Taman Rekreasi Wiladatika, Healing di Beautiful Garden

Taman Rekreasi Wiladatika sering disebut berada di Cibubur, secara administratif taman cantik ini berada di Kecamatan Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

Karena memang lokasinya berdekatan dengan Bumi Perkemahan (Buperta) Cibubur, sehingga sering disebut juga Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur.

Siapa yang tidak mengenal Taman Rekreasi Wiladatika? Taman ini selalu dijadikan lokasi syuting FTV, sinetron, iklan, ataupun video klip. Tak heran, karena memang taman ini luas juga memiliki view yang amazing banget.

taman rekreasi wiladatika
taman rekreasi wiladatika. google maps. sumber: Hifzi Nurfahma

simak juga: taman lembah gurame

Ketika awal pandemi kita diharuskan berdiam diri di rumah, dan mengerjakan keseharian kita secara online. Saat ini hampir semua tempat wisata sudah mulai dibuka kembali, Taman Rekreasi Wiladatika dapat menjadi lokasi healing mengobati kejenuhan setahun kemarin.

Berikut gambaran tentang Taman Rekreasi Wiladatika sebagai bahan referensi wisata kamu di akhir pekan ini, baik itu bersama keluarga, teman, ataupun orang terkasih.

Lokasi dan Alamat Taman Rekreasi Wiladatika

Lokasi Taman Rekreasi Wiladatika berada tak jauh dari Bumi Perkemahan Cibubur, secara administratif alamatnya berada di Jl. Jambore No.1, Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat.

Rute Menuju Taman Rekreasi Wiladatika

Akses menuju Taman Rekreasi Wiladatika dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun dengan transportasi umum. Jalurnya pun mudah dituju, selain itu kamu juga dapat mengandalkan GPS.

Untuk kamu yang berangkat dari Jakarta dapat naik Transjakarta jurusan Cibubur dan berhenti di Cibubur Junction. Selanjutnya tinggal berjalan kaki sedikit menuju Taman Wiladatika, yang berada tepat di depan.

Bisa juga dengan menggunakan kereta api atau commuter line dengan turun di Stasiun Tanjung Barat, dilanjutkan menggunakan angkutan umum jurusan Kampung Rambutan.

Minta turun di perempatan Pasar Rebo, naik lagi angkot jurusan Jambore, dan turun di depan Taman Rekreasi Wilasatika. Atau bisa juga dengan menggunakan tranportasi online.

gerbang masuk taman rekreasi wiladatika
gerbang masuk taman rekreasi wiladatika. google maps. sumber: tamtomo

simak juga: taman lembah mawar

Jam Buka Taman Rekreasi Wiladatika

  • Jam operasional Taman Rekreasi Wiladatika setiap hari Senin hingga Minggu.
  • Mulai buka pada pukul 08.00 hingga 16.00 waktu setempat.

Harga Tiket Masuk Taman Rekreasi Wiladatika

Harga tiket masuk Taman Rekreasi Wiladatika yakni:

  • Untuk anggota Pramuka sebesar Rp. 5.000,-
  • Pengunjung umum membayar Rp. 10.000,-
  • Parkir motor Rp. 4.000,-
  • Parkir mobil Rp. 8.000,-
  • Parkir bus/truk Rp. 20.000,-

Fasilitas Taman Rekreasi Wiladatika

Fasilitas yang ada di kawasan Taman Rekreasi Wiladatika diantaranya:

  • Area parkir kendaraan,
  • Gazebo,
  • Tempat untuk duduk-duduk,
  • Spot selfie,
  • Aula,
  • Wahana permainan,
  • Toilet,
sering dijadikan lokasi syuting
sering dijadikan lokasi syuting. google maps. sumber: alvi rifqia

simak juga: godong ijo

Daya Tarik Taman Rekreasi Wiladatika

Taman Rekreasi Wiladatika merupakan akronim dari Widya Mandala Krida Bakti Pramuka, yang  mulai dibuka untuk umum pada tahun 1980 dan diresmikan oleh Presiden ke-2 RI yakni Presiden Soeharto pada Bulan Juni.

Tujuan awal dibuatnya Taman Rekreasi Wiladatika ialah sebagai tempat rekreasi yang berbasis pengamalan Pancasila serta sebagai pendanaan kegiatan kepramukaan.

Itu merupakan sedikit informasi mengenai Taman Rekreasi Wiladatika, sebelum akhirnya kita memasuki daya tarik yang dimilikinya.

1. Beautiful Garden

Taman Rekreasi Wiladatika berada di lahan seluas kira-kira 32 hektar, dengan dipenuhi oleh tanaman yang cantik dan juga menyejukkan.

Selain itu terdapat air mancur yang cukup besar di tengah-tengah taman, dan sering menjadi favorit anak-anak untuk menikmati cipratan air mancurnya.

beautiful garden
beautiful garden. google maps. sumber: Ananda Hardiyanugraha

simak juga: studio alam TVRI

Taman ini ditata sedemikian rupa dan sangat baik, sehingga dapat menciptakan beberapa spot taman cantik yang tanamannya terawat dengan sempurna.

Sekilas kita pernah melihat beberapa spot di Taman Rekreasi Wiladatika di beberapa sinetron ataupun FTV, apalagi ketika berada di lorong dengan suasana seperti sedang berada di Jepang.

Bukan hanya sebagai tempat syuting saja, Taman Rekreasi Wiladatika sering juga digunakan untuk kegiatan pemotretan Prewedding.

Cantiknya Taman Wiladatika memang sungguh menarik, ditambah dengan masih banyaknya pepohonan yang rindang di sisi bagian taman yang lainnya.

Terlihat banyak keluarga yang sedang duduk-duduk santai di saung atau gazebo, serta ada pula dari mereka yang menggelar tikar di atas rumput sambil menyantap hidangan yang dibawa dari rumah.

Ya, kegiatan piknik menjadi kegiatan favorit pengunjung ketika mengunjungi Taman Rekreasi Wiladatika. Disamping suasananya sejuk, anak-anak dapat dengan bebas bergerak kesana kemari.

2. Ragam Wahana Permainan

Sebagai sebuah tempat wisata keluarga, Taman Rekreasi Wiladatika juga dilengkapi dengan ragam wahana permainan mulai dari yang gratisan hingga berbayar.

salah satu wahana permainan
salah satu wahana permainan. google maps. sumber: Yoyoy putra

simak juga: taman mekarsari

Beberapa ragam wahana permainan tersebut diantaranya:

  • Perahu air,
  • Bombom car,
  • Kereta api mini,
  • Perosotan,
  • Becak mini,
  • Ayunan, dan lain sebagainya.

Anak-anak dijamin akan betah dan nggak mau pulah deh….Apalagi di sekitar taman ada air terjun buatan yang terlihat alami, kamu dapat mengajak mereka untuk bermain air di sana.

3. Kolam Renang Wiladatika

kolam renang taman wiladatika
kolam renang taman wiladatika. google maps. sumber: Ilu Seaboy

simak juga: tempat wisata di cibubur

Di kawasan Taman Rekreasi Wiladatika terdapat sebuah kolam renang yang memiliki kolam anak juga kolam dewasa. Untuk berenang di kolam renang tersebut, kamu harus mengeluarkan biaya tambahan yakni:

  • Rp. 25.000,- untuk umum
  • Rp. 12.500,- untuk anggota pramuka

Harga di atas merupakan harga tiket masuk di hari biasa, jika weekend dan hari libur harga tiket masuk kolam renang dapat berbeda.


shopee