Taman Wisata Karang Resik, Wisata Tasikmalaya Citarasa Korea

Taman Wisata Karang Resik atau saat ini bernama Malaya Park, merupakan tempat wisata di Tasikmalaya yang sedang hits dan kekinian banget, apalagi kita akan merasakan sensasi berkeliling 5 kota di dunia dalam satu waktu.

Serunya lagi kita bisa foto bareng sama BTS atau Blackpink loh…Ditambah lagi Taman Wisata Karang Resik juga dilengkapi dengan beberapa wahana lain yang pastinya menarik dan menyenangkan.

Ketika covid-19 melanda Indonesia di akhir tahun 2020, Taman Wisata Karang Resik sempat ditutup. Bukan hanya Karang Resik, tempat wisata lain pun ikut kena imbasnya.

Saat ini, Taman Wisata Karang Resik sudah dibuka kembali dan hadir dengan konsep baru, yakni anjungan 5 negara. Sehingga tempat wisata Tasik yang satu ini menjadi lokasi liburan yang instagramable banget deh pokoknya.

banyak banget spot fotonya
banyak banget spot fotonya. google maps. sumber: Jeanne Sanjaya

Berikut ulasan lengkap mengenai Taman Wisata Karang Resik, sebagai referensi kamu dalam berlibur di weekend ini baik bersama keluarga ataupun kekasih hati.

Lokasi dan Alamat Taman Wisata Karang Resik

Lokasi Taman Wisata Karang Resik berada di perbatasan antara Kabupaten Tasikmalaya dengan Kabupaten Ciamis. Tepatnya beralamat di Jl. Dr. Moh. Hatta No.331, Desa Sukamanah, Kecamatan Cipedes, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Rute Menuju Taman Wisata Karang Resik

Akses menuju Taman Wisata Karang Resik jika berangkat dari Alun-Alun Tasikmalaya, dengan mengarahkan kendaraanmu ke Jl. Mohammad Hatta. Kemudian dilanjutkan hingga berada di pertigaan Jl. Jend. Ahmad Yani.

Teruslah lurus hingga kemudian kamu tiba di Taman Wisata Karang Resik, lokasi wisata hits tersebut berada di sebelah kanan jalan.

Jam Buka Taman Wisata Karang Resik

Jam operasional Taman Wisata Karang Resik berbeda antara hari-hari biasa dengan akhir pekan, yakni:

  • Senin hingga Jumat dibuka mulai pukul 09.00 – 16.00
  • Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya dibuka pukul 09.00 dan tutup pada pukul 17.00
suasana ala ala korea
suasana ala ala korea. google maps. sumber: Fitri Aprillianti Lestari

Tiket Masuk Taman Wisata Karang Resik

Harga tiket masuk Taman Wisata Karang Resik terdiri dari:

  • Rp. 25.000,- untuk hari Senin hingga Jumat
  • Rp. 35.000,- untuk hari Sabtu, Minggu, dan hari libur lainnya

Anak-anak dengan usia di atas 85 cm wajib membeli satu tiket, dan kamu berhak menukarkan struk pembayaran dengan minuman dingin menyegarkan.

  • Sedangkan untuk parkir motor membayar Rp. 3.000,-
  • Dan untuk parkir mobil sebesar Rp. 5.000,-
area wonderland
area wonderland. google maps. sumber: Ima Ayla

Fasilitas Taman Wisata Karang Resik

Fasilitas yang ada di Taman Wisata Karang Resik, jangan ditanya, komplit banget deh pastinya. Yakni telah tersedianya:

  • Area parkir kendaraan yang cukup luas,
  • Toilet,
  • Mushola,
  • Restoran,
  • Wahana Seru

Daya Tarik Taman Wisata Karang Resik Tasikmalaya

Taman Wisata Karang Resik Tasikmalaya, berada di lahan seluas 32 hektar dengan memiliki banyak sekali anjungan atau wahana yang dapat kamu nikmati. Beberapa daya tarik yang dimiliki Karang Resik diantaranya:

1. Alamnya Yang Asri

alam yang asri dan cantik
alam yang asri dan cantik. google maps. sumber: Obie Savana

Ketika pertama kali menginjakkan kaki di area Karang Resik atau Malaya Park, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat asri.

Pohon-pohon hijau nan asri berpadu dengan bunga-bunga yang cantik, sejuk sekali rasanya. Hampir di setiap sudutnya dihiasi alamnya yang asri.

2. Anjungan 5 Negara

Anjungan 5 Negara di Karang Resik ini merupakan hal yang paling baru, dan kehadirannya langsung menarik pengunjung untuk berlibur di Taman Wisata Karang Resik Tasikmalaya. Anjungan 5 negara tersebut diantaranya:

  • The Delhi (Taman India),
  • Nagoya Hills (Bukit Jepang),
  • Jeju Park (Taman Korea),
  • Volendam (Taman Belanda), dan
  • Santorini (Taman Yunani).
nagoya hills
nagoya hills. google maps. sumber: Waskara Waskara

Setiap anjungan tersebut memiliki ciri khas dari masing-masing negara, misalnya di Nagoya Hills kamu akan disambut dengan gerbang tori dengan ciri khasnya ialah tiang-tiang yang berwarna merah menyala.

Lanjut ke Taman Korea, di anjungan ini terdapat Gyeongbokgung Gate yang terkenal itu. Untuk kamu para K-Popers, wajib banget datang ke Malaya Park Taman Wisata Karang Resik. Karena di sini ada Blackpink sama BTS loh….

Dan kamu juga dapat berfoto dengan memakai baju khas Korea, Hanbok, dengan membayar biaya sewa sebesar:

  • Anak-anak: Rp. 60.000,-
  • Dewasa: Rp. 75.000,-

Pakaian khas Korea tersebut dapat kamu gunakan selama 30 menit. Manfaatkan deh waktu sebaik-baiknya untuk menangkap momen seru di anjungan Korea yang satu ini.

Sedangkan The Delhi punya patung Hand Dance, di Volendam terdapat kincir angin khas Belanda, dan di Santorini ada sebuah perkampungan tradisional Yunani.

Kesemua anjungan tersebut merupakan spot foto terbaik yang dimiliki Taman Wisata Karang Resik, sangat kekinian dan instagramable banget deh.

3. Waterpark

waterpark karang resik
waterpark karang resik. google maps. sumber: arbyunOz 01

Area yang satu ini merupakan tempat favoritnya anak-anak, dimana mereka dapat bermain air sepuasnya. Di area waterpark ini juga ada seluncuran atau perosotan air dengan beragam bentuk, dan tak ketinggalan ada ember tumpahnya juga loh.

Untuk memasuki area Waterpark, kamu harus mengeluarkan biaya tambahan yakni sebesar Rp. 20.000,- per orang. Oh iya, waterpark ini khusus untuk anak-anak ya…

4. Farm House

Farm House merupakan tempat untuk mengajak anak-anak berinteraksi langsung dengan hewan peliharaan yang ada di Malaya Park Taman Wisata Karang Resik, diantaranya seperti sapi dan kelinci.

Di area ini terdapat wahana outbound yang aman untuk anak-anak, dan dapat melatih motorik mereka serta ada labirin hijau yang pastinya seru banget untuk dicoba.

taman labirin
taman labirin. google maps. sumber: Yoko . keplarak

5. Wonderland

Woderland merupakan wahana edukasi yang ada di Karang Resik, dimana kamu dapat menjajal beberapa profesi untuk dimainkan. Misalnya saja menjadi seorang masinis, pemadam kebakaran, seorang kasir, dan permainan seru lainnya.

6. Wonderful

Area yang satu ini merupakan tempat untuk kamu para pecinta permainan yang cukup ekstrim, wonderful menyajikan beberapa permainan yang dapat memacu adrenalin kamu. Seperti bermain flying fox, sepeda gantung, dan cobalah untuk berfoto di balon terbangnya.

7. Kampung Hawu

Setelah puas bermain dan eksplor wahana –wahana yang ada di Karang Resik, saatnya mengisi perut di Kampung Hawu. Ini merupakan rumah makan yang kental akan adat sunda, bahkan di Kampung Hawu terdapat beberapa permainan tradisional khas Sunda yang dapat kamu coba.

benteng bersejarah
benteng bersejarah. google maps. sumber: Rezky Ramadhani

Penutup

Taman Wisata Karang Resik atau Malaya Park, merupakan tempat wisata di Tasikmalaya yang wajib banget kamu kunjungi. Di sini semuanya ada, dan komplit banget.

Kamu juga dapat berkeliling area Karang Resik dengan menggunakan kereta api yang telah didesaign sedemikian rupa, kamu cukup membayar kira-kira sebesar Rp. 15.000,- aja.

Oh iya hampir aja lupa, ketika eksplor Kampung Korea, kamu akan mengetahui bahwa kawasan Taman Wisata Karang Resik berada di samping Sungai Citanduy.

Dan terdapat pondasi batu hitam yang cukup tinggi, yang merupakan saksi sejarah akan peristiwa Agresi Militer Belanda I pada tahun 1947.