Taman Sungai Mudal, Bak Secuil Taman Surga Di Tanah Kulon Progo

Taman Sungai Mudal, sebuah objek wisata alam terbuka yang terletak di Kabupaten Kulon Progo, yang menawarkan pesona sebuah kolam pemandian yang bersumber dari mata air alami.

Mata airnya bersumber dari sebuah goa, sehingga kehadiran Taman Sungai Mudal menjadi mengesampingkan kesan angker dari sebuah goa. Apalagi ditambah dengan dukungan fasilitas yang membuat para wisatawan merasa nyaman saat berada di sana.

Taman Sungai Mudal menjadi salah-satu wisata Kulon Progo yang selalu menjadi destinasi utama saat liburan tiba. Salah-satu alasan utamanya dikarenakan Taman Sungai Mudal mampu menjadi destinasi wisata keluarga yang menyenangkan.

Lalu apa saja sebetulnya yang menjadi daya tarik dari Ekowisata Taman Sungai Mudal? Yuk kita simak reviewnya…

ekowisata taman sungai mudal
ekowisata taman sungai mudal. google maps. sumber: Dani Enam

Simak juga: wisata sekitar Jogjakarta

Sejarah Taman Sungai Mudal

Sejarah Taman Sungai Mudal momentum awalnya dimulai sekitar tahu 2011, melalui program bersih-bersih saluran air yang dilakukan oleh masyarakat setempat.

Niat awalnya upaya membersihkan saluran mata air yang bersumber dari sebuah goa. Karena airnya yang jernih selalu dipakai untuk kebutuhan masyarakat.

Menyadari betapa besarnya potensi, dan pesona alam yang ada di Banyunganti, maka dimulailah penataan kawasan tersebut menjadi sebuah objek wisata.

air kolamnya berwarna hijau toska
air kolamnya berwarna hijau toska. google maps, sumber: sikeciltedd 93

Termasuk membuat kolam yang bersumber dari mata air tersebut, ditambah dengan penataan fasilitas pendukung lainnya. Pada akhirnya, view yang mewujud menjadi sebuah taman yang sangat indah, dengan kolam yang eksotis.

Adapun istilah Mudal, salah-satunya merujuk kepada kondisi air yang selalu melimpah, tidak pernah surut, jernih, sehingga mampu bermanfaat untuk kehidupan masyarakat.

Lokasi dan Alamat Taman Sungai Mudal

Lokasi dan alamat Taman Sungai Mudal berada di Dusun Banyunganti, Desa Jati ulyo, Kecamatan Giri Mulyo, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Rute Menuju Ekowisata Taman Sugai Mudal

Jalan menuju Ekowisata Taman Mudal, atau disebut juga Taman Sungai Mudal dari Jogja hanya berjarak 32 kilometer, denga waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Akses jalannya sudah baik, serta bisa dilalui oleh kendaraan jenis motor maupun mobil hingga area parkir Taman Sungai Mudal.

airnya yang mengalir sangat jernih
airnya yang mengalir sangat jernih. google maps. sumber: Anandyta Khoirunnisa

Jam Buka Taman Sungai Mudal

  • Jam operasional Taman Sungai Mudal buka dari pukul 08.00 – 16.00.
  • Taman Sungai Mudal buka setiap hari selama seminggu

Harga Tiket Masuk Taman Sungai Mudal

  • Tiket masuk Taman Sungai Mudal Rp. 10.000 per orang
  • Para pengunjung dikenakan biaya tambahan, jika ingin menggunakan wahana seperti flying fox
penataan taman yang sangat baik
penataan taman yang sangat baik. google maps. sumber: Ardia Handayani

Simak juga: Bayangan gunung sinduro di Embung Kledung

Fasilitas di Taman Sungai Mudal

Fasilitas di Ekowisata Taman Sungai Mudal Kulon Progo sudah terbilang sangat lengkap untuk menunjang kenyamanan berwisata. Seperti :

  • Area parkir
  • Toilet
  • Kantin
  • Gazebo
  • Ragam wahana
  • Fasilitas penunjang berenang

Daya Tarik Taman Sungai Mudal

Secara umum, daya tarik Ekowisata Taman Sungai Mudal yang disajikan untuk para pengunjung diklasifikasikan menjadi 3 hal. Yaitu :

1. Kolam Pemandian

kolam pemandian yang dihiasi taman indah
kolam pemandian yang dihiasi taman indah. google maps. sumber: alwi rohtama

Simak juga: Air Terjun Tertinggi di Indonesia, Sigura Gura

Daya tarik yang pertama dari Taman Sungai Mudal Kulon Progo adalah kolam renang, atau kolam pemandian yang bersumber dari mata air yang ada di sebuah goa.

Airnya jernih, dan didominasi oleh warna hijau tosca. Sehingga sulit menahan hasrat untuk berenang di kolam tersebut, apalagi saat cuaca sedang terik.

Kolamnya sudah ditata secara baik, serta terdapat dua kolam yang diperuntukan bagi orang dewasa dan anak-anak. Fasilitas penunjang seperti ban pelampung juga tersedia.

2. Taman Yang Indah

suasana alam yang masih asri
suasana alam yang masih asri. google maps. sumber: aRiez 0193

Jika menggunakan gaya bahasa hiperbola, maka tidak ada salahnya taman yang ada di Taman Sungai Mudal layaknya secuil taman surga yang diturunkan di tanah Kulon Progo.

Taman tersebut mengitari area kolam. Bunga-bunga yang indah, jalur trekking yang tertata, serta beberapa gazebo untuk melepas lelah, adalah beberapa bagian keindahan taman tersebut.

3. Ragam Wahana Wisata

Simak juga: Indahnya Bukit luas Warinding

Keseruan wisata di Taman Sungai Mudal semakin lengkap dengan adanya fasilitas penunjang lainnya, atau ragam wahana yang bisa dinikmati oleh semua kalangan. Seperti :

  • Flying fox
  • Camping Area
  • Hunting Foto
  • Dekat dengan lokasi Air Terjun Kembang Soka
  • Dekat dengan lokasi Air Terjun Kedung Pedut
landmark ekowisata taman mudal
landmark ekowisata taman mudal. google maps. sumber: Aulia Ardiani

Penutup

Demikian ulasan tentang Taman Sungai Mudal, semoga mampu menjadi sebuah inspirasi untuk menjaga kelestarian alam yang ada di sekitar kita.

Patuhi protokol kesehatan, dan protokol keamanan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah, maupun oleh pihak pengelola ya….


Tinggalkan komentar