Situ Lengkong Panjalu. Danau Cantik Bersejarah, Berbalut Mitos Di Ciamis

|

Situ Lengkong Panjalu merupakan tempat wisata Ciamis yang sangat populer, bahkan terkenal juga ke daerah-daerah lainnya, seperti Kota Tasikmalaya, Kabupaten Tasikmalaya, dan Banjar.

Situ Lengkong Panjalu Ciamis menyajikan beragam tema wisata dalam satu kawasan yang sama. Dari mulai wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata religi.

situ lengkong panjalu
situ lengkong panjalu. google maps. sumber: 26 Abybill

Pada bulan Juni tahun 2021, wisata Situ Lengkong Panjalu Ciamis sempat ditutup sementara waktu, dikarenakan kebijakan PPKM di masa pandemi.

Dan saat ini, seiring pembatalan status level 3 di semua wilayah saat Natal, dan Tahun Baru, maka tempat wisata bisa buka. Tetapi dengan catatan ada sebuah pembatasan, dan pengetatan.

Simak juga: Puncak Jamiaki

Lokasi Dan Alamat Situ Lengkong Panjalu

Lokasi Situ Lengkong Panjalu berada di alamat Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat.

Rute Menuju Situ Lengkong Panjalu

lokasi situ lengkong panjalu
lokasi situ lengkong panjalu. google maps. sumber: Slamet Sugiyono

Jalan menuju Situ Lengkong Panjalu Ciamis bisa diakses oleh kendaraan roda dua, maupun roda empat, bahkan kendaraan besar seperti bus bisa masuk, dan mempunyai area parkir tersendiri.

Jika pemberangkatan awal anda dari pusat Kota Tasikmalaya, maka jarak tempuhnya sekitar 31 kilometer, dengan waktu tempuh 1 jam perjalanan, dengan menggunakan mobil, dan saat kondisi jalan lancar.

Adapun jarak dari alun-alun Kabupaten Ciamis ke Situ Lengkong Panjalu berjarak sekitar 36 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 1 Jam 15 menitan, dengan menggunakan mobil, dan saat jalanan lancar.

Simak juga: Kampung Adat Kuta

Harga Tiket Masuk Situ Lengkong Panjalu

  • Tiket Masuk Situ Lengkong Panjalu Rp. 10.000 per orang.
  • Tiket perahu Situ Lengkong Panjalu Rp. 12.000 per orang.

Jam Buka Situ Lengkong Panjalu

  • Situ Lengkong Panjalu buka selama 24 jam.
  • Situ Lengkong Panjalu beroperasional setiap hari.

Fasilitas Di Situ Lengkong Panjalu

fasilitas situ lengkong panjalu
fasilitas situ lengkong panjalu. google maps. sumber: Dennis Iskandar

Fasilitas wisata di Situ Lengkong Panjalu Ciamis adalah sebagai berikut:

  • Area parkir,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Warung oleh-oleh,
  • Perahu,
  • Kawasan cagar alam,
  • Makam keramat.

Simak juga: Puncak Puspa

Sejarah Situ Lengkong Panjalu

sejarah situ lengkong panjalu
sejarah situ lengkong panjalu. google maps. sumber: asep saepudin

Kawasan Situ Lengkong Panjalu sebetulnya sudah mendapatkan perhatian serius dari jaman Belanda. Bahkan pada tanggal 21 Februari 2019, Situ Lengkong Panjalu ditetapkan sebagai kawasan cagar alam, berdasarkan SK Jenderal Gubernur Hindia Belanda.

Selain itu, berdasarkan temuan barang-barang bersejarah, termasuk makam. Maka, diduga kuat bahwa Situ Lengkong Panjalu pernah menjadi pusat Kerajaan Panjalu.

Maka jangan heran, jika di Situ Lengkong Panjalu terdapat sebuah museum yang menyimpan petunjuk sejarah di masa lampau.

Simak juga: Sedekan River Tubing

Mitos Situ Lengkong Panjalu

mitos situ lengkong panjalu
mitos situ lengkong panjalu. google maps. sumber: Cakra Buana29

Situ Lengkong Panjalu juga memiliki cerita mitos yang dipercaya hingga saat ini. Yang pertama, terkait sebuah naga besar sebagai sosok penjaga Danau Lengkong Panjalu.

Selain itu, ada juga cerita tentang sepasang harimau jadi-jadian yang dianggap sebagai cucu dari Prabu Siliwangi. Maung Panjalu dipercaya sebagai penjaga kelestarian alam Situ Lengkong Panjalu.

Simak juga: Wisata Alam Ciung Wanara

Larangan Di Situ Lengkong Panjalu

Terdapat beberapa larangan yang harus dipatuhi oleh pengunjung saat berada di Situ Lengkong Panjalu Ciamis. Terutama dalam bertutur kata. Seperti:

  • Dilarang mengucapkan kata Kalong,
  • Dilarang mengucapkan kata Batok.

Daya Tarik Situ Lengkong Panjalu

1. Danau Cantik Yang Melegenda

pesona situ lengkong panjalu
pesona situ lengkong panjalu. google maps. sumber: Rahman De

Secara keseluruhan, kawasan Situ Lengkong Panjalu memiliki luas sekitar 70 hektar. Adapun kedalaman danaunya berkisar dari 4 – 6 meter.

Situ Lengkong Panjalu cocok sebagai destinasi wisata keluarga saat akhir pekan. Karena di lokasi tersebut terdapat sebuah perahu, sebagai sebuah moda transportasi untuk menjelajah area danau cantik tersebut.

Karena statusnya sebagai cagar alam, maka view alam yang disjikan masih terjaga kelestariannya. Udaranya juga sejuk, dan banyak sudut yang bisa dijadikan sebagai latar foto yang keren.

Simak juga: Kampung Teratai

2. Wisata Religi

wisata religi situ lengkong panjalu
wisata religi situ lengkong panjalu. google maps. sumber: dedi Suwandi

Di tengah-tengah Situ Lengkong Panjalu terdapat 3 buah pulau kecil, yang populer juga disebut dengan Nusa. Nah, pulau kecil tersebut menyimpan petunjuk-petunjuk yang sangat bersejarah, yang ditegaskan dalam sebuah museum yang bernama Museum Bumi Alit.

Selain itu, Situ Lengkong Panjalu sangat terkenal sebagai tujuan wisata religi. Karena di pulau kecil tersebut terdapat makam yang sangat dikeramatkan, yaitu makam Prabu Hariang Kancana, sebagai tokoh Raja Panjalu.

Pengunjung yang datang untuk berziarah bukan hanya dari Ciamis saja, bahkan dari luar Ciamis. Saking populernya, yang datang untuk berziarah bisa sampai beberapa rombongan bus.

Besarnya potensi yang ada di kawasan Situ Lengkong Panjalu Ciamis, dari mulai dimensi sejarah, budaya, hingga religi. Maka pada tanggal 17 Maret 2004, kawasan tersebut ditetapkan sebagai Desa Wisata oleh Pemprov Jawa Barat.

Simak juga: Darmacaang Hill