Sinka Island Park, Wisata Keluarga Komplit di Singkawang

Mengunjungi Sinka Island Park, bisa sekaligus berkunjung ke tiga tempat wisata yang berbeda, yaitu pantai, kolam renang dan kebun binatang.

Ketiga tujuan wisata tersebut merupakan perpaduan antara obyek wisata alami dan modern. Dan SInka Island merupakan tempat yang wajib kamu kunjungi ketika mengunjungi Singkawang.

Berada di Sinka Island Park kita bisa menikmati pemandangan Pantai Bajau di mana terdapat bebatuan yang bertaburan dengan perairan air lautnya yang tenang serta diiringi angin yang sepoi-sepoi.

Selain itu ada beberapa permainan air yang bisa kita sewa untuk menikmati Pantai Bajau. Berada tak jauh dari pantai ini terdapat kolam renang dengan ukuran besar.

Terdapat dua jenis seluncuran dengan ketinggian berbeda yang dapat digunakan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Di dekat kolam renang ini tersedia pondokan.

Satu lagi yang menarik di Sinka Island Park adalah Pulau Simping. Terdapat jembatan kayu yang bisa digunakan untuk menuju ke pulau ini. Pulau ini ditumbuhi dengan pepohonan dan memiliki bangunan kelenteng mini.

Pada papan di dekat jembatan dikatakan bahwa pulau ini merupakan pulau terkecil yang diakui oleh PBB. Sinka Island merupakan wisata terpadu yang ada di Singkawang, Kalimantan Barat.

Namun, sangat disayangkan keadaan Sinka Island Park saat ini kurang terawat, padahal lokasi wisata wisata yang satu sempat viral beberapa waktu ke belakang.

panorama pantai di sinka island park
panorama pantai di sinka island park. Google Maps. Sumber: YUL ICE

Simak juga: 11 wisata di Singkawang

Lokasi Sinka Island Park

Secara administratif, lokasi Sinka Island Park berada di Jalan Malindo Teluk Karang, Kelurahan Sedau, Kecamatan Singkawang Selatan, Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

Rute Menuju Sinka Island Park

Rute menuju Sinka Island Park jika kamu bergerak dari Kota Singkawang hanya menempuh jarak sekitar 8 km. Jalannya pun mudah dilalui karena sudah beraspal dan mulus.

Untuk pengunjung yang berasal dari luar daerah, pengunjung dapat memilih Kota Pontianak, tepatnya Bandara Supadio, sebagai masuk ke jalur utama.

Dari Kota Pontianak, pengunjung dapat meneruskan perjalanan menuju Singkawang yang memakan waktu sekitar 3 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan umum seperti bus, taxi ataupun kendaraan pribadi.

Objek wisata ini terletak di Teluk Ma’jantuh atau Teluk Karang. Hanya ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit saja dari pusat kota.

Tiket Sinka Island Park

Tiket masuk ke kawasan wisata Sinka Island Park bervariasi, tergantung pada objek mana yang akan dikunjungi di kawasan itu.

  • Tiket masuk Sinka Zoo membayar sebesar Rp. 10.000 per orang
  • Tiket menikmati Pantai Bajau dikenakan biaya sebesar Rp. 20.000 per orang

Fasilitas Sinka Island Park

Sinka Island Park merupakan objek wisata semi modern. Sehingga pengunjung tidak perlu khawatir dengan berbagai fasilitas dan akomodasi. Hampir semua yang pengunjung butuhkan terdapat di sekitar objek wisata ini.

Mulai dari lahan parkir yang luas, toilet umum, kolam renang, café dan warung makan serta gazebo-gazebo tempat beristirahat.

Kendaraan seperti Bus mini untuk bereksplorasi di Sinka Zoo, delman dan kuda untuk menikmati taman dan pantai di Sinka Island Park.

Simak juga: Bukit Batu bukit langara

Daya Tarik Sinka Island Park

1. Taman Sinka Island Park

berkuda mengelilingi taman sinka island park
berkuda mengelilingi taman sinka island park. Google Maps. Sumber: Aluna Printing

Taman Sinka Island park memiliki desain yang kental dengan nuansa tionghoanya. Bahkan begitu baru masuk pintu gerbang pun para pengunjung akan disambut dengan patung-patung dari 12 shio yang nampak begitu keren.

Dari sini bisa dibayangkan bagaimana hebatnya suasana yang ada di dalamnya. Begitu masuk, para pengunjung bisa menikmati keindahan alam yang hadir dalam bentuk pepohonan tropis yang cukup rindang.

Kemudian ada juga bunga-bunga yang nampak cantik menghiasi taman ini. Dan menariknya lagi terdapat kolam renang yang tidak biasa karena dijaga oleh patung seekor naga. Patung tersebut didesan melingkari kolam renang.

Sinka Island Park memang objek wisata yang cukup luas yakni mencapai sekitar 35 hektar. Maka dari itu pihak pengelola pun telah menyediakan andong serta kuda yang bisa digunakan untuk menjelajahi taman ini.

Mengingat penggunakan tranportasi ini yang tak bermesin maka tidak akan menghasilkan polusi sehingga aktivitas berlibur lebih menyenangkan.

2. Pantai Bajau di Sinka Island Park

pantai bajau
pantai bajau. Google Maps. Sumber: Wahyu Waskito 

Simak juga: Waikelo Sawah NTT

Sesuai namanya Sinka Island Park memiliki sebuah pantai atau island dalam bahasa inggrisnya yang memiliki panorama indah.

Pantai berbatu yang ada di area ini nampak sangat eksotis, perpaduan batuan besar serta kecil di pantai ini mampu menghadirkan spot yang luar biasa.

Dan hebatnya lagi para pengunjung pun bisa menysuri pantai dengan menggunakan kuda dan andong sama halnya dengan area taman.

Kemudian, para pengunjung pun bisa mencoba wahana banana boat yang menegangkan juga sangat menyenangkan.

Tak cukup sampai disitu saja karena ternyata pantai ini sudah dilengkapi dengan gazebo-gazebo yang bisa digunakan untuk tempat bersantai, para pengunjung bisa bersantai sambil beristirahat menikmati sejuknya semilir angin yang sejuk.

3. Sinka Zoo (Rindu Alam) Yang Alami

melihat hewan di sinka zoo
melihat hewan di sinka zoo. Google Maps. Sumber: Febi Riawan

Sinka Zoo merupakan tempat yang menghadirkan kebun binatang dengan konsep yang berbeda dimana para pengunjung bisa sambil menikmati pemandangan yang indah sekaligus.

Untuk menjelajahi kebun binatang ini pengunjung bisa memilih dengan berjalan kaki atau dengan menaiki kendaraan yang telah disediakan.

Dan siapa sangka jika pada saat berkeliling menggunakan kendaraan, para pengunjung pun dapat berhenti sejenak untuk berfoto maupun memberi makan satwa-satwa bersama pemandu Sinka Zoo.

Sinka Zoo memiliki koleksi satwa hapir lebih dari 275 ekor diantaranya Harimau, gajah serta buaya putih. Sementara itu untuk koleksi jenis reptilnya Sinka Zoo memiliki Ular Sanca Jaring (Phyton Reticulatus) yang panjangnya mencapai 5.5 meter lebih dengan berat mencapai 350 kg.

Selain itu, reptil lainnya juga bisa dijumpai yakni Ular Sanca Albino, Ular Kobra, Iguana, Tegu dan lain-lain. Konsep Sinka Zoo mirip seperti Taman Safari Indonesia.

4. Spot Memancing dan Pulau Terkecil Di Dunia

jembatan menuju pulau simping
jembatan menuju pulau simping. Google Maps. Sumber: YUL ICE

Simak juga: Sunrise di bukit ilalang pulau diyonumo

Sinka Island park juga memiliki tempat yang menarik bagi para wisatawan yang hobi memancing. Pengunjung bisa mendatangi jembatan penghubung antara pantai dengan batu burung.

Para pemancing biasanya berkumpul pada saat sore hari. Di sisi lain, di area ini juga terdapat pulau terkecil di dunia, pulau Simping namanya.

Pulau ini dulunya dikenal dengan nama pulau kelapa dua dan terdapat sebuah jembatan penghubung yang dibangun untuk menuju ke pulau tersebut dari Sinka Island Park.

Namun, jembatan penghubung tersebut saat ini kondisinya rusak parah sehingga kita tidak bisa menuju Pulau Simping dengan melewati jembatan tersebut.

Pulau Simping telah diakui secara resmi oleh PBB sebagai pulau terkecil di dunia. Sementara itu, terdapat sebuah kelenteng di pulau tersebut.

Kemudian kondisi pulau Simping didominasi oleh bebatuan dan pasir serta pepohonan yang tumbuh di antara bebatuan.

Tips Mengunjungi Sinka Island Park

Kawasan wisata Sinka Island Park berada di wilayah yang terkenal dengan cuacanya yang panas. Maka dari itu jika tidak ingin berpanas-panasan bisa datang pada waktu pagi atau sore hari.

Bagi para pengunjung yang tidak memiliki fisik kuat untuk berjalan kaki, alangkah baiknya memilih ikut kendaraan yang telah disediakan pihak Sinka Zoo untuk berwisata mengelilingi area kebun binatang.

bermain air di pantai bajau
bermain air di pantai bajau. Google Maps. Sumber: De_nfrost Zhang

Penutup

Berkunjung ke tempat ini sangat disarankan bagi wisatawan yang ingin menikmati wisata di Kalimantan Barat. Sungguh salah satu wisata keluarga yang wajib dikunjungi bila berada di kawasan Singkawang.

Semoga Sinka Island Park dapat bangkit kembali dan memberikan kita keseruan seperti dulu kala.


Tinggalkan komentar