Taman Pelangi Jogja, Wisata Malam Hari untuk Seluruh Keluarga

Wisata Taman Pelangi Jogja Monjali cocok sekali sebagai wisata keluarga, maupun untuk kalangan anak muda. Pemandangan lampion di malam hari begitu memanjakan mata, serta sangat bagus sekali menjadi tempat berburu foto selfie yang keren.


Taman Pelangi Jogja wisata malam yang coock untuk seluruh anggota keluarga
Taman Pelangi Jogja. Image via: @iqballcoeg

Terdapat berbagai macam jenis lampion dengan desain yang indah. Beberapa lampion populer diantaranya seperti: lampion pohon Sakura, lampion burung Merak, lampion burung Unta, lampion Naga, lampion tokoh kartun, lampion Beruang, lampion wajah Tokoh Nasional, dan masih banyak yang lainnya.

Bila berkunjung ke wisata Taman Pelangi Monjali, dipastikan tak sabar untuk segera berfoto-foto. Berburu foto bukanlah aktivitas satu-satunya di sana, kamu masih bisa menikmati aneka wahana permainan di Taman Pelangi.

Adapun berbagai permainan yang asyik diantaranya seperti: Speed Bot, Junior Jet, Safari Train, Becak Mini, ATV, Bola Air, dan masih banyak yang lainnya.

Berkunjung ke Taman Pelangi Jogja, tidak perlu khawatir kelaparan, karena tersedia food court yang menyajikan aneka hidangan seperti: Mie, Batagor, Siomay, dan lain-lain.

lampion bentuk binatang sayalah satu daya tarik di taman pelangi jogja
Harimau cahaya. Image via: traveloskyholiday.com

Simak juga: Wisata seputar Jogja.

Lokasi Taman Pelangi Jogja

Lokasi taman lampion ini berada di dalam area Monumen Jogja Kembali, Jalan Ring Road Utara, Sariharjo, Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Rute Menuju Taman Pelangi Jogja

Rute mencapai Taman Pelangi, bagi pengunjung yang datang dari Stasiun Tugu, dapat berjalan menuju Halte Malioboro 1, lalu naik bus Trans Jogja rute 2A dan turun di Halte Ring Road Utara.

Sedangkan bagi pengunjung yang datang dari Terminal Jombor, bisa naik bus Trans Jogja rute 2B dan turun di Halte Ring Road Utara.

Jam Buka Taman Pelangi Jogja

Karena taman ini dominan dengan kerlip lampu. Maka jam buka taman pun menyesuaikan. Taman wisata ini dibuka mulai sore hingga malam hari.

Senin-Jumat dari jam 16.30 sampai jam 22.00. Pada Akhir pekan buka dari jam 17.00 sampai jam 23.00.

Lorong berhiaskan ratusan lampion jadi salah satu spot idola di taman pelangi jogja
Susuri lorong harapan. Image via: tripzilla.id

Tiket Taman Pelangi Jogja

Untuk bisa menyaksikan warna-warni lampion di Taman Pelangi pengunjung dikenakan biaya tiket Rp 15.000 pada hari biasa, dan Rp 20.000 pada akhir pekan.

Fasilitas Taman Pelangi Jogja

Fasilitas yang disediakan di taman ini cukup memadai. Tersedia Area parkir di sekitar kawasan Taman memadai untuk menampung puluhan unit mobil dan motor. Penjaga parkir juga merupakan petugas resmi sehingga cukup aman.

Fasilitas toilet juga tersedia dengan jumlah yang cukup memadai. Serta ada food-court dengan ragam pilihan makanan pada salah satu sudut taman.

Aktivitas Menarik di Taman Pelangi Jogja

  1. Lampion Aneka Jenis

Lampion berbentuk karakter binatang beruang kutub di taman pelangi jogja
Lampion beruang kutub. Image via: tempatasik.com

Simak juga: Lampion Suroboyo Carnival.

Aneka lampion dari yang berukuran kecil, sedang, sampai besar tersebar di setiap sisi taman pelangi Jogja yang mengelilingi Monumen Jogja kembali.

Warna-warni yang disajikan di tengah gelap malam tentu menjadi daya tarik yang memikat mata. Selain indah dipandang mata, aneka lampion ini juga sangat bisa diandalkan sebagai tempat berfoto dan selfie,

Kecantikan lampion sudah bisa dirasakan sejak awal memasuki taman. Terdapat dua pintu masuk di Taman Pelangi yaitu Pintu Barat dan Pintu Timur. Jika masuk dari Pintu Timur, pengunjung langsung disambut gerbang berupa lampion besar berbentuk setengah lingkaran bagai pelangi berwarna warni.

Selanjutnya, pengunjung bisa mengarahkan diri ke deretan lampion yang berbentuk flora dan fauna. Ada juga lampion berbentuk tokoh kartun Disney, kartun jepang, dinosaurus, naga, serta kehidupan bawah laut yang sangat menarik perhatian terutama anak-anak.

karakter cerita rakya tradisional pun dijadikan variasi bentuk lampion di taman pelangi jogja
Cindelaras dalam cahaya. Image via: jogja.korinatour.co.id

Tidak ketinggalan juga dengan nilai kebangsaan, ada juga lampion yang berbentuk wajah para tokoh pemimpin bangsa.

Setiap beberapa bulan sekali, lampion-lampion dan lampu-lampu hias di taman ini selalu diganti atau ditambah dengan lampion dan tata lampu yang berbeda dari bentuk sebelumnya.

Proses penambahan dan perubahan lampion tersebut untuk memelihara daya tarik taman dan minat pengunjung, untuk sering datang ke taman ini. Jadi walau pengunjung sudah pernah datang dan bahkan beberapa kali datang, pengunjung akan selalu senang karena bisa menikmati hal baru di taman pelangi jogja ini.

  1. Lampu hias Unik

Pohon pohon buatan dihias dengan rangkaian lampu ias aneka warna menyemarakkan suasana di taman pelangi jogja.
Di bawah pohon cahaya. Image via: wisatatempatku.com

Simak juga: Lampion Batu Night Spectacular.

Selain lampion indah beraneka bentuk, Taman pelangi jogja juga memiliki pohon-pohon buatan yang dihiasi beraneka lampu hias warna warni. Berfoto di antara pepohonan lampu tersebut seolah-olah membawa pengunjung berada di hutan fantasi bertabur cahaya.

Ada juga lorong yang bagian atasnya digantungi ratusan lampu, hingga area rumput yang  ditutupi barisan lampu-lampu kecil menjadi atraksi yang selalu mengundang perhatian. Terlebih anak muda untuk mempercantik foto di media sosial mereka.

  1. Puri Hantu

puri hantu di taman pelangi jogja tampil beda dengan hnatu yang bisa muncul secara mendadak
Gerbang Puri Hantu. Image via: Masee Sigit

Petualangan di taman pelangi tidak melulu soal mencari foto cantik saja. Di sini juga ada rumah hantu, yang diberi nama Puri Hantu. Harga karcis masuk sebesar Rp.10.000. Tempatnya cukup seram dan hantu di sini juga menyeramkan, dan suka muncul tiba-tiba. Hal ini  tentu benar-benar membuat olahraga jantung malam hari.

Setelah membeli tiket, pengunjung diarahkan menuju ke gerbang masuk. Gerbang ini sendiri sudah menampakkan nuansa seram dengan berbagai aksesoris. Selain terdapat tirai kain yang berwarna putih, ada juga hiasan semacam lampu api.

Di bagian atas gerbang terdapat ornamen serupa mayat korban bunuh diri dengan cara digantung. Lebih seram lagi yang tergantung itu adalah wujud kuntilanak. Sedangkan di bagian kanan dan kiri gerbang terdapat ornamen berupa gambar Boneka Chucky dan hantu Pocong.

Pada akhir perjlanan di puri hantu taman pelangi jogja, pengujung bsia foto bareng dengan karakter hantu penghuni puri
Hantu bisa narsis juga. Image via: dewiipah

Simak juga: malang night Paradise.

Kejutan pertama setelah masuk puri hantu adalah peti yang berisikan mayat. Ketika melewati area yang ada pepohonan, teror hantu mulai berdatangan. Kemunculan hantu-hantu itu sering kali tiba-tiba dan mengagetkan. Sosok hantu yang muncul sangat menyeramkan, mulai dari hantu pocong, kuntilanak, genderuwo, mumi, dan berbagai macam hantu lokal dan import.

Hantu-hantu itu bisa muncul dari samping, belakang, depan atau bahkan dari atas pohon. Tentu suasana sangat mencekam ketika hantu-hantu itu mulai mendekati dan menampakkan wujudnya. Tak jarang terdengar suara pengunjung yang berteriak-teriak karena ketakutan.

Setelah beberapa lama mendapat teror dari hantu-hantu itu, menjelang pintu keluar, ternyata ada bonus bagi pengunjung wahana. Pengunjung bisa berfoto ria bersama hantu-hantu itu secara gratis.

  1. Wahana Permainan

Komidi Putar Anak di taman pelangi jogja menjadikan tempat ini juga digemari anak anak
Komidi putar dalam cahaya. Image via: 王梦依

Menariknya, selain Taman cahaya, taman pelangi jogja juga memiliki berbagai atraksi wahana permainan lain. Fasilitas permainan Taman Pelangi cukup lengkap mulai dari wahana yang menegangkan sampai wahana permainan air.

Di taman ini tersedia wahana seperti bola air, perahu dayung, battery car, euro bungae, rumah ballon, trampoline, junior jet, bumper boat, speed boat, halicak, sepeda tandem, bom bom car, ATV, safari train, becak air dan masih banyak yang lainnya.

Masing-masing wahana permainan dapat dimanfaatkan dengan membayar tiket permainan berkisar Rp.10.000- 20.000. Pengunjung tidak perlu khawatir dengan keselamatan , karena setiap permainan mempunyai tingkat keamanan yang profesional di bidang keselamatan .

Lampion bentuk Presiden Indonesia dari semua era ada di taman pelangi jogja
Para president. Image via: https://travelingyuk.com/taman-pelangi-jogjakarta/108751/

Simak juga: Klenteng Sam Poo Kong

Tips Mengunjungi Taman Pelangi Jogja

Liburan pasti kurang berkesan jika misalnya berkunjung pada waktu yang salah. Niat awal ingin mendapatkan gambar yang terbaik namun akhirnya sia-sia saja. Nah hal tersebut tidak akan pernah terjadi di Taman Pelangi apabila memperhatikan beberapa hal di bawah ini:

  • Datanglah ke taman pelangi jogja pada saat cuaca yang cerah atau tidak sedang musim hujan
  • Untuk hasil foto maksimal, sebaiknya datang di hari bukan libur. Atau minimal bukan libur besar. Sehingga tidak terlalu ramai dan bisa leluasa memilih sudut pengambilan gambar.
  • Makan dan minum di tempat kuliner Taman Pelangi setelah lelah jalan-jalan
  • Jika Anda mengajak anak-anak maka sewa kostum untuk mereka berfoto di Taman Pelangi
spot hati memebrikan kesans angat romantis pada foto berdua di taman pelangi jogja
Aku tresno karo kowe. Image via: tuguwisata.com

Objek Wisata Dekat Taman Pelangi Jogja

Untuk pengunjung yang belum puas bermain-main di wahana yang ada di taman pelangi, bisa melanjutkan di wahana permainan siang hari yang lebih lengkap. Pilihan yang tersedia dalam jarak hanya 9 km adalah Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark di Jalan utara stadion, Maguwoharjo.

Dengan luas total area 7 Ha, dengan 19 wahana permainan air. Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark merupakan taman wisata air terbaru satu satunya di Indonesia dengan mengusung tema bajak laut yang memadukan unsur Pulau Jawa dan Eropa.

Bagi pengunjung yang memiliki ketertarikan dengan seni dan sejarah seni, bisa melanjutkan kunjungan ke museum Affandi. Museum hanya 9 km dari taman. Museum yang berada di tepi Sungai Gajah Wong ini menyimpan banyak lukisan karya Affandi. Selain itu, museum juga menyimpan benda peninggalan Affandi seperti mobil, dan sepeda.

Demikianlah ulasan nativeindonesia.com tentang keseruan aktivitas di Taman Pelangi Jogja. Jangan lupa ajak keluarga, sahabat, teman untuk menikmati wisata yang satu ini. Rame-rame lebih seru.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment