Taman Sungai Mudal, Mata Air Irigasi yang Menjelma Jadi Ekowisata Menawan

Ekowisata Taman Sungai Mudal, tempat sempurna bagi anda pencinta wisata air, petualangan, sekaligus mempelajari ilmu alam. Sekitar 95 meter dari lokasi mata air terdapat air terjun. Spot menarik setelahnya adalah jeram-jeram dan lubuk yang ada setelah air terjun Mudal.


Ekowisata Taman Sungai Mudal, tempat sempurna bagi anda pencinta wisata air, petualangan, sekaligus mempelajari ilmu alam
Taman Sungai Mudal. Image via: maringetrip.com

Mudal adalah sebuah mata air yang memancar dari kedalaman gua di kawasan Girimulyo, Kulon Progo. Dinamakan Mudal karena sumber air ini selalu memancarkan air sepanjang tahun hingga dapat mencukupi kebutuhan air bersih bagi warga sekitar melalui pipa-pipa.

Aliran airnya yang jernih juga meluap membentuk aliran sungai serta melewati air terjun dengan nama serupa, kemudian berlanjut hingga Air Terjun Kembang Soka dan Air Terjun Kedung Pedut yang letaknya lebih rendah.

Kolam alami berair jernih untuk berendam, berenang atau bermain air yang dibuat dengan membendung sungai menjadi sajian pembuka ketika sampai di Taman Sungai Mudal. Berbagai jenis bunga terutama anggrek, terlihat mulai ditanam di sepanjang bantaran kolam alami.

Siapapun dapat menyumbangkan benih tanaman atau bunga untuk mempercantik taman sungai melalui program “Trees of Hope”. Sebuah program titip tanam yang dilakukan di Taman Sungai Mudal sebagai usaha pelestarian lingkungan. Sehingga pengunjung kita juga ikut serta menjaga layaknya simbiosis mutualisme.

Menghayati sunyi di jembatan bambu artistik Taman Sungai Mudal
Menghayati Sunti. Image via: beritagar.id

Simak juga: wisata sekitar Jogjakarta

Lokasi Taman Sungai Mudal

Alamat Taman Sungai Mudal ini tepatnya berada di Dusun Banyunganti, Desa jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta.

Lokasi Taman Sungai Mudal ini sudah termasuk mudah serta cukup aman untuk dijangkau oleh para pengunjung. Jalan untuk menuju ke Sungai Mudal ini sudah bagus dan layak untuk dilewati, tetapi lokasi Taman ini cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta.

Rute Menuju Taman Sungai Mudal

Jarak dari pusat kota Yogyakarta ke Taman Sungai Mudal lumayan jauh yaitu sekitar 33,2 kilometer. Jarak ini memerlukan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari Kota Jogja menuju Taman Wisata Sungai Mudal  sekitar 1 jam 4 menit.

Pesona air terjunnya Taman Sungai Mudal
Pesona air terjunnya. Image via: id.pinterest.com

Rute menuju Taman Sungai Mudal ini sangat mudah untuk dijangkau. Jika berangkat dari pusat kota Yogyakarta ke arah barat menuju Jalan KH. Ahmad Dahlan, lalu melanjutkan perjalanan melewati Jalan Wates.

Sampai di pertigaan ke arah selatan melewati Jalan Ringroad Barat, kemudian di perempatan ke arah barat menuju Jalan Godean. Lalu jalan terus melewati Jalan Raya Kaligesing, sampai di Jalan Raya Kaligesing. Ikuti terus jalan yang ada hingga akhirnya sampai di Taman Sungai.

Jam Buka Taman Sungai Mudal

Lokasi wisata Taman Sungai Mudal ini buka setiap hari. Mulai buka jam 08.00, hingga tutup pada jam 17.00.

Tiket Taman Sungai Mudal

Harga tiket masuk Taman Sungai Mudal terjangkau. Pengunjung hanya dikenakan biaya sekitar Rp 6.000,-/orang. Harga tersebut sudah menjadi standar untuk memasuki tempat wisata di Kulonprogo.

Sedangkan untuk biaya parkir di Taman indah ini yaitu Rp 2.000,- untuk motor dan Rp 3.000,- untuk parkir mobil.

Jembatan bambu unik snegaja dibangun untuk memperindah suasana di Taman Sungai Mudal
Jembatan bambu Unik. Image via: tribunnews.com

Simak juga: Bayangan gunung sinduro di Embung Kledung

Fasilitas Taman Sungai Mudal

Fasilitas di taman sungai mudal masih cukup sederhana. Namun paling tidak disana sudah tersedia kamar mandi dan tempat istirahat yang berupa gazebo. Hanya saja jumlah nya masih sangat minim. Jadi ketika musim liburan pengunjung harus antri untuk ke kamar mandi sekedar ganti baju.

Di sekitar taman sungai tuk mudal sudah terdapat beberapa penjual makanan ringan dan makanan khas kulon progo, yaitu geblek dan tempe benguk.

Daya Tarik Taman Sungai Mudal

  1. Taman Ekowisata yang Indah

Taman Sungai Mudal ini berupa air terjun dan kolam pemandian yang mata air nya memancar dari kedalaman gua di daerah mudal itu sendiri. Alam yang berada di sekitarnya telah ditata sedemikian rupa untuk menyerupai sebuah taman.

Mata air alami Taman Sungai Mudal menjadi daya tarik utama lokasi ini
Mata air alami. Image via: jogjatransport.co.id

Airnya sendiri sangat jernih dan berwarna biru toska yang sangat indah. Pemandangan alamnya yang sangat menakjubkan dan suhu udara yang sejuk dikarenakan disana terdapat Tebing Gunung Kelir yang menjadi payung untuk wisatawan yang berada disana.

Aktifitas yang dapat di lakukan di Taman Sungai Mudal ini, contohnya seperti berenang, berendam, bermain air, bersantai, maupun berfoto selfie dengan background taman sungai yang sangat indah.

  1. Kolam Air Alam

Lompat ke kolam air alami taman sungai Mudal menajdi kegiatan yang menyenangkan
Lompat ke kolam. Image via: datawisata.com

SImak juga: Air Terjun Tertinggi di Indonesia, Sigura Gura

Objek yang paling menonjol di taman Sungai Mudal adalah keberadaan kolam air alami. Disekitaran kolam ini terdapat berbagai jenis bunga terutama bunga anggrek. Jadi para pengunjung dapat menikmati alam sambil belajar mengetahui jenis-jenis bunga Anggrek.

Walaupun sudah dijadikan sebagai objek wisata,  aliran dari air sungai ini masih dimanfaatkan untuk pengairan kebun dan sawah yang ada di sekitar sungai tersebut. Untuk kolam pemandian dan renang ini sendiri berada di area Kedung Gedoya.

Kolam untuk anak-anak dan dewasa mempunyai kedalaman dan luas berbeda. Untuk anak-anak dengan kedalaman sampai 1,5 meter dengan berukuran luas 7×11 meter persegi. Sedangkan untuk dewasa dengan kedalaman sampai 2 meter dan berukuran luas 7×10 meter persegi.

Disana juga telah disediakan pelampung untuk disewa oleh para pengunjung.

  1. Hiking Seru

lintasan HIking menuju taman sungai Mudal
Jembatan penghubung. Image via: kotajogja.com

Sebelum pengunjung masuk ke kawasan kolam, pengunjung harus terlebih dahulu melewati jembatan bambu. Jembatan unik nan indah ini dibangun di atas sebuah bendungan. Di samping jembatan tersebut terdapat tangga bambu yang mengantarkan para pengunjung ke Air Terjun Mudal.

Jembatan bambu di taman sungai Mudal ini juga sekaligus menjadi lintasan pengunjung ke kolam lainnya. Kolam-kolam lain itu lebih rendah dari Air Terjun Mudal.

Pada saat kemarau aliran air nya tidak terlalu deras, tetapi saat penghujan debit air sangat deras sehingga pengunjung dapat melakukan rappelling dan water canyoning di air terjun ini. Di sekitar itu terdapat gazebo-gazebo yang mempunyai atap ijuk yang digunakan untuk bersantai.

  1. Aktifitas Out-door

Camping teras taman sungai Mudal
Camping teras sungai Mudal. Image via: jogjaholic.com

Simak juga: Indahnya Bukit luas Warinding

Taman Sungai Mudal  juga memfasilitasi pengunjung yang hobi dengan kegiatan luar ruangan. Beberapa kegiatan yang difasilitasi oleh pengelola Taman ini seperti lahan untuk digunakan berkemah, flying fox, dan river tubing.

Uniknya, walau kegiatan luar ruangan dan berlokasi di pedesaan, pengelola tetap menyediakan fasilitas Wi-Fi gratis bagi para pengunjung.  Fasilitas ini diharapkan oleh pengelola taman untuk para wisatawan semakin tertarik untuk mengunjungi Taman Sungai Mudal.

Jika para pengunjung tidak terlalu menyukai wisata air, di sekitar lokasi terdapat tabing batu kapur yang bisa digunakan untuk mendaki ke bukin Watu Wayang. Disana juga dapat menemukan banyak kera ekor pandang di sepanjang jaur trekking.

Flaying Fox dari tebing di sekat taman sungai mudal
Flaying Fox Taman Sungai MUdal. Image via: 9wisata-alam

Objek Wisata Dekat Taman Sungai Mudal

Masih di wilayah Kabupaten Kulon Progo, terdapat objek wisata kalibiru. Lokasi ini berjarak 18 km dari Taman Sungai Mudal. Dengan pemandangan Waduk Sermo dan pegunungan, Kalibiru memiliki pemandangan yang spektakuler.

Tidak hanya bisa berfoto sambil menikmati pemandangan, kamu juga bisa melakukan beragam aktivitas unik seperti sepeda udara, melewati jembatan monyet hingga flying fox.  Sekitar satu kilometer dari Kalibiru terdapat alternatif spot foto gardu pandang bernama Pule Payung. Keindahannya tidak kalah dengan yang ada di Kalibiru.

Sedikit lebih jauh, dalam jarak 23 km, pengunjung bisa singgah ke Goa Kebon Krembangan. Goa ini terbilang unik karena memiliki pancaran air yang tidak pernah kering di bagian mulut goa. Sehingga banyak juga yang menyebut tempat ini sebagai Air Terjun Goa Kebon.

Itulah sedikit ulasan mengenai tempat wisata di Indonesia yang tepat berada di Kulon progo, bernama Taman Sungai Mudal. Jangan lupa ajak keluarga atau teman – teman anda berkunjung ke wisata ini agar lebih asik menikmati air dan keindahan alamnya.

Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment