Taman Pasuk Kameluh, Cantiknya Taman Dihiasi Jembatan Yang Gagah

Taman Pasuk Kameluh atau Taman Pasuk Kameloh merupakan sebuah taman yang berada tak jauh dari Sungai Kahayan. Taman tersebut merupakan salah satu tempat favorit warga Palangkaraya menghabiskan waktu bersama.

Layaknya seperti sebuah taman pada umumnya, Taman Pasuk Kameluh selalu ramai dikunjungi ketika sore menjelang, banyak keluarga yang mengantar anak-anak untuk bermain di sekitar taman.

Tak sedikit pula dari muda mudi yang menghabiskan waktu senja mereka dengan menikmati alam di sekitar Taman Pasuk Kameluh.

dekorasi taman yang cantik
dekorasi taman yang cantik. google maps. sumber: Nugraha Pratama

Simak juga: Wisata Banjarmasin

Berikut merupakan ulasan lengkap yang harus kamu ketahui sebelum mengunjungi taman andalan di Kota Palangkaraya ini:

Lokasi Taman Pasuk Kameluh

Taman Pasuk Kameloh berada di tengah Kota Palangkaraya, tepatnya di Jl. S. Parman, Langkai, Kecamatan Pahandut, Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah.

Rute Menuju Taman Pasuk Kameluh

Rute menuju Taman Pasuk Kameluh sangat mudah sekali, jaraknya kira-kira kurang dari 1 km dari Bunderan Besar Palangkaraya.

Kamu dapat menggunakan angkutan umum ataupun kendaraan pribadi untuk tiba di taman. Lokasinya bersebelahan dengan Tugu Soekarno dan berada di bawah Jembatan Kahayan.

lokasinya berada di bawah jembatan kahayan
lokasinya berada di bawah jembatan kahayan. google maps. sumber: silvia Indonesia

Jam Buka Taman Pasuk Kameluh

Tidak ada batasan waktu khusus untuk mengunjungi Taman Pasuk kameluh ini, suasana malam akan terasa jauh lebih cantik dibanding siang hari.

Namun tetap karena harus menjaga dan mematuhi protokol kesehatan Covid-19 ya, karena kita belum terbebas dari pandemi tersebut.

Tiket Taman Pasuk Kameluh

Mengenai tiket masuk pun tidak ada alias gratis, jika kamu membawa kendaraan pribadi hanya perlu membayar uang parkir saja.

Fasilitas Taman Pasuk Kameluh

Fasilitas umum yang ada di sekitar Taman Pasuk Kameloh yakni:

  • Area parkir kendaraan
  • Toilet
  • Wifi gratis
  • Masjid
  • Tempat duduk
  • Tempat kuliner

Daya Tarik Taman Pasuk Kameluh

1. Deskorasi Taman Yang Cantik

Simak juga: Kebun teh Sukawana

Sebelum membahas cantiknya dekorasi dari Taman Pasuk Kameluh, kita bahas dulu mengenai asal mula penyematan nama Pasuk Kameluh.

Kata Pasuk Kameluh diambil dari Bahasa Dayak yang bermakna bakul gadis, maksudnya ialah barang yang dimiliki seorang gadis yang cantik.

Sebagian masyarakat mengartikan Pasuk Kameluh layaknya kantong semar yang mengeluarkan panorama yang indah.

suasana di malam hari
suasana di malam hari. google maps. sumber: 45 bruh

Hal tersebut memang benar adanya, dimana alam di sekitar taman masih terjaga dengan baik apalagi ditambah dengan dekorasi taman yang maksimal sehingga saling melengkapi.

Jalan-jalan sore di sekitar taman akan terasa menyenangkan apalagi banyak tempat duduk yang menghadap langsung ke arah Sungai Kayangan.

Suasana di malam hari akan terasa berbeda dengan hiasan lampu warna warni yang semakin membuat kita betah berlama-lama di Taman Pasuk Kameluh.

2. Masjid Darul Amin Yang Menawan

masjid darul amin
masjid darul amin. google maps. sumber: Annisa Rahmawati

Simak juga: Taman Ujung Bali

Setelah puas berkeliling Taman Pasuk Kameluh, mata kamu akan tertuju pada sebuah bangunan megah dengan gaya arsitektur yang sangat menawan.

Sebuah bangunan berwarna hijau dan putih tersebut merupakan sebuah masjid yang bernama Masjid Darul Amin. Atapnya yang berbentuk kerucut merupakan ciri khas dari masjid tersebut.

Masjid Darul Amin terdiri dari 3 lantai dibangun menjorok ke arah sungai, sehingga seakan-akan terapung di atas air. Keberadaanya menambah daya tarik yang ada di Taman Pasuk Kameluh.

3. Banyaknya Spot Selfie

landmark taman pasuk kameluh
landmark taman pasuk kameluh. google maps. sumber: Taufik Maulana

Simak juga: Taman Buah Mekarsari

Selain bersantai dan menghabiskan waktu bersama keluarga ataupun bersama orang terkasih, Taman Pasuk Kameluh juga merupakan tempat yang tepat untuk berfoto.

Berikut beberapa spot foto yang ada di Taman Pasuk Kameluh:

  • Landmark Taman Pasuk Kameluh itu sendiri
  • Masjid Darul Amin yang memiliki arsitektur yang mengagumkan
  • Area taman yang cantik
  • Jembatan Kahayan yang gagah
  • Patung Burung Enggang atau Tinggang yang merupakan maskot dari Kalimantan Tengah
salah satu spot foto
salah satu spot foto. google maps. sumber: Rusma Gin

4. Wisata Kuliner Di Bawah Jembatan Kayangan

Simak juga: Mangrove kulon Progo

Setelah puas berkeliling di sekitar taman dan beribadah di Masjid yang keren, saatnya mencoba kuliner khas yang berada di bawah Jembatan Kayangan.

Lokasi wisata kuliner tersebut buka mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam, menawarkan beragam kuliner khas Kalimantan Tengah.

Kamu akan menikmati sajian yang ada dengan view Sungai Kayangan secara langsung, harga yang ditawarkan pun bervariatif namun aman dikantong.

taman pasuk kameluh senja hari
taman pasuk kameluh senja hari. google maps. sumber: Dapoer Shofia

Penutup

Demikian sedikit cerita tentang Taman Pasuk Kameluh yang menjadi lokasi favorit untuk menikmati senja di sore hari bersama orang-orang yang disayangi.

Keindahannya mampu mengalihkan kita dari kesibukan yang terus menghampiri.


Leave a Comment