Taman Pelangi Jogja, Wisata Malam Jogja Yang Instagramable

Taman Pelangi Jogja menjadi sebuah penegasan bahwa Jogja sangat layak dijadikan sebagai destinasi wisata nasional. Taman Pelangi Jogja menjadi sebuah cerminan tentang nilai kreativitas, kebutuhan wisata era kekinian, yang berpadu dengan wisata kuliner khas Jogja.

Tempat wisata di Jogja memang sangat banyak sekali, dari mulai objek wisata bertemakan alam, kuliner, hingga objek wisata bertemakan sejarah.

lorong pelangi
lorong pelangi. google maps. sumber: wan architect

Rata – rata kunjungan ke tempat wisata yang ada di Jogja dilakukan di siang hari. Oleh karena itu, keberadaan Taman Pelangi Jogja menjadi pelengkap kesempurnaan wisata di Yogyakarta.

Taman Pelangi Jogja sangat terkenal sebagai wisata malam Jogja, yang sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga, dan wisata kuliner di malam hari.

Meskipun banyak juga kaula muda yang datang ke Taman Pelangi Jogja. Justru hal tersebut juga mengisyaratkan bahwa Taman Pelangi Jogja tersaji untuk semua kalangan, dan semua usia.

taman pelangi jogja
taman pelangi jogja. google maps. sumber: Taman Pelangi Jogja

Simak juga: Wisata seputar Jogja.

Asal – Usul Taman Pelangi Jogja

Jika anda kebingungan kenapa Taman Pelangi Jogja masuk sebagai kategori wisata malam Jogja, atau bertanya-tanya “emang pelangi muncul di malam hari?”, maka inilah jawabannya.

Sejarah penamaan Taman Pelangi Jogja merujuk kepada view yang dihadirkan di kawasan tersebut. Taman Pelangi Jogja dipenuhi oleh lampu –lampu, dan lampion, yang berwarna – warni layaknya sebuah pelangi.

Kondisi tersebut menjadi hiperbola, sekaligus menjadi sejarah penamaan Taman Pelangi Jogja. Bahkan, patung-patung yang ada di area Taman Pelangi Jogja bisa menyala.

Penamaan taman pelangi bukan hanya di Jogja saja, namun ada di beberapa tempat lainnya. Seperti:

  • Taman Pelangi Surabaya
  • Taman Pelangi Sentul
  • Taman Pelangi Bogor
  • Taman Pelangi Pangalengan
banyak spot foto keren
banyak spot foto keren. google maps. sumber: Zilla Mirza

Simak juga: Lampion Suroboyo Carnival.

Adapun Taman Pelangi yang sedang kita bahas saat ini adalah Taman Pelangi Jogja yang terletak di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Lokasi & Alamat Taman Pelangi Jogja

Lokasi Taman Lampion Jogja berada di dalam kawasan Monumen Jogja Kembali.

Alamat lengkapnya di Jl. Ring Road Utara, Sariharjo, Kecamatan Ngagklik, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta.

Rute Menuju Taman Pelangi Jogja

Rute menuju Taman Pelangi Jogja, dengan menggunakan kendaraan umum yakni jika bergerak dari Stasiun Tugu dengan menuju Halte Malioboro 1, kemudian naik bus Trans Jogja rute 2A dan turun di Halte Ring Road Utara.

Untuk kamu yang datang dari arah Terminal Jombor dengan naik bus Trans Jogja rute 2B, dan turun di Halte Ring Road Utara.

satu kawasan dengan monumen yogya kembali
satu kawasan dengan monumen yogya kembali. google maps. sumber: planet art

Simak juga: Lampion Batu Night Spectacular.

Jam Buka Taman Pelangi Jogja

Jam operasional Taman Pelangi Jogja dibuka mulai pukul 16.30 hingga pukul 22.00, namun jika weekend tiba dapat tutup lebih malam.

Dan dibuka setiap hari Senin hingga Minggu.

Tiket Taman Pelangi Jogja

Tiket Taman Pelangi Jogja dengan membayar tiket sebagai berikut:

  • Senin hingga Jumat membayar Rp. 15.000,- per orang
  • Sabtu dan Minggu dan hari libur lainnya sebesar Rp. 20.000,- per orang
terdapat wahana permainan
terdapat wahana permainan. google maps. sumber: paramita sutopo

Simak juga: malang night Paradise.

Fasilitas Taman Pelangi Jogja

Fasilitas yang ada di Taman Pelangi Jogja diantaranya:

  • Area parkir yang cukup luas
  • Toilet
  • Foud Court
  • Wahana permainan

Daya Tarik Taman Pelangi Jogja

selamat datang di taman pelangi
selamat datang di taman pelangi. google maps. sumber: Hasim Ikhwanudin

Simak juga: Klenteng Sam Poo Kong

1. Lampu, Atau Lampion

Daya tarik yang pertama dari Taman Pelangi Jogja adalah kawasan yang dihiasi dengan aneka lampu yang berwarna-warni, serta lampion, sehingga menyajikan spot yang Instagramable.

Wisata malam biasanya kurang identik dengan spot Instagramable, namun berbeda dengan Taman Pelangi Jogja, alam sekitar yang berpadu dengan lampu, atau lampion, akan menjadikan hasil jepretan kamera anda layak diposting di media sosial.

2. Aneka Bentuk Patung Yang Menyala

Daya tarik selanjutnya dari Taman Pelangi Jogja adalah keberadaan beberapa replika, atau patung – patung yang bisa menyala. Tentu saja hal tersebut menjadi spot favorit pengunjung untuk melakukan selfie.

Selain itu, kenapa Taman Pelangi Jogja sangat layak menjadi wisata malam bagi keluarga? Karena di area tersebut terdapat banyak sekali ragam permainan yang bisa dinikmati oleh anda, dan keluarga.

spot foto lainnya
spot foto lainnya. google maps. sumber: Indra Rachmawan

3. Satu Kawasan Dengan Museum Monumen Yogya Kembali

Taman Pelangi Jogja buka dari sore hingga malam hari.  Anda tidak perlu menunggu sore hari, karena lokasi Taman Pelangi Jogja satu kawasan dengan Museum Monumen Jogja Kembali.

Museum tersebut buka saat pagi hingga sore hari. Sehingga saat menunggu dibukanya Taman Pelangi Jogja, anda dan keluarga bisa terlebih dahulu melakukan wisata sejarah di Museum Monumen Jogja Kembali.

4. Wisata Kuliner

kuliner di malam hari
kuliner di malam hari. google maps. sumber: Emy Prihartiningsih

Tak lengkap rasanya jika wisata malam tidak ditutup dengan wisata kuliner. Di kawasan Taman Pelangi Jogja terdapat banyak sekali stand kuliner khas jogja yang bisa anda nikmati.

Harganya sangat bersahabat, dan tidak menguras isi dompet. Tetapi tidak mengurangi citarasa yang disajikan.


Tinggalkan komentar