Situ Gunung, Satu Tempat, Berjuta Pesona Di Sukabumi

Situ Gunung merupakan tempat wisata di Sukabumi yang menyimpan berjuta pesona, berjuta keindahan, yang diterjemahkan ke dalam beberapa spot wisata yang sangat populer.

Bahkan, salah-satu spotnya yaitu Situ Gunung Suspension Bridge, adalah Jembatan Situ Gunung yang memiliki status sebagai jembatan gantung di tengah hutan terpanjang di Asia Tenggara.

Selain itu, Situ Gunung Sukabumi juga memiliki spot wisata alam air terjun yang sangat populer di Sukabumi, yang bernama Curug Sawer, yang telah dibahas terpisah pada artikel sebelumnya.

situ gunung
situ gunung. google maps. sumber: Adhiari Subekti

Simak juga: daftar tempat wisata di Sukabumi

Berjuta pesona di Situ Gunung dikarenakan lokasinya terletak di Taman Wisata Alam Situ Gunung Sukabumi, sebagai bagian yang tak terpisahkan dari Taman Nasional Gunung Pangrango.

Situ Gunung hari ini buka kembali, setelah beberapa waktu lalu sempat tutup sementara sebagai bentuk kepatuhan terhadap kebijakkan PPKM. Tetapi para pengunjung wajib melaksanakan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah, maupun pihak pengelola.

Dan inilah info Situ Gunung yang sudah kami siapkan untuk anda, sebagai refrensi awal menentukan tempat liburan di Sukabumi di akhir pekan, maupun saat libur nasional tiba.

Lokasi Dan Alamat Situ Gunung

Lokasi Situ Gunung terletak di Taman Wisata Alam Situ Gunung, Sukabumi. Adapun alamat Situ Gunung Sukabumi berada di Kadudampit, Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

jalur trekking yang harus dilalui
jalur trekking yang harus dilalui. google maps. sumber: Dessy R

Baca: review wisata Geopark Ciletuh

Rute Menuju Situ Gunung Sukabumi

Jalan menuju Situ Gunung bisa diakses dengan menggunakan kendaraan roda dua, maupun roda empat, hingga sampai di area parkiran utama.

Jarak Situ Gunung dari alun-alun Kota Sukabumi hanya berjarak sekitar 16 kilometer, dengan kisaran waktu tempuh 40 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Harga Tiket Masuk Situ Gunung

  • Tiket masuk Situ Gunung Rp. 16.000 per orang, saat weekday, untuk rekreasi.
  • Tiket masuk Situ Gunung Rp. 18.500 per orang, saat weekend, untuk rekreasi.
  • Tiket camping Situ Gunung Rp. 24.000 per orang, saat weekday.
  • Tiket camping Situ Gunung Rp. 29.000 per orang, saat weekend.

Jam Buka Situ Gunung

  • Situ Gunung Sukabumi buka setiap hari selama seminggu.
  • Situ Gunung buka selama 24 jam.
salah satu fasilitas di area situ gunung
salah satu fasilitas di area situ gunung. google maps. sumber: Yogi Edo P

Simak: Info seputar Pantai Ujung Genteng

Fasilitas Di Situ Gunung

Fasilitas wisata di Situ Gunung Sukabumi sudah sangat lengkap untuk menunjang kenyamanan wisata para pengunjung. Di antaranya:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Glamping Situ Gunung Sukabumi,
  • Warung,
  • Layanan Reservasi 24 jam,
  • Spot selfie,
  • Spot wisata populer lainnya.

Penginapan Di Situ Gunung

Bagi anda yang ingin menginap di Situ Gunung Sukabumi, bisa memilih opsi dengan cara camping di lokasi yang sudah ditentukan. Atau dengan cara menginap di spot glamping Situ Gunung Sukabumi.

Daya Tarik Situ Gunung

1. Trip Rakit

Daya tarik yang pertama dari Situ Gunung, kita mulai dari aktivitas wisatanya berupa trip rakit mengitari danau Situ Gunung yang sangat eksotis.

Trip rakit menjadi aktivitas yang langka, terutama bagi mereka yang terbiasa hidup di kota besar. Kenalkan anak-anak kita kepada alam, supaya mereka tumbuh dewasa dengan rasa cinta terhadap alam.

camping seru
camping seru. google maps. sumber: jejak Suhe

Simak: review wisata Curug Cikaso

2. Camping

Aktivitas wisata di Situ Gunung yang ke dua, sekaligus menjadi daya tariknya adalah camping. Spotnya sudah disediakan khusus oleh pihak pengelola.

Bagi yang camping, atau pengunjung yang menyewa fasilitas glamping, pihak pengelola telah mempersiapkan fasilitas api unggun.

3. Situ Gunung Suspension Bridge

situ gunung suspension bridge
situ gunung suspension bridge. google maps. sumber: Olivia Nst

Situ Gunung Suspension Bridge, atau Jembatan Gantung Situ Gunung Sukabumi dibangun pertamakali di pertengahan tahun 2017, salah-satunya dengan keterlibatan masyarakat sekitar.

Dan pada tanggal 9 Maret 2019, Situ Gunung Suspension Bridge baru diresmikan, dan dibuka untuk umum. Dari semenjak dibuka, jembatan gantung tersebut menjadi spot favorit pengunjung untuk melakukan selfie.

Selain itu, Jembatan Gantung Situ Gunung Sukabumi menyandang status sebagai jembatan gantung di dalam hutan terpanjang di Asia Tenggara, sekaligus jalan baru, atau akses baru menuju Curug Sawer.

4. Curug Sawer

curug sawer
curug sawer. google maps. sumber: mohammed faisol

Curug Sawer Sukabumi masih berada satu kawasan dengan Situ Gunung Suspension Bridge, tepatnya berada di kaki Gunung Gede Pangrango. Dapat dipastikan udara yang dirasakan sangat sejuk sekali, dengan dihiasi rindangnya pepohonan di sekitar curug.

Curug atau Air Terjun Sawer ini memiliki ketinggian sekitar 35 meter, dengan aliran airnya yang cukup deras. Sehingga pengunjung dilarang untuk bermain air atau bahkan mandi tepat berada di bawah jatuhnya air.


Tinggalkan komentar