Di SKI Bogor, dari Belanja Sampai Main Air di Dalam 1 Tempat

Akan lebih mudah jika kita mengunjungi sebuah tempat yang sudah mencakup semuanya. Mulai dari tempat bermain untuk anak, melihat berbagai jenis binatang, berwisata kuliner bahkan hingga shoping dalam satu lokasi.

Hal tersebut bukanlah tidak mungkin, karena di Bogor tepatnya di daerah Katulampa terdapat sebuah tempat wisata yang akan memberikan kamu kemudahan seperti itu.

Liburan Seru Di Ski Bogor
Liburan Seru Di Ski Bogor. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: 25 tempat wisata di Bogor

Namanya ialah Sumber Karya Indah (SKI) Tajur, Bogor. Disini kamu dapat melakukan berbagai hal di 1 tempat, apalagi jika kamu mempunyai anak dengan berbagai macam keinginan yang berbeda-beda.

Fasilitas atau wahana yang ada di SKI Bogor ini sangat banyak, mulai dari area untuk berbelanja tas hingga sepatu. Mencoba jajanan yang ada, memberi makan ikan, hingga mencoba wahana permainan.

Jika berkunjung ke SKI Bogor ini dijamin semua anggota keluarga akan merasa puas dan senang. Selain itu disini terdapat sebuah ikan yang didatangkan langsung dari Sungai Amazon, yang bernama Arapaima Gigas.

 

Berikut ulasan lengkap mengenai SKI Bogor:

Lokasi SKI Bogor

Lokasi SKI Bogor terletak di Jl. Katulampa Raya No.6, Desa Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat. Lokasinya mudah dijangkau karena berada tak jauh dari Tol Jagorawi, juga berdekatan dengan lokasi wisata Prasasti Batu Tulis serta Situs Purwakalih.

Rute SKI Bogor

Rute menuju SKI Bogor jika kamu berangkat dari Jakarta dengan memasuki Tol Jagorawi dan keluar di pintu tol yang menuju Bogor. Kemudian kamu tinggal belok kiri untuk menuju arah Sukasari.

Kamu tinggal mengikuti jalan hingga menuju Bendungan Katulampa, kemudian belok kiri ke arah Bantar Kemang. Ikuti petunjuk jalan yang sudah ada kemudian belok kanan di pertigaan Katulampa. SKI Bogor akan kamu temui sekitar 2 km lagi.

Untuk menuju SKI Bogor bisa dengan menggunakan transportasi umum, namun agak sedikit ribet. Karena kamu harus naik beberapa angkot untuk menuju lokasi.

Jam Buka SKI Bogor

Jam operasional SKI Bogor dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 18.00 sore. Waktu yang tepat untuk mengunjungi SKI Bogor ini ialah ketika pagi hari, jadi semua area dapat kamu jelajahi.

Arena Bermain Anak
Arena Bermain Anak. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

 

Simak juga: Wisata dalam kota di Wonderland Bogor

Tiket SKI Bogor

Tiket masuk SKI Bogor tidak ada alias gratis. Kamu hanya perlu membayar biaya parkir saja, dengan ketentuan:

  • Tiket parkir motor sebesar Rp. 3.000,- per unitnya
  • Tiket parkir mobil sebesar Rp. 5.000,- per unitnya
  • Tiket parkir bus sebesar Rp. 10.000,- per unitnya

Sedangkan untuk mencoba wahana yang ada di sekitar SKI Bogor, kamu hanya membayar tiket mulai dari Rp. 10.000,- hingga Rp. 50.000,-

Fasilitas SKI Bogor

Berbicara mengenai fasilitas yang tersedia di SKI Bogor sangatlah lengkap, hal tersebut ditandai dengan adanya:

  • Area parkir yang luas
  • Kamar mandi atau Toilet
  • Mushola
  • Warung-warung yang menjajakan makanan dan minuman
  • Area bermain anak
  • Waterpark
  • Tempat berbelanja
  • Gazebo atau saung sederhana

Daya Tarik Wahana SKI Bogor

1. Water Park

Anak-anak selalu senang jika diajak untuk bermain air, di SKI Bogor terdapat area waterpark yang cukup besar dengan dilengkapi 4 buah kolam serta beberapa wahana air yang seru.

Gerbang Menuju Waterpark Ski
Gerbang Menuju Waterpark Ski. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Kolamnya memiliki beragam kedalaman mulai dari yang dangkal hingga dalam. Wahana air yang ada seperti ember tumpah, kolam arus, serta beberapa seluncuran yang mengasyikkan.

Disini juga terdapat penyewaan ban yang dapat kamu gunakan untuk menyusuri kolam arus ataupun untuk kamu gunakan ketika mencoba berseluncur dari ketinggian.

Seluncuran Yang Ada Di Waterpark Ski Bogor
Seluncuran Yang Ada Di Waterpark Ski Bogor. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Memasuki area Waterpark ini kamu perlu membayar tiket:

  • Tiket masuk ketika weekday sebesar Rp. 40.000,- per orang
  • Sedangkan weekend sebesar Rp. 50.000,- per orang
  • Sewa ban Rp. 15.000 yang single Rp. 20.000,- untuk double

2. Belanja

Tempat Berbelanja Di Ski
Tempat Berbelanja Di SKI. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: 4 Zona Seru di Cikao Park Purwakarta

Tempat yang membuat senyum wanita semakin mengembang, ialah tempat untuk berbelanja. Di SKI Bogor terdapat sebuah tempat untuk kamu berbelanja tas, sepatu hingga pakaian.

Ketika memasuki area toko kamu akan melihat deretan sepatu yang berjajar rapih. Yang tersedia untuk siapa saja mulai dari anak-anak sampai dewasa. Dengan berbagai model hingga harga yang ditawarkan.

Selain sepatu, terdapat juga deretan tas wanita yang terbuat dari kulit hingga bahan sintetis yang berjajar dengan rapihnya. Kamu dapat memilih bentuk atau model yang kamu inginkan.

3. Kebun Binatang Mini

SKI Bogor menyediakan sebuah tempat untuk anak-anak mengenal berbagai jenis hewan mulai dari spesies primata hingga burung. Bahkan Disini juga terdapat sebuah area yang bernama Saung Kelinci Indonesia, dimana anak-anak dapat bermain bersama kelinci-kelinci yang lucu.

Yang selalu menjadi perhatian para pengunjung ialah, keinginan untuk melihat ikan Arapaima Gigas yang berasal dari Sungai Amazon. Ikan ini mempunyai bentuk yang sangat besar, dan cukup ganas.

Kamu bisa mengajak anak-anak untuk memberi makan ikan, dengan membeli pakan ikan terlebih dahulu dengan harga Rp. 2.000,- saja. Murah bukan? Apalagi kamu dapat melihat mereka begitu semangat saat memberi makan ikan.

4. Outbound dan Restoran

Serunya Bermain Balon Air
Serunya Bermain Balon Air. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: Berendam Air Hangat di Marcopolo Bogor

Masih banyak wahana permainan seru lainnya yang ada di Sumber Karya Indah (SKI) Bogor ini, setidaknya ada 18 permainan yang kamu eksplor berikut daftarnya:

  • Kereta Mini : Rp. 10.000/orang (untuk 3x putaran)
  • Fishing Children : Rp. 10.000/orang (untuk 15 menit)
  • Kincir Angin : Rp. 10.000/orang (Max berat 20 Kg)
  • Perahu Paddler : Rp. 10.000/orang (Max berat 70 Kg)
  • Becak mini : Rp. 10.000/orang (Max 10 menit)
  • Flying Fox : Rp. 20.000/orang (bila meluncur dari pohon bisa 2x, sementara bagi yang meluncur dari tower hanya 1x saja)
  • UFO Coaster : Rp. 20.000/orang (durasi 5 menit)
  • Bungee Trampoline : Rp. 20.000/orang (Max berat 30 Kg)
  • Rumah Kelinci : Rp. 20.000/orang
  • Hiber-Land : Rp. 20.000/orang (Max berat 20 Kg)
  • Angry Bird : Rp. 20.000/orang (Max berat 20 Kg)
  • Funny Scooter : Rp. 20.000/orang (untuk berkeliling Taman Palm)
  • Robot : Rp. 20.000/orang (Max berat 30 Kg)
  • Sepeda Wisata : Rp. 20.000/orang (durasi 10 menit)
  • Istana Balon : Rp. 20.000/orang (sepuasnya)
  • Kuda Tunggang : Rp. 30.000/orang (untuk berkeliling Taman Palm)
  • Bola air : Rp. 30.000/orang (Max 2 orang)
  • Mini Buggy : Rp. 35.000/orang (Max 2 orang, untuk 2x putaran)
Area Outbond
Area Outbond. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Setelah puas mengeksplor semua wahana yang ada, perutmu pasti menjadi keroncongan. Terdapat banyak tempat makan yang menawarkan menu makanan khas sunda yang lezat dan menggoda, seperti nasi timbel, soto bogor, sayur asem, serta menu makanan yang lainnya.

Selain makanan berat, disini juga terdapat stand-stand jajanan yang cukup lengkap. Seperti toge goreng, roti unyil, asinan bogor dan lainnya.

Area Makan Dan Berbelanja
Area Makan Dan Berbelanja. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

 

Simak juga: Menemui Bima dan Arjuna di Pandawa Water World

Objek Wisata Dekat SKI Bogor

Setelah mengunjungi SKI Bogor, sempatkan juga untuk mengunjungi dua tempat wisata berikut:

1. Prasasti Batu Tulis

Prasasti Batu Tulis terletak di Jl. Batutulis, Bogor Selatan, jaraknya sekitar 2 km dari SKI Bogor. Tempat wisata ini menghadirkan sebuah tugu prasasti yang bertuliskan huruf sunda kuno serta beberapa peninggalan dari Kerajaan Sunda pada masa lampau.

2. Situs Purwakalih

Situs Purwakalih berada di Desa Batutulis, Bogor Selatan. Dulunya dikenal dengan nama Purwagalih, tempat ini dianggap sebagai pintu masuk menuju Keraton Kerajaan Pajajaran. Di lokasi ini banyak ditemukan arca-arca yang terbuat dari batu.

Demikianlah ulasan lengkap mengenai tempat wisata Sumber Karya Indah (SKI) Bogor, serta beberapa lokasi wisata yang lainnya. Semoga ulasan tersebut dapat menambah bahan referensi liburan kamu.

Selamat berlibur ya!


Tinggalkan komentar