Sungai Cicatih, Rafting Jeram Panjang Di Sukabumi

|

Sungai Cicatih merupakan tempat wisata rafting atau arung jeram, yang banyak diminati oleh mereka yang suka akan hal-hal yang menantang dan memacu adrenalin.

Di Sukabumi sendiri banyak tempat wisata yang menawarkan ragam wisata ekstrem, diantaranya:

rafting sungai cicatih
rafting sungai cicatih. google maps. sumber: Yulianto H Santoso

Pokoknya ketika berkunjung ke Sukabumi, kegiatan liburan kamu dijamin nggak akan ngebosenin. Apalagi setelah hampir 2 tahun lamanya kita terkungkung di dalam rumah, dan nggak bisa kemana-mana dengan leluasa.

Saat ini, sedikit demi sedikit kamu dapat berlibur ke tempat yang kamu inginkan. Namun tetap dengan mematuhi segala prokes yang telah ditetapkan.

Dan mengunjungi Sungai Cicatih atau banyak juga yang menyebutnya Rafting Citatih dapat menjadi pilihan saat berlibur nanti. Berikut gambaran lengkap tentang keseruan arung jeram di Sungai Cicatih Sukabumi.

Lokasi dan Alamat Sungai Cicatih

Lokasi Sungai Cicatih berada di alamat Jl. Raya Pelabuhan Ratu, Desa Sukaharja, Kecamatan Warung Kiara, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Rute Menuju Sungai Cicatih

Rute menuju Sungai Cicatih ialah dengan mengarahkan kendaraanmu menuju Warung Kiara lewat Cidadap, akses jalannya dapat dilalui oleh kendaraan roda dua atau roda empat.

Atau kamu juga dapat menggunakan GPS, yang akan mengarahkanmu menuju Sungai Cicatih Sukabumi. Dengan klik Rafting Cicatih, maka akan muncul arahan menuju Sungai Cicatih.

berlibur di sungai cicatih
berlibur di sungai cicatih. google maps. sumber: Amien udin

simak juga: tempat wisata di sukabumi

Jam Buka Sungai Cicatih

  • Jam operasional arung jeram di Sungai Cicatih buka setiap hari Senin hingga Sabtu, sedangkan untuk hari Minggu tutup.
  • Mulai beroperasi pada pukul 09.00 hingga 17.00 waktu setempat.

Harga Tiket Masuk Sungai Cicatih

Paket rafting Cicatih mulai dari Rp. 300.000,- tergantung pada pilihan paket yang tersedia pada masing-masing operator arung jeram yang ada di sekitar Sungai Cicatih.

Fasilitas Sungai Cicatih

Fasilitas yang didapat saat memilih paket rafting Sungai Cicatih diantaranya:

  • Perlengkapan rafting,
  • Guide atau pemandu berpengalaman,
  • Makan,
  • Snack,
  • Pijat refleksi,
  • Bahkan sertifikat.
didampingi pemandu berpengalaman
didampingi pemandu berpengalaman. google maps. sumber: Nanda Cell

simak juga: geyser cisolok

Daya Tarik Sungai Cicatih

1. Riam Jeram Yang Menantang

Jika Sungai Citarik pernah dijadikan lokasi World Rafting Championship pada tahun 2015 lalu, Sungai Cicatih justru memiliki jeram atau riam panjang dan saling menyambung seakan nggak ada habisnya.

Arus sungainya deras ditambah lagi dengan keadaan sungai yang cukup lebar dan begitu banyak batuan di sepanjang sungainya. Semakin memacu adrenalin deh pokoknya.

Derasnya air di Sungai Cicatih tak lekang oleh musim, sumber airnya berasal dari Gunung Salak dan juga Gunung Gede Pangrango.

Meski menantang keamanan kamu saat bermain arung jeram di Sungai Cicatih sangat terjamin. Karena akan diberikan jaket pelampung, helm serta dipandu oleh para pemandu profesional.

mencoba menaklukan sungai cicatih
mencoba menaklukan sungai cicatih. google maps. sumber: Rafting Citatih

simak juga: bukit karang numpang

Dimana sebelumnya kamu akan diberikan arahan dan juga pemanasan terlebih dahulu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Oh iya, terdapat beberapa rute atau jalur pilihan rafting. Yakni:

  • Rute 9 km,
  • Rute 12 km, dan
  • Rute 21 km.

Setiap rute atau jalurnya memiliki tantangan dan keseruan yang berbeda-beda. So, untuk kamu yang ingin mengajak keluarga atau anak-anak rafting dapat memilih rute atau jalur yang paling pendek.

Rafting di Sungai Cicatih dapat menjadi pengalaman yang sangat berharga, dan pastinya seru banget. Dimana kamu akan diajak menaklukan derasnya arus sungai, dengan ditemani indahnya pemandangan di sepanjang sungai.

Terombang-ambing mencoba menaklukan setiap jeram, bahkan badanmu akan basah karena cipratan air sungainya itu nggak seberapa dibanding dengan kejahilan pemandu ketika perahu karetnya coba digulingkan di aliran sungai yang tenang.

seru seruan bersama
seru seruan bersama. google maps. sumber: Agha – Zahwa

simak juga: kampung adat ciptagelar

Byurrr…..semuanya jatuh ke sungai dan perahu pun terbalik. Itu hanya sedikit keseruan yang dapat kami gambarkan, ketika rafting di Sungai Cicatih.

2. Permainan Seru Lainnya

Terdapat berbagai permainan seru lainnya ketika berkunjung di Sungai Cicatih, diantaranya:

  • Outbound,
  • Fun Games,
  • Paint Ball,

Untuk menikmati permainan-permainan di atas kamu harus mengeluarkan biaya tambahan, dengan kisaran harga mulai dari Rp. 100.000,- hingga Rp. 200.000,-

pilihan permainan lainnya
pilihan permainan lainnya. google maps. sumber: Arizal Zukhri

simak juga: wisata bukit baros

3. Penginapan di Sekitar Sungai Cicatih

Untuk kamu yang datang dari luar Sukabumi, ada paket menginap plus rafting juga loh… Pihak operator atau pengelola akan menjamin segalanya dengan baik.

Mulai dari penginapan, makan, serta keseruan dalam rafting atau arung jeram di Sungai Cicatih. Nikmati saja liburanmu dengan sempurna di Sukabumi, jangan lupa untuk mengabadikan setiap keseruannya ya…..

Penutup

Untuk kamu yang menyukai permainan atau olahraga yang menantang, wajib banget rafting di Sungai Cicatih Sukabumi. Siapkan dirimu dari sekarang!