Sari Ater, Pemandian Air Panas Alami yang Dikelola Profesional

Sari ater berada di bawah gunung tangkuban perahu yang melegenda. Sumber air panasnya juga mengalir dari gunung tangkuban perahu. Ini menambah daya tarik dari lokasi wisata Bandung ini bagi para pengunjung yang datang.


Sari Ater, sumber air panas alam yang dikelola denganmanajemen pariwisata modern
Sari Ater. Image via: subang.go.id

Lokasi pemandian air panas alami ini berada pada ketinggian 800 meter di atas permukaan laut dengan luas mencapai 30 hektar.

Air panas di Sari Ater memiliki kandungan aneka mineral yang baik bagi tubuh seperti kalsium, magnesium, chloride, sulfat, thermo, mineral, serta hypertherma dengan kadar aluminium yang tinggi dan tingkat keasaman juga cukup tinggi dengan ph 2,45.

Dengan kandungan ini, air panas di tempat ini dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kulit, terapi untuk yang terkena penyakit rematik, gangguan saraf dan tulang.

Sari ater memiliki dua jenis pemandian. Pemandian yang berbentuk kolam dan pemandian yang alami. Pada pemandian alami, pengunjung bisa langsung mandi di sungai. Pengunjung bisa memilih tempat mandi di hulu ataupun di hilir sungai. Tentu saja masih dengan air yang panas.

Bagi pengunjung yang ingin mandi dengan menjaga privasi, di pemandian air panas ini Bandung juga disediakan kamar – kamar pemandian yang bisa kamu sewa. Jadi pengunjung bisa mandi seorang diri untuk menikmati segarnya air panas Sari Ater.

Mandi malam di Sari Ater tidak menjadi masalah, karena fasilitas resort menyediakan fasilitas untuk itu
Mandi malam. Image via: sariater-hotel.com

Simak juga: lokasi wisata alami di Subang

Lokasi Sari Ater

Lokasi Sari Ater sendiri berada di jalan Raya Subang Bandung Desa Ciater, Kecamatan Jalan cagak. Kabupaten Subang.

Namun, sebagian besar pengunjung menganggap lokasi ini berada di Bandung. Hal itu disebabkan oleh paket-paket wisata yang memasukkan objek wisata alam ini ke dalam daftar wisata di Bandung.

Rute Menuju Sari Ater

Lokasi wisata Sari Ater bisa dicapai dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Bagi pengunjung yang memilih kendaraan umum, bisa berangkat dari terminal Leuwi panjang menuju ke terminal Ledeng dengan Bus DAMRI. Kemudian dengan mini bus menuju ke Subang. Sebelum masuk ke kota Subang, minta turun tepat di pertigaan Jalan wisata, kemudian jalan sedikit menuju loket untuk membeli tiket.

Spot Foto cantik di lingkungan sari ater bisa diperoleh di banyak sudut lokasi wisata
Cantik juga buat foto. Image via: ngetripkemana.com

Bagi pengunjung yang memilih menggunakan kendaraan pribadi, banyak sekali rute dan jalan menuju Sari ater Hot spring Lembang ini.

Pengunjung dari Bandung bisa masuk jalan Cipaganti-menuju Setiabudi Lembang. Tetap di lajur arah Bandung-Subang setelah melewati Tangkuban Perahu, dari sana menempuh jarak sekitar 15 menit sudah sampai di Sari Ater Hot Spring Lembang.

Untuk pengunjung dari Jakarta cukup keluar tol Subang, Menuju arah ke kota Subang Melanjutkan ke arah Subang-Bandung. Pengunjung akan menempuh jarak kurang lebih sekitar 2 ja, saja dari kota Subang.

Bagi pengunjung dari Subang tinggal menuju arah Subang-Bandung jalan utama sekitar 2 jam perjalanan, sudah Sampai di Sari Ater Hot Spring Lembang.

Jam Buka Sari Ater

Bagi pengunjung yang tidak menginap di resort, pemandian sari Aster terbuka untuk dikunjungi Setiap hari 08.00-16.00. Namun bagi pengunjung yang menginap di Resort Sari Ater, fasilitas pemandian air panas alami ini buka 24 jam.

asik rame rame berendam air panas di sari ater bisa memebuat kebersamaand engan teman terasa lebih berkesan
Asik ramai sama kawan. Image via: lostpacker.com

Simak juga: Ciwidey Vallay

Tiket Sari Ater

Untuk bisa menikmati pemandian ari panas dan fasilitas yang ada di Sari Ater, pengunjung membayar tiket masuk sebesar Rp 15.000.

Untuk yang ingin menikmati mandi air panas di ruang privat maka kamu harus membayar sebesar Rp 80.000. Sedangkan untuk yang mandi air panas di sungai cukup membayar sekitar Rp 20.000 sampai Rp 50.000 tergantung lokasi yang dipilih.

Fasilitas Sari Ater

Mengenai fasilitas dasar bagi pengunjung, pengelola Sari Ater sudah menangani hal ini dengan baik. Kebutuhan mendasar seperti toilet, kamar ganti, mushola dan resort juga sudah tersedia di sini. Warung-warung penjual makanan dan minuman sudah banyak berjejer di luar lokasi wisata.

Aktivitas Menarik di Sari Ater

Sebenarnya selain berendam di pemandian air panasnya, pengunjung juga bisa menikmati aneka daya tarik wisata lain selama berada di Sari Ater ini. Di lokasi ini ada tempat permainan dan olahraga, pemancingan, Bumi perkemahan, wahana permainan anak – anak, Outbound dan fasilitas pendukung lainnya.

Berikut kami coba deskripsikan beberapa daya tarik wisata yang menjadi alasan sari Ater pantas untuk dikunjungi.

  1. Relaksasi

relaksasi di kolam air panas sari ater bsia dilakukans ambil minum jus buah segar
Relaksasi. Image via: hotelscombined.com

Aktivitas utama yang bisa dilakukan di Sari Ater adalah memanfaatkan khasiat dari pemandian air panas. Air panas dari gunung Tangkuban Perahu di pemandian air panas ini memiliki khasiat tersendiri. Mulai dari sekedar meredakan pegai-pegal sampai terapi pada penyakit spesifik.

Pengunjung bisa merelaksasi tubuhnya dengan berendam di air panas dengan pilihan cara yang berbeda-beda. Pilihan cara menikmati air panas Sari ater disesuaikan dengan keinginan dari masing-masing pengunjung.

Pengunjung bisa berelaksasi di aliran sungai ciater yang alami. Air panasnya mengalir begitu saja tanpa ditampung terlebih dahulu. Beberapa titik terdapat pancuran dan air terjun yang cukup indah. Pengunjung bisa duduk di bawah air terjun atau pancuran untuk merasakan sensasi pijatan.

santai berendam di kolam air panas privat sari ater
Menikmati. Image via: Image via: sariater-hotel.com

Simak juga: air panas Lejja

Alternatif yang kedua untuk bisa menikmati khasiat pemandian air panas Sari Ater adalah berendam di kolam renang. Di beberapa tempat, air panas akan dialirkan dan ditampung di kolam renang yang berukuran cukup besar. Selain bisa berendam, pengunjung juga bisa berenang di kolam yang ukurannya lebih luas.

Alternatif yang ketiga, pengunjung bisa menyewa kamar khusus untuk berendam. Di dalam kamar ini, pengunjung bisa berendam di kolam air panas seukuran tubuh. Sifat dari kamar rendam ini adalah private, tidak boleh siapapun masuk kecuali orang yang menyewa kamar rendam ini. Dengan demikian, relasasi pengunjung bisa dilakukan secara maksimal.

  1. Out Bound

sari ater resort juga mengelola lokasi camping untuk pengunjung yng ingin menikmati keteduhan malam di lokasi ini
Camping di ciater. Image via: sariater-hotel.com

Selain atraksi utama berupa relaksasi di air panas, pengunjung juga bisa menikmati layanan lain yang disediakan oleh pengelola. Salah satu layanan yang tersedia adalah permainan outbound yang popular dengan permainan Flying Fox.

Udara yang sejuk tentunya sangat mendukung kegiatan outing seperti ini di daerah Sari Ater. Beberapa permainan seperti, Panahan, ATV, Trampolin, Golf Mini dan lain-lain bisa didapatkan. Juga terdapat fasilitas caming ground.

Untuk dapat menikmati out bound ini, pengunjung harus membayar lagi untuk setiap permainan.

  1. Berperahu

Main perahu di muara suangai air panas sari ater
Main perahu. Image via: klikhotel.com

Simak juga: Banyu Panas Palimanan

Daya tarik wisata lain pengunjung bersama keluarga bisa berperahu mengelilingi danau buatan yang terletak masih di kawasan wisata. Terdapat sebuah kolam yang luas hampir menyerupai danau yang merupakan hilir atau akhir dari aliran sungai.

Di akhir dari aliran sungai air panas di kawasan Sari Ater tersebut, terdapat sebuah kolam yang cukup luas. Di kola mini pengunjung bisa menyewa perahu dan berkeliling mengitari pulau yang ada di tengahnya.

Kegiatan berperahu ini, biasanya sering diburu oleh anak-anak. Sama dengan kegiatan outbound, berperahu juga dikenakan biasa selanjutnya.

  1. Piknik

Di lokasi wisata Sari Ater, pengunjung bisa membawa makanan dari luar lokasi wisata. Biasanya para pengunjung membawa bekal berupa nasi timbel atau nasi biasa untuk dibuka bersama.

Di lokasi pemandian air panas ini, terdapat banyak tempat untuk dijadikan tempat piknik. Pengunjung bisa menyewa tikar seharga sekitar 15.000 s/d 30.00. Namun jika ingin berhemat dan mau sedikit repot, bisa juga membawa tikar sendiri untuk berkumpul dan menikmati makanan bekal.

Meja makan yang menyatu dengan alam, salah satu fasilitas untuk makan di sari ater resort
Meja makan alam. Image via: sariater-hotel.com
  1. Kuliner

Makanan khas dari loaksi wisata  Bandung ini adalah olahan daging kelinci. Ada sup dan sate kelinci yang bisa pengunjung  nikmati di Sari Ater. Jarang – jarang ada lokasi wisata yang menyediakan menu olahan kelinci.

Selain kuliner kelinci tentu saja pengunjung juga bisa menikmati aneka kuliner khas negeri pasundan lainnya, seperti bandrek.

Tips Mengunjungi Sari Ater

Waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat wisata ini adalah di malam hari dan hari biasa.

Dengan suasana alam Lembang yang dingin di malam hari menjadikan pengunjung akan sangat menikmati suasana berendam di pemandian air panas. Ditambah suasana sepi hari bukan libur, membuat bisa menikmati air panas dengan santai karena tidak terlalu banyak pengunjung yang datang.

Tapi waktu pagi atau hari libur juga tidak terlalu masalah. Hal ini karena Sari ater mempunyai tempat yang sangat luas dan pemandian yang air panas yang sangat banyak. Pengunjung masih bisa menikmati suasana berendam dengan sangat nyaman dan sangat menyenangkan. Terutama jika memakai fasilitas Privat.

ciater camping park sari ater yang idnahd engan suasana alam pegunungan dan aliran air alami
Lokasi camping yag cantik. Image via: kotasubang.com

Objek Wisata Dekat Sari Ater

Setelah puas berendam air panas, pengunjung bisa melanjutkan wisata ke lokasi yang indah. Area dusun bambu bisa jadi pilihan, dengan jarak 27 km. Dusun wisata ini cukup luas dan di tata dengan baik. Tersedia area kuliner, restoran unik, berbagai permainan, tempat menginap berupa villa dan glamping, dan juga taman terbuka yang luas.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati keindahan jenis selain panorama alam, bisa memilih Orchid forest. Orchid Forest terkenal dengan keindahan koleksi Anggrek. Terdapat lebih dari 157 jenis bunga anggrek yang dibudidayakan dalam lahan seluas 12 hektare ini. Bibit anggrek berasal dari berbagai negara, seperti Venezuela, Amerika Serikat, hingga Peru.

Tempat wisata di Subang yang satu ini sayang sekali untuk anda lewatkan. Bagaimana, tertarik untuk berkunjung?

Selamat berlibur!

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment