Situ Gintung, Wisata Alam di Tengah Padatnya Jabotabek

Situ Gintung adalah danau kecil buatan. Awal pembentukan situ ini adalah sebagai waduk yang berfungsi sebagai tempat penampungan air hujan dan untuk perairan ladang pertanian di sekitarnya.


Situ Gintung, kawasan cadangan air yang kini dikelola menjadi objek wisata outbound keluarga di tengah kota
Situ Gintung. Image via: hariliburnasional.com

Situ dibuat antara tahun 1932-1933 dengan luas awal 31 ha. Kapasitas penyimpanan air situ mencapai 2,1 juta meter kubik. Situ ini adalah bagian dari Daerah Aliran Cisadane merupakan salah satu sungai utama di Banten.  Sumber airnya berasal dari Gunung Salak dan Gunung Pangrango  yang mengalir ke Laut Jawa.

Di tengah-tengah situ terdapat sebuah pulau kecil yang menyambung sampai ke tepi daratan seluas kurang lebih 1,5 ha. Pulau kecil ini bernama Pulau Situ Gintung beserta hutan tanaman yang berada sekitarnya.

Semenjak tahun 1970-an kawasan pulau dan salah satu tepi Situ Gintung dimanfaatkan sebagai tempat wisata. Konsep yang diusung adalah wisata alam dan perairan. Di lokasi ini terdapat restoran, kolam renang, dan arena outbound.

Terhitung tahun 2011, Situ Gintung berubah nama menjadi Bendungan Gintung.

kondisi situ gintung saat ini,s etelah dilakukanpenataan besar besaran pasca tragedi 2009
Situ gintung hasil penataan pasca tragedi 2009. Image via: ihategreenjello.com

Simak: Lokasi wisata indah seputaran Tanggerang.

Kisah Mistis Situ Gintung

Mistis adanya buaya putih di Situ ini sudah tersohor. Konon katanya, buaya tersebut merupakan jelmaan dari seorang nenek penjaga Situ. Terkadang, Anda berita mengenai pengunjung yang hilang atau tenggelam di dalam Situ. Beberapa orang percaya bahwa mereka telah menjadi tumbal buaya putih di Situ Gintung.

Cerita mistis selanjutnya adalah adanya pulau kecil di tengah danau yang terkadang terlihat dan kadang tidak. Mistis tersebut dipercaya jika seseorang melihat pulau kecil tersebut, maka dia akan menjadi terhipnotis dan berenang ke tengah danau. Hingga akhirnya orang tersebut akan tenggelam dan menjadi tumbal Situ Gintung.

Satu lagi cerita mistis dari Situ Gintung yang dipercaya nyata oleh beberapa orang yaitu adanya wanita tua penghuni waduk. Beberapa orang percaya bahwa wanita tua tersebut adalah perwujudan asli dari siluman buaya putih yang kadang menampakkan diri. Wanita tua tersebut berambut panjang yang berwarna putih.

Hal mistis pun dikaitkan kembali dengan tragedi Situ Gintung pada Maret 2009. Saat itu tanggul situ jebol dan menyebabkan korban meninggal 100 orang penduduk sekitar.

Keseruang Bermain Outbound bersama rekan rekan kerja danpergaulan di taman situ gintung
Serunya Outbound di Situ gintung. Image via: @ruliewidya

Lokasi Situ Gintung

Taman Wisata Pulau Situ Gintung-3 berlokasi di Desa Cirendeu Kec. Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan. Tepatnya di Jl. Kertamukti Pisangan Raya No. 121 Cirendeu, Ciputat Timur, Tangerang Selatan.

Rute Menuju Situ Gintung

Untuk mencapai lokasi situ gintung bisa dicapai dengan mudah. Ada beberapa alternatif rute untuk mencapai situ ini.

  • Dengan Kendaraan Umum:

Dari check point stasiun MRT Lebak Bulus, bisa naik semua angkutan (angkot) yang menuju arah Ciputat. Kemudian turun di perempatan Kampung Utan yang merupakan pangkalan ojek. Dari pangkalan ojek, pegunjung menuju Taman Wisata Pulau Situ Gintung dengan diantar oleh tukang ojeg yang ramah-ramah.

  • Dengan Kendaraan Pribadi.

Dengan mobil atau motor pengunjung bisa menuju stasiun MRT Lebak Bulus. Dari Lebak Bulus menuju arah Ciputat melalui under pass menuju arah barat. Setelah pom bensin Pertamina ada perempatan Kampung Utan silakan belok kiri, anda akan melalui komplek kampus-2 UIN

Setelah kampus-2 UIN ambil belok kiri, melalui jalan turunan. Setelah jembatan sungai kecil ada tanjakan setelah masjid Al-mughirah silakan masuk ke Kiri. Pengunjung sudah sampai di pintu masuk Pulau Situ Gintung.

Pemandangan senja dari salah satu sisi situ gintung. keberadaan pintu air baru, memebrikan tambahan aksesn pada keindahan situ
Senja di pintu air situ gintung. Image via: @dio.bramasto

Cek lokasi: wisata edukasi di Tangerang.

Jam Buka Situ Gintung

Taman wisata pulau situ gintung beroperasi 24 jam. Hal ini karena terdapat fasilitas camping, sehingga tentu harus beroperasi sepanjang hari.

Tiket Situ Gintung

Untuk bisa menyaksikan keindahan dan menikmati fasilitas yang ada di taman wisata pulau situ gintung, pengunjung dikenakan tiket. Pengunjung dewasa dan anak-anak dikenakan tiket yang sama, yaitu Rp 10.000.

Fasilitas Situ Gintung

Berbagai fasilitas tersedia untuk menjaga kenyamanan pengunjung di Situ Gintung. Dimulai dari musala, parkir yang luas, toilet memadai hingga aula terbuka.

Bagi pengunjung yang gemar olahraga, tersedia 2 lapangan tenis yang siap digunakan.

Aktivitas Menarik di Situ Gintung

  1. Outbound

Wisata Outbound anak di situ gintung. didesain untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan kemampuan kerja dalam team pada anak anak.
Wisata outbound. Image via: wewerehere.id

Taman wisata pulau situ gintung juga menyediakan tempat outbound. Pengunjung bisa melakukan aktifitas fisik yang menyenangkan dan seru di fasilitas ini. Ada berbagai jenis kegiatan outbound yang disiapkan pengelola. Beberapa diantaranya berupa Jembatan Goyang, Flag of Glory, Jembatan Gantung, Halang Rintang, Flying Fox, dan Ilusi Gravitasi.

Kegiatan outbound bermanfaat untuk membentuk karakter dan tim kerja yang dinamis. Ada 3 paket outbound yang ditawarkan di sini. Dimulai dari paket outbound pelajar, outbound corporate dan outbound anak-anak.

Tiap paket memiliki target peserta masing-masing. Paket outbound pelajar dikhususkan untuk pelajar SD, SMP, SMU dan mahasiswa. Outbound corporate untuk perusahaan dan outbound kid untuk anak TK serta PAUD.

  1. Camping

lokasi camping ground situ gintung. lokasi yang cukup luas untuk menampung 500 peserta.
Camping ground situ gintung. Image via: dolanyok.com

Lihat juga: Camping di Situ Gunung

Kegiatan lainnya yang bisa dilakukan di Taman Situ  adalah menginap atau bersantai di area Camping Ground. Camping Ground atau dikenal dengan Bumi Perkemahan Situ Gintung ini memiliki kapasitas daya tampung hingga 500 orang.

Pihak pengelola biasanya sudah menyediakan beberapa tenda yang memang diletakkan di lokasi perkemahan. Harganya cukup terjangkau. Jadi, selain di daerah Bandung atau Bogor, alternatif untuk berkemah juga bisa dilakukan di Taman Situ Gintung ini. Tiket bermalam di tempat ini pun sangat murah, hanya Rp 20.000 per malam.

  1. Pelatihan

pelatihan keramik bsia menjadi pengalihan fokus bagi kaum lansia, utnuk menjaga kualitas mental beliau beliau. tetap prima
Lansiapun ikut pelatihan keramik. Image via: citraalam.id

Taman  Wisata  Pulau  Situ  Gintung  bekerja  sama dengan Citra Alam Lakeside membuka program pelatihan. Pelatihan itu meliputi pelatihan keramik, pelatihan wayang kulit dan pelatihan batik tulis. Namun perlu diketahui, pelatihan ini bukan edisi profesional, namun lebih pada pengenalan dan rekreasi edukasi. Target peserta bisa untuk anak maupun dewasa yang tertarik.

Pelatihan Keramik biayanya Rp. 105.000. Harga tersebut termasuk: tiket masuk, bahan tanah liat 1kg, pengenalan dan demo pembuatan keramik, proses pembakaran keramik, hasil karya milik peserta, welcome drink + snack, minum air mineral dan lunch box. Sertifikat untuk sekolah.

Pelatihan Batik Tulis biayanya Rp. 105.000. Harga  tersebut  termasuk : tiket masuk , kain dan bahan membatik , proses pewarnaan, hasil karya milik peserta, welcome drink + snack, minum air mineral, dan lunch box. Sertifikat untuk sekolah.

Pelatihan Wayang Kulit biayanya Rp. 105.000. Harga termasuk : tiket masuk, bahan-bahan untuk pembuatan wayang kulit, pagelaran wayang kulit durasi 1 jam, hasil karya untuk peserta, welcome drink +snack dan lunch box. Sertifikat untuk sekolah.

Selain 3 paket pelatihan itu, pengelola taman juga menyediakan pelatihan tambahan berupa pelatihan musik angklung.

  1. Gathering

gathering sangat efektif untuk menumbuhkan kedekatand an semangat kerjasama. bukan ahany perusahaan, tapi juga keluarga dan komunitas hobi.
Gathering club mobil. Image via: apvclub.com

Gathering adalah momentum yang sangat penting dalam sebuah perusahaan. Pada momentum ini semua karyawan dari berbagai level berkumpul menjadi satu untuk berpartisipasi untuk kegiatan ini. Untuk lebih mengenal satu sama lain.

Agar karyawan perusahaan dapat lebih dekat lagi dengan keluarga dari para karyawan maupun staff dari perusahaan tersebut. Gathering juga sebagai ungkapan terima kasih perusahaan kepada keluarga staff atau karyawan atas dukungan kepada suami, istri, anak atau cucu untuk tetap bekerja dan membantu perusahaan dengan baik.

Program gathering taman wisata pulau situ gintung  diperuntukkan bagi karyawan perusahaan, reuni sekolah maupun untuk instansi tertentu. Untuk melakukan kegiatan  gathering  pengunjung  dapat melakukan kegiatan secara mandiri dengan hanya membayar tiket masuk dengan system bloking area sebesar RP. 15.000,-/orang.

Disamping itu pengelola taman juga menyediakan system paket yang semua kebutuhan acara sudah disiapkan. Paket Gathering biayanya Rp. 150.000,-/orang. Harga itu termasuk : tiket  masuk lokasi (blok area) , aula , sound system + organ tunggal , MC , Fun game , Makan siang prasmanan,  minum air mineral, snack box.  Untuk program paket jumlah peserta minimal 50 orang

  1. Paintball

paint ball, sebuah olahraga rekreasi yang sangat menyenangkan, meyalurkan "inting liar"dengan tanpa merusak
Paint ball. Image via: gogonesia.com

Suka paint ball?? Cek Lokasi paint ball di Ancol  Jakarta.

Taman  Wisata  Pulau  Situ  Gintung  bekerjasama  dengan Dolphin Adventure menyediakan paket permainan paint ball.  Yaitu  berupa  permainan  perang-perangan  dengan  scenario  sesuai dengan keinginan pengunjung. Paint  Ball  menggunakan  senjata  bertenaga  gas CO2 dan berpeluru butiran cat gelatin yang aman bagi tubuh.

Paket Paint Ball Rp. 95.000,-/orang. Harga tersebut meliputi: Tiket masuk, pemakaian peralatan seragam, senjata, google, body protector, peluru 40 butir, instruktur dan konsumsi air mineral dan snack. Durasi permainan 2 x 30 menit. Untuk Tambahan peluru: Rp. 10.000,-/ 10 peluru. Permainan ini Jumlah peserta minimalnya 10 orang.

  1. Kolam Renang

kolam khusus anak yang dibuat dangkals ehingga aman untuk anak, namun tetap menyenangkan dengan berbagai wahana permainan di dalamnya.
Kolam bermain anak. Image via: turtransjawa.id

Bagi yang suka olah raga berenang, di taman wisata ini juga tersedia kolam renang. Kolam renang yang terpisah dari permainan water park. Sehingga menambah kenyamanan pengunjung yang berenang

Untuk anak-anak terdapat kolam dangkal. Dilengkapi dengan wahana permainan mini yang khusus didesain untuk anak. Permainan seperti berbagai peluncuran mini, air mancur dan ember tumpah.

Sedangkan untuk dewasa bisa mencoba wahana yang lebih ekstrem. Peluncuran spiral dengan tinggi lebih dari 10 meter. Pengunjung yang mencoba wahana akan dibawa melesat di perosotan spiral hingga tersebut ke kolam.

Objek Wisata Dekat Situ Gintung

Setelah puas berwisata atau bahkan menginap di taman wisata pulau situ gintung pengunjung tidak usah bingung jika masih ingin melanjutkan wisata serunya. Dalam jarak 12 km dari lokasi ini, tepatnya dia Jl. Kemang Raya No. 16A, Jakarta Selatan, ada fasilitas bernama Laser Game Kemang. Pada prinsipnya, permainan ini serupa dengan airsoft gun ataupun paintball. Hanya bedanya, senjata laser tak menyisakan rasa sakit ataupun noda di tubuh.

Untuk pengunjung yang masih penasaran dengan wisata alam, dan memiliki waktu yang masih panjang, bisa lanjut ke tebing Koja. Dengan jarak 50 km tebing koja tidak akan mengecewakan untuk dikunjungi. Pengunjung sebaiknya datang sepagi mungkin atau menjelang sore, untuk memperoleh pemandangan terindah dari lokasi kandang Godzillla ini.

Penasaran dengan keseruan wisata di taman wisata pulau situ gintung? Silakan anda mencobanya.

 

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment