Review Taman Budaya Sentul; Fasilitas, Lokasi, Harga Tiket Masuk

| | ,

Kawasan Bogor selama ini memang dikenal sebagai salah satu lokasi favorit wisata, khususnya bagi penduduk jawa barat dan Jakarta. Ada banyak tempat wisata di Bogor, mulai dari wisata alam sampai taman-taman yang desain dengan indah. Salah satu diantaranya yang paling mengesankan adalah Taman Budaya Sentul City Bogor.

Taman Budaya dengan luas 6 hektar ini menawarkan tempat rekreasi sekaligus bersantai dengan latar belakang pemandangan 4 gunung. 4 gunung itu adalah Gunung Pancar, gunung Salak, gunung gede, dan Gunung Geulis.

Taman Budaya Sentul Bogor menawarkan beragam jenis permainan yang terbagi dalam 4 kategori. Kategori tersebut meliputi Adventure center, Grand center, culture center, dan facilities Center.

Di antara zona zona tersebut,  yang paling banyak menarik perhatian di antara adalah Zona Adventure Center. Di zona ini pengunjung bisa menikmati suasana seru bermain outbound Paintball, trekking, dan Fun Games.

Taman Budaya Sentul
Taman Budaya Sentul. Image via: ifanobi.com

Baca juga: daftar tempat wisata di Bogor yang populer

Hal yang membuat fasilitas Outbound di lokasi Taman Budaya ini menjadi spesial dibandingkan lokasi lain adalah fasilitas outbound terbesar dan terlengkap di Indonesia.

Di fasilitas ini terdapat lebih dari 50 jenis permainan yang low impact sampai high Impact.

Out BOund
Out Bound 53 fasilitas. Image via: tamanbudaya.co.id

Macam-macam permainan yang disajikan di outbound Taman Budaya Sentul meliputi Gladiator Ring, Balance Beam, Log Swing, Giant Swing, Zig Zag Log Step, Buma Bridge, dan Vertical Playvent merupakan beberapa permainan yang banyak diminati pengunjung.

Semua permainan yang tersedia, disuguhkan dengan fasilitas keamanan yang memadai. Selama bermain pengunjung dipandu dan diawasi para guard yang profesional.

Lokasi Taman Budaya Sentul

Taman wisata outbound ini berlokasi di kawasan Sentul City, Jalan Siliwangi No. 1, Babakan Madang, Bogor.

Rute Menuju Taman Budaya Sentul

Jika pengunjung menggunakan kendaraan pribadi dari arah Jakarta, bisa melalui akses tol Jagorawi kemudian keluar dari pintu tol Sentul Selatan. Letak taman budaya tak jauh dari pintu keluar tol tersebut.

Jika menggunakan angkutan umum seperti kereta, maka ambil jurusan stasiun Bogor. Kemudian menuju ke Botani Square, dari situ bisa memilih angkutan Trans Pakuan hingga Bellanova Country Mall atau mengambil shuttle bus yang berakhir di Bukit Sentul.

gallery-archery-war
Perang panah Rp 370.000/pax. Image via: perang-panah

Simak: info wisata Curug Cipamingkis

Tiket Masuk Taman Budaya Sentul

Masuk ke kawasan Taman Budaya Sentul pengunjung tidak dikenakan biaya. Biaya hanya dikenakan untuk wahana dan aktivitas outbound sesuai pilihan.

Harga tiket wahana dan aktivitas juga beragam mulai dari yang paling murah Rp 25.000/Pax untuk Shooting Target sampai yang paling mahal High Ropes Adults Rp 200.000/Pax.


Jam Buka Taman Budaya Sentul

Taman Budaya Sentul dibuka setiap hari mulai pukul 08.30 pagi sampai jam 05.00 sore hari.

Fasilitas Taman Budaya Sentul

Selain wahana petualangan yang lengkap, Taman Budaya Sentul City juga memiliki fasilitas yang sangat lengkap dan memadai untuk menunjang kenyamanan pengunjung. Toilet, musala, toko souvenir,  food court, hingga restoran dan cafe tersedia.

Tidak perlu khawatir juga dengan kesehatan dan keselamatan karena selain ada petugas khusus juga sudah dilengkapi dengan ruang kesehatan.

10 Wahana Menarik Taman Budaya Sentul

1. High Ropes Adult

high ropes
Perlengkapan keamanan High Ropes. Image via: @tamanbudaya_id

Meskipun bukan bagian langsung dari metode Outbound namun bila kita berbicara mengenai sebuah kegiatan Outbound , sepertinya tidak lengkap bila tidak ada High Ropes. Permainan ini sendiri termasuk dalam kategori High Impact, sehingga dibutuhkan peralatan yang memadai, tingkat keamanan yang tinggi dan juga tenaga operator maupun instruktur yang mempunyai pengalaman yang cukup untuk memainkan games ini.

High rope Adult adalah media yang sangat baik untuk tantangan personal. Penggunaan high ropes memberikan rasa nyata pada petualangan dan keberhasilan

Permainan di atas ketinggian dengan tali sebagai media nya merupakan permainan tantangan individu yang diadaptasi dari pelatihan militer. Permainan ini dilakukan dengan cara meluncur, berjalan, ataupun melompat dari ketinggian tertentu.

Wahana ini biayanya Rp 200.000 / pax

Baca: review wisata Taman Buah Mekarsari

2. Flying Fox

Flying fox
Melayang berdua. Image via: @tamanbudaya_id

Flying fox menjadi wahana yang paling umum ada di arena outbound. Demikian juga di lokasi Taman Budaya Sentul, terdapat fasilitas Flying Fox. Wahana ini bisa dinaiki oleh anak-anak dan orang dewasa. Dengan ketinggian sekitar 12 meter, pengunjung akan meluncur sejauh 50 meter.

Wahana ini biayanya Rp 32.000 / pax

3. Trampoline

Bila anda bosan dengan olahraga biasa, ada satu jenis olahraga menarik yang dapat anda lakukan bersama anak-anak, yaitu bermain trampolin. Permainan trampolin tidak hanya menarik untuk anak-anak, namun baik juga untuk orang dewasa.

Konon trampolin ditemukan oleh seorang pemain sirkus bernama Du trampolin  yang menggunakan jaring trapeze untuk melambung ke udara. Pada tahun 1934, dua orang bernama George Nissen dan Larry Griswold membuat desain trampolin dan menjual ke seluruh dunia. Kata “trampolin” diambil dari bahasa Spanyol yang artinya papan loncat.

Sensasi gembira dan tegang saat terlontar ke atas menjadi pengalaman yang akan didapatkan ketika mencoba wahana Trampoline. Wahana ini juga bisa dicoba anak-anak dengan ketinggian khusus dan berat badan maksimal yang ditentukan.

Wahana ini biayanya Rp 30.000 / pax

Lihat juga: info wisata De Ranch Bogor

4. Paint Ball

paint ball
Serbu!!!!!. Image via: @tamanbudayasentul

Bagi anak anak muda masa ini, main perang-perangan di games counterstrike tentu sudah biasa. Tapi bagaimana jika merasakan pengalaman langsung terjun ke medan perang? Tentu sensasi adrenalin nya kan jauh lebih tinggi.

Taman budaya menyediakan fasilitas untuk itu. Permainan adrenalin tinggi ini paintball. Permainan ini diperuntukkan bagi anda yang suka dengan permainan yang membutuhkan strategi, kerja sama tim serta kecepatan.

Permainan sekaligus olahraga ini memacu adrenalin, karena para peserta diperbolehkan untuk menembaki lawan demi meraih kemenangan. Paintball memang hanya menggunakan peluru cat dan dilakukan di medan perang buatan, tapi paintball nggak bisa dilakukan secara sembarangan. Tetap ada peraturan keselamatan yang mesti diperhatikan, seperti perlengkapan permainan dan jarak tembak minimal.

Wahana ini biayanya Rp 150.000 / pax

5. Trekking

gallery-outbound-bogor-trekking
Jelajah sungai. Image via: tamanbudaya.co.id

Trekking adalah perjalanan panjang yang dilakukan dengan berjalan kaki di daerah yang tidak ada alat transportasi yang tersedia di sana. Peserta diajak berjalan kaki melalui jalur yang belum dipetakan, serta di lingkungan yang menantang, seperti hutan mungkin berbukit atau bergunung-gunung dan tepi sungai. Tujuan akhir dari perjalanan trekking ini adalah air terjun.

Program ini akan didampingi oleh instruktur yang profesional dan berpengalaman dalam trekking di wilayah setempat.

Wahana ini biayanya Rp 350.000 / pax

Simak juga: wisata alam Curug Cigamea

6. Cook and Serve

Program untuk anak-anak, Remaja, maupun Dewasa yang kegiatan di dalamnya membuat menu dan memasak. Hasil dari kegiatan memasak disajikan untuk orang yang disayangi. Bisa itu kepada guru pembimbing rombongan, atau orang tua, atau pacar yang ikut dalam perjalanan wisata ini.

Kegiatan ini biayanya Rp 300.000 / pax

Biaya yang dibayarkan sudah termasuk biaya untuk bahan makanan dan juga makan siang bagi peserta.

7. Kids Army

kids-army
Pantang pulang sebelum menang. image via: tamanbudaya.co.id

Program ini diperuntukkan bagi anak anak usia 5 tahun sampai 10 tahun. Kegiatan ini dilakukan secara marathon dalam satu hari. Selama kegiatan anak anak peserta diberikan pakaian seragam tentara anak-anak.

Kegiatan diisi dengan aktifitas di tiga zona: Zona Tamtama, Zona Bintara, dan Zona Perwira. Dalam program ini, anak anak ditekankan pada garis pelatihan pawai, karakter, disiplin, tanggung jawab.

Kegiatan flying fox dan menembak sasaran dimasukkan dalam program kegiatan Kids Army.  Kedua wahana tadi dimaksudkan untuk meningkatkan rasa percaya diri. Program pelatihan diadaptasi dari aktivitas pelatihan Tentara Nasional Indonesia.

Pada akhir kegiatan, ketika peserta berhasil dalam program ini akan diberikan medali.

Kegiatan ini biayanya Rp 300.000 / pax. Biaya ini mencakup fasilitas: Minuman selamat datang, Kotak Bekal Makan siang, Kaos tentara, Medali (untuk pemenang)

8. Panahan

panahan
Konsentrasi. Image via: Jaka Tri Yana

Mencoba belajar memanah juga bisa dilakukan di Taman rekreasi keluarga ini. Terdapat puluhan line dengan pemandu profesional untuk menjamin keamanan. Tak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa memilih wahana ini.

Kegiatan ini biayanya Rp 50.000 / pax

9. Kegiatan Seni Anak

Taman Budaya Sentul juga menyediakan program kegiatan seni dan keterampilan untuk anak anak.

Ada kegiatan belajar melukis, menggambar di bendera, membuat karya dari clay, hingga membatik. Kegiatan-kegiatan ini dikemas secara menarik sehingga tidak akan membosankan bagi anak-anak.

Untuk kegiatan membuat gerabah dan membatik, biayanya tidak dicantumkan di brosur. Hanya disebutkan By order. Kemungkinan biaya menyesuaikan dengan jumlah peserta kegiatan.

Untuk kegiatan Kite Painting dipatok dengan biaya Rp 35.000/ pax. Dengan biaya ini peserta sudah mendapatkan media layangan, cat warna, dan peralatan lukis.

10. Menunggang Kuda Poni

kuda poni
Senyum Satria Berkuda. Image via: travelspromo.com

Untuk memberikan pengalaman menyenangkan ala film jagoan dan juga kesempatan berinteraksi langsung dengan satwa besar, pilihan mengajak anak-anak untuk menunggang kuda poni adalah pilihan yang tepat. Selain seru, mengajak anak-anak menunggang kuda juga baik untuk melatih keberanian.

Tidak perlu khawatir mengenai aspek keamanan. Untuk keselamatan, anak anak ditemani oleh instruktur. Yang terpenting, kuda yang dipakai adalah kuda terpilih dan terlatih. Sehingga sangat kecil kemungkinan terjadi kecelakaan karena kuda yang mendadak ngambek.

Kegiatan ini biayanya Rp 35.000 / pax

Simak: wisata keluarga di Devoyage Bogor

Objek Wisata Dekat Taman Budaya Sentul

Setelah menghabiskan waktu bersenang-senang di taman budaya Sentul, sedangkan waktu liburan masih tersisa 1-2 hari, tentu sangat sayang jika langsung balik ke Jakarta.

Pengunjung juga bisa mampir ke beberapa tempat wisata yang ada di kawasan Sentul. Antar lain Jungle Land Adventure Theme Park, di kawasan Sentul Nirwana. Jaraknya sekitar 1.6 kilometer dan waktu tempuh 5 menit dari lokasi wisata.

Dari lokasi wisata Taman Budaya, pengunjung juga bisa mengunjungi Kebun Raya Bogor, yang beralamat di Jl. Ir. H Juanda, no 13, Bogor. Jaraknya sekitar 10 kilometer dengan waktu tempuh 15 menit dari lokasi wisata ini.

Selamat berwisata dan menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. Semoga bermanfaat.

Review Taman Budaya Sentul; Fasilitas, Lokasi, Harga Tiket Masuk
3.8 (75%) 4 vote[s]

Share artikel ini!
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
Tags
Previous

Pantai Batu Bengkung, Kecantikan Mempesona di Selatan Malang

Taman Bunga Celosia, Liburan Tema Luar Negeri di Semarang

Next

Artikel Wisata Lainnya

Leave a Comment