Situ Cipule, Destinasi Wisata Danau Di Karawang

|

Situ Cipule merupakan salah satu danau atau waduk atau situ yang dimiliki Karawang selain Situ Cibayat. Lokasinya berada di tepi Sungai Citarum, yang terkenal itu.

Penjelajahan kita di kota yang terkenal akan opak ketan rawagede, kawista madu ini ialah dengan eksplor Danau atau Situ Cipule.

situ cipule
situ cipule. google maps. sumber: Marlina Krismawan

simak juga: tempat wisata di karawang

Karawang ternyata memiliki beberapa tempat wisata alam yang cocok untuk dijadikan destinasi wisata danau buat kamu ngabisin waktu weekend bersama orang-orang terdekat. Salah satunya ialah dengan mengunjungi Situ Cipule, yang selalu ramai dikunjungi apalagi di akhir pekan serta hari libur.

Penasaran ada apa aja di Situ Cipule? Yuk kita ulas, check this out.

Sejarah Situ Cipule

Situ Cipule awalnya merupakan sebuah tempat penggalian pasir yang lokasinya berada di tepi Sungai Citarum. Karena mengalami proses penambangan yang terus menerus dan dalam waktu yang lama hingga akhirnya membentuk sebuah cekungan yang cukup dalam.

Kedalamannya mencapai 2 meter dengan luas sekitar 90 hektar. Yang akhirnya terbentuklah danau atau Situ Cipule sekarang ini, dengan melewati proses yang cukup panjang.

Dimana saat ini Situ Cipule memiliki beberapa fasilitas penunjang yang dapat membuat kegiatan liburanmu di sini menjadi semakin menyenangkan.

tempat latihan atlet dayung
tempat latihan atlet dayung. google maps. sumber: Irwan Setiawan

simak juga: wonderland adventure waterpark karawang

Lokasi Danau Cipule Karawang

Lokasi dari tempat wisata Situ Cipule Karawang ini berada di Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

Rute Menuju Situ Cipule Karawang

Akses menuju Situ atau Danau Cipule sangat mudah dituju, jaraknya dari pusat kota Karawang sekitar 20 km. Rute yang dapat dituju ialah dengan melalui tol dan keluar di Karawang Timur, terus saja melaku hingga tiba di kawasan industri.

Teruskan perjalanan hingga tiba di Saluran Induk Tarum Barat, kemudian belok kiri menuju Situ Cipule. Untuk memudahkan dalam melalui rute yang ada, kamu dapat meminta bantuan pada maps yang terpasang di android.

tempat wisata favorit keluarga
tempat wisata favorit keluarga. google maps. sumber: Wiwie Dwi Agustia

simak juga: curug lalay

Jam Buka Situ Cipule Karawang

  • Jam operasional dari Situ Cipule buka setiap hari Senin hingga Minggu, selama 24 jam nonstop.
  • Waktu terbaik mengunjungi Situ Cipule Karawang ialah di pagi atau sore hari, dimana vibes pegunungannya ngena dan indah banget.

Harga Tiket Masuk Situ Cipule Kawarang

Harga tiket masuk yang harus dikeluarkan untuk menikmati keindahan Situ Cipule ialah dengan membayar sebesar Rp. 5.000,- saja per orangnya.

Fasilitas di Situ Cipule Karawang

Fasilitas yang ada di sekitar kawasan Situ Cipule diantaranya:

  • Area parkir kendaraan,
  • Mushola,
  • Toilet,
  • Warung makanan dan minuman,
  • Spot foto,
hunting foto kece
hunting foto kece. google maps. sumber: Wpurnawan 01 Wpurnawan01

simak juga: curug cigentis

Daya Tarik Situ Cipule

1. Wisata Alam Yang Murah

Situ atau Danau Cipule memiliki pemandangan yang tak kalah seperti di kota-kota bersuhu adem lainnya, udara yang sejuk, pemandangan yang indah akan kamu rasakan ketika berada di Situ Cipule.

Apalagi jika sang mentari mulai akan kembali ke peraduannya, menciptakan gradasi warna alam yang cantik dan selalu menjadi incaran para fotografer dadakan untuk mengabadikannya.

Apalagi dengan hadirnya gunung yang menjadi latar terbaik dari Situ Cipule Karawang ini. Pokoknya komplit deh, udara sejuk, pemandangan indah, suasana yang nyaman akan kamu dapatkan di Situ Cipule.

senja di situ cipule
senja di situ cipule. google maps. sumber: atenk blangkon

simak juga: candi jiwa karawang

Dan ternyata Situ Cipule pernah menjadi lokasi dari perlombaan dayung ketika Sea Games tahun 2011 silam, sehingga banyak pula yang menyebutnya Danau Sea Games Ciampel.

2. Danau Cinta Nan Romantis

Ternyata bukan hanya itu saja, daya tarik selanjutnya dari Situ Cipule ialah hadirnya sebuah pulau cantik yang diberi nama Pulau Cinta. Pulau tersebut memiliki luas sekitar 2.000 meter persegi, yang hanya dapat dikunjungi ketika Danau Cipule sedang surut.

Untuk menuju Pulau Cinta di Danau Cipule kamu harus menyewa sebuah perahu, dan berkendara sekitar 5 menit lamanya.

3. Spot Memancing

Nah untuk kamu yang hobi memancing, telah tersedia spot untuk memancing. Tapi peralatan dan keperluan untuk memancingnya bawa sendiri ya.

me time bersama indahnya alam
me time bersama indahnya alam. google maps. sumber: Luqman Hakim

simak juga: curug bandung karawang

4. Hunting Kuliner Enak

Setelahnya healing dan refreshingnya selesai, lanjutkan kegiatan wisatamu dengan hunting kuliner enak yang memiliki cita rasa yang khas.

Salah satunya ialah dengan mengunjungi sebuah rumah makan yang bernama Rumah Makan Cobek Jerit Mak Nya, akan menyajikan menu makanan enak dengan sambelnya yang sangat khas.

Penutup

Segera masukkin Situ Cipule kedalam list wisata kamu di Karawang, sebagai sebuah destinasi wisata alam yang low budget namun indah banget.