Tebing Apparalang, Ujung Curam Yang Menyajikan Pesona Bulukumba

Pantai Tebing Apparalang ini dikelilingi dengan hamparan laut biru luas dengan bebatuan yang kokoh. Deburan ombak yang datang bergantian menghempas tebing memberikan keindahan tersendiri. Melihat pemandangan pantai ini dari tepi tebing memang selalu berhasil memberikan sensasi tersendiri.

Pantai Tebing Apparalang ini dikelilingi dengan hamparan laut biru luas dengan bebatuan yang kokoh. Deburan ombak yang datang bergantian menghempas tebing memberikan keindahan tersendiri.
Tebing Apparalang. Image via: @coimstyle

Suguhan alam berupa birunya laut nan memanjakan mata, ditambah karang-karang bawah laut yang bisa dilihat dari atas tebing, memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Bahkan, tak sedikit wisatawan yang menyandingkan Apparalang dengan panorama cantiknya Raja Ampat di Papua.

Nama Apparalang sendiri berasal dari Bahasa Konjo yaitu Appa yang berarti ujung dan Ralang yang artinya dalam atau curam. Sesuai namanya, di sini kamu akan dikelilingi dengan tebing-tebing memanjang yang curam.

Meski curam, kamu tak perlu khawatir karena di sekitar tebing terdapat jalan-jalan setapak dengan pemandangan birunya laut yang menenangkan. Embusan angin menjadi teman setia ketika berjalan di sekitar tebing.

Bagi pengunjung yang gemar mengabadikan momen melalui kamera, ini adalah kesempatan yang bagus untuk menambah koleksi. Sepanjang tepi tebing terdapat jembatan memanjang yang sangat bagus sebagai spot foto. Tinggal mengasah keahlian maka foto yang dihasilkan akan menarik.

Jembatan Laut tebing Apparalang. menjadi fasilitas andalan untuk mengambil foto indah
Jembatan Laut Apparalang. Image via: travelingyuk.com

Simak juga: Aneka wisata di Bulukumba

Lokasi Tebing Apparalang

Tebing Apparalang adalah objek wisata bahari yang berlokasi di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Lokasi indah ini berjarak sekitar 37.5 kilometer dari ibukota Kabupaten Bulukumba. Atau sekitar 190 kilometer, sekitar 5 jam perjalanan, dari Pusat Kota Makassar.

Rute Menuju Tebing Apparalang

Bagi pengunjung yang memulai perjalanan dari Makassar menuju Apparalang didahului dengan menuju kota Bulukumba. Makassar menuju Kabupaten Bulukumba sejauh 185 KM. Dari Kota Bulukumba menuju Desa Ara, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba sejauh 37,5 KM.

Dari Kota Bulukumba ikuti Jalan Poros Bira Bulukumba ke arah Tanah Lemo. Sekitar 26 kilometer dari Kantor Bupati Bulukumba, di Tanah Lemo, belok ke kiri ke jalan yang lebih kecil. Ikuti jalan sampai jalan mentok di pertigaan, belok ke kanan.

Menikmati hari dengan mengapung menggunakan pelampung di perairan tebing apparalang sungguh pengalaman yang berkesan.
Menikmati hari. Image via: @unielizeer

Sekitar 1 kilometer perhatikan sebelah kiri, ada gerbang dengan tulisan ‘Apparalang’. Dari gerbang tersebut ke Pantai Apparalang berjarak sekitar 2,5 kilometer. Jalannya sangat kecil, perlu berhati-hati kalau berpapasan dengan mobil dari arah depan.

Jangan khawatir soal lahan parkir. Tersedia lahan luas untuk parkiran. Ada beberapa warung yang menjual souvenir dan makanan serta minuman. Sekitar 200 meter pengunjung akan melihat pemandangan menakjubkan.

Akses jalan menuju lokasi ini kurang bagus naik turun. Tidak disarankan mengendarai mobil yang ceper, dikhawatirkan mobilnya bisa bermasalah dikarenakan jalanan yang kurang bagus.

Jam Buka Tebing Apparalang

Pantai wisata tebing Apparalang terbuka 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Dengan waktu operasional yang leluasa ini, pengunjung bisa leluasa menentukan waktu kunjungan.

Salah satu Spot Foto di tebing apparalang adalah dari atas tebing
Spot Foto. Image via: @chaa033

Simak juga: Wisata tepi sungai Kampung Singkur

Tiket Tebing Apparalang

Tak perlu bayar mahal untuk masuk ke Tebing Apparalang, harga tiket masuk cukuplah murah bila dibandingkan keindahan yang ada di Apparalang. Harga tiket wisatawan yang membawa mobil dikenakan tarif Rp 20.000 sebagai biaya parkir dan untuk harga per orangnya cuma Rp 5.000 saja.

Fasilitas Tebing Apparalang

Fasilitas yang disediakan pengelola Tebing Apparalang juga terbilang lengkap. Kamar mandi hingga gazebo untuk bersantai sudah ada di pantai yang dekat dengan pantai bira ini. Beberapa toko souvenir juga tersedia di Pantai Apparalang sehingga Anda bisa membeli beberapa buah tangan khasnya.

Daya Tarik Tebing Apparalang

  1. Pesona Tebing Apparalang

Pesona Tebing Apparalang yang telah tertata dengan baik.
Pesona Tebing Apparalang. Image via: beautynesiablog.id

Apparalang berasal dari Bahasa Konjo Pesisir yang dituturkan Suku Konjo Pesisir di Sulawesi Selatan. Appa artinya ujung dan Ralang berarti dalam atau curam. Sebuah nama yang sangat tepat untuk menggambarkan kondisi alam yang ada.

Dinding-dinding karang yang memanjang, berpadu dengan karang-karang yang menonjol plus jernih dan birunya laut yang bergradasi.

Apparalang berarti ujung yang curam. Di sana pengunjung dapat mencoba  meniti tebing tersebut. Menikmati bentukan alam yang luar biasa indah. Kombinasi deretan dinding tebing dan gradasi warna biru air laut.

Beberapa pengunjung menjulukinya sebagai Raja Ampat-nya Bulukumba. Namun kalau kita perhatikan, sebenarnya tentu tidak sama. Yang jelas, Tebing Apparalang memiliki karakter spot wisata yang memikat.

Panorama disini akan memanjakan mata dan menenangkan hati serta pikiran. Asyiknya lagi, kebersihan kawasan ini cukup terjaga. Pengunjung tidak akan menemukan sampah berserakan. Sebuah pertanda baik akan kesadaran masyarakat dan pengunjung yang berkunjung disini.

  1. Cliff jumping

Bagi pengunjung yang kamu yang ingin merasakan sensasi basah-basahan dengan cara tidak biasa, yang memompa adrenalin, bisa mencoba Clift jumping. Yakni masuk ke air dengan cara melompat dari tebing
Lompatan. Image via: genpi.id

Simak juga: Bumi Pelangi di Kaki Ciremai

Bagi pengunjung yang kamu yang ingin merasakan sensasi basah-basahan dengan cara tidak biasa, yang memompa adrenalin, bisa mencoba Clift jumping. Yakni masuk ke air dengan cara melompat dari tebing. Sungguh sebuah pengalaman yang menyenangkan bagi para pencinta adrenalin.

Kalau dilihat dari kamu lihat foto-foto yang tersebar di instagram, ada banyak yang melakukannya. Lautnya masih termasuk tenang tidak bergelombang besar, arusnya juga tenang. Kedalamannya pas buat kamu untuk melompat.

Tapi tetap utamakan keamanan dan keselamatan. Lebih baik tanyakan petugas pantai terlebih dahulu, mana spot yang aman untuk berenang dan melompat ke laut.

Juga sedikit catatan yang perlu diingat saat cliff jumping, adalah menggunakan kaki saat meluncur ke dalam air. Jika kamu mendarat dengan menggunakan bagian tubuh atas, risiko luka atau gegar otak tetap ada, walau mendarat di air yang empuk.

  1. Berenang

Air laut disini lumayan jernih. Asyik juga buat sekadar berenang atau juga snorkeling. Beberapa wisatawan yang datang kemari, terlihat memanfaatkan waktu untuk snorkeling dan berenang di sekitar tebing.
Berenang. Image via: phinemo.com

Air laut disini lumayan jernih. Asyik juga buat sekadar berenang atau juga snorkeling. Beberapa wisatawan yang datang kemari, terlihat memanfaatkan waktu untuk snorkeling dan berenang di sekitar tebing.

Pengunjung yang ingin mencoba berenang di pantai ini harus menjaga kehati-hatian. Bagian dasar perairan sekitar sini memiliki sederet bebatuan karang runcing. Jika tidak waspada, kaki perenang bisa terluka saat sedang asyik bermain air. Oleh karena itu, selalu jaga kewaspadaan ketika berwisata di Apparalang.

  1. Foto dan Difoto

Bagi yang suka fotografi dan suka difoto, maka Tebing Apparalang adalah tempat yang pas buatmu.
Spot Foto. Image via: @gebyar7

Simak juga: Watu Rumpuk Madiun

Bagi yang suka fotografi dan suka difoto, maka Tebing Apparalang adalah tempat yang pas buatmu.

Perjalanan jauh dari Bulukumba atau dari Makassar akan terbayar dengan suasana dan spot foto alami.

Kamu bisa foto-foto di berbagai spot dan berbagai sudut pengambilan. Mau lihat hasil foto orang lain, kamu intip saja tagar #tebingapparalang di Instagram.

Kamu bisa turun ke bawah untuk isa foto-foto atau merasakan kesegaran air laut. Ada sebuah dermaga kayu kecil, disediakan anak tangga terbuat dari kayu juga. Dibutuhkan sedikit usaha dan kehati-hatian saat menuruni ataupun menaikinya. Karena kemiringan tangganya lumayan.

Atau bisa juga foto-foto di jembatan kayu yang menghubungkan beberapa batu karang. Kamu bisa jadikan kejernihan air yang menawan sebagai latar belakangnya.

Tangga Tebing Apparalang dibuat untuk turun ke perairan, dan juga spot berfoto.
Tangga Tebing. Image via: @jjs_makassar

Simak juga: Beningnya air situ Cipanten

Objek Wisata Dekat Tebing Apparalang

Selain pantai Tebing Apparalang, Bulukumba juga punya pantai indah lainnya. Salah satunya Pantai Bira. Sunset dan sunrise di pantai bira dapat dilihat di Lautan terbuka. Saat fajar matahari terlihat keluar dari dalam lautan dan masuk kembali ke dalam lautan di saat maghrib.

Keindahan ini tidak akan didapatkan di tempat lain. Karakteristik lainnya dari pantai bira, adalah memiliki pasir pantai yang sangat halus. Bahkan karena halus nya, hingga terasa seperti tepung. Tidak banyak pantai yang memiliki pasir alami seperti ini.

Pantai indah lain di Bulukumba, adalah Pantai Ujung Tiro. Sepanjang garis pantainya, laut langsung berbatasan dengan tebing karang. Sehingga tidak ada garis pantai yang berupa pasir seperti di Pantai -pantai lainnya di Bulukumba.

Di depan pantai, Pantai Ujung Tiro memiliki berupa sebuah pulau karang yang besarnya mungkin hanya sebesar rumah. Ini membuat Pantai Ujung Tiro, jika dilihat secara sekilas mirip Tanah Lotnya Bali, atau Pantai Balekambang di  Malang.

Itulah sekilas gambaran soal keindahan dan pesona yang ditawarkan pantai Tebing Apparalang. Mulai dari tebing pantai yang indah hingga perairan yang enak untuk berenang.

Tunggu apa lagi? Segera Siapkan liburan, begitu Wabah berhenti!

Baca juga:

Leave a Comment