Pemandian Kalireco, Wisata Malang Yang Gratis Dan Menyegarkan

Pemandian Kalireco merupakan salah satu kolam pemandian alami yang ada di Malang, Jawa Timur. Tepatnya berada di Desa Kalirejo.

Pemandian yang satu ini memiliki banyak sekali sumber mata air, dan dapat dipastikan airnya sangat bersih juga bening banget.

Sehingga kamu dapat melihat ke dasar kolamnya dengan jelas. Ditambah dengan suasana di sekitar pemandian begitu sejuk, dengan hiasan pepohonan yang cukup rindang.

Kolam pemandiannya memang tak begitu besar, namun kamu dapat melakukan beragam keseruan ketika berada di Pemandian Kalireco. Pemandian Kalireco berada di sekitar pemukiman warga, maka jangan heran jika selalu ramai dan tak pernah sepi.

Meski begitu kualitas airnya tetap jenih dan bersih, pokoknya nyegerin banget deh…Oh iya, terdapat dua lokasi pemandian di sini. Yakni Pemandian khusus perempuan dan laki-laki.

Namun, kolam yang paling ramai dikunjungi ialah kolam yang pertama yang sebenarnya dikhususkan untuk laki-laki. Namun, seiring berjalannya waktu perempuan pun banyak yang mandi di kolam tersebut.

Lihat lokasi-lokasi wisata menawan di malang.

Lokasi & Alamat Pemandian Kalireco

Lokasi Pemandian Kalireco berada di kaki Gunung Arjuno, tepatnya di Jl. Sumber waras 2 No.97, Krajan, Desa Kalirejo, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

salah satu sumber mata air
salah satu sumber mata air. google maps. sumber: Julianda Chupit

Rute Menuju Pemandian Kalireco

Rute menuju Pemandian Kalireco jika kamu berangkat dari pusat kota Malang, akan menempuh jarak sekitar 17 km dengan estimasi waktu kira-kira 40 menit perjalanan.

Yakni dengan mengarahkan kendaraanmu menuju Kecamatan Lawang, kemudian sebelum Pasar Lawang akan mendapati Pabrik Otsuka.

Tetaplah berada di jalur sebelah kanan hingga melewati SMA Negeri Lawang. Nanti kamu akan menemukan pertigaan jalan di depan Makam Desa Kalirejo, beloklah ke arah kiri.

Tetaplah berada di jalur tersebut, kamu tinggal menanyakan lokasi Pemandian Kalireco pada penduduk sekitar. Lebih baik menggunakan kendaraan roda dua, karena lebar jalannya hanya cukup untuk motor saja.

Jam Buka Pemandian Kalireco

Jam operasional Pemandian Kalireco dibuka setiap hari mulai pukul 06 pagi hingga pukul 06 sore.

Tiket Pemandian Kalireco

Harga tiket masuk Pemandian Kalireco cukup membayar seikhlasnya pada kotak yang tergantung di depan dekat parkir motor.

dengan membayar seikhlasnya
dengan membayar seikhlasnya. google maps. sumber: Mohammad Aldi Afandi

Fasilitas di Pemandian Kalireco

Karena masih dikelola secara swadaya oleh masyarakat sekitar, sehingga fasilitas yang dimiliki pemandian ini masih seadanya.

Di sekitar Pemandian Kalireco hanya ada:

  • Area parkir motor yang tak begitu luas
  • Kamar mandi sederhana
  • Warung sederhana di sekitar area parkir

Pemandian Kalireco

Pemandian Kalireco memiliki alam yang masih alami, di sepanjang jalan menuju kolam kamu akan mendapati beberapa sumber mata air yang jernih dan bersih.

Alamnya yang masih sejuk pun menjadi daya tarik tambahan dari kolam pemandian mata air alami ini. Airnya yang dingin tak menyulutkan warga untuk berenang dan bermain air, badan akan terasa segar dan fresh.

kolam laki laki
kolam laki laki. google maps. sumber: Pengembara TV

Pemandian Kalireco memiliki dua area kolam, yakni:

  • Kolam untuk laki-laki
  • Kolam untuk perempuan

Kolam khusus untuk perempuan memiliki tembok yang tinggi, dan memiliki dua buah kolam dengan ukuran yang tak begitu besar kedalamannya pun hanya sekitar pinggang orang dewasa saja.

Sedangkan kolam untuk laki-laki tidak memiliki tembok penghalang, di sekitarnya dihiasi tebing batu dengan aliran air yang cukup banyak.

Ragam Wisata Seru Di Pemandian Kalireco

Air kolamnya sangat jernih juga bersih, bening banget sampai-sampai kamu dapat melihat ke dasar kolamnya. Airnya berwarna biru dengan kolam pemandian yang dibalut dengan keramik.

bermain air seru
bermain air seru. google maps. sumber: Pengembara TV

Keseruan yang dapat kamu lakukan ketika mandi di mata air Kalireco ini, diantaranya:

1. Bermain air

Terdapat banyak sekali aliran air di kolam Pemandian Kalireco ini, baik di area laki-laki maupun di kolam perempuan.

Kamu dapat duduk-duduk atau bermain-main aliran airnya yang menyegarkan, sesekali mengerjai teman, sahabat, atau pasangan dengan menyipratkan air ke wajahnya.

tangga menuju kolam pemandian kalireco
tangga menuju kolam pemandian kalireco. google maps. sumber: Putri Asih

Simak juga: Paralayang di Batu 

2. Berenang

Keseruan yang ngga boleh kamu lewatkan tentu saja berenang di kolamnya yang bening, rasanya segar sekali. Ditambah lagi dengan pemandangan di sekitarnya yang masih asri seakan membuat imun kamu semakin bertambah.

Kolamnya ngga terlalu dalam, jadi untuk kamu yang ingin belajar berenang pun dapat dilakukan di kolam Pemandian Kalireco ini.

3. Body Jumping

Ini nih yang ngga boleh kamu lewatkan, yakni melakukan body jumping atau melompat dari tebing batu yang ada di sekitar kolam. Keseruan ini hanya dapat dilakukan di kolam laki-laki saja.

Di sekitar kolamnya terdapat tebing yang cukup tinggi dengan beberapa aliran air di sekitarnya, kamu dapat mendaki beberapa bagian di tebing tersebut kemudian terjun bebas menuju kolam.


Tinggalkan komentar