan mengalirkan air diantara tebing tinggi menuju kolam alami yang berada di bawahnya.

Air yang dialirkannya sangat jernih dan menyegarkan, sehingga kamu ingin sekali merasakan kesegarannya menyentuh badanmu dengan bermain airnya.

Kolam alami yang ada tak terlalu dalam, hanya sekitar betis orang dewasa. Aliran airnya pun tak terlalu deras sehingga aman untuk kamu dekati.

bermain segarnya air terjun putuk truno
bermain segarnya air terjun putuk truno. googlemaps. sumber: Salshabila Nur Sofia

Rasakanlah betapa segarnya air alami menyentuh tubuhmu, rasanya semua rasa lelah hilang seketika. Meskipun agak sedikit dingin tapi hal tersebut tak menghalangimu untuk bermain air.

Kawasan Prigen berada di dataran tinggi maka tak heran jika udara disekitarnya terasa sejuk, dan menjadikannya salah satu daya tarik bagi pengunjung.

Di sekitar air terjun terdapat beberapa tempat duduk dan taman yang cantik untuk kamu beristirahat sejenak sambil menikmati pemandangan yang tersaji.

Atau kamu bisa menuju ke sebuah tempat dimana kamu dapat melihat Air Terjun Putuk Truno dari ketinggian. Lebatnya pepohonan di sekitar air terjun menambah kesan asri dan sejuk.

trekking menuju air terjun
trekking menuju air terjun. google maps. sumber: Eriyanto Wibowo

Simak juga: Mangrove pantai karangsong

2. Hunting Spot Foto

Tersedia beberapa spot foto kece yang dapat kamu coba ketika berada di Air Terjun Putuk Truno, yakni:

Keindahan aliran air terjun selalu menjadi spot foto para pengunjung, dimana kamu dapat mengambilnya dari atas atau tepat berada di depan Air Terjun Putuk Truno.

Hamparan keindahan alam memang selalu menjadi spot foto terbaik untuk diabadikan, alam yang sangat asri di sekitar Air Terjun Putuk Truno akan menjadi landscape yang cantik.

Di area depan sebelum memasuki lokasi air terjun terdapat trademark Air Terjun Putuk Truno yang sangat cantik, tempat tersebut sering digunakan pengunjung untuk berfoto.

Tips Mengunjungi Putuk Truno

Menikmati wisata alam seperti ini kita harus mempersiapkan segala sesuatunya supaya berjalan dengan lancar, ada baiknya kamu simak beberapa tips wisata berikut ini:

  • Perhatikan kondisi cuaca ketika kamu hendak berangkat jangan sampai mendung atau bahkan turun hujan, karena kamu akan menghabiskan waktu di tempat terbuka.
  • Lebih baik datang ketika pagi hari, supaya lebih puas menikmati alam dan menghirup udara yang masih sangat segar.
  • Perhatikan anak-anak ketika menuruni jalan menuju Air Terjun Putuk Truno dan ketika sedang bermain air.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman dan tidak licin.
  • Jaga selalu kebersihan dan keasrian lokasi Air Terjun Putuk Truno.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Simak juga: Indahnya Curug Putri Kencana

Penginapan

Terdapat beberapa penginapan maupun hotel yang ada di sekitar Air Terjun Putuk Truno, diantaranya:

  • Royal Senyiur Hotel dengan harga sewa permalamnya sekitar Rp. 728.027,-, dengan fasilitas yang coba ditawarkan yakni kolam renang, spa, dan restoran.
  • Inna Tretes Hotel harga sewanya sekitar Rp. 241.999,- per malam. Memiliki fasilitas taman dan lapangan tenis serta dua buah kolam renang outdoor.
  • Villa Utama Tretes sekitar Rp. 138.889,- saja harga permalamnya. Terdapat taman bermain untuk anak-anak di sekitar villa.
pintu masuk air terjun putuk truno
pintu masuk air terjun putuk truno. google maps. sumber: Eriyanto Wibowo

Penutup

Keindahan alam Air Terjun Putuk Truno memang sangat mempesona, destinasi wisata yang cocok untuk mengajak serta seluruh anggota keluarga.

Selamat berlibur!

Leave a Comment