Setu Pengasinan, Tempat Wisata Keluarga di Depok

|

Setu Pengasinan merupakan tempat wisata yang cukup jauh dari pusat Kota Depok, namun tetap ramai dikunjungi pengunjung apalagi di akhir pekan atau hari libur sekolah.

Karena disini selain dapat menikmati suasana yang asri, banyaknya wahana permainan menjadi salah satu daya tarik dari Setu Pengasinan. Sehingga dapat dijadikan tempat wisata bersama keluarga tercinta.

setu pengasinan
setu pengasinan. google maps. sumber: Msh Misbah

simak juga: situ jatijajar

Setu Pengasinan merupakan danau buatan yang kedalamannya antara 1 hingga 4 meter, luasnya kira-kira mencapai 6 hektar dengan fungsi utamanya ialah sebagai lokasi serapan air.

Kota Depok memiliki cukup banyak setu atau danau, yang dijadikan sebagai tempat wisata seperti:

  • Situ Jatijajar,
  • Situ Rawa Besar atau Situ Lio,
  • Setu Cilodong,

Dan masih banyak lagi yang lainnya, Depok memiliki sekitar 23 setu, situ, atau danau. Dan hampir seluruhnya sudah ditata untuk dijadikan sebagai lokasi wisata.

Setu Pengasinan berada di Kelurahan Pengasinan yang terkenal sebagai kampung jawara sejak zaman dulu. Sejarah mencatat antara tahun 1960 hingga 1990 banyak sekali warganya yang menjadi guru silat dan mendirikan sebuah perguruan silat.

Salah satu panutannya bernama H. Alih Yakub selain beliau memiliki padepokan silat, beliau juga merupakan kepala desa pertama dari Kelurahan Pengasinan, Sawangan Depok ini.

Berikut deskripsi lengkap mengenai Setu Pengasinan, Sawangan, Depok:

Lokasi dan Alamat Setu Pengasinan

Alamat Setu Pengasinan berada di Jl. Setu Pengasinan Indah No.27, Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat. Lokasi Setu Pengasinan dari jalan raya sekitar 500 meter.

wahana anak
wahana anak. google maps. sumber: MUHAMAD HUSNUL HAKIM

simak juga: taman rekreasi wiladatika

Rute Menuju Setu Pengasinan

Akses menuju Setu Pengasinan dapat dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat. Namun mengingat jalur yang akan dilalui padat, sebaiknya menggunakan kendaraan roda dua.

Misalnya awal perjalanan dari arah RSUD Kota Depok dengan melajukan kendaraan ke arah Parung, ketika berada di perempatan jalan belok kiri menuju Jl. Pengasinan Raya.

Teruslah berada di jalur tersebut hingga melewati Pom Bensin Pengasinan, lalu Masjid Al Husain. Ketika mendapati Alfamart belok kanan menuju Jl. Gang Wadas. Ikuti jalan tersebut hingga akhirnya kamu tiba di Setu Pengasinan.

Jam Buka Setu Pengasinan

Jam operasional Setu Pengasinan buka setiap hari Senin hingga Minggu, mulai pukul 08.00 hingga 18.00 waktu setempat.

Harga Tiket Masuk Setu Pengasinan

Tiket masuk Setu Pengasinan gratis, hanya membayar biaya parkir saja.

santuy di setu pengasinan
santuy di setu pengasinan. google maps. sumber: Sri Wahyuningsih

simak juga: taman lembah mawar

Fasilitas Setu Pengasinan

Fasilitas yang ada di sekitar kawasan Setu Pengasinan diantaranya:

  • Area parkir kendaraan,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Wahana permainan anak,
  • Warung makanan dan minuman,

Daya Tarik Setu Pengasinan

1. Alam Yang Asri

suasana asri
suasana asri. google maps. sumber: Ms. Thv

simak juga: godong ijo

Setu Pengasinan memiliki spot untuk menenangkan diri dan menikmati luasnya danau, suasana yang asri, sejuk, juga menenangkan dapat kamu rasakan ketika berada disini.

Apalagi jika berkunjung di pagi maupun sore hari, banyak pengunjung yang datang berolahraga di pagi hari dan tak sedikit dari mereka yang ingin menikmati keindahan langit di sore hari.

Setu Pengasinan dapat dijadikan tempat wisata alam yang cocok untuk dikunjungi bersama rombongan keluarga. Namun jika menginginkan suasana yang lebih tenang, datanglah di hari-hari biasa, jika berkunjung di akhir pekan akan cenderung padat dan ramai.

2. Ragam Wahana Permainan

mengelilingi danau dengan bebek bebekan
mengelilingi danau dengan bebek bebekan. google maps. sumber: Murni Endah

simak juga: taman lembah gurame

Sebuah tempat wisata takkan lengkap jika tidak memiliki wahana permainan, Setu Pengasinan memiliki banyak sekali wahana permainan baik untuk anak maupun untuk seluruh keluarga.

  • Bebek-bebekan,
  • Rakit,
  • Kereta api mini,
  • Sepeda mini,
  • Mewarnai,

Merupakan sedikit dari wahana permainan yang ada di Setu Pengasinan. Untuk lebih lengkapnya, sebaiknya kamu datang sendiri ke tempat wisata ini.

Kegiatan naik rakit dapat menjadi salah satu wahana yang tak terlupakan, dimana kamu akan diajak mengelilingi setu yang memiliki luas sekitar 6 hektar.

Semua wahana permainan yang ada berkisar mulai dari Rp. 5.000,- hanya memancing yang tidak perlu membayar biaya apapun, asalkan kamu sudah mempersiapkan segala sesuatunya dari rumah.

spot foto
spot foto. google maps. sumber: FAUZI Achmad

simak juga: pondok zidane

Penutup

Me time bersama keluarga harus menuju tempat wisata yang dapat dinikmati oleh semua anggota keluarga, Setu Pengasinan dapat menjadi pilihan wisata yang pas di tengah padatnya aktivitas Kota Depok.