Setu Babakan, Mengenal Kebudayaan Betawi Lebih Dekat

Setu Babakan merupakan sebuah danau buatan yang memiliki luas sekitar 30 hektare dengan kedalaman 1 hingga 5 meter. Dan di sekitarnya terdapat sebuah Perkampungan Kampung Betawi.

Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan yakni sebuah kawasan yang menghadirkan kebudayaan Betawi yang sangat kental. Disini tersimpan dengan rapih semua hal yang berkaitan dengan kebudayaan Betawi, mulai dari kesenian Betawi, rumah adat, hingga makanan khas Betawi.

Setu Babakan sempat ditutup sementara waktu dalam rangka menghindari penyebaran covid-19, tapi saat ini Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta mengizinkan Setu Babakan untuk dibuka kembali.

Selain Setu Babakan, masih ada dua tempat lagi yang diizinkan untuk menggelar uji coba yakni Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

kental akan budaya betawi
kental akan budaya betawi. google maps. sumber: Jakarta Tourism

Lihat: daftar tempat wisata di Jakarta yang populer

Setu Babakan dapat menjadi destinasi wisata budaya ditengah modernisasi Jakarta. Berikut deskripsi Perkampungan Betawi:

Lokasi dan Alamat Setu Babakan

Lokasi Setu Babakan berada di kawasan Perkampungan Budaya Betawi, alamat lengkapnya di Jl. RM. Kahfi II, RT.13/RW.8, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

Berikut no telp yang dihubungi (021) 7883258

Rute Menuju Setu Babakan

Rute menuju Setu Babakan dapat dilalui dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Jika kamu naik kereta api atau KRL turun di Stasiun Lenteng Agung kemudian dilanjutkan dengan naik angkot atau Kopaja dan langsung turun di depan Setu Babakan.

amphiteater
amphiteater. google maps. sumber: Jakarta Tourism

Simak juga; liburan ke Kebun Binatang Ragunan

Jam Buka Setu Babakan

Jam operasional Setu Babakan dibuka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 16.00 waktu setempat. Dan saat ini sudah dibuka kembali, namun dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Untuk info lengkap dapat mengunjungi situs resminya Setu Babakan.

Tiket Masuk Setu Babakan

Tiket masuk Setu Babakan gratis, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya untuk parkir kendaraan yang digunakan.

  • Parkir sepeda motor sebesar Rp. 2.000,-
  • Parkir mobil dengan membayar sebesar Rp. 5.000,-

Fasilitas Setu Babakan

Fasilitas yang ada di sekitar Setu Babakan diantaranya:

  • Area parkir kendaraan,
  • Mushola,
  • Amphiteater,
  • Tempat bermain anak,
  • Warung-warung makanan dan minuman,
  • Toko-toko souvenir, dan masih ada lagi yang lainnya.
rumah adat betawi
rumah adat betawi. google maps. sumber: Jakarta Tourism

Baca: wisata edukasi ke Planetarium Jakarta

Setu Babakan

Setu Babakan memiliki udara yang fresh dan segar dengan memiliki angin yang cukup kencang, sehingga seakan menjadi oasis di tengah panasnya udara di Jakarta.

Danau ini cukup luas, dan di sekitarnya terdapat beberapa tempat duduk yang disertai meja dengan mengadap ke arah danau. Pas banget deh untuk bersantai dan ngadem.

Danau Setu Babakan berfungsi juga sebagai penampungan air untuk daerah Jakarta Selatan. Selain itu berikut beberapa aktivitas seru yang dapat kamu lakukan ketika berada di area danau Setu Babakan:

1. Wahana Air

setu babakan
setu babakan. google maps. sumber: iko TV

Simak juga; info seputar Kota Tua Jakarta

Ragam wisata seru yang pertama ialah bermain beberapa wahana air yang ada seperti:

  • Bermain bebek-bebekan,
  • Perahu kayung, dan
  • Naik perahu naga.

Untuk mencoba wahana air tersebut, kamu harus mengeluarkan biaya tambahan yang berkisar antara Rp. 7.500,- hingga Rp. 10.000,- ngga mahal kan….

2. Kolam Terapi Ikan

Di sekitar danau juga terdapat kolam terapi ikan yang dapat kamu coba tanpa membayar biaya tambahan lagi. Untuk saat ini pengunjung yang ingin mencoba terapi ikan dibatasi hanya untuk 7 orang dalam satu waktu, selain itu waktunya pun hanya 10 menit saja.

Sebelum memulai terapi ikan kamu harus mencuci kaki terlebih dahulu, untuk kebersihan kolamnya. Dan untuk pengunjung yang memiliki penyakit diabetes, serta penyakit kulit lainnya dilarang untuk mencoba terapi ikan dengan maksud untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Meski gratis kolam ikannya sangat bersih dan terjaga dengan baik, lokasinya juga enak banget, bersih dan adem.

3. Memancing

Para mancing mania wajib mencoba memancing di Setu Babakan ini, siapkan alat pancing maupun umpannya kemudian cobalah untuk memancing beberapa ikan penghuni Setu Babakan seperti ikan nila, ikan mas, dan mujaer.

4. Mencoba Makanan Khas Betawi

mencicipi kuliner khas betawi
mencicipi kuliner khas betawi. google maps. sumber: Jakarta Tourism

Di sekitar danau biasanya berjejer makanan-makanan khas Betawi seperti:

  • Kerak telor,
  • Soto Betawi,
  • Gabus pucung,
  • Toge goreng, dan
  • Bir pletok.

Harga yang ditawarkan pun terjangkau yakni berkisar mulai dari Rp. 18.000,- hingga Rp. 35.000,- saja. Nikmatilah makanan khas Betawi sambil memandangi danau yang cukup luas.

Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan

perkampungan budaya betawi setu babakan
perkampungan budaya betawi setu babakan. google maps. sumber: mohamad riza saputra

Baca: review wisata Dufan Ancol

Di sekitar danau yang menyejukkan terdapat sebuah perkampungan budaya Betawi, di tempat terdapat beberapa wisata yang dapat kamu nikmati, diantaranya:

1. Wisata Budaya

Wisata budaya merupakan wisata atau kunjungan yang menghadirkan kebudayaan dari Betawi. Di sini kamu dapat menyaksikan rumah-rumah adat Betawi yang masih kokoh berdiri. Selain itu kamu juga dapat menyaksikan:

  • Pagelaran musik, tari, dan teater tradisional di arena teater terbuka.
  • Pelatihan seni tari, seni musik, seni membatik, dan seni teater tradisional untuk anak-anak dan remaja.
  • Atraksi wisata dan prosesi budaya,
  • Latihan silat Betawi, dan lain-lain.

2. Wisata Agro

Selain wisata budaya, kamu juga dapat mengunjungi wisata agro yang akan memberikan sensasi pertanian yang sangat khas. Di sekitarnya terdapat beberapa jenis pohon yang dapat kamu coba juga buahnya.

Beberapa diantaranya Pohon mangga, Melinjo, Rambutan, Jambu, Kecapi, Jamblang, Krendang, Buni, Nangka, Cempedak, Nam-Nam, Jambu Mede, Alpukat, Kwini, Bacang, Jengkol, Pete, dan juga masih banyak lagi yang lainnya.

Beberapa pohon yang ada sudah jarang dan bahkan sudah tidak ada lagi kamu temukan di beberapa pasar tradisional.

3. Atraksi

Selain rumah adat Betawi, kamu juga dapat menyaksikan mesjid yang bernama Masjid Baitul Makmur. Dimana masjid tersebut memiliki arsitektur Betawi.

Ada juga Museum Betawi yang memberikan informasi lengkap mengenai suku asli dari Jakarta yang satu ini. Dari mulai alat musik, perabotan rumah tangga, alat kerja, alat transportasi, lukisan tokoh/budayawan Betawi, dan lain sebagainya.


Tinggalkan komentar