Putuk Truno, Air Terjun Terindah Saksi Kisah Cinta Abadi

Memiliki ketinggian sekira 45 meter, keelokan air terjun Putuk Truno sungguh mempesona. Berada di kaki gunung Welirang dan gunung Arjuno memebrikan suasana sejuk apda lokasi ini. Air terjun ini hanya berjarak 2 Km dari tetangganya, air terjun Kakek Bodo.

Memiliki ketinggian sekira 45 meter, keelokan air terjun Putuk Truno sungguh mempesona. Berada di kaki gunung Welirang dan gunung Arjuno memberikan suasana sejuk pada lokasi ini.
Putuk Truno. Image via: backpackerjakarta.com

Nama Putuk Truno sendiri dinisbatkan dari nama JokoTruno, seorang petapa di sekitar lokasi air terjun yang kemudian menjelma menjadi ular (Putuk). Jadilah air terjun Putuk Truno.

Kicauan burung dan bermacam jenis kupu-kupu cantik menyambut kehadiran pengunjung begitu memasuki Putuk Truno. Bila beruntung lutung Jawa atau primata berbulu hitam ini bisa ditemukan di sana.

Air terjun Putuk Truno bisa menjadi wisata alam alternatif keluarga atau sekadar melepas kepenatan dari aktivitas sehari–hari jika pemerintah setempat membenahi wisata ini lebih menarik lagi.

Sangat mudah untuk menjangkau air terjun Putuk Truno dengan semua moda transportasi yang ada. Bahkan dengan angkutan umum dari terminal Pandaan langsung menuju Tretes dan turun di pasar Prigen.

Air terjun Putuk Truno bisa menjadi wisata alam alternatif keluarga atau sekadar melepas kepenatan dari aktivitas sehari–hari jika pemerintah setempat membenahi wisata ini lebih menarik lagi.
Dari Atas. Image via: @himma108

Simak Juga:  Wisata Tretes

Lokasi Putuk Truno

Lokasi Air Terjun Putuk Truno Prigen Pasuruan berada di Tretes, Desa Pecalukan, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur.

Pengunjung dapat menuju lokasi dengan berbagai kendaraan yang ingin digunakan untuk sampai ke air terjun yang satu ini. Dan juga jalannya juga sudah dalam keadaan yang baik

Rute Menuju Putuk Truno

Banyak yang menyangka bahwa jika berwisata ke tempat wisata air terjun akan menempuh perjalanan yang sulit dan butuh peralatan khusus. Tetapi hal tersebut tidak berlaku bagi Air Terjun Putuk Truno Prigen Pasuruan.

Untuk mengunjungi air terjun terindah di Jawa Timur ini, pengunjung bisa dengan mudah untuk mencapai lokasi wisata air terjun yang satu ini. Rute yang ditempuh untuk sampai ke lokasi juga bisa dikatakan tidak terlalu sulit.

pemandangan Di bawah Air Terjun Putuk Truno
Di bawah air terjun. Image via: tabloidwisata.com

Jika pengunjung berangkat dari pusat kota Pasuruan, dapat menuju Kecamatan Prigen, tepatnya menuju Polsek Prigen. Sesudah sampai ke polsek prigen, pengunjung bisa mengambil jalur kiri yang akan akan membuat tidak terlalu jauh dari lokasi wisata tersebut.

Setelah itu pengunjung dapat mengikuti jalan tersebut sampai 200 meter.  Maka akan sampai ke lokasi Air Terjun Putuk Truno Prigen Pasuruan.

Jam Buka Putuk Truno

Objek wisata air terjun Putuk Truni ini dibuka untuk kunjungan wisatawan, mulai jam 07.00 hingga ditutup pada jam 16.00.

Tiket Putuk Truno

Pengunjung hanya perlu untuk mengeluarkan biaya sebesar Rp 10.000 untuk orang dewasa di atas 10 tahun. Jika pengunjung membawa anak yang berusia di bawah 10 tahun, tidak akan di kenakan biaya alias gratis.

Untuk pengunjung yang membawa kendaraan, maka akan di kenakan biaya sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

pengunjung akan dapat melihat pelangi melalui selang air yang bocor tepat di tangga turunan putuk truno.
Tangga Putuk Truno. Image via: tripadvisor.co.id

Simak juga: Danau Purba Matano

Fasilitas Putuk Truno

Tak perlu khawatir mengenai fasilitas di air terjun Putuk Truno. Sejumlah fasilitas telah disiapkan untuk kenyamanan pengunjung. Antara lain parkir yang luas, toilet, gazebo dan juga warung dengan aneka kuliner.

Kuliner tradisonal khas ini akan memanjakan lidah Kamu saat lapar melanda ditengah menjelajah air terjun. Disekitar lokasi air terjun banyak tempat duduk yang dibuat dari semen atau kayu untuk fasilitas pengunjung menikmati air terjun dari kejauhan tanpa harus berbasah-basahan.

Daya Tarik Putuk Truno

  1. Legenda Cinta Abadi Sri Gading

Pose Extrim di Putuk Truno
Pose yang Tidak disarankan. Image via: explorewisata.com

Kisah berawal ketika Joko Taruno jatuh cinta kepada Sri Gading Lestari yang tak lain adalah putri Raden Arya Wiraraja, adipati Madura. Sang adipati tidak merestui hubungan keduanya. Pasalnya Joko Taruno anak selir, bukan dari hasil pernikahan raja dan ratu.

Arya Wiraraja menyembunyikan putrinya dan memagarinya dengan kekuatan gaib. Agar putrinya tak bisa bertemu dengan Joko Taruno. Putri Sri Gading Lestari kemudian dijuluki Putri Baung. Lokasi air terjun dimana Sri Gading diasingkan dikemudian hari dikenal orang dengan sebutan Coban Baung.

Namun akhirnya, keduanya berhasil meloloskan diri menuju sebuah air terjun, dimana Joko Taruno biasa bertapa di sana. Tempat itu kini dinamakan Air Terjun Putuk Truno.

Di tempat itulah cinta kasih mereka tumbuh dan bersemi kembali hingga kekal-abadi. Air Terjun Putuk Truno dinamakan juga Air Terjun Keabadian. Sebagian orang meyakini kalau berendam di air terjun ini akan mendapatkan berkah berupa cinta abadi. Seperti layaknya kisah cinta antara Joko Taruno dengan Putri Sri Gading.

  1. Panorama Air Terjun

tempat berendam bawah air terjun putuk truno
Tempat berendam. Image via: liputan6.com

Simak juga: Pasir putih Pantai Sanglen

Kawasan Prigen merupakan sebuah kawasan dingin yang dikenal sebagai daerah yang kaya akan tempat tempat wisata. Tempat tempat wisata di wilayah Prigen tidak kalah menarik dengan wisata di kota lain, Termasuk tentu saja Air Terjun Putuk Truno ini.

Wisata ini selalu dipenuhi pengunjung, baik dari masyarakat setempat maupun yang berasal dari luar daerah. Air yang mengucur deras dari ketinggian melalui tebing tebing-tinggi terlihat sangat mempesona.

Kecantikan air terjun ditambah dengan hadirnya bebatuan dan hijaunya pepohonan yang membuat air terjun ini semakin cantik. Selain dikenal akan keindahannya, air terjun ini juga dikenal akan air nya yang segar dan sangat jernih. Karena jernihanya, batu-batu yang ada di dalam air pun dapat terlihat dengan jelas.

Di sebelah Loket tiket air terjun putuk truno
Di samping Loket Tiket. Image via: serverharga.com

Di sekitar lokasi terdapat beberapa tambahan yanbg dilakukan oleh pengelola. Tamabahn untuk mempercantik lagi lokasi yang aslinya sudah cantik ini. Pengelola membuat taman, tempat berteduh, bangku, dan warung.

Setelah puas bermain di air terjun, pengunjung dapat membilas badan nya di kamar mandi yang telah disediakan. Selain itu, pengunjung juga dapat bersantai di warung warung yang menyediakan berbagai jajanan khas Pasuruan sambil memanjakan mata dengan menikmati panorama alam yang menyegarkan.

Dan apabila cukup beruntung, pengunjung akan dapat melihat pelangi melalui selang air yang bocor tepat di tangga turunan. Air yang menyembur dari selang jika terkena sorotan sinar matahari akan menghasilkan kilauan pelangi.

  1. Spot Foto

Spot Foto Selfie di bawah air terjun putuk truno
Spot Selfie. Image via: pinterest.co.uk

Simak juga: Mangrove pantai karangsong

Bagi pengunjung yang hobi foto grafi, maupun foto diri untuk dibagikan di media sosial, lokasi air terjun putuk truno merupakan kawasan tepat untuk menjadi latar belakang foto. Banyak momen-momen indah yang bisa didapatkan di sana.

Mulai dari bentangan hijau disekeliling air terjun , hingga derasnya air yang jatuh dari ketinggian 45 meter. Semuaya kaan terlihat menawan did alam foto. Karena itu jangan lupa untuk membawa kamera saat berkunjung ke air terjun ini. Namun untuk selalu diingat, ini merupakan kawasan air terjun. Selalu jaga kamera agar tidak terkena air atau cipratannya.

Memang tidak ada spot khusus untuk mempermudahkan mendapatkan gambar yang diinginkan. Untuk itu, tidak ada salahnya untuk bisa melihat, serta mengeksplorasi sendiri bagian mana atau sudut mana yang layak untuk diabadikan.

Yang penting ialah untuk selalu utamakan keselamatan diri. Sebab, kondisinya cukup licin di Air Terjun Putuk Truno ini

Petunjuk arah di area wisata air terjun putuk truno
Petunjuk Arah. Image via: @joefaiz19

Tips Mengunjungi Putuk Truno

Berkunjung untuk mengagumi keindahan alam berupa air terjun memang kegiatan yang menyenangkan, apalagi menghirup sejuknya udara sambil bermain air di pegunungan. Agar liburan berjalan dengan aman dan nyaman, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • Pergi pada Pagi Hari

Air terjun memiliki kelebihan berupa pemandangannya yang indah, air yang masih jernih, serta kadar oksigen yang masih murni tanpa tercampur polusi. Untuk menikmati semua kelebihan tersebut, sebaiknya pergi pada pagi hari, yaitu sekitar pukul 7 atau 8 pagi.

  • Perhatikan Cuaca

Hindari pergi ke kawasan wisata air terjun saat musim penghujan. Hal ini untuk menghindari hujan jalan yang licin dan membahayakan saat hujan. Selain itu, saat hujan, arus aliran air terjun akan lebih deras.

Main Air bersama keluarga di bawah guyurana ir terjun putuk truno
Main Air. Image via: @margarettambunan

Simak juga: Indahnya Curug Putri Kencana

  • Pakaian Ganti

Agar tidak masuk angin setelah berlama-lama bermain air dengan kondisi baju yang basah, sebaiknya ganti baju dengan pakaian yang kering.

  • Alas Kaki Nyaman

Untuk kenyamanan kaki, sebaiknya gunakanlah sendal gunung ketika berwisata ke air terjun. Setidaknya, gunakan alas kaki yang tidak licin dan anti selip.

  • Pelindung anti air

Demi keselamatan barang elektronik seperti kamera, ponsel, dan barang lainnya, gunakanlah pelindung anti air pada kamera maupun posnel. Gunakan tas khusus anti air (dry bag) untuk menjaga barang-barang penting dari cipratan air.

  • Jangan Pergi Sendirian

Jika ingin menyendiri refreshing tuk menyegarkan pikiran sejenak dari rutinitas, sebaiknya jangan pergi ke air terjun sendirian. Ajaklah orang lain seperti teman atau sanak keluarga. Hal ini semata demi keselamatan.

Meja Strategis utuk memandangi air terjun putuk truno
Meja Strategis. Image via: @joefaiz19

Objek Wisata Dekat Putuk Truno

Masih di sekitar kecamatan Pringen, dalam jarak 13 km dari air terjun terdapat Taman safari Pringen. Dengan mengusung konsep kebun binatang ala Afrika, pengunjung dapat melihat satwa-satwa bebas berkeliaran di alam terbuka. Rasakan pengalaman baru bersafari menyaksikan kehidupan hewan di alam liar.

Taman Safari Prigen menawarkan sensasi berbeda daripada tempat wisata lainnya. Pengunjung diajak masuk ke dunia satwa yang liar dan tidak terduga. Pengunjung dapat menikmati petualangan unik yang mendebarkan bersama ribuan satwa yang ada di Taman Safari Terbesar di Asia ini.

Masih dilokasi yang berdekatan, dalam jarak hanya 2,5 km terdapat air terjun populer, air Terjun Kakek Bodo. Tidak hanya anak muda saja tetapi, orang tua pun ikut menikmati air terjun yang memiliki tinggi 40 meter ini. Objek wisata ini juga menyediakan taman yang mendukung untuk mengambil foto diri.

Sungguh keindahan Air Terjun Putuk Truno tidak diragukan lagi. Ayo datang dan nikmati kawasan ini. Jangan lupa ajak saudara, keluarga. Sahabat. Serta teman agar keseruan dan keceriaan akan tercipta.  Rasakan pengalaman berbeda di air terjun ini.

Selamat berlibur!

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment