Taman Laut Olele, Keindahan Maestro Lukis Di Taman Bawah Air

Taman Laut Olele memiliki hamparan pasir putih yang indah, serta lokasinya sangat dekat dengan pemukiman warga. Meskipun dekat dengan area warga kebersihan pantai tersebut tetap terjaga dengan baik, dan perairannya tetap jernih serta bersih.

Kondisi air yang bagus membuat terumbu karang masih banyak dan terjaga dengan baik. Karangnya memiliki warna-warna yang sangat cantik dan indah serta memiliki bentuk yang beragam.

Terumbu karanglah yang akan menyambut kedatanganmu ketika menceburkan diri ke laut untuk bermain air. Pada kedalaman sekitar 2 meter, kamu dapat melihat hamparan koral dengan begitu jelasnya.

Keindahan Bawah Laut Yang Menawan
Keindahan Bawah Laut Yang Menawan. Sumber: www.m.bizlaw.id

Taman Laut Olele cocok sekali untuk kamu yang ingin melakukan snorkeling, selain keindahan bawah lautnya yang luar biasa airnya pun cukup tenang karena berada di sebuah teluk yang bernama Teluk Tomini.

Menikmati Keindahan Bawah Laut
Menikmati Keindahan Bawah Laut. Sumber: pariwisata.gorontaloprov.go.id

Simak juga: 11 wisata Gorontalo

Selain snorkeling kamu juga bisa melakukan kegiatan lainnya seperti diving atau menyelam. Banyak sekali spot menyelam yang ciamik dengan memiliki karaktersitik yang berbeda di setiap lokasinya.

Kamu dapat menyelam di Jinn Cave, Traffic Circle, Honeycomb, dan Muck Dive. Yang paling sering dikunjungi dan menjadi spot menyelam favorit para pengunjung ialah di Jinn Cave.

Perlu anda ketahui, di taman laut ini terdapat sponge coral endemik yang tidak dapat ditemukan di perairan manapun. Keberadaannya dicari-cari oleh para penyelam dari mancanegara. Keunikannya terdapat pada motif koral yang menyerupai lukisan salah satu seniman dari Spanyol yang bernama Salvador Dali.

Lokasi Taman Laut Olele

Lokasi Taman Laut Olele berjarak sekitar 20 km saja dari Pusat Kota Gorontalo. Tepatnya berada di Desa Olele, Kecamatan Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo.

Rute Menuju Taman Laut Olele

Rute menuju Taman Laut Olele jika kamu bergerak dari pusat Kota Gorontalo, akan melakukan perjalanan selama kurang lebih 40 sampai 50 menit melalui perjalanan darat.

Atau bisa juga melalui jalur laut dengan menggunakan sebuah speedboat yang bergerak dari Pelabuhan Gorontalo dan langsung akan mengantarmu menuju Pantai Olele.

Landscape Pantai Olele
Landscape Pantai Olele. Sumber: ksmtour.com

Perjalanan yang ditempuh lebih cepat 10 menit dibandingkan dengan melalui lajur darat. Sesampainya kamu di Pantai Olele, jika kamu ingin menuju spot-spot menyelam, tinggal menyewa sebuah perahu yang akan dengan sigap mengantarmu ke lokasi.

Harga sewa perahu tersebut sebesar Rp. 250.000,- per perahu, dan akan mengantarmu menuju semua spot menyelam yang ada di area Taman Laut Olele.

Jam Buka Taman Laut Olele

Taman Laut Olele terbuka 24 jam sepanjang pekan untuk dikunjungi. Dengan demikian pengunjung bisa leluasa mengatur waktunya sesuai dengan kesempatan yang dimiliki.

Tiket Taman Laut Olele

Untuk mengunjungi Taman Laut Olele tidak ada tariff khusus, kamu hanya perlu menyiapkan uang untuk menyewa perahu, menyewa peralatan snorkeling dan diving.

Di sekitar Taman Laut Olele terdapat penyewaan peralatan snorkeling dengan harga sewa Rp. 50.000,- per orangnya. Dan kamu sudah mendapatkan snorkel, kaki katak serta kacamata atau masker.

Sedangkan untuk kamu yang ingin diving, saat ini di area Taman Laut Olele belum terdapat penyewaan alat-alat diving. Sebelum berangkat menuju Pantai Olele, baiknya kamu menyewa peralatan diving di Gorontalo, harga sewanya sekitar Rp. 250.000 per satu set lengkap.

Fasilitas Taman Laut Olele

Fasilitas yang ada di sekitar Taman Laut Olele terdapat:

  • Penginapan
  • Kamar mandi umum
  • Tempat penyewaan alat-alat snorkeling

Daya Tarik Taman Laut Olele

1. Cocok bagi pemula

Snorkeling Seru
Snorkeling Seru. Sumber: acehkita.com

Simak juga: Pantai Namalatu

Lokasi Taman Laut Olele berada di daerah yang jauh dari keramaian, selain itu ombaknya relative tenang sehingga pas banget untuk kamu yang ingin menenangkan diri.

Taman Laut Olele menyimpan keindahan terumbu karang yang menakjubkan, dan dapat dinikmati dengan mudah oleh para pemula.

Karena kedalaman untuk menemukan terumbu karang ini ada dua tipe, yakni terumbu karang di area dangkal dan area dalam.

Pada area dangkal kamu akan menemukan terumbu karang yang cantik dengan kedalaman sekitar 0,5 hingga 1 meter dari permukaan laut.

Spot Jinn Cave merupakan area yang paling sering dikunjungi, karena disini kamu dapat menemukan terumbu karang di area yang dangkal serta dalam dengan kecantikan yang berbeda. Dengan dihiasi berbagai ikan ikan kecil yang beraneka warna.

2. Terdiri dari Banyak Spot

Setidaknya ada sembilan spot di taman laut Olele yang semua punya keunikan masing-masing
Bunga karang. Image via: bisniswisata.co.id

Seperti sudah disebutkan didepan bahwa Taman Laut Olele memiliki beberapa spot menyelam yang oke, serta memiliki ciri khas yang beragam.

Jinn Cave atau Goa Jin berbentuk seperti sebuah goa yang gelap lurus ke bawah dengan kedalaman hingga mencapai 22 meter. Siapkan diri kamu untuk menyelam didalamnya dan menikmati keindahan yang akan dihadirkan.

Selain Jinn Cave yang menjadi spot menyelam selanjutnya ialah Salvador Dali, dimana lokasi ini memiliki spons (rongga) terumbu karang yang elok.

Menyelam Di Taman Laut Olele
Menyelam Di Taman Laut Olele. Sumber: pariwisata.gorontaloprov.go.id

Penamaan Salvador Dali diambil dari nama seorang pelukis tersohor di Spanyol yang beraliran surealis. Hal tersebut berdasarkan rongga-rongga teumbu karang yang ada mirip sekali dengan karya lukisan Salvador Dali.

Spot selanjutnya ialah Coral Pole (tiang karang), Beehive (bunga karang berbentuk sarang lebah), serta Traffic Jam. Keindahan bawah laut di area Traffic Jam sungguh sangat mengagumkan, penyelam yang melihatnya akan tertegun dan berhenti untuk menikmatinya lebih lama.

Karena di area ini banyak menyebabkan para penyelam berhenti, sehingga diibaratkan seperti terjadi sebuah “kemacetan”.

3. Fotografi bawah air

Taman Laut Olele
Taman Laut Olele. Sumber: indonesiatraveler.id

Simak juga: Sinka Island Park

Untuk kamu yang gemar fotografi bawah laut, banyak sekali spot-spot yang dapat kamu abadikan keindahannya. Terumbu karang yang berbeda dan menawan serta ikan-ikan kecil warna-warni yang hilir mudik disekitar terumbu karang, merupakan keadaan bawah laut yang akan banyak kamu temukan yang tentunya harus kamu abadikan.

Taman Laut Olele memiliki terumbu karang yang berbeda-beda, seperti model dinding serta sarang tawon, dengan kondisi yang dapat kita jumpai dengan mudah.

Surga Bagi Para Pecinta Fotografi Bawah Laut
Surga Bagi Para Pecinta Fotografi Bawah Laut. Sumber: wowkeren.com

Tak seperti Bunaken yang ada di Sulawesi Utara, Togean di Sulawesi Tengah, dan Tanjung Benoa yang ada di Bali yang didominasi oleh satu jenis terumbu karang saja.

Sehingga keadaan bawah laut Taman Laut Olele merupakan surganya para pecinta fotografi yang ingin mengabadikan keindahan alam yang satu ini.

4. Desa Wisata

Desa Olele telah ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi Gorontalo sebagai sebuah kawasan wisata pada tahun 2005 lalu. Kemudian, satu tahun kemudian oleh Pemerintah Kabupaten Bone Bolango ditetapkan sebagai Kawasan Konservasi Laut Daerah.

Pemerintah daerah semakin menegaskan Desa Olele sebagai kawasan wisata bahari pada tahun 2013. Selanjutnya mulai dilakukanlah penataan pemukiman dan sarana prasarana yang ada.

Seperti penginapan untuk pengunjung yang ingin bermalam serta kamar mandi umum untuk membersihkan diri setelah mengeksplor keindahan di Taman Laut Olele.

Simak juga: Bukit Langara

Objek Wisata Dekat Taman Laut Olele

Objek wisata yang harus kamu kunjungi selanjutnya ialah

1. Bukit Cinta

Bukit cinta merupakan sebuah tempat wisata favorite anak-anak muda, dari sini kamu dapat melihat Teluk Tomini dari ketinggian. Terdapat sebuah gardu pandang dengan latar Teluk Tomini yang sangat indah, serta kamu dapat melihat pemandangan Kota Gorontalo dari sini. Jangan lupa untuk berfoto di gardu pandang ini, ya!

Bukit Cinta Gorontalo
Bukit Cinta Gorontalo. Sumber: wisato.id

2. Pemandian Air Panas Lombongo

Pemandian ini berjarak sekitar 17 km dari Kota Gorontalo, dan terdapat dua buah kolam alami dengan suhu air yang berbeda. Yakni kolam air panas dan kolam air dingin, dimana kolam air panasnya dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Seperti itulah ulasan yang dapat saya sampaikan mengenai Taman Laut Olele. Keindahan alam dan bawah lautnya harus kamu rasakan sendiri.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan kealamian alamnya, tentu saja jangan lupa siapkan kamera kamu untuk mengabadikan setiap momen yang tercipta.


Leave a Comment