Taman Selecta, Pesona Indah Dengan Sejarah Menarik di Dalamnya

Berbicara kota batu memang tidak pernah ada habisnya. Selain mempunyai suhu dingin kawasan ini menjadi pusat dan pilihan utama wisata di wilayah jawa timur. Dengan berbagai macam pariwisata yang sudah mempunyai nama. Sebut saja jatim park, Museum Angkut, dan masih banyak lagi wisata yang saat ini sedang dikembangkan untuk dikenal.

Di Kota Batu ini ada salah satu wisata yang cukup unik. Mengapa unik? Karena, hanya disini kawasan wisata alam yang berbalut dengan sejarah panjang kemerdekaan Indonesia. Kawasan ini memang sudah ada sejak dahulu, bahkan sejakl belanda menduduki Indonesia untuk pertama kali, kawasan ini sudah punya nama.

Taman Selecta malang yang dikenal dengan bunga-bunga menggemaskan ini menjadi ikon wisata Kota Batu. Banyak orang yang mungkin belum tahu tentang kisah sejarah yang ada di dalam kawasan ini. Karena, kebanyakan dari mereka hanya fokus pada keindahan taman yang terhampar luas bagaikan berada dalam negeri dongeng.

Taman Selekta Photo Spot 1
Image via: www.instagram.com/rahmy_mey

Sejarah Singkat Taman Selecta

Baiklah, mari kita simak bukti sejarah yang tercatat di kawasan ini seperti yang dibahas diatas. Taman selecta ini dulunya sudah dimiliki oleh penjajahan Belanda sejak tahun 1928. Seiiring berjalannya waktu, kawasan ini berpindah tangan ke Jepang, setelah Jepang berhasil merebut tanah Indonesia dari Belanda.

Di kawasan ini pula presiden pertama soekarno dan beberapa tokoh nasional mengadakan pertemuan tepatnya di villa brandarice atau saat ini villa ini sudah berubah nama menjadi villa Bima sakti. Di villa ini bung karno dan tim menyusun ide perjuangan hingga lahirlah teks proklamasi kemerdekaan.

Disini pula dicetuskan tentang sistem koperasi dan sistem ekonomi kerakyatan. Dimana, Bung Hatta mencoba mencetuskan ekonomi kerakyatan. Nah, ekonomi kerakyatan ini adalah ekonomi yang tidak mengedepankan hutang, mencoba dengan usaha sendiri.

Baca Juga :  Wisata Pantai Indrayanti Jogja, Tiket Masuk, Lokasi Dan Info Lengkap
Taman Selekta Garden 1
Image via: www.instagram.com/meyz

Keindahan Taman Selecta

Taman Selecta mempunyai luas kurang lebih 18 hektar. Dimana, wisatawan akan dihibur dengan banyak sekali wahana. Seperti kolam renang, bunga, waterboom, playground dan masih banyak hal lagi yang bisa ditemukan disini. Kabar menariknya, keindahan selecta ini ternyata sudah sampai ke mancanegara. Jadi, jangan heran bila banyak wisatawan mancanegara datang silih berganti.

Berada di 1100 mdpl membuat taman selecta seperti mempunyai daya magis. Saat menginjakkan kai pertama kali disini. Wisatawan akan meraakan ketenangan dan kesejukkan yang tidak biasa. Tempat ini memang paling tepat bagi wisatawan yang mungkin sudah lellah dengan berbagai macam problema kerja.

Di kolam renang yang disediakan ada perosotan yang cukup tinggi, yang mampu memacu adrenalain wisatawan. Perosotan ini seakan menjadi daya pikat tersendiri. Dimana, dinginnya air membuat kita semua betah untuk berlama-lama. Terlebih lagi, saat wisatawan datang pada saat siang hari.

Taman Selekta Pool
Image via: www.instagram.com/ayu_sjn

Disini pula wisatawan bisa melihat cinema 4 dimensi yang seru dan menyenangkan. Cimena ini tergolong baru dengan sensasi berbeda dengan bioskop yang pernah wisatawan lihat. Film yang diputar akan terasa sangat nyata, sehingga siapkan jantung dan diri wisatawan saat menonton film di sini.

Untuk titik spot foto, sobat native bisa memnafaatkan sebuah jembatan canti nan lucu. Dimana, di sekitar jembatan ini ada hamparan bunga yang indah berwarna-warni. Biasanya, titik ini menjadi titik favorit bagi setiap sobat native yang datang ke tempat ini. Jembatan ini terasa sangat special karena, dibawahnya ada danau yang tenang dengan air yang cukup jernih.

Selain itu, di kola mini ada beberapa ikan-ikan lucu nan menggemaskan yang menjadi daya pikat tambahan bagi setiap wisatawan untuk datang dan memanfaatkan kawasan ini.

Baca Juga :  Kuntum Farm Field, Tempat Wisata Keluarga di Bogor yang Populer

Kawasan ini pun juga menyediakan princes flower. Wisatawan bisa bertanya apa pun tentang bunga-bunga atau apa pun yang ada disini. Atau bisa juga meminta untuk foto bersama sebagai sebuah kenangan yang tidak bisa dilupakan.

Taman Selekta Photo Spot
Image via: www.instagram.com/bagus_natya

Perut keroncongan? Tenang, di sini sudah banyak restoran dengan berbagai konsep alam dan berbagai macam menu makanan yang enak-enak. Dari segi harga pun juga cukup murah. Dengan cita rasa super lezat, dijamin lidah tidak sanggup untuk berhenti menguyah. Ditambah lagi, dikawasan ini ada lebih dari ratusan restoran. Bagaimana bingungkan?

Untuk memenuhi kebutuhan akomodasi wisatawan. Di taman selecta sudah banyak tersedia hotel dan juga villa. Rasakan keseruan menginap di hotel dekat taman selecta. Jangan kaget bila sobat native akan mendapatkan pelayan seperti ratu dan raja. Benar-benar surga dunia yang datang secara tiba-tiba.

Alamat Dan Rute Lokasi

Alamat lokasi ini berada di jalan raya selecta No.1, Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur 65336. Jarak dari pusat kota Malang kurang lebih 13 km. jarak yang cukup dekat dengan rute yang tidak terlalu membingungkan pula. Karena, kawasan ini dekat dengan museum angkut dan jatim park.

Titik poinnya adalah kawasan wisata alun-alun kota batu malang. Setelah sampai disini, arahkan kendaraan menuju ke Jalan Gajah mada. Setelah bertemu dengan gedung kantor BCA sobat native akan menemukan papan petunjuk yang akan mengarahkan sobat native menuju ke kawasan ini.

Bila, bingung alangkah baiuknya untuk naik kendaraan umum. Dimana, wisatawan bisa memulainya dari terminal arjosari. Naik angkutan biru tujuan terminal landungsari. Kode angkutan bisa AL atau juga ADL. Kemudian, ganti dengan menggunakan angkutan berwarna pink dengan jurusan Terminal landungsari – terminal kota batu.

Baca Juga :  Pantai Lovina, Pesona Sunset dan Lumba-Lumba di Bali

Langkah terakhir adalah naik angkutan umum berwarna oranye. Dengan tujuan terminal batu menuju ke taman selecta dan coban talun. Wisatawan akan diantar hingga menuju ke pintu depan kawasan taman selecta. Mudah bukan dengan menggunakan kendaraan umum?

Taman Selekta Statue
Image via: www.instagram.com/herrydenbo

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk kawasan ini 35 ribu rupiah saja. Ditambah dengan biaya parkir mobil sebesar 10 ribu rupiah dan 5 ribu rupiah bagi wisatawan yang menggunakan motor. Harga yang seimbang dengan apa yang akan di dapat disini.

Nah, bagi sobat native yang ingin bermain berbagai macam wahana permainan yang disediakan disini. Sobat Native harus membayar setiap wahana permainannya. Berikut ini, daftar harga permainan yang tersedia di kawasan ini:

1. Sky Bike : Rp 20.000,-
2. Playgorund : Rp 10.000,-
3. Kidde Ride : Rp 5.000,-
4. Pemandian Air Panas : Rp 5.000,-
5. Perahu Bebek : Rp 15.000,-
6. Menunggang kuda : Rp 10.000
7. Flying fox : Rp 20.000

Bagi, wisatawan yang ingin menyewa baju renang kawasan ini menyewakan baju renang dengan harga muali dari 10 ribu. Ada juga ban untuk renang yang dipatok dengan harga 5 ribu rupiah.

Nah, sudah tahu kan sekarang bagaimana eloknya taman selecta yang ternyata tidak hanya memiliki keindahan alamnya saja. Melainkan, memiliki keindahan sejarah yang patut untuk dikenang. Sama seperti halnya wisatawan yang berkunjung kesini yang akan selalu mengenang taman selecta. Kalau kamu, kapan pergi ke taman ini?

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.