Di SKI Bogor, dari Belanja Sampai Main Air di Dalam 1 Tempat

SKI Bogor dikenal sebagai Spot one stop shopping. One Stop ini bukan hanya dalam pengertian berbelanja berbagai hal barang dalam 1 tempat. Lebih dari itu, SKI  tapi juga lokasi berbagai aktifitas di 1 tempat. Mulai dari main air, olah raga, belanja, makan, hingga melihat kebun binatang.

SKI Bogor dikenal sebagai Spot one stop shopping. Mulai dari main air, olah raga, belanja, makan, hingga melihat kebun binatang
SKI Bogor. Image via: bogor.net

SKI ini singkatan dari Sumber Karya Indah. Disini pengunjung bisa mendapati toko tas dan sepatu yang cukup besar dan lengkap. Harganya bervariasi dari yang murah sampai yang cukup mahal. Saat hari libur maka tempat ini ramai diserbu pengunjung, terutama kaum wanita.

Sambil menunggu istri berbelanja, para suami dapat bersantai dan menikmati aneka jajanan yang tersedia disana. Mulai dari batagor, tahu gejrot, laksa, cendol, dsb. Namun memang harga jajanan di tempat ini cukup mahal dibandingkan di tempat lain.

Pengunjung SKI akan disuguhkan dengan pemandangan danau yang besar dan kolam ikan yang cukup luas. Selain itu pengunjung juga dapat melihat secara langsung Ikan legendaris yang berasal dari sungai Amazon, Arapaima Gigas. Ikan ini menjadi primadona para pengunjung ketika berlibur kesini.

Selain itu pengunjung juga dapat melihat berbagai ikan kecil lainnya dan juga bebrapa hewan yang terdapat di lokasi wisata ini.

SKI ini singkatan dari Sumber Karya Indah. Disini pengunjung bisa mendapati toko tas dan sepatu yang cukup besar dan lengkap.

Tajur Tas. Image via: swiss-belhotel.comSimak juga: 25 tempat wisata di Bogor

Lokasi SKI Bogor

SKI Bogor berlokasi di Jalan Katulampa Raya No.6, Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat.

Lokasi wisata ini sangat dekat dengan Tol Jagorawi. Wisata ini juga berdekatan dengan beberapa lokasi wisata Bogor lainnya, seperti Batu tulis dan Purwakalih.

Rute SKI Bogor

Bagi pengunjung yang ingin mengunjungi SKI Bogor dengan berangkat dari Jakarta, dapat menggunakan tol jagorawi kemudian exit di pintu Bogor. Dari situ kemudian tinggal berbelok ke kiri menuju arah sukasari.

Terus susuri jalan hingga menemukan penunjuk arah menuju Bendungan Katulampa untuk berbelok ke kiri ke arah bantar kemang. Sebelum jembatan, pengunjung akan menemukan bekas bangunan Bale Binarum & tinggal mengikuti jalan hingga menemukan plang Tas Tajur & Restaurant.

Ikuti terus jalan Pandu raya hingga mentok dan berbelok ke kanan, kemudian pada pertigaan katulampa belok lagi ke kanan. Dari situ tujuan sudah berjarak kurang lebih 2km.

Untuk bisa menikmati wisata di SKI Bogor, pengunjung bisa datang pada jam operasional yang sudah ditentukan. Jam operasional SKI Bogor, buka mulai dari jam 8 pagi, dan akan tutup pada jam 5 sore.
Aneka Kolam. Image via: travelingyuk.com

Sementara bagi pengunjung yang menggunakan transportasi umum, missal menggunakan kereta. Dapat turun di Stasiun Bogor & lanjut menggunakan angkot 03 menuju terminal baranangsiang. Dari terminal dapat melanjutkan perjalanan dengan angkot 01 yang menuju ciawi dan turun di Bale Binarum.

Dari situ anda dapat melanjutkan menggunakan angkot no 10 atau 13 yang melintasi bantarkemang menuju SKI. Atau yang lebih mudah menggunakan angkot jurusan sukasari dengan no kosong dua, lalu melanjutkan ke SKI dengan angkot 10.

Jam Buka SKI Bogor

Untuk bisa menikmati wisata di SKI Bogor, pengunjung bisa datang pada jam operasional yang sudah ditentukan. Jam operasional SKI Bogor, buka mulai dari jam 8 pagi, dan akan tutup pada jam 5 sore.

PAda kolam ikan yang berisi air mancur, pengunjung SKI Bogor bisa memberi makan ikan

Kolam Ikan. Image via: dolanyok.comSimak juga: Wisata dalam kota di Wonderland Bogor

Tiket SKI Bogor

Pengunjung hanya dipungut biaya parkir. Parkir untuk motor sebesar Rp 3.000, Mobil Rp 5.000, dan Bus Rp 10.000. Jadi pengunjung untuk memasuki tempat wisata ini gratis. 

Selain itu wahana yang tersedia di sini juga hanya bisa dimainkan setelah membeli tiket wahana. Harga tiketnya tidak terlalu mahal yaitu hanya seharga Rp. 10.000 hingga Rp. 50.000 saja.

Fasilitas SKI Bogor

Di SKI Bogor juga sudah tersedia berbagai fasilitas umum. Fasilitas-fasilitas ini antara lain area parkir, toilet, dan mushola.

Selain itu ada juga fasilitas tempat makan berupa resto dan warung sederhana. Lalu, ada juga tempat istirahat, kamar ganti, dan kamar mandi.

Daya Tarik Wahana SKI Bogor

  1. Water Park

SKI Bogor memiliki fasilitas waterpark besar yang memiliki perosotan-perosotan waterboom tinggi di sekitarnya
Slide di Waterpark. Image via: @chipblazter

SKI Bogor memiliki fasilitas waterpark besar yang memiliki perosotan-perosotan waterboom tinggi di sekitarnya. Kolam renang yang ada di SKI ini berjumlah 4 buah dan juga memiliki banyak fittur yang tidak kalah dengan waterboom lainnya.

Water Park di SKI Bogor ini dilengkapi dengan fasilitas Ember tumpah raksasa dan beberapa Menara seluncur. Bhakan juga memiliki Kolam arus yang dapat ditelusuri dengan menaiki ban pelampung berkapasitas 2 orang.

Untuk fasilitas kolam renang, SKI memfasilitasi anak anak, dengan menyediakan kolam renang anak yang tidak terlalu dalam. Dengan demikian, orang tua yang mengajak buah hatinya, tidak perlu khawatir membiarkan anaknya bebas bermain air.

Untuk dapat menggunakan fasilitas waterboom ini, pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya tambahan sebesar 40 ribuan untuk hari kerja, dan 50 ribu untuk akhir pekan dan hari libur. Untuk biaya penyewaan ban Nilainya Rp 15.000 untuk yang single dan Rp 20.000 untuk double.

  1. Belanja

Berburu Tas di Tajur Tas SKI Bogor.
Berburu Tas. Image via: shopee.co.id

Simak juga: 4 Zona Seru di Cikao Park Purwakarta

Ada sebuah fasilitas unik di SKI Bogor, yang membuatnya diteguhkan sebagia One Stop, yaitu tempat belanja Pakaian. Toko yang ada di sini didesain seperti di swalayan, bersih dan rapi. Berbelanja di sini tidak akan terasa telah menghabiskan waktu. Berbagai jenis sepatu berjajar siap untuk dipilih.

Mulai dari sepatu laki – laki hingga sepatu wanita. Sepatu untuk anak – anak maupun orang dewasa. Dengan berbagai model, dari yang formal, boot, hingga sepatu casual.

Selain sepatu, yang membuat Sumber Karya Indah terkenal adalah sentra tas wanita. Berbagai macam tas tersedia di sini, umumnya adalah tas wanita. Dari yang terbuat dari kulit hingga bahan sintetis. Sama dengan toko sepatu, toko tas juga tampak rapi dan bersih.

  1. Kebun Binatang Mini

Beberapa kolam menampung ikan unik, yakni ikan purba dari sungai Amazon yang bernama Arapaima Gigas
Arapaima si Monster. Image via: tirto.id

SKI Bogor juga memperhatikan faktor edukasi di dalam wisata yang mereka tawarkan. Untuk itu, pengelola SKI juga menghadirkan Mini Zoo di dalam kawasan wisata mereka. Koleksi Binatangnya pun cukup bervariatif mulai dari spesies primata hingga burung.

Di sini juga terdapat kolam ikan, untuk menampung beberapa jenis ikan. Beberapa kolam juga menampung ikan unik, seperti ikan arpaima gigas yang terkenal dari sungai Amazon.

Pengunjung dapat dengan bebas memberi makan ikan dengan pakan yang telah disediakan, namun untuk kolam arapaima pengunjung tidak diperkenankan karena ikan ini termasuk ikan yang ganas.

  1. Outbound dan Restoran

Water Ball di SKI Bogor bsia menjadi permainan yang menyenangkan
Water Ball. Image via: travel.tribunnews.com

Simak juga: Berendam Air Hangat di Marcopolo Bogor

Para pengunjung Sumber Karya Indah Bogor juga dapat menikmati area outbound yang tersedia. Setidaknya ada 18 permainan yang ditawarkan di area ini. Pengunjung dapat memilih permainan yang paling disukai, berikut daftarnya:

  • Kereta Mini : Rp. 10.000/orang (untuk 3x putaran)
  • Fishing Children : Rp. 10.000/orang (untuk 15 menit)
  • Kincir Angin : Rp. 10.000/orang (Max berat 20 Kg)
  • Perahu Paddler : Rp. 10.000/orang (Max berat 70 Kg)
  • Becak mini : Rp. 10.000/orang (Max 10 menit)
  • Flying Fox : Rp. 20.000/orang (bila meluncur dari pohon bisa 2x, sementara bagi yang meluncur dari tower hanya 1x saja)
  • UFO Coaster : Rp. 20.000/orang (durasi 5 menit)
  • Bungee Trampoline : Rp. 20.000/orang (Max berat 30 Kg)
  • Rumah Kelinci : Rp. 20.000/orang
  • Hiber-Land : Rp. 20.000/orang (Max berat 20 Kg)
  • Angry Bird : Rp. 20.000/orang (Max berat 20 Kg)
  • Funny Scooter : Rp. 20.000/orang (untuk berkeliling Taman Palm)
  • Robot : Rp. 20.000/orang (Max berat 30 Kg)
  • Sepeda Wisata : Rp. 20.000/orang (durasi 10 menit)
  • Istana Balon : Rp. 20.000/orang (sepuasnya)
  • Kuda Tunggang : Rp. 30.000/orang (untuk berkeliling Taman Palm)
  • Bola air : Rp. 30.000/orang (Max 2 orang)
  • Mini Buggy : Rp. 35.000/orang (Max 2 orang, untuk 2x putaran)

Setelah lelah bersenang-senang menikmati berbagai wahana di Sumber Karya Indah Bogor, pengunjung dapat menyantap hidangan yang enak di restaurant dengan pemandanga tamannya. Menu yang dihidangkan yakni masakan khas sunda seperti, nasi timbel, soto bogor, sayur asem dan lainnya.

Tak hanya itu disini juga terdapat stand jajanan yang cukup lengkap. Pengunjung dapat mencicipi beberapa kuliner khas bogor seperti, toge goreng, roti unyil, asinan bogor dan lainnya.

Adu balap di lintasan SKI Bogor

Adu balap. Image via: dolanyok.comSimak juga: Menemui Bima dan Arjuna di Pandawa Water World

Objek Wisata Dekat SKI Bogor

Bogor memang menarik bagi banyak pengembang kawasan wisata. Selain SKI, berjarak hanya 12 km, Bogor memiliki De Ranch. Keunikan De Ranch Bogor ini adalah keberadaan bunga-bunga nan cantik yang hadir di setip sudut.

Bunga ini mengesankan sebuah kawasan taman nan megah di atas ketinggian. Sehingga aroma yang dihasilkan di kawasan ini terasa sempurna. Kalau dipadukan dengan beberapa bangunan klasik yang sudah jadi, seperti beberapa di negeri dongeng dengan pangeran dan ratu.

Bagi yang tertarik dengan wisata budaya, dalam jarak hanya 2 km dari SKI, terdapat situs Prasasti Batu Tulis. Disini pengunjung juga dapat menjumpai benda-benda peninggalan kerajaan pajajaran. tulisan yang terukir di batu ini  menggunakan huruf sunda kuno.

Sekian dahulu cerita kami mengenai lokasi, rute, tiket, dan daya tarik dari SKI Bogor ini. Semoga dalam waktu dekat, anda-anda bisa meluangkan waktu untuk wisata Belanja, main air, sekaligus bercengkrama dengan burung di lokasi ini.

Selamat menikmati liburan.

Baca juga:

Leave a Comment