Srambang Park Ngawi, Keindahan Air Terjun Yang Melegenda

Srambang Park merupakan sebuah lokasi wisata yang menghadirkan panorama alam yang menyejukkan juga menenangkan jiwa dan raga.

Banyak sekali deretan pohon pinus yang menjulang tinggi di sekitar lokasi, dihiasi dengan bunga-bunga cantik yang ikut meramaikan Srambang Park Ngawi ini.

Lokasi wisata yang indah ini berada di Kabupaten Ngawi, tepatnya di Desa Girimulyo. Kabupaten Ngawi berada di bagian barat Provinsi Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah.

Yang menjadi tujuan utama pengunjung ketika berada di Srambang Park ini ialah menuju Air Terjun Srambang Ngawi yang berada sekitar 500 meter dari area taman.

Meskipun lokasi wisata ini sempat ditutup dalam rangka mencegah penyebaran Covid-19, namun saat ini sudah dibuka kembali. Namun pengunjung harus senantiasa memperhatikan 3M (Memakai masker, Mencuci tangan, serta Menjaga jarak).

Trademark Srambang Park Ngawi
Trademark Srambang Park Ngawi. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: 11 lokasi indah di Ngawi

Simak ragam wisata apa saja yang dapat kamu lakukan ketika berada di Srambang Ngawi Park. Lihat ulasannya berikut ini, ya!

Lokasi Srambang Ngawi

Lokasi Srambang Park ini berada di kaki Gunung Lawu, tepatnya berada di kawasan Hutan Jogorogo di Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Rute Menuju Srambang Ngawi

Rute menuju Srambang Ngawi bisa melalui Karanganyar menuju Mojogedang kemudian tiba di Batujamus, lalu tiba di Kerjo. Kemudian lanjtkan perjalanan hingga menuju Sine hingga tiba di Kecamatan Jogorogo. Rute yang dilalui akan dipenuhi jalan yang naik turun namun mulus untuk dilewati.

Jam Buka Srambang Ngawi

Jam operasional Srambang Ngawi Park dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 18.00. Waktu terbaik untuk mengunjungi Srambang Park Ngawi ini ialah ketika pagi hari, dimana udara masih sangat sejuk sehingga kamu dapat lebih lama berada di kawasan wisata ini.

Tiket Srambang Ngawi

Tiket memasuki Srambang Park Ngawi hanya dikenakan biaya sebesar Rp. 20.000 per orang. Dengan harga segitu kamu sudah dapat menikmati fasilitas yang ada di sana.

Fasilitas Srambang Ngawi

Fasilitas umum yang ada di Srambang Park Ngawi diantaranya:

  • Area parkir yang dapat menampung mobil serta motor
  • Gazebo dan tempat untuk duduk-duduk
  • Mushola
  • Kamar mandi dan Toilet
  • Rumah makan

Daya Tarik Srambang Ngawi

Selama ditutup beberapa waktu lalu, banyak pengunjung yang menantikan kapan destinasi wisata ini akan dibuka kembali. Ya, Srambang Park memang selalu dirindukan setiap orang karena memiliki daya tarik seperti:

1. Panorama Alam Yang Indah

Ketika mulai memasuki area Srambang Park kamu akan disuguhi dengan barisan pepohonan hijau yang berhiaskan balon berwarna merah putih yang menemani kamu berjalan.

Deretan pohon pinus menambah sejuknya suasana dan udara yang kamu hirup, jika mengunjungi di pagi hari tentu akan lebih menyegarkan.

Kemudian balon pun berganti dengan payung cantik yang menggantung, semakin jauh melangkah kamu akan merasa kagum dengan keindahan alamnya.

Banyak sekali tanaman yang menghiasi kawasan Srambang Park, sungguh indah dan enak dipandang. Di area ini banyak terdapat jembatan sederhana dengan desain dan diberi nama yang berbeda-beda.

Salah Satu Jembatan Yang Ada Di Srambang Park
Salah Satu Jembatan Yang Ada Di Srambang Park. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Tahukah kamu bahwa Srambang Park pernah meraih penghargaan di ajang East Java Culture adn Tourism Award pada tahun 2019 lalu di Hotel Harris Surabaya. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Timur yakni Khofifah Indar Parawansa.

Hal tersebut sangatlah wajar karena lokasi wisata ini memang sangat menjaga kebersihan di setiap sudutnya terdapat beberapa tempat sampah, serta penataan dan pemeliharaan tanamannya pun sangat diperhatikan.

Namun, hal tersebut tak lepas dari peran serta pengunjung yang ikut menjaga serta memelihara Srambang Park Ngawi ini.

Simak juga: Danau Lau KAwar di Kaki SInabung

2. Berenang Dengan Air Pegunungan

Berenang Di Srambang Park
Berenang Di Srambang Park. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Di tengah perjalanan kamu akan menemukan sebuah kolam renang yang dibuat berundak-undak dan dicat warna warni. Sehingga menarik untuk dilihat dan rasa penasaran pun akan muncul, dimana kamu ingin mencoba air pegunungan.

Air kolam tersebut berasal dari mata air Gunung Lawu, memang kamu akan merasa dingin karenanya namun sangat menyegarkan.

Area kolam renang tersebut diberi suguhan sebuah perosotan yang berkelok-kelok, pasti akan menyenangkan sekali. Selain itu terdapat beberapa patung bidadari yang berada di tengah kolam dan di sekitar kolamnya.

3. Air Terjun Srambang

Bermain Sejuknya Air Terjun Srambang
Bermain Sejuknya Air Terjun Srambang. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Simak juga: wisata keluarga Bhakti Alam

Air Terjun Srambang memiliki ketinggian sekitar 40 meter, air yang dialirkan sangat jernih juga bersih. Di sekitarnya dilindungi oleh tebing batu yang berhiaskan pepohonan hijau.

Kolam alami Air Terjun Srambang tak terlalu besar, airnya terus mengalir menuju sungai yang dihiasi bebatuan dengan berbagai macam ukuran.

Seru sekali untuk mandi di sekitar Air Terjun Srambang atau mungkin hanya sekedar duduk-duduk saja di bebatuan sambil merasakan sejuknya air menyentuh kakimu.

Hempasan angin yang disebabkan jatuhnya air membuat udara di sekitar terasa lebih sejuk. Suaranya menjadi pusat perhatian telinga. Rasa lelah setelah berjalan sejauh 500 meter dari area taman terbayarkan sudah dengan keindahan Air Terjun Srambang ini.

4. Spot Foto

Banyak Spot Foto Yang Ajib
Banyak Spot Foto Yang Ajib. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Area Srambang Park berhias diri dengan melengkapi beberapa spot foto yang ajib banget, diantara spot foto yang ada di tempat wisata ini ialah:

  • Sebuah bentuk yang unik
  • Gardu pandang di atas pohon
  • Kincir air dari bambu
  • Bunga-bunga cantik yang disusun berbentuk lambang cinta
  • Jembatan-jembatan yang cantik
  • Payung-payung serta balon yang berwarna warni
  • Kincir raksasa
  • Rumah pohon
  • Trademark Srambang Park
  • Keindahan Air Terjun Srambang

Dan masih banyak lagi spot-spot foto yang ada di Srambang Park yang sayang untuk kamu lewatkan, kamu akan melihat bagusnya hasil jepretan yang diambil. Dan dengan rasa bangga mempostingnya di berbagai media sosial yang kamu miliki.

Banyak Tempat Mengabadikan Keindahannya
Banyak Tempat Mengabadikan Keindahannya. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Legenda Srambang Ngawi

Simak juga: Spot Surfing Terbaik Aceh, pantai Lhoknga

Pernahkah kamu mendengar kisah tentang Jaka Tarub dan Nawang Wulan? Kisah atau Legenda tersebut begitu sangat melegenda dan hampir semua orang mengetahuinya.

Kisah tersebut berawal dari seorang lelaki yang bernama Jaka Tarub yang mengambil salah satu selendang bidadari yang sedang mandi. Bidadari tersebut bernama Nawang Wulan.

Singkat cerita akhirnya mereka pun menikah dan memiliki seorang putri yang bernama Nawangsih. Kehidupan Jaka Tarub dan Nawang Wulan tak pernah kekurangan beras, karena dengan kesaktiannya Nawang Wulan bisa menanak nasi hanya dengan satu butir beras saja.

Namun Nawang Wulan melarang Jaka Tarub untuk membuka penanak nasi saat beras sedang dimasak. Suatu hari rasa penasaran menghinggapi Jaka Tarub hingga akhirnya dia membuka penanak nasi, yang mengakibatkan sebutir beras tersebut tak dapat berubah menjadi nasi.

Hingga akhirnya Nawang Wulan harus menanak nasi dengan takaran normal, hal tersebut membuat persediaan beras di rumah habis dan akhirnya dia menemukan selendangnya yang hilang yang disembunyikan di dasar penyimpanan beras.

Sampai akhirnya para bidadari menemukan Nawang Wulan dan mengajaknya kembali ke khayangan. Perpisahan Jaka Tarub dan Nawang Wulan berlangsung di Air Terjun Srambangan.

Sebelum berpisah Jaka Tarub meminta Nawang Wulan untuk selalu menengok dia dan anak mereka, dalam bahasa Jawa menengok disebut Nyambangi. Itulah yang melatarbelakangi penamaan Air Terjun Srambang.

Alamnya Sangat Sejuk Dan Asri
Alamnya Sangat Sejuk Dan Asri. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Tips Wisata

  • Karena suhu udara sangat sejuk lebih baik bawa baju hangat.
  • Jaga kebersihan dan keasrian lokasi Srambang Park maupun di air terjunnya.
  • Jika hendak bermain air jangan lupa untuk membawa baju ganti atau perlengkapan lainnya.
  • Hindari perbuatan yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
  • Siapkan gadget kamu untuk mengabadikan keindahan Srambang Park.

Simak juga: Lembah HArau berpagar tebing 500 meter

Penutup

Srambang Park dulunya bernama Air Terjun Srambang, namun saat ini telah berhias diri sehingga menjadi sebuah tempat wisata yang sangat cantik.

Kunjungiah Srambang Park weekend ini, rasakanlah keindahan serta ketenangan ketika berada di sini. Dijamin akan mengembalikan semangat yang mulai memudar.


Leave a Comment