Sumber Air Panas Ciracas, Mata Air Panas Alami Di Tengah Sawah

Sumber Air Panas Ciracas, berada di Kecamatan Kiarapedes, Purwakarta. Lokasinya yang berada diantara hamparan sawah merupakan salah satu daya tariknya. Banyak pengunjung yang datang untuk relaksasi dengan berendam air panas yang tentunya sangat menyegarkan.

Meski menyimpan potensi wisata yang mumpuni, ternyata Sumber Air Panas Ciracas belum dikelola secara maksimal oleh pemerintah daerah setempat maupun pemerintah pusat.

Padahal sayang sekali melihat potensi yang ada, keberadaan Sumber Air Panas Ciracas dapat menjadi tujuan wisata air di Purwakarta apalagi lokasinya yang berada tak jauh dari pusat kota.

lokasi sumber air panas ciracas
lokasi sumber air panas ciracas. google maps. sumber: Epul Sell

Simak juga: lokasi wisata di sekitar Purwakarta.

Berdasarkan beberapa sumber yang ada, keberadaan Mata Air Ciracas ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda dulu. Bahkan digadang-gadang disebut sebagai sumber air panas purba.

Selain itu, terdapat 12 titik sumber mata air panas dan baru dua yang dimanfaatkan yakni yang berada di lahan miliki Kantor Desa Ciracas dan dekat Mushola Kampung Ciracas.

Berikut ulasan mengenai Sumber Air Panas Ciracas, Purwakarta:

Lokasi dan Alamat Sumber Air Panas Ciracas

Lokasi Sumber Air Panas Ciracas berada di kaki bukit. Tepatnya terletak di Desa Ciracas, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

kolam berenang
kolam berenang. google maps. sumber: Robi Hidayat

Rute Menuju Sumber Air Panas Ciracas

Rute menuju Sumber Air Panas Ciracas jika dari arah pusat kota Purwakarta dengan menuju Situ Wanayasa. Ketika menemukan pertigaan jalan beloklah ke arah kiri menuju Subang.

Teruskan perjalanan hingga menemukan pertigaan gapura pembatas antara Purwakarta dan Subang, ambillah jalur ke arah kanan.

Jalur yang dilalui tak begitu ramai namun sudah beraspal dan mulus, kamu akan menemukan pemandangan sawah, pepohonan yang cukup rindang serta beberapa rumah warga.

Tidak ada papan petunjuk yang menunjukkan lokasi Sumber Air Panas Ciracas ini, lokasinya seperti sebuah WC umum tanpa pintu.

Jam Buka Sumber Air Panas Ciracas

Jam operasional Sumber Air Panas Ciracas ini terbuka selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu.

Tiket Masuk Sumber Air Panas Ciracas

Karena belum dikelola secara maksimal, maka untuk tiket masuk pun masih bersifat sukarela. Kamu tinggal memasukkan uang seikhlasnya ke dalam kotak yang tersedia.

kolam rendam
kolam rendam. google maps. sumber: boip rhapody Rhapsody

Fasilitas Sumber Air Panas Ciracas

Setali tiga uang dengan tiket masuk, fasilitas yang ada di area yang memiliki potensi wisata alam cukup besar ini. Belum tersedia fasilitas umum di Sumber Air Panas Ciracas ini.

Semoga pihak terkait segera melihat potensi yang ada dan mengembangkannya layaknya objek wisata yang menarik dan membuat nyaman wisatawan.

Ragam Keseruan Di Pemandian Sumber Air Panas Ciracas

1. Berendam dan Berenang

Meskipun tempatnya terkesan sangat sederhana, namun kegiatan berenang di Sumber Air Panas Ciracas ini tetaplah menyenangkan.

relaksasi dengan berendam
relaksasi dengan berendam. google maps. sumber: sadayuki matsuoka

Simak juga: pesona waduk Cirata.

Telah tersedia beberapa seluncuran yang akan membuat keseruan berenang semakin meriah, kolamnya pun tak begitu dalam. Anak-anak dapat dengan bebasnya berenang di kolam tersebut, apalagi dengan meluncur dari seluncuran yang ada.

Biasanya penduduk sekitar Sumber Air Panas Ciracas ini selalu berdatangan di pagi maupun sore hari untuk seru-seruan bersama.

Apalagi dipercaya bahwa air panasnya dapat menyembuhkan beragam penyakit kulit, seperti gatal-gatal, jerawat, rematik, dan penyakit kulit lainnya.

Karena airnya mengandung sulfur yang mampu mengatasi beragam masalah penyakit kulit tersebut. Sehingga banyak pengunjung yang berendam di kolam yang telah tersedia.

Tersedia dua kolam pemandian yang terpisah antara laki-laki dan perempuan, berbentuk persegi dengan ukuran sekitar 5 x 10 meter saja.

2. Menikmati Panorama Alam Yang Indah

berjalan jalan di area sawah
berjalan jalan di area sawah. google maps. sumber: Myshop martin

bisa di cek: Main air di sungai Sumber Maron

Lokasi Sumber Air Panas Ciracas ini berada di antara hamparan sawah yang cukup luas, serta pepohonan yang masih rindang.

Alam pedesaan yang masih belum banyak berubah, kamu dapat berjalan-jalan menapaki pesawahan dan mengabadikan momen tersebut.

Tak jauh dari lokasi Sumber Air Panas Ciherang terdapat Sungai Ciherang yang memiliki air yang jernih sesuai namanya.


Tinggalkan komentar