Pantai Kesirat, Destinasi Ideal Menikmati Sunset dan Camping

Wisata alam Gunung Kidul Pantai Kesirat, memiliki perbedaan dengan wisata pantai di Jogya lainnya. Biasanya, pantai berhiaskan pasir putih. Tapi pantai Kesirat tidak memiliki pasir pantai yang landai. Di tepi laut hanya ada jajaran tebing yang curam. Tebing ini ideal untuk lokasi rock fishing.


Pantai Kesirat
Pantai Kesirat. Image via: @gezt_rock

Nama Pantai Kesirat atau Gesirat masih cukup asing di telinga wisatawan. Jangankan wisatawan luar daerah, penduduk Gunungkidul sendiri juga tergolong jarang mendengar nama ini. Namun, justru di situ letak nilai lebihnya. Semakin jarang tersentuh semakin utuh keindahan itu.

Saat berkunjung ke Pantai Kesirat Gunungkidul, jangan pernah ada keinginan untuk bermain pasir, atau ingin berlarian dengan debur ombak. Sebagai gantinya, pengujung  akan menemukan rahasia lain atas keindahan pantai ini. Yakni Panorama Senja.

Tempat inilah lokasi yang paling tepat untuk menikmati sunset bersama orang-orang tersayang. Melihat Sunset di tempat ini dijamin merasakan ketentraman yang amat dalam. Sunset di pantai ini lebih istimewa dari lokasi lain, dikarenakan tidak ada penghalang sedikitpun. Baik itu pepohonan apalagi bangunan.

Foto Cantik di Kasirat
Foto cantik. Image via: @dopiknikjogja

Tradisi Ritual Pantai Kesirat

Seperti umumnya pantai Selatan lainnya, pantai kesirat juga memiliki sejarah, cerita misteri, dan juga mitos yang sangat kental. Semua kepercayaan tradisional itu masih terpelihara dengan baik hingga saat ini. Pantai Kesirat ini menjadi tempat yang sangat disakralkan oleh masyarakat sekitar.

Tradisi yang kerap dilakukan oleh warga sekitar adalah dengan menggelar ngalap berkah. Ritual ini juga dikenal dengan nama brubuh-brubuh. Ritual brubuh biasanya dilakukan setiap setahun sekali di Pantai Kesirat.

Tradisi ini memang menjadi salah satu kearifan lokal yang bertujuan untuk melesatarikan lingkungan. Salah satunya adalah dengan tidak menebang pohon sembarangan. Oleh sebab itu cukup wajar jika pohon “abadi” masih tumbuh dan berdiri nyaman di salah satu tebing.

Masyarakat sekitar baru menebang pohon ketika musim padi sudah mau panen dan menguning. Tradisi brubuh-brubuh ini sendiri merupakan salah satu cara untuk mengucapan syukur dan juga menjaga keseimbangan alam.

Kebersamaan di Pantai Kesirat
Bersama Selamanya. Image via: @dhuiiwiwi

Simak; rekomendasi wisata Jogja populer

Lokasi Pantai Kesirat

Pantai Kesirat terletak di Dusun Wiloso, Desa Girikarto, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunung Kidul. Pantai tebing ini berbatasan langsung dengan Pantai Wohkudu. Dari pusat Kota Yogyakarta Pantai Kesirat bisa ditempuh sekitar 2 jam

Rute Menuju Pantai Kesirat

Akses menuju Pantai Kesirat cukup menantang. Sebaiknya berangkat sore hari, agar saat tiba di pantai pengunjung tidak perlu menunggu lama untuk melihat sunset. Pengunjung dapat melalui beberapa rute yang disarankan. Setidaknya ada dua rute yang bisa dipilih.

Yang pertama adalah dari kota Jogja, menuju ke Piyungan hingga bertemu simpang tiga Lanud TNI Angkatan Udara. Dari sana, arahkan kendaraan menuju Playen lalu meneruskan perjalanan hingga bertemu pasar Paliyan Bantul. Dari pasar tersebut, lanjutkan perjalanan hingga menemukan Puslatpur milik TNI AD. Pada simpang tiga selanjutnya, pilih jalan menuju Saptosati hingga menuju ke SDN 1 Jetis dan Girikarto. Selanjutnya ikuti saja jalur yang ada hingga bertemu pantai tujuan.

Menuju ke pantai indah ini bisa juga melalui Imogiri. Rutenya yaitu dari Imogiri, menuju ke Panggang sampai menemukan simpang tiga MTS Yappi. Lanjutkan perjalanan menuju ke arah Girikarto. Setelah itu rutenya sama dengan rute di atas.

Mempesona
Mempesona. Image via: lifkadarsih.com

Jam Buka Pantai Kesirat

Karena pantai ini selain untuk wisata, tapi juga bisa untuk camping. Karen hal ini, maka Pantai ini buka 24 jam.

Tiket Pantai Kesirat

Tiket memasuki area pantai ini dibandrol dengan harga Rp 5.000,-. Sedangkan biaya parkir motor hanya Rp 2.000.- dan mobil Rp 5.000,-

Fasilitas Pantai Kesirat Jogja

Pantai Kesirat termasuk tempat wisata yang belum banyak dikenal oleh wisatawan. Karena itu fasilitasnya juga masih belum terlalu lengkap. Namun beberapa kebutuhan dasar seperti warung makanan dan minuman serta toilet sudah tersedia.

Patut dicatat warung di sini tidak buka 24 jam. Maka ketika memutuskan untuk camping atau memancing hingga larut, ada baiknya membawa bekal sendiri dari rumah.

Daya Tarik Wisata Pantai Kesirat

  1. Sunset

Sunset dari atas tebing Tanjung Kesirat
Sunset dari tebing Tanjung Sirat. Image via: jogjatourwisata.id

Tempat inilah lokasi yang paling tepat untuk anda menikmati sunset bersama orang-orang kesayangan anda.  Senja di Pantai Kesirat menjadi istimewa, karenakan tidak ada penghalang sedikitpun baik pohonan apalagi bangunan.

Pantai Kesirat menawarkan keindahan sempurna dari matahari terbenam. Atraksi wisata alam yang bisa ditemukan di Tanjung Kesirat adalah momen matahari terbenam. Momen indah ini selalu menjadi tujuan para pemburu keindahan matahari terbenam. Saat matahari berada di lintang selatan sampai awal musim kemarau, matahari seolah tenggelam di laut saat terbenam.

Namun keindahan momen sunset saat matahari berada di lintang utara (puncak musim kemarau) bukan berarti sirna begitu saja. Matahari yang perlahan tenggelam di atas barisan tebing dan pegunungan juga tidak kalah memesona. Cahaya oranye matahari, birunya langit, dan hijaunya pepohonan, serta awan tipis menjadi perpaduan yang menakjubkan.

Satu hal spesial di Tanjung Kesirat ini adalah adanya pohon yang menjorok ke laut. Pohon tersebut menjadi foreground yang membuat komposisi foto pada momen matahari terbenam menjadi semakin sempurna.

  1. Camping

camping
Camping di atas tebing. Image via: traveloskyholiday.com

Selain menjadi spot untuk berburu keindahan matahari terbenam, Tanjung Kesirat juga merupakan tempat favorit untuk berkemah. Saat hari libur, biasanya ada banyak tenda yang berdiri di area kemah dekat pohon tepi tebing.

Bagi para penggemar aktivitas luar ruangan, camping di Pantai Kesirat merupakan pilihan yang menarik. Padang rumput yang cukup luas dan menghadap langsung ke laut lepas menjadi tempat yang cocok untuk mendirikan tenda. Saat senja tiba, pegunjung bisa menyaksikan sunset dari balik tenda

Saat memutuskan camping, pengunjung bisa menghabiskan waktu dengan menikmati senja nan eksotis di Pantai Kesirat. Pesona malam hari di pantai ini pun tidak kalah indahnya.

Deburan ombak yang menghantam tebing karang menjadi lagu merdu yang akan menemani tidur. Pengunjung juga bisa membuat api unggun dan mengadakan barbeque party. Lokasi pantai yang jauh dari areal perkampungan membuat bebas untuk bernyanyi sekencang-kencangnya hingga dini hari.

Oh ya, sebagai catatan. Setelah selesai camping, saat akan meninggalkan lokasi, pastikan semua sampah sibersihkan dan api telah benar-benar padam.

  1. Memancing

rock fishing Tanjung Kesirat
Rock Fishing Pantai Kesirat. Image via: puguh05

Dengan garis pantai berupa tebing yang berbatasan langsung dengan laut lepas menjadikan Pantai Kesirat dinobatkan sebagai salah satu spot rock fishing terbaik. Menurut para pemancing, wilayah Kesirat kaya akan berbagai macam jenis ikan.

Semua kelebihan tersebut, membuat aktivitas memancing di pantai ini menjadi hal yang sangat menyenangkan. Di pantai Tersirat yang lokasinya langsung berbatasan dengan laut lepas ini terdapat banyak sekali jenis ikan, dan lobster. Tidak hanya ikan-ikan kecil saja, bahkan banyak penduduk atau pemancing yang sering melihat ikan-ikan besar. Ikan besar itu seperti ikan hiu tutul, ikan paus dan juga ikan lumba-lumba. Hal ini tak mengherankan, karena lokasi pantai Kesirat merupakan jalur migrasi dari ikan paus sei. Sementara di samudra hindia merupakan area kekuasaan dari paus minke dan juga paus sperma.

Untuk menuntaskan hasrat dari para pemancing, di salah satu ujung di pantai Kesirat di bangun pondok sederhana yang biasa di gunakan para pemancing untuk beristirahat atau bercengkerama sambil menunggu sambaran ikan di pancing mereka.

Di timur kawasan pantai ini ada semenanjung kecil. Pantai ini juga digunakan untuk menebar jala nelayan untuk mencari udang atau juga lobster di sore hari. Ada juga yang mengatakan bahwa di pantai ini ada goa yang berada di tebing karang laut.

  1. Stargazing

stargazing Pantai Kesirat
Langit Malam Nan Mempesona. Image via: @iqbalprima

Saat malam tiba di pantai Kesirat akan menjadi gelap gurita karena di sana belum ada listrik dan lampu. Waktu inilah adalah waktu terbaik untuk melihat taburan bintang yang membedaki angkasa. Di tengah kegelapan malam, kita akan melihat jutaan partikel bercahaya dan kelap-kelip di angkasa yang terlihat sangat indah.

Langit malam mungkin akan terlihat biasa saja dari tempat-tempat yang umum kita lalui. Namun, akan terlihat berbeda jika kita dapat bepergian ke tempat tertentu dan bisa menikmati indahnya langit yang luas ditaburi bintang-bintang. Pantai Kesirat memenuhi kriteria sebagai tempat tertentu itu. Karena rendah polusi cahaya di pantai ini. Hal ini diakibatkan jauhnya perumahan penduduk terdekat.

Untuk bisa menikmati Stargazing dengan sempurna, hal pertama yang harus diperhatikan adalah cuaca di Pantai ini. Pastikan melakukan camping saat musim kemarau dan tidak purnama. Paling baik saat malam bulan mati.  Pengunjung sebaiknya mencari tahu dulu tanggal-tanggal dimana bulan tidak terang. Cuaca juga tidak boleh berawan. Tapi kadang-kadang semua itu unexpected, walaupun ramalan cuaca mengatakan akan cerah, ternyata malah berawan. Kalau itu terjadi, anggap saja sedang kurang beruntung.

Persahabatan bagai kepompong
Persahabatan bagai kepompong. Image via: instforgram.xyz

Objek Wisata Dekat Pantai Kesirat

Pantai Wohkudu bersebelahan dengan Pantai Kesirat, tepatnya berada sebelum Pantai Kesirat. Ada papan yang menunjukan lokasi Pantai Wohkudu. Jika Pantai Kesirat merupakan tipe pantai tebing lain halnya dengan Pantai Wohkudu. Pantai Wohkudu terdapat pasir putih dan bisa bercengkerama langsung dengan ombak ataupun karang-karang di sekitar pantai. Di pantai ini juga terdapat tanah lapang yang bisa digunakan untuk camping.

Pantai lainnya yang terdekat adalah Pantai Celeng Tibo. Untuk mencapai pantai yang terletak di sebelah barat Pantai Kesirat ini, pengunjung cukup berjalan kaki sekitar 15 menit. Saat pengunjung menemukan celah di antara dua pertemuan tebing, itu tandanya sudah tiba di Pantai Celeng Tibo. Di tempat ini ada bangunan bambu yang disusun oleh nelayan setempat dan biasa digunakan sebagai tempat memancing.

Demikianlah informasi tentang pantai Kesirat. Semoga informasi di atas menjadi inspirasi untuk hari libur anda bersama dengan keluarga atau sahabat tercinta. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment