Taman Cattleya, Taman Pelepas Penat dari Kemacetan Jakarta

Taman Cattleya alias Taman Tomang merupakan salah satu taman di kota Jakarta yang memiliki beragam jenis tanaman, pohon, bunga dan juga sudah dilengkapi dengan banyak fasilitas umum. Taman ini menyediakan fasilitas kesehatan dan kebugaran sehingga sering dijadikan tempat berolahraga.


Taman Cattleya satu dari skeian banyak ruang terbuka hijau Jakarta yang dibuat untuk konsumsi rohani warga jakarta
Taman Cattleya. Image via: ihategreenjello.com

Warga Jakarta sering memanfaatkan taman ini sebagai tempat untuk bersantai sembari menikmati hijau pohon-pohon yang tumbuh subur di pohon ini. Taman Cattleya paling ramai dikunjungi oleh anak-anak muda pada akhir pekan yang memilih lokasi tersebut sebagai tempat hangout atau nongkrong.

Suasana taman terasa adem dan tertata dengan baik. Tidak heran para pengunjung yang datang ke sini selalu berusaha menyempatkan diri untuk berfoto selfie. Jadi tidak heran jika Taman Cattleya di Palmerah tersebut mendapat gelar taman yang instagramable.

Taman yang memiliki luas sekitar tiga hektare ini juga dilengkapi dengan danau yang memiliki beragam ikan-ikan. Taman Cattleya juga kerap dikunjungi oleh para penggemar mancing yang berusaha mengetes keberuntungan mereka dalam mencoba mendapatkan ikan di sana.

Fasilitas Olahraga taman Satteya disediakan gratis untuk seluruh pengunjung taman
Fasilitas Olahraga. Image via: vibizmedia.com

Simak juga: Objek Wisata di Jakarta.

Sejarah Taman Cattleya

Taman Cattleya sebetulnya sudah ada sejak dulu. Dahulu taman ini dikenal dengan Taman Tomang. Saat itu taman tomang identik dengan taman mesum, kumuh, rusak dan tidak terawat. Sebagian besar area taman ditutupi seng dan semak belukar.

Namun semenjak sekitar tahun 2013, pemerintah daerah mulai serius memberikan perhatian pada taman ini. Taman ini dirawat dan dipermak, sehingga berganti rupa. Sebagai bagian dari proses perbaikan taman tomang, nama taman pun diganti menjadi taman Cattleya.

Cattleya sendiri diambil dari salah satu genus dari Tanaman Anggrek, yang memang persis diseberang baratnya berdiri megah Mall dan Apartement Taman Anggrek. Saat ini Taman seluas 3 hektar lebih ini dibuat menjadi rapi, indah, bahkan dilengkapi berbagai fasilitas kegiatan masyarakat. Mulai dari trek joging sampai peralatan fitnes Out dor.

Memang saat awal-awal dibuka kembali taman ini, kegiatan mesum masih terdengar. Namun beberapa tahun terakhir sudah tidak terdengar lagi sejak taman ini tidak dibuka 24 jam dan dijaga juga 24 jam keamanan area taman.

Selain itu, pencahayaan taman juga dirubah menjadi lebih sempurna. Demi kenyamanan dan keamanan semua pengunjung, terutama saat suasana sudah mulai agak gelap.

Walau memeiliki nama dari spesies Anggrek, namun Merak adalah Icon Taman Cattelya,
Merak Icon Taman, Image via: jakarta.tribunnews.com

Lokasi Taman Cattleya

Taman Cattleya merupakan salah satu Taman yang ada di wilayah Jakarta Barat yang lokasinya ada di perempatan Tomang – menuju Tol Kebon Jeruk.

Secara administratif, taman in dah ini beralamat di Jalan Letjen S. Parman Street No.99, RT.15/RW.1, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat, DKI Jakarta.

Rute Menuju Taman Cattleya

Pengunjung yang tertarik untuk datang ke Taman Cattleya, dapat menggunakan kendaraan pribadi atau umum. Pengunjung dapat menggunakan bus umum jurusan Grogol atau Semanggi dan turun tepat di perempatan Taman Tomang.

  • BUS / Kendaraan Umum

Semua kendaraan dari arah Bogor / Cawang menuju Grogol pasti melewati tempat ini, minta diturunkan atau berhenti di perempatan Tomang.

Sedangkan kendaraan dari arah Tanggerang atau kali deres menuju semanggi juga akan melewati taman ini namun berada di seberang taman. Jadi berhenti tepat di perempatan taman cattleya atau tomang lalu menyeberang.

Habiskan Senja di Taman Cattleya menjadi alternatif jlaan jalans ehat badan sehat kantong.
Habiskan Senja di Taman. Image via: diarimaging

Simak juga: Taman Suropati.

  • Busway

Untuk pengunjung yang datang menggunakan Busway bisa turun di Halte Rumah Sakit Harapan Kita. Kemudian berjalan menuju Arah perempatan Tomong sebelum Taman Anggrek (Jika dari arah semanggi). Sekitar 200 meter akan menjumpai taman Cattleya yang berposisi sebelum perempatan tomang.

  • Kendaraan Pribadi

Buat pengunjung yang menggunakan kendaraan sendiri dari arah cawang, sebelum lampu merah tomang pelankan kendaraan karena taman ini tepat berada sebelum perempatan / tol kebun jeruk.

Namun buat pengunjung yang datang dari arah roxy / arah tanah abang, harus memutar arah cukup jauh yakni keputaran kolong jembatan slipi pertamburan.

Jam Buka Taman Cattleya

Dahulu taman ini bukan 24 jam. Namun setelah dilakukan penataan dan perbaikan jam operasional taman dirubah. Saat ini Taman Cattleya yang cantik ini buka setiap pukul 10.00 dan ditutup pukul 22.00.

Tiket Taman Cattleya

Untuk berkunjung menikmati kesegaran suasana di taman Cattleya tidak akan dikenakan biaya. Gratis.

Taman Catteya selalau ramae dikunjungi warga yang ingin bersantai sejenak dari penatnya Jakarta
Ramai. Image via: hariliburnasional.com

Fasilitas Taman Cattleya

Taman seluas 3 hektar lebih ini dibuat menjadi rapi, indah, bahkan dilengkapi berbagai fasilitas, misalnya area parkir yang luas, toilet, musholla.

Fasilitas kesehatan dan kebugaran juga diberikan secara gratis di taman Cattleya ini. Jogging track, arena bermain anak, danau buatan, dan taman bunga merupakan beberapa hal yang dapat pengunjung temukan di Taman Cattleya.

Aktivitas Menarik di Taman Cattleya

  1. Olah Raga

joging di taman olah ragas ehat yang murah meriah
Joging di Taman. Image via: @ami_husin

Simak juga: Taman Satwa Ragunan

Jika banyak orang kantoran sekarang menghabiskan waktu di pusat kebugaran di gedung atau mall, Anda justru bisa juga melakukan hal yang sama disini, di ruang terbuka, dengan udara yang cukup segar dan cukup “hening” karena lokasi yang menjorok tadi dari jalan raya dan tol.

Begitu masuk ke area taman, di pintu depan kamu akan disambut dengan plang nama papan ini. Tak jauh dari pintu gerbang taman, kamu akan menemukan ruang kosong terbuka, seperti lapangan yang biasa digunakan pengunjung untuk berolahraga ataupun bersantai.

Selain dilengkapi bangku taman yang apik dan suasana yang teduh, pengunjung disuguhi fasilitas lengkap, seperti toilet dan ruang olahraga. Trek jalan di taman ini juga disusun dengan rapi, tak heran taman ini didatangi banyak pengunjung di sore hari untuk berolahraga.

Salah satu alasan kenapa taman ini banyak dipilih untuk lokasi olahraga warga Jakarta, karena tersedianya fasilitas olahraga dan kebugaran yang bsia dipakai secara gratis. Kenyamanan dan lokasi taman yang dekat dengan pemukiman menjadi alasan terbesar warga untuk berolahraga di sini.

  1. Memancing

mancing salah satu kegiatan paling menyenangkan di taman cattleya
Mancing. Image via: kumparan.com

Rindang taman kota, ditambah lagi dengan kolam ikan di tengah taman menambah kesejukan Taman Cattleya. Menurut pengunjung taman yang sering datang ke taman Cattleya, ikan di kolam yang berada di Taman ini bebas dipancing oleh pengunjung taman.

Ada beberapa pemancing yang berusaha mencoba peruntungan. Yang unik, para pemancing di sini punya cara sendiri untuk menghibur diri dan kelompok mereka. Mereka Sering kali patungan beli ikan hidup. Kemudian ikan itu dimasukkan ke dalam danau. Setelah itu mereka mancing ramai-ramai. Sungguh sebuah cara menghibur diri yang murah meriah dan juga sehat secara sosial.

Apalagi saat hari Minggu, mulai jam 14.00  daerah kolam pasti ramai. Karena biasanya setiap hari Minggu ada acara mancing bersama. Dulu bahkan sering ada acara dari lembaga, seperti PMI yang mengadakan acara mancing bersama pengunjung, ikan yang dipancing dibawakan oleh panitia penyelenggara acara.

  1. Menepi dari Ruwetnya Jakarta

Taman Cattleya menjadi Oase Hijau di tengah padang gersang Jakarta
Oase Hijau. Image via: vibizmedia.com

Simak juga: Tugu Monas.

Suara aliran sungai dan gemericik ikan yang sesekali muncul dari danau juga menjadi “hiburan batin” selama kita duduk-duduk di kursi-kursi yang bertebaran di seputar taman. Cocok sekali untuk menepi sejenak menunggu kepadatan lalu lintas berkurang. Sembari menunggu bisa sambil rileks, atau justru berolahraga, di tengah ruwet lalu lintas kota Jakarta.

Raut jengkel karena kendaraan yang merayap sejak depan gedung DPR/MPR, pasti hilang sejak masuk ke dalam taman ini, yang memang cukup menjorok ke dalam dari gerbang depan. Sambutan pohon-pohon rindang, dan danau yang cukup besar  membuat mumet dan pegal-pegal ikut hilang.

Belum lagi jika kita punya remah-remah makanan, pasti langsung diincar dan dikerubungi oleh burung-burung merpati “penghuni” taman, berasa lagi ngasih makan burung-burung dara depan St. Mark’s Square Venice.

  1. Kuliner

Selama mengistirahatkan badan dan jiwa di Taman Cattleya, tidak usah khawatir takut kelaparan. Walau memang pihak pengelola taman tidak membuat kantin, namun pengunjung bisa jalan sedikit ke pintu gerbang taman.

Taman Cattleya menjadi ruang sosial, tempay warga ebrinteraksi untuk berbagai kegiatan
Ruang Sosial. Image via: @regiaverent

Di area sekitar pintu gerbang itu banyak pedagang kaki lima berjualan dengan tertib. Atau kalau cukup jeli, ada pintu tembus resmi dari taman ke perkampungan warga di sisi taman. Di sana ada beberapa warung yang menjual cemilan dan minuman yang bisa mengganjal perut yang kelaparan.

  1. Ruang Interaksi Sosial

Taman yang sejak diresmikan ulang oleh Gubernur Ahok ini memang ramai dikunjungi warga sekitar, baik untuk berolahraga sore maupun sekedar menghabiskan waktunya sambil beristirahat atau jogging.

Saat kami disana, bahkan ada yang rutin menggunakannya untuk berlatih baris berbaris dan beladiri, mengingat tempatnya yang luas dan rindang, jadi tidak terlalu panas di siang hari.

Bahkan, jika Anda penyuka FTV tanah air pasti tidak aneh dengan “suasana” taman ini ketika Anda mampir disini, karena lokasi ini memang paling sering digunakan untuk shooting-shooting berbagai judul FTV dan iklan, karena tempatnya yang bagus dan agak ke dalam sehingga lebih tenang, baik dari gangguan penonton maupun suara bising di sekitar.

pemerntah kiev memebrikan kado saat Ulang tahun kota jakarta, berupa patung perunggu yang dipasang di taman Cattleya.
Kado dari Kiev. Image via: foto.okezone.com

Simak juga: Setu babakan

Objek Wisata Dekat Taman Cattleya

Jika ingin menjelajah lokasi wisata di sekitar Jakarta Barat, bisa juga menggunakan taman ini sebagai titik start. Untuk wisata sejarah bisa mencoba jalan ke Jembatan kota intan. Jembatan bersejarah ini berjarak 8 km dari taman cattleya. Jembatan Kota Intan adalah satu-satunya jembatan peninggalan Belanda yang masih tersisa di Jakarta. Jembatan Kota Intan terbuat dari besi dan kayu sehingga cukup menarik untuk menjadi tempat foto-foto.

Atau jika tertarik dengan wisata budaya, bisa mencoba museum wayang. Museum yang berjarak hanya 8 km ini memiliki koleksi berbagai jenis wayang dengan jumlah sekitar 6,000 wayang. Jenis wayang yang ada di sini yaitu wayang golek, wayang kulit, wayang klitik, wayang mainan, dan topeng.Ada juga koleksi wayang dari luar negeri.

Sekian yang bisa kami sampaikan soal keberadaan taman cattleya Jakarta ini. Semoga bisa menjadi alternatif tempat rekreasi selama di Jakarta. Sebagai wisata alternatif, agar tidak terjebak melulu dalam wisata mall.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment