Pemandian Kalireco, Air Segar Dari Mata Air Asri di Malang

Kawasan Pemandian Kalireco merupakan kawasan sejuk. Dipadu dengan angin semilir yang sepoi-sepoi membuat pengunjung terbius melemaskan badan, menghilangkan keletihan. Bersantai di tempat ini, bukan hanya soal melepas penat badan, tapi juga menumbuhkan kedamaian hati.


Pemandian Kalireco
Pemandian Kalireco. Image via: @alviowilliant

Terletak di kawasan Kaki Gunung Arjuna, hal ini membuat pemandian ini jarang diketahui orang-orang. Hal ini pula membuat Pemandian Kalireco masih sangat alami tanpa ada campur tangan manusia. Sebuah sumber air alam yang sangat jernih dan melimpah.

Pemandian Air Kalireco yang menyuguhkan pesona wisata air yang masih asri dan menyegarkan. Air yang jernih berwarna biru dan rimbun pepohonan di sekitar pemandian menjadi daya tarik tersendiri bagi objek wisata yang bisa dibilang masih baru.

Kedalaman kolam juga tidak terlalu dalam, hanya sekitar 1 meter saja. Terdapat beberapa pancuran air yang tidak terlalu besar. Dengan tebing kolam yang ditumbuhi lumut menjadikan tempat ini semakin eksotis.

Jika berkunjung ke tempat ini membuat siapapun tak akan sabar untuk menceburkan diri di kolam yang jernih. Sejuk air serta rimbun tempat ini, karena terdapat beberapa pohon di sekeliling kolam. Dengan background sawah warga membuat perasaan menjadi tenang dan nyaman bisa diperoleh pengunjung di Pemandian Kalireco.

Cantik di Pemandian Kalireco
Cantik juga untuk Selfie. Image via: @phesekalapola

Lihat lokasi-lokasi wisata menawan di malang.

Namun, perlu diperhatikan bahwa secara tradisional pemandian ini hanya dikhususkan untuk laki-laki. Jadi kalaupun wanita tidak dilarang masuk ke lokasi ini, namun bisa menimbulkan kecanggungan suasana, terutama jika penduduk lokal sedang beraktifitas di sumber air ini. Selain itu Pemandian Kalireco bukanlah merupakan tempat wisata khusus, hanya sebuah pemandian dan irigasi.

Pada suatu waktu pemandian ini juga dimanfaatkan oleh warga setempat untuk aktivitas sehari-hari. Jadi jangan kaget bila Anda menemukan warga memanfaatkan sumber air ini untuk mencuci dan mandi. Jangan lupa untuk membawa baju ganti minimal sepasang jika Anda ingin mandi. Dan jangan lupa juga membawa bekal untuk Anda karena masih minimnya penjual yang dagangan yang ada di sekitar permandian.

Lokasi Pemandian Kalireco

Lokasi pemandian kalireco yaitu terletak di wilayah Lawan, Malang Jawa Timur. Detail alamat Kalireco ialah di Sumber Waras 2 No.97, Kalirejo, Lawang, Malang, Jawa.

Jarak dari pusat kota Malang, sekitar 17 km.

Kebersamaan Pemandian Kalireco
Kebersamaan. Image via: @jatim.repost

Rute Menuju Pemandian Kalireco

Rute Pemandian Kalireco dari kota Malang berjarak kurang lebih 40 menit perjalanan. Di mulai dari mengarahkan perjalanan ke kecamatan Lawang, kemudian sebelum sampai pasar Lawang akan menemui pabrik Otsuka.

Lokasinya berada di kanan jalan kemudian ikuti arah tersebut hingga melewati lapangan sekolah SMA Negeri Lawang. Sesampai di sana ketemu pertigaan di depan makam desa Kalirejo, ambil belok ke arah kiri. Ikuti terus jalan paving sampai melewati masjid. Jalan terus ikuti jalan-jalan paving hingga sampai jalan itu habis.

Bila menggunakan mobil, maka tidak dapat masuk hingga ke dalam lokasi wisata. Karena hanya memiliki lebar jalan 1,5 meter sehingga hanya bisa dimasuki oleh kendaraan sepeda motor. Wisata Kalireco bukan wisata resmi, oleh sebab itu pengunjung tidak akan dikenakan biaya parkir.

anggun di Kalireco
Anggun di Kalireco. Image via: @dinacarvina

Jam Buka Pemandian Kalireco

Wisata pemandian Kalireco buka antara jam 06.00 hingga 18.00.

Tiket Pemandian Kalireco

Untuk menikmati relaksasi di Pemandian Kalireco, secara resmi tidak ada pungutan biaya. Tetapi pengunjung sebaiknya menyumbang seiklasnya untuk membantu perkembangan obyek wisata ini. Karena saat ini fasilitas belum tersedia dengan lengkap. Siapa tahu dengan dukungan pengunjung, tempat ini di masa depan menjadi lebih nyaman untuk dikunjungi.

Fasilitas di Pemandian Kalireco

Fasilitas yang ada di sekitar kawasan wisata ini masih belum memadai. Lokasi ini oleh pemerintah daerah belum digolongkan sebagai lokasi wisata. Karena itu fasilitas Pemandian Kalireco belum didukung oleh Pemerintah, seperti layaknya lokasi wisata. Bagi pemerintah daerah, lokasi ini masih dipandang hanya sebagai sumber mata air untuk pertanian saja. Padahal tempat ini punya potensi besar berupa lingkungan masih asri dan cocok untuk destinasi wisata malang yang baru.

Namun untuk fasilitas dasar, sudah tersedia. Fasilitas itu meliputi Kamar Mandi, Toilet, dan Area parkir yang kecil.

Pengunjung perlu untuk membawa bekal dari rumah, karena di sekitar kawasan pemandian masih belum ada yang berjualan.

Daya Tarik Pemandian Kalireco

Wisata Pemandian Kalireco Lawang Malang merupakan tempat wisata yang harus dikunjungi karena pesona keindahannya tidak ada duanya. Penduduk lokal daerah Wisata Pemandian Kalireco Lawang Malang juga sangat ramah tamah terhadap wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Sumber mata air yang mengaliri kolamnya yang tidak terlalu besar dan berlapiskan keramik membuat penampakan mata air ini sedikit berbeda. Beruntung pancuran air di Kali Reco pun masih dipagari tebing berwarna gelap yang ditumbuhi lumut nan eksotis.

Mata air Kalireco menawarkan pesona wisata air yang asri nan menyegarkan. Kondisi sangat airnya bening, sehingga pengunjung bisa melihat dasar pemandian. Kejernihan ini tentu menarik siapa saja untuk merasakan kesegaran airnya.

Ayo Melompat !!!
Ayo melompat!!. Image via:  @sulivan_kirana

Pemandian ini juga dikelilingi oleh rimbunnya pepohonan yang ada di sekitar. Hijaunya pemandangan ini pun seolah menjadi daya pikat tersendiri bagi mereka yang melihat. Hawanya yang sejuk dipadu dengan angin sepoi-sepoi. Berendam di Pemandian Kalireco, pengunjung akan merasa seolah-olah menjadi raja yang tengah menikmati balutan air telaga.

Pemandian Kalireco Aslinya merupakan sebuah pemandian yang juga dimanfaatkan oleh warga setempat sebagai saluran irigasi sawah.

Tips Mengunjungi Pemandian Kalireco

Tips praktis yang perlu diketahui oleh pengunjung ke Pemandian Kalireco, adalah:

  • Parkir kendaraan di rumah warga terdekat yang terpercaya. Hal ini karena lahan parkir wisata pemandian sumber air Kalireco belum begitu memadai. Apabila terpaksa gunakan kunci ganda pada stang motor dan kunci ban motor.
  • Bawa bekal makanan dan minuman dari rumah. Dikarenakan wisata Kalireco tergolong baru, fasilitas umum termasuk warung penjual makanan belum memadai.
  • Hindari berkunjung di musim hujan. Saat musim hujan khawatir nya perjalanan menuju wisata Pemandian Kalireco menjadi sangat licin. Selain itu arus air juga sulit terbendung.
  • Jaga kebersihan lokasi, jangan buang sampah kulit shampoo atau kulit sabun sembarangan. Menjaga kebersihan wisata dan ramah kepada warga setempat akan membuat anda dihargai oleh orang lain. Jadilah wisatawan yang bijak dengan mencintai lingkungan.
  • Bawa pakaian ganti dan peralatan berenang dari rumah.
Bening Pemandian Kalireco
Bening. Image via: @aprillio_kingdom

Simak juga: Paralayang di Batu 

Objek Wisata Dekat Pemandian Kalireco

Daerah lokasi pemandian Kalireco, daerah Lawang banyak terdapat objek wisata yang indah. Mulai dari sumber mata air yang segar sampai dengan Kebun The dan Wisata Petik Madu.

Masih seputar wisata air, dalam jarak 7.5 km dari  Pemandian Kalireco terdapat Mata Air Krabyakan. Dibanding Kalireco, Sumber Mata Air Krabyakan mungkin lebih terkenal. Sumber Mata Air Krabyakan juga berlokasi di kaki pegunungan. Pengunjung bisa merasakan kesejukan suasana pegunungan saat tiba di pemandian ini. Di Sumber Mata Air Krabyakan terdapat 2 kolam, yaitu kolam alami untuk orang dewasa dan kolam bermain untuk anak-anak.

Lokasi wisata lain adalah Kebun Teh Wonosari. Jaraknya hanya 9.5 km dari Pemandian Kalireco. Objek wisata yang bertempat di perbatasan Kota Surabaya dan Malang, menarik degan kegiatan tea walk di area Agro Wisata Wonosari. Di samping itu di Kebun Teh Wonosari terdapat sederet fasilitas lain seperti sepak bola, tenis, voli, jogging, kolam renang air hangat, kebun binatang mini, toko tanaman hias, dan beragam wahana wisata.

Kebun Teh Wonosari dekat Pemandian Kalireco
Kebun Teh Wonosari. Image via: @dyn_diny

Satu lagi tempat menarik adalah Agro Tawon. Lokasi ini jaraknya hanya 2 km saja dari Pemandian Kalireco. Berlokasi di Puri Kencana, Jl. Dr. Wahidin No. 8, Desa Bedali, Lawang, Agro Tawon buka setiap hari. Di Agro Tawon Anda pengunjung mengetahui segala hal soal lebah, mulai dari pola hidup, teknis beternak lebah, hingga proses panen madu. Selain memberikan edukasi seputar lebah, di Agro Tawon juga tersedia fasilitas outbond, gazebo, tempat bermain, cafetaria, area parkir yang luas, dan Anda juga bisa membeli madu murni dalam botol hasil produksi Agro Tawon.

Begitulah informasi seputar Keasyikan Wisata Pemandian Kalireco Sumber Waras Lawang Malang. Semoga anda puas dengan penjelasan kami, selamat berlibur dan terimakasih.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment