Sibajag Green Canyon, Mencari Sakura di bawah Bayangan Gunung Sindoro

Sibajag Green Canyon adalah objek wisata alam yang menghadirkan pemandangan alam indah dengan potret gunung Sindoro dan bukit Sikendil yang menghiasinya. Objek wisata ini pun hadir dengan balutan kekiniannya dengan spot-spot untuk berfoto yang melengkapinya.

Sibajag Green Canyon adalah salah satu objek wisata baru di Temanggung. Wisata ini menyuguhkan lanscap alam yang indah, tepat berada di bawahnya Gunung Sindoro yang gagah menjulang tinggi.
Sibajag Green Canyon. Image via: @silviamadha

Selain, pemandangan alam yang mengagumkan, pengunjung juga akan disuguhkan denga udara yang sangat sejuk sehingga dapat menyegarkan badan serta fikiran. Tentu saja hal ini lah yang menjadi daya tarik utama sehingga para wisatawan berdatangan ke area wisata ini.

Siapa sangka jika pada saat berada di lokasi wisata ini, pengunjung bisa mendapati sejumlah spot menarik untuk dijadikan latar berfoto. Salah satu spot yang populer di arae ini tentunya jembatan bambunya yang sangat panjang. Selain itu di area jembatan ini juga terdapat pohon sakura yang menghiasinya.

Maka dari itu tak heran jika area wisata alam ini kerap dijadikan sebagai lokasi untu pemotretan baik itu pre wedding maupun acara lainnya. Hal ini menyebabkan foto dengan latar pemandangan alam di lokasi ini mudah dijumpai di media sosial sehingga tempat ini cepat dikenal oleh masyarakat.

Dengan pesona – pesona yang diberikan oleh objek wisata ini tak ayal jika Sibajag Green Canyon merupakan salah satu objek wisata yang bisa menjadi pilihan tepat untuk berlibur. Para wisatawan dapat berlibur ke area ini dengan keluarga, kolega di kantor maupun sahabat di sekolah.

Wisata ini menyuguhkan lanscap alam yang indah, tepat berada di bawahnya Gunung Sindoro yang gagah menjulang tinggi.
Di bawah Bayangan Sindoro. Image via: @hartoko1899

Simak juga: 11 tempat wisata di Temanggung

Lokasi Sibajag Green Canyon

Bila tertarik dengan obyek wisata ini dan berencana untuk berkunjung, maka kamu bisa menuju ke lokasi di Jalan Tambi Sibajag, Desa Canggal, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Lokasi wisata ini tak terlalu jauh dari Taman Nasional jumprit dan Jalur Pendakian Sindoro via Sikatok. Dari Temanggung kota berjarak 28,8 Km atau sekitar 1 jam perjalanan.

Kondisi jalan menuju ke lokasi cukup sempit, belum lagi banyak tanjakan, turunan dan jalan berbatu. Tidak jarang terdapat jurang-jurang di samping jalan. Jika melakukan perjalanan ke lokasi, maka harus ektra berhati-hati.

Jam Buka Sibajag Green Canyon

Mengenai Jam Buka, Sibajag Green Canyon buka pada pukul 08.00 hingga 17.00. Buka setiap hari sepanjang pekan.

Lokasi wisata Sibajag Green Canyon Berlatar Bukit Cendil.
Berlatar Bukit Cendil. Image via: @evvaant

Tiket Sibajag Green Canyon

Sebelum bisa menikmati keindahan yang terdapat di Sibajag Green Canyon ini pengunjung diminta untuk membeli tiket masuk terlebih dahulu. Meskipun belum sepenuhnya jadi, tempat wisata ini sudah memberlakukan tiket masuk, walau bisa dibilang cukup murah dan terjangkau.

Harga tiket masuk atau HTM  Sibajag Green Canyon adalah Rp 10.000 per orang, dengan membayar tiket masuk tersebut wisatawan dapat menikmati keindahan yang terdapat di tempat wisata ini sepuasnya.

Untuk parkir kendaraan, motor dikenakan Rp 2.000. Sedangkan Mobil dikenakan biaya Parkir Rp 5.000. Dan untuk toilet umum, pengguna dikenakan biaya Rp 2.000.

Fasilitas Sibajag Green Canyon

Gardu Pandang di Sibajag Green Canyon jadi salah satu loaksi favorit untuk berfoto.
Gardu Pandang. Image via: @mitajulia_khrz

Simak juga: Pesona Ujung Jalan di Pantai Ujung Tiro

Pada saat berkunjung ke Sibajag Green Canyon, pengunjung bisa menjumpai fasilitas penunjang yang cukup memadai. Fasitas tersebut adalah Spor foto, toilet, musholla, gardu pandang, gazebo, serta alahan parkir yang cukup luas. Selain itu, ada juga wisata offroad Sibajag yang menawarkan kativitas seru menjelajahi bukit sikendil dengan menaiki mobil jeep.

Daya Tarik Sibajag Green Canyon

Lintasan Bambu panjang mengula rmenjadi ciri jhas dari loaksi wisata Sibajag Green Canyon.
Lintasan Bambu. Image via: jolygram.com

Pengunjung pasti betah berlama-lama di wisata ini. Sebab apa yang disuguhkan untuk pengunjung benar-benar memanjakan. Mengajak liburan keluarga di wisata ini pasti sangat asyik. Duduk santai, jalan-jalan dan berswafoto bisa menjadi pilihan aktifitas yang menarik dilakukan.

Berikut beberapa hal menarik dari wisata baru ini.

  1. Pemandangan Alam yang Mempesona

Pemandangan alam di wisata ini benar-benar mempesona, mulai dari panorama perbukitan, gunung, pohon-pohon, hingga bebatuan besar. Semua tampak alami dan enak dipandang. Maka cocok sekali tempat wisata ini dijadikan sebagai tempat rekreasi keluarga.

Gunung Sindoro merupakan salah satu gunung agung di Jawa Tengah. Pesona keindahannya tidak diragukan lagi, pastinya luar biasa. Nah, berada di wisata ini kamu dapat menyaksikan secara jelas panorama gunung Sindoro yang sangat menawan.

Sejenak tinggalkan kesibukan dan nikmati suguhan alami khas perbukitan di wisata ini. Terutama bagi pengunjung yang tinggal di perkotaan, maka back to village dan rasakan sensasi alaminya.

  1. Bernuansa Negeri Sakura

keberadaan dekorasi Sakura di eberapa spot jalan bambu menghadirkan suasana jepang di wisata Sibajag green canyon ini
Di bawah Mekarnya Sakura. Image via: insta-bear.com

Simak Juga: 20 KK yang bahagia di Kampung Berua Rammang-Rammang

Di wisata ini terdapat bunga Sakura yang cantik. Bunga Sakura sangat identik dengan Jepang. Maka wajar bila pengunjung berada di sini, kemudian berimajinasi sedang berada di Jepang.

Di Jepang panorama bunga Sakura berpadu dengan keagungan gunung Fuji, sedangkan di wisata ini berpadu dengan keindahan gunung Sindoro.

  1. Spot Foto

Tersedia beberapa spot foto cakep dan Instagenic yang diuat dari bahan bambu. Beberapa spot foto tersebut antara lain; jembatan bambu, menara pandag, gazebo, dan lain-lain. Spot foto ini bagus banget untuk mendukung aktifitas swafoto. Hasilnya foto di spot tersebut pasti keren banget.

  • Tangga Bambu

Pengunjung bisa mengabadikan momen seru ini dengan berfoto dijalan atau sering disebut juga dengan tangga bambu. Jalan yang terbuat dari bambu ini memiliki jalur yang sangat panjang.

Trowongan bambu di sibajag green canyon
Trowongan Bambu. Image via: dowes29.com
  • Gasebo

Di kawasan wisata ini telah tersebar gazebo-gazebo. Selain sebagi tempat istirahat, spot ini juga bisa dijadikan pengunjung untuk berfoto ria.

  • Gardu pandang

Kemudian, ada juga gardu pandang dimana pengunjung bisa mendapati latar Gunung Sindoro dan Bukit Sikendil bila berfoto di area ini. Dan tentu saja di gardu pandang ini pengunjung bisa mnyaksikan pemandangan Sibajag Green Canyon dengan lebih jelas lagi.

Off road dengan Jip Sewaan di s ekitar loaksi sibajag green canyon
Off road dengan Jip Sewaan. Image via: @sibajaggreencanyon

Simak juga: Petualangan SUngai Pute menuju Rammang-Rammang

Objek Wisata Dekat Sibajag Green Canyon

Temanggung memang kaya kaan wisata panorama dataran tinggi. Salah satu yang lebih dahulu populer, adalah Posong. Posong Temanggung menyuguhkan keindahan khas alam pegunungan yang begitu memanjakan mata. Pengunjung dapat melihat samudra awan pada paginya dan siangnya mendapatkan pemandangan 7 Puncak gunung sekaligus yaitu Gunung Merbabu, Merapi, Telomoyo, Ungaran, Muria, Sumbing dan Sindoro.

Kemudian wisatawan juga bisa mengunjungi Embung Kledung yang menghadirkan panorama Gunung Sindoro serta Gunung Sumbing sebagi daya tari utamanya. Saking indahnya panorama yang ada disini membuat banyak orang yang membadingkannya dengan pemandangan Danau Kawaguchi berlatarkan Gunung Fuji.

Sampai disini dulu ulasan info daya tarik wisata dan fasilitas, alamat, lokasi, rute jalan dari wisata Sibajag Green Canyon ini. Untuk lebih jelasnya segera jadwalkan untuk datang ke lokasi indah ini.

Baca juga:

Leave a Comment