Pantai Kesirat, Sajian Sunrise Dan Sunset Berpadu Dengan Nilai Tradisi

Pantai Kesirat atau Wisata Tanjung Kesirat merupakan salah satu pantai di Gunung Kidul yang memiliki topografi berbeda jika dibandingkan dengan pantai yang ada.

Disini kamu tidak akan menyaksikan hamparan pasir yang menghiasi pantai, bahkan bermain air dan berenang pun tidak dapat kamu lakukan.

Pantai ini hanya memiliki tebing karang dengan hiasan rumput serta pepohonan yang ada di sekitarnya, posisi lautan ada di bagian bawah tebing.

pantai kesirat
pantai kesirat. google maps. sumber: M. Fauzi Setyadi

Simak: rekomendasi wisata Jogja populer

Layaknya pantai selatan yang memiliki ombak yang cukup besar, Pantai Kesirat pun memiliki deburan ombak cukup besar yang menghantam batuan karang.

Disini kamu dapat sedikit menenangkan diri dan menikmati deburan ombak serta pemandangan alam berupa samudera yang sangat luas.

Tradisi di Pantai Kesirat

Pantai Kesirat merupakan tempat yang sangat disakralkan oleh masyarakat sekitar, mereka biasanya menggelar ritual ngalap berkah, atau biasa disebut “brubuh”.

Brubuh merupakan sistem penebangan kayu yang didasarkan atas perhitungan menggunakan sistem kalender pertanian jawa yang disebut Pranata Mangsa.

Ritual tersebut bertujuan untuk melestarikan lingkungan sekitar dengan tidak menebang pohon sembarangan. Tradisi Brubuh ini merupakan salah satu cara untuk bersyukur dan menjaga keseimbangan alam.

Lokasi Pantai Kesirat

Secara administratif Pantai Kesirat terletak di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute Menuju Pantai Kesirat

Rute menuju Pantai Kesirat jika beranjak dari Yogyakarta akan menempuh perjalanan sekitar 2 jam, aksesnya sudah berupa jalan beraspal dan dapat dilalui motor maupun mobil.

Yakni dengan menuju Piyungan kemudian arahkan kendaraan menuju Playen dari Simpang Tiga Lanud TNI Angkatan Udara.

Lanjutkan perjalananmu hingga menemukan Puslatpur milik TNI AD, teruskan ke arah Saptosari dari pertigaan jalan hingga tiba di Girikarto.

Teruskan perjalanan hingga menemukan lokasi parkir Pantai Kesirat, untuk kamu yang menggunakan mobil harap berhati-hati karena jalurnya sempit dan berupa turunan yang cukup tajam.

trekking menuju pantai kesirat
trekking menuju pantai kesirat. google maps. sumber: Wahyu Aji Prayoga

Trekking Pantai Kesirat

Hingga tiba di lokasi parkir kendaraan, kamu ngga akan langsung bisa melihat pantainya. Kamu masih harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sejauh kira-kira 100 meter.

Dengan menyusuri jalan setapak yang sudah di cor, kanan kiri jalannya masih berupa tebing tinggi dengan hiasan pepohonan. Jalurnya cukup menurun, sehingga berhati-hatilah ketika melangkah.

Jam Buka Pantai Kesirat

Jam operasional Pantai Kesirat dibuka selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu, namun jika kamu ngga ada niat untuk camping lebih baik datang dan pulang ketika matahari masih bersinar karena masih minimnya lampu penerangan jalan.

Tiket Pantai Kesirat

  • Tiket masuk Pantai Kesirat dengan membayar Rp. 5.000,- per orang
  • Untuk parkir motor cukup membayar Rp. 2.000,- per unitnya
  • Sedangkan mobil dengan membayar Rp. 5.000,-
spot foto di pantai kesirat
spot foto di pantai kesirat. google maps. sumber: bayu ramadhan

Fasilitas Pantai Kesirat

Fasilitas yang ada di Pantai Kesirat masih minim, hanya baru tersedia area parkir kendaraan serta warung makanan dan minuman di sekitar area parkir.

Sedangkan di sekitar Pantai Kesirat sendiri hanya tersedia gazebo dan spot foto yang berupa perahu yang terbuat dari bambu.

Daya Tarik Wisata Pantai Kesirat

Meski Pantai Kesirat masih asing di telinga wisatawan, namun memiliki daya tarik yang sungguh memikat. Yakni:

1. Sunset dan Sunrise Yang Cantik

senja di pantai kesirat
senja di pantai kesirat. google maps. sumber: Bocah Mlaku

Pantai Kesirat merupakan salah satu tempat yang tepat untuk menikmati indahnya senja dengan menikmati matahari terbenam atau sunset.

Warna alam yang lama kelamaan mulai berubah, dan senja yang mulai berganti menjadi malam merupakan momen yang tak terlupakan bagi pengunjung yang datang ke Wisata Tanjung Kesirat ini.

Apalagi jika mengabadikanya dengan berfoto bersama siluet alam yang indah bersama pohon yang menjadi andalan spot foto pengunjung.

Keindahan matahari terbitnya pun tak kalah cantiknya, untuk mereka yang camping di Pantai Kesirat pasti mendapatkan momen berharga tersebut.

2. Panorama Laut Yang Unik

deburan ombak menerjang tebing
deburan ombak menerjang tebing. google maps. sumber: khusnul kha3

Pantai Kesirat memang merupakan pantai yang sangat unik, dimana tidak ada hamparan pasir di sekitar pantainya. Yang ada malah tebing karang yang cukup tinggi yang menjadi batasan antara lautan dan daratan.

Sehingga pantai ini sering disebut juga dengan nama Tanjung Kesirat. Namun, karena keunikan inilah yang menjadikan Pantai Kesirat mulai banyak dikunjungi wisatawan.

Kamu dapat duduk-duduk dan bersantai dengan melihat pemandangan laut lepas yang sangat luas, serta lautan biru yang indah.

Banyak dari pengunjung yang berpiknik dan bersantai di Pantai Kesirat, apalagi di sekitar pantai terdapat gazebo untuk menikmati hidangan yang dibawa dari rumah.

Kamu dapat menjelajah tebing karang di Pantai Kesirat dengan menyusuri jalan setapak yang sudah tersedia, hembusan angin laut akan menemani perjalananmu.

Di malam hari ketika keadaan gelap gulita, sajian bintang yang kelap kelip di angkasa menghiasi malam di Pantai Kesirat.

3. Camping Dengan Pemandangan Tebing Batu

camping di pantai kesirat
camping di pantai kesirat. google maps. sumber: Aprilliani Alwanda

Pantai Kesirat atau Tanjung Kesirat menyediakan lokasi atau area untuk kamu camping dan mendirikan tenda. Menikmati keindahan pantai sepuasnya dari pagi hingga malam hari.

Sepanjang malam kamu akan ditemani deburan ombak yang menghantam tebing karang, dihiasi taburan bintang di langit Pantai Kesirat.

Hanya saja di sekitar Pantai Kesirat belum tersedia kamar mandi umum dan ketersediaan air bersih, benar-benar back to nature.

4. Lokasi Tepat Untuk Rock Fishing

tersedia gazebo
tersedia gazebo. google maps. sumber: Atif Andrian

Pantai Kesirat merupakan salah satu spot rock fishing terbaik, karena berbatasan langsung dengan laut lepas dan kaya akan berbagai jenis ikan.

Hal tersebut membuat para mancing mania banyak yang mengunjungi Pantai Kesirat untuk memancing dan bersenang-senang.


Tinggalkan komentar