Sungai Pute, Jalur Wisata Menuju Objek Wisata

Sungai Pute adalah Jalur masuk Menuju kawasan Wisata Rammang-Ramang. Selain kawasan Rammang-Rammang yang memang sudah terkenal akan keindahannya, melayari Sungai sendiri dapat dipandang sebagai sebuah pengalaman wisata tersendiri.

Sungai Pute adalah Jalur masuk Menuju kawasan Wisata Rammang-Ramang. Selain kawasan Rammang-Rammang yang memang sudah terkenal akan keindahannya, melayari Sungai PUte sendiri dapat dipandang sebagai sebuah pengalaman wisata tersendiri.
Sungai Pute. Image via: travelxism.com

Sepanjang perjalanan, pengunjung disuguhkan oleh pemandangan alam yang begitu cantik. Mulai dari hamparan tebing karst yang menjulang tinggi, burung-burung yang bertebangan hingga pepohonan hijau yang terlihat menyegarkan.

Sungainya cukup lebar, dan bisa berpapasan dengan perahu motor lainnya. Sebelah kanan dan kiri sungai dominan di tumbuhi oleh pohon nipah dengan daunnya yang menyerupai palem, tanaman khas tropis. Selain itu juga ada beberapa tanaman bakau dengan akar tunjangnya yang kokoh dan eksotis.

Menatap ke depan, bukit – bukit karst yang menjulang tinggi membingkai panorama. Sesekali terlihat bebek – bebek milik warga berenang di sungai yang tenang itu secara beriringan. Tak hanya itu, perjalanan juga melewati sebuah bukit karst yang sudah terbelah menyerupai lorong terbuka.

Pengunjung akan menikmati sekali perjalanan susur Sungai Pute yang berkelak – kelok dengan diiringi dengan suara perahu motor yang khas.

Pengunjung akan menikmati sekali perjalanan susur Sungai Pute yang berkelak - kelok dengan diiringi dengan suara perahu motor yang khas.
Arungi Sungai. Image via: foto.bisnis.com

Simak juga: Ragam wisata di Maros

Lokasi Sungai Pute

Sungai Pute adalah sebuah sungai yang ada di Kabupaten Maros. Sungai ini tepatnya berada di Desa Rammang-Rammang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Rute Menuju Sungai Pute

Sebagai jalur yang menyambung dua destinasi wisata besar, remang remmang sudah pasti tidak sulit untuk mencapainya. Jika ingin berkunjung dengan mobil pribadi, dari Kota Makassar bisa mengarahkan kendaraan lewat jalur menuju Maros.

Jalur paling mudah adalah dengan mengikuti rute angkutan umum Pangkep. Rute ini akan melewati Bandara Internasional Sultan Hassanudin, kemudian melintasi pertigaan Semen Bosowa. Dari pertigaan itu, arahkan kendaraan ke kiri untuk menuju dermaga Salenrang.

Sebagai jalur yang menyambung dua destinasi wisata besar, ramnang-rammang sudah pasti tidak sulit untuk mencapainya. Jika ingin berkunjung dengan mobil pribadi, dari Kota Makassar bisa mengarahkan kendaraan lewat jalur menuju Maros.

Jalur paling mudah adalah dengan mengikuti rute angkutan umum Pangkep. Rute ini akan melewati Bandara Internasional Sultan Hassanudin, kemudian melintasi pertigaan Semen Bosowa. Dari pertigaan itu, arahkan kendaraan ke kiri untuk menuju dermaga Salenrang
Dermaga pemberangkatan. Image via: lolakarlina

Jalur paling mudah adalah dengan mengikuti rute angkutan umum Pangkep. Rute ini akan melewati Bandara Internasional Sultan Hassanudin, kemudian melintasi pertigaan Semen Bosowa. Dari pertigaan itu, arahkan kendaraan ke kiri untuk menuju dermaga Salenrang.

Jam Buka Sungai Pute

Di dalam kawasan ada perkampungan yang didiami warga lokal. Meski penyewaan perahu untuk akses menuju dalam itu masih terbatas, tapi memang operasionalnya tetap berlangsung selama 24 jam

Tiket Sungai Pute

Sesampainya di dermaga, pengunjung bisa menyewa perahu untuk mengyusuri sungai Pute menuju Rammang-Rammang. Harganya pun tergantung keahlian tawar menawar. Harga yang dipatok oleh nelayan yaitu mulai dari 120 ribu sampai 150 ribu Rupiah untuk perjalanan pulang pergi.

Perjalnaan di sungai puite berakhir di kampung berua Rammang-rammang
Titik Tujuan. Image via: tripadvisor.co.uk

SImak juga: Jejak Purba di gua Telapak Tangan Kalimantan

Fasilitas Sungai Pute

Fasilitas penunjang wisata di sekitaran sungai PUte dan Rammang-RAmmang bisa dikatakan memadai. Papan petunjuk lokasi sudah cukup memadai. Toilet juga tersedia did ermaga dan di Padang Ammarung. Dalam kondisi kebelet, pengunjung bisa minta tolong numpang di Rumah warga, rataa-rata mereka ramah dan terbuka.

Daya Tarik Sungai Pute

  1. Petualangan

Jalan beriringan menyusuri sungai PUte.
Jalan beriringan. Image via: mytrip.co.id

Untuk mengunjungi Rammang Rammang pengunjung harus menggunakan jasa perahu. Katinting, demikian istilah warga lokal menyebut perahu kecil untuk mengarungi sungai ini. Katinting kecil menyusuri sungai pute yang dangkal dan berair kecoklatan ini.

Pengunjungpun dibuat terpesona oleh keindahan yang disuguhkan. Nipah dan bakau tumbuhan khas air payau menyambut deru perahu kami yang bergerak pelan. Nampak perahu sesekali harus meliuk melintas batuan kapur yang menonjol dari dasar sungai.

“Belok Kanan dan Kiri”, “Awas Batu”, adalah salah satu kalimat papan lalu lintas yang dapat ditemui di sepanjang aliran sungai pute, sungguh menarik.  “Masuk Goa” selanjutnya tulisan rambu lain. Rambu itu menandai kapur besar membentuk lubang tepat di aliran sungai pute ini. Perlahan lahan perahu pengunjung akan melintasi Goa Eksotik ini.

Semakin jauh melaju aliran sungai pute semakin mengecil dan berkelak kelok. Dan beberapa saat di sebelah kiri terdapat bukit kapur besar dan membentuk relief relief indah akibat pelarutan bebatuan dengan air yang terbentuk dari ratusan tahun silam.

  1. Panorama Gunung Karst

Batu wajah manusia di tepi sungai pute
Batu Wajah. Image via: kompasiana.com

Simak juga: Pantai Asmoro, Raja Ampat di Malang

Pemandangan sepanjang Sungai Pute berupa deretan gunung Karst yang menjulang tinggi dan mengitari sungai.

Taman hutan batu itu indah dan unik dilihat dari atas perahu. Sepanjang menyusuri sungai, kesan alami mengecamuk di setiap pandangan mata. Berjumpa dan melihat dari dekat batu-batu hitam dan abu-abu yang menyembul di permukaan sungai, suguhan luar biasa.

Pada titik tertentu di sepanjang sungai, Motoris memperlambat laju perahu. Memberi kesempatan pada pengunjung untuk menggunakan Kamera. Kamera pun beraksi, memagut objek batu unik. Dari atas perahu, pemandangan pegunungan kapur menjadi lukisan alam dengan birunya langit menjadi latar belakang.

Satu spot yang iconic adalah sebuah terowongan alam. Di sana laju perahu melambat. Lebarnya hanya untuk satu perahu. Jika ada perahu lain, yang satu mengalah. Bergantian. Tak lama setelah melewati terowongan batu, perahu akan tiba di Kampung Berua, ujung sungai. Kampung ini dikelilingi pegunungan karst.

Terowongan sungai Pute
Terowongan sungai Pute. Image via: infosulsel.com
  1. Melintasi Ekosistem Alami

Di kanan kiri Sungai Pute banyak tumbuh pohon Lontar. Deretan pepohon ini, membuat susur Sungai Pute menjadi lebih hijau alami.

Perjalanan ini melintasi hutan pohon nira yang berada di sisi kanan-kiri sungai, yang menjadi daya tarik tersendiri. Daun rumbia dari hutan ini dimanfaatkan sebagai atap rumah oleh warga, sedangkan pohon nira disadap untuk dijadikan gula merah.

Tips Mengunjungi Sungai Pute

Menyewa Topi di dermaga sungai pute
Menyewa Topi. Image via: kompasiana.com

Simak juga: Berburu foto Selfie di Sawah Sukorame

  • Menghormati Tradisi Lokal

Ada beberapa kepercayaan lokal yang masih dipegang teduh oleh komunitas adat di sekitar sungai PUte kawasan Rammang-rammang ini. MIslanya bersikap sopan ketika memasuki situs goa telapak tangan. Tidak boleh mencuci kaki di bagian tertentu dari sungai.

  • Menangkal Sun Burn

Did ermaga disewakan topi caping bagipara pengunjung, ini berguna untuk melindungi wajah ketika menjelajah di bawah sinar matahari. Sunblock juga perlu dioleskan untuk menangkal sinar matahari. Bila perlu tisu basah dan handuk kecil bagus untuk disiapkan sejak awal.

  • Outfit

Karena aktifitas wisata selama di Sungai Pute dan Rammang-Rammang cukup menantang dana kan menguras keringat sebaiknya perhatikan pakaian yang nyaman. Untuk sepatu pastikan yang sesuai untuk perjalanan jauh dan berbatu, termasuk meniti pematang sawah.

  • Ikuti Saran Tukang Perahu

Untuk menentukan jadwal pergi dan pulang di sungai PUte, komunikasi yang jelas dengan tukang perahu. Sungai ini kadang ada pasang surutnya. Dimana ketika surut, sungai tidak bisa dilewati perahu. Uniknya, tidak seperti pasang surut laut, waktu surut sungai ini tidak sama dari hari ke harinya.

bertegur sapa selama pelayaran di sungai pute
Bertegur sapa. Image via: vickyfahmi.com

Objek Wisata Dekat Sungai Pute

Selain Sungai Pute dan Rammang-Rammang, Maros juga punya kawasan kawasan Kars Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung terletak di Sulawesi Selatan, seluas ± 43.750 Ha. Taman Nasional Bantimurung memiliki berbagai keunikan, yaitu: karst, goa-goa dengan stalaktit dan stalakmit yang indah. Dan yang paling dikenal adalah kupu-kupu.

Untuk air terjun, Maros memiliki Air Terjun Lacolla. Air terjun Lacolla terbagi ke dalam dua lokasi yang tersusun ke dalam 7 tingkatan, 4 tingkatan pertama merupakan lokasi paling hits dikunjungi, digunakan sebagai tempat berselfie. 3 Tingkatan selanjutnya terletak jauh dari lokasi pertama.

Demikianlah sedikit paparan mengenai keindahan Sungai Pute Rammang-Rammang. Semoga bisa anda jadikan referensi liburan selanjutnya.

Selamat berlibur!!

Baca juga:

Leave a Comment