Ranu Kumbolo, Surganya Semeru Spot Camping Yang Ciamik

Ranu Kumbolo atau Danau Kumbolo merupakan sebuah danau yang lokasinya berada di bawah kaki Gunung Semeru. Danau dengan keindahan alam yang luar biasa ini pernah dijadikan lokasi syuting film 5cm loh…

Nama Ranu Kumbolo di kalangan para pecinta alam, sudah tidak asing lagi. Karena menjadi lokasi favorit untuk mendirikan tenda, dan menikmati alam yang luar biasa indah. Banyak juga dari mereka yang menjuluki Ranu Kumbolo sebagai “Surganya Semeru”.

ranu kumbolo
ranu kumbolo. google maps. sumber: enjoy game

Simak juga: daftar tempat wisata di Tulungagung

Dengan berada di ketinggian sekitar 2.400 mdpl, udara di sekitar Ranu Kumbolo sangat sejuk. Di sekitar Gunung Semeru sendiri, terdapat beberapa ranu atau danau yang lokasinya tak begitu berjauhan yakni:

  • Ranu Regulo,
  • Ranu Tompe,
  • Ranu Darunga, dan
  • Ranu Pani.

Kata Ranu sendiri berasal dari Bahasa Kawi yang berarti danau.

Lokasi Dan Alamat Ranu Kumbolo

Lokasi Ranu Kumbolo berada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), tepatnya berada di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Rute menuju ke Ranu Kumbolo

Perjalanan menuju Ranu Kumbolo paling mudah ialah dengan menuju Pasar Tumpang, kamu dapat menggunakan jasa ijeg online untuk menuju Pasar Tumpang.

Dari sana dilanjutkan dengan menyewa jeep ataupun menggunakan ojeg untuk sampai di Ranu Pani, dimana estimasi waktu yang harus dilalui sekitar 1,5 jam.

Untuk menuju Ranu Pani, kamu juga dapat menggunakan kendaraan pribadi baik motor maupun mobil. Hanya saja jalur yang dituju cukup berkelok dan menanjak juga tak begitu lebar, jadi harus sangat berhati-hati.

Di sekitar Desa Ranu Pani terdapat area untuk memakirkan kendaraan, jadi kamu ngga usah khawatir akan hal itu.

awal pendakian
awal pendakian. google maps. sumber: ALDI DUTCH

Baca juga: review wisata Pantai Gemah

Jadwal Buka Ranu Kumbolo

Jam operasional Ranu Kumbolo dibuka setiap hari Senin hingga Minggu, selama 24 jam nonstop.

Untuk saat ini jalur pendakian Gunung Semeru ditutup sementara, hingga batas waktu yang belum ditentukan.

Tiket Masuk Ranu Kumbolo

  • Harga tiket masuk menuju Ranu Kumbolo sekitar Rp. 47.000,- per orang
  • Harga sewa jeep untuk sekali jalan sekitar Rp. 650.000,-

Fasilitas Ranu Kumbolo

Fasilitas pendukung di sekitar Ranu Kumbolo tak selengkap ketika kamu sedang mengunjungi lokasi wisata modern. Namun untuk kebutuhan toilet serta warung sederhana sudah tersedia.

Selain itu ada pula tempat penyewaan tenda dan juga pemandu.

berfoto bersama ranu kumbolo
berfoto bersama ranu kumbolo. google maps. sumber: Jun idi

Simak: pendakian ke Puncak Merbabu

Trekking Menuju Ranu Kumbolo

Gunung Semeru merupakan lokasi favorit para pendaki untuk mendaki gunung, dan Ranu Kumbolo salah satu tempat favorit untuk mendirikan tenda selain Mahameru.

Perjalanan menuju Ranu Kumbolo tak begitu terjal dan sulit untuk dilalui, jalurnya sudah tertata dengan baik sehingga kamu tinggal menyusuri jalan yang sudah ada.

Sebelum menuju Ranu Kumbolo kamu akan melewati sedikitnya 4 pos, dengan alokasi waktu dan jarak sebagai berikut:

  • Untuk menuju Pos 1 sekitar 1 jam perjalanan.
  • Dari Pos 1 menuju Pos 2 kira-kira memakan waktu sekitar 20 menit saja.
  • Dari Pos 2 menuju Pos 3 sekitar 45 menit.
  • Dari Pos 3 menuju Pos 4 dan kemudian Ranu Kumbolo sekitar 45 menit.
trekking menuju ranu kumbolo
trekking menuju ranu kumbolo. google maps. sumber: Dimas Ananda

Estimasi waktu tersebut tergantung pada kecepatan dan kekuatan kamu sendiri, bisa jadi lebih cepat atau bahkan lebih lambat.

Di setiap pos terdapat toilet serta warung-warung sederhana, sehingga kamu dapat beristirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

Mitos atau Legenda Ranu Kumbolo

Keindahan alam yang dimiliki Ranu Kumbolo tak terlepas dari kisah mitos atau legenda yang mengiringinya. Masyarakat di sekitar Ranu Kumbolo sangat memegang erat adat istiadat yang sudah diturunkan secara turun temurun.

Berikut beberapa mitos atau legenda Ranu Kumbolo:

1. Sucinya Air Ranu Kumbolo

Air dari Ranu Kumbolo dipercaya sebagai air suci atau sumber air suci yang selalu digunakan untuk ritual keagamaan masyarakat sekitar.

Sehingga para pendaki yang hendak mendirikan tenda, dilarang untuk mandi, mencuci, apalagi buang air di danau. Maka dari itu terdapat aturan ketika hendak mendirikan tenda, yakni harus berjarak minimal 15 meter dari tepi danau.

2. Dewi Penunggu Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo konon katanya dihuni oleh seekor ikan mas yang merupakan jelmaan seorang dewi penunggu danau. Dewi tersebut menampakkan dirinya sebagai seorang wanita yang mengenakan kebaya berwarna kuning.

Jika hendak menampakkan diri, selalu ditandai dengan adanya kepulan asap di bulan purnama. Oleh karena adanya legenda tersebut, para pengunjung yang datang dilarang untuk memancing di Ranu Kumbolo.

spot favorit mendirikan tenda
spot favorit mendirikan tenda. google maps. sumber: Muchtar

3. Tanjakan Cinta

Mitos selanjutnya ialah seputar kisah cinta, di sebelah barat Ranu Kumbolo terdapat sebuah tanjakan yang mengarah ke puncak bukit.

Tanjakan tersebut disebut sebagai Tanjakan Cinta, konon katanya jika seorang pasangan mendaki tanjakan tersebut sambil memikirkan pasangannya tanpa menoleh ke belakang maka kisah cinta mereka akan berakhir bahagia.

Mitos akan tanjakan cinta juga dituangkan dalam Film 5cm loh… Entah hal tersebut benar atau tidak, tapi banyak pendaki yang mencobanya.

Pesona Ranu Kumbolo

Siapa yang tidak mengetahui keindahan dari Gunung Semeru, Ranu Kumbolo pun memiliki pesona keindahan yang tak terlupakan. Berikut beberapa pesona dari Ranu Kumbolo:

1. Alam Yang Sangat Indah

dihiasi bunga yang cantik
dihiasi bunga yang cantik. google maps. sumber: Ardana Alfiansyah

Ranu Kumbolo berada di sebuah lembah dengan ketinggian sekitar 2.400 mdpl, dan berada di kaki Gunung Semeru. Di sekitar Ranu Kumbolo terdapat beberapa bunga yang hanya tumbuh di bulan-bulan tertentu saja. Ranu Kumbolo dikelilingi oleh bukit-bukit serta danau yang luas nan tenang.

2. Panorama Sunset dan Sunrise yang Cantik

panorama yang cantik
panorama yang cantik. google maps. sumber: aprilia frederica

Ketika memutuskan untuk camping dan bermalam bersama alam, jangan lewatkan untuk menyaksikan panorama sunset atau sunrisenya. Pengalaman tersebut tak dapat kamu dapati setiap saat, apalagi ketika menyaksikannya di Ranu Kumbolo.


Tinggalkan komentar