Taman Ade Irma Suryani, Waterland Terlengkap di Cirebon

|

Taman Ade Irma Suryani adalah tempat rekreasi keluarga yang recomended, untuk dijadikan lokasi wisata keluarga di Cirebon. Saat ini Taman Ade Irma Suryani telah berganti nama menjadi Cirebon Waterland, sejak tahun 2014 lalu.

Sehingga informasi yang akan diberikan pun sama dengan artikel tentang Cirebon Waterland yang sudah ada di nativeindonesia.com sebelumnya.

taman ade irma suryani
taman ade irma suryani. google maps. sumber: Frinda Jeane

simak juga: tempat wisata di cirebon

Kondisi Taman Ade Irma Suryani atau Ade Irma Waterland atau Cirebon Waterland Ade Irma Suryani saat ini tak seramai biasanya, hal tersebut dikarenakan imbas dari PPKM yang berlaku di beberapa daerah di Indonesia.

Untuk kamu yang hendak berwisata ke Taman Ade Irma Suryani atau Ade Irma Waterland harus tetap mematuhi protokol kesehatan, salah satunya ialah dengan selalu memakai masker.

Lokasi Ade Irma Suryani Waterland

Lokasi Ade Irma Suryani berada di tepi pantai utara Kota Cirebon, alamat lengkapnya berada di Jl. Yos Sudarso No.1, Desa Lemahwungkuk, Kecamatan Lemahwungkuk, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

Rute Menuju Taman Ade Irma Suryani Waterland Cirebon

Rute menuju Ade Irma Suryani Waterland mudah untuk dituju oleh kendaraan roda dua maupun roda empat, selain itu lokasinya pun berada tak jauh dari pusat kota Cirebon.

Untuk kamu yang berangkat dari Alun-Alun Cirebon dengan mengarahkan kendaraanmu ke Jl. Veteran untuk kemudian menuju Jl. Sisingamangaraja.

Lalu teruslah menuju hingga tiba di Jl. Ade Suryani hingga kamu tiba di Taman Ade Irma Suryani atau Ade Irma Waterland.

resto and cafe
resto and cafe. google maps. sumber: Stefanus Muryanto

simak juga: makam sunan gunung jati

Jam Buka Taman Ade Irma Suryani

  • Jam operasional Taman Ade Irma Suryani buka setiap hari Senin hingga Minggu.
  • Mulai beroperasi pukul 09.00 sampai dengan pukul 18.00

Harga Tiket Masuk Ade Irma Suryani Waterland

Tiket masuk Ade Irma Waterland, yakni:

  • Tiket masuk Ade Irma Waterland dengan membayar sebesar Rp. 25.000,- per orang
  • Tiket masuk berenang membayar Rp. 15.000,-
  • Parkir motor sebesar Rp. 3.000,-
  • Parkir mobil sebesar Rp. 5.000,-

Dan ada tiket terusan untuk kamu yang hendak menikmati wahana permainan yang lainnya.

area parkir cirebon waterland
area parkir cirebon waterland. google maps. sumber: Nyi Gede Official

simak juga: keraton kanoman cirebon

Fasilitas Ade Irma Waterland

Fasilitas yang ada di Ade Irma Waterland dibilang sudah lengkap dan memadai, hal tersebut ditandai adanya:

  • Area parkir kendaraan
  • Mushola
  • Kamar mandi
  • Kamar ganti
  • Kamar bilas
  • Gazebo atau saung
  • Restoran
  • Penginapan
  • Aula
  • Tempat cuci tangan dan cek suhu tubuh

Daya Tarik Ade Irma Waterland

1. Wahana Air

wahana air
wahana air. google maps. sumber: faizin muslim

simak juga: banyu panas palimanan

Yang membuat Ade Irma Waterland selalu ramai dikunjungi keluarga ialah adanya wahana air yang berada di area sekitar 3 hektar dengan fasilitas yang lengkap.

Tersedia kolam anak yang dilengkapi dengan seluncuran seru dengan berbagai bentuk dan ember tumpah yang selalu dinanti.

Kedalamannya pun hanya sekitar 30 hingga 50 sentimeter saja, jadi aman untuk anak-anak bermain air. Mereka pasti akan sangat senang ketika kamu ajak untuk bermain air di Ade Irma Waterland.

Selain kolam anak ada pula kolam renang olimpic dengan kedalaman mencapai 1,5 meter, dan biasa digunakan untuk mereka yang tengah latihan berenang secara profesional.

Kolam arus pun ikut melengkapi keseruan kamu bermain air di Ade Irma Waterland, bersantai sambil menikmati waktu luang bersama keluarga tercinta.

 2. Wahana Permainan Lain

pemandangan yang indah
pemandangan yang indah. google maps. sumber: yulia rosita

simak juga: situ sedong

Selain wahana air yang pastinya seru banget, Ade Irma Waterland juga menyediakan area bermain anak dengan beragam wahana permainan, seperti:

  • Mobil-mobilan
  • Carousel
  • Kereta api
  • Ayunan
  • Mini Coaster

Dan masih banyak lagi keseruan lain yang dapat dilakukan ketika mengunjungi Ade Irma Waterland.

3. Penginapan Atau Cottage

Di area Ade Irma Waterland tersedia sebuah penginapan atau cottage dengan konsep rumah apung. Karena lokasinya yang berada di atas air laut.

Lokasinya berada di sebelah kiri rumah makan atau restoran, dengan menapaki jembatan kayu dengan pemandangan laut. Suasana akan berbeda dan lebih romantis ketika malam hari, dengan hiasan lampu taman yang syahdu.

Tersedia sekitar 22 cottage dengan tipe yang berbeda, dengan harga sewa cottagenya sekitar 1,5 juta hingga 4 juta rupiah permalam. Ketika menginap disini kamu akan dapat menikmati panorama matahari terbit langsung dari balkon kamar.

penginapan atau cottage
penginapan atau cottage. google maps. sumber: Warjy Ortega

simak juga: gua sunyaragi

4. Restoran Dan Seafood

Setelah puas bermain dan seru-seruan bersama keluarga saatnya mengisi perut yang sudah mulai keroncongan di restoran yang ada di area Ade Irma Waterland.

Restoran tersebut bernama Tomodachi Steak and Seafood. Bentuk bangunannya sangat unik karena mirip seperti sebuah kapal yang digunakan oleh Laksamana Cheng Ho.

Dimana kapal tersebut pernah singgah di Pantai Cirebon, nama Laksamana Cheng Ho pun tertulis di dinding bangunan tersebut. Bangunannya terdiri dari 3 lantai di setiap lantainya menampilkan pemandangan yang beragam.

Sedangkan menu andalan dari restoran ini tentu saja hidangan seafoodnya, pas banget dengan berada di tepi pantai dan menikmati sajian seafood yang tentunya sedap dilidah.

5. Spot Foto Yang Kece

hunting foto kece
hunting foto kece. google maps. sumber: Ciputra

simak juga: keraton kasepuhan cirebon

Ade Irma Waterland selain sebagai andalan lokasi wisata keluarga, juga banyak dimanfaatkan untuk acara pemotretan Prewedding. Karena memiliki beberapa spot foto yang kece dan romantis.

Selain itu, lokasi ini menyediakan paket pernikahan dengan menawarkan fasilitas yang lengkap dan beragam tergantung jenis paket pernikahan yang kamu inginkan.

6. Museum Bahari Sarwajala

Ade Irma Waterland merupakan lokasi wisata yang hadir dengan paket lengkap, karena selain kita dapat seru-seruan bersama menikmati wahana permainan yang ada kita juga diajak untuk mengenal sejarah bahari di Cirebon khususnya.

Museum ini bernama Museum Sarwajala yang menyimpan cerita tentang sejarah perkembangan pelabuhan Cirebon dari masa ke masa, serta terdapat miniatur kapal dari zaman VOC hingga saat ini.

Penutup

Sekali lagi informasi yang diberikan tentang Taman Ade Irma Suryani ini sama dengan Cirebon Waterland, karena memang merupakan satu kawasan yang sama hanya berbeda nama saja.