Tebing Apparalang, Lokasi Terbaik Menikmati Keindahan Pantai

Mayoritas para wisatawan, spot untuk menikmati keindahan pantai yaitu di pesisir, tepian, atau pasir pantai. Lalu, bagaimana cara menikmati keindahan sebuah pantai, jika pantai tersebut tidak memiliki pesisir?

Jawabannya ada di Kabupaten Bulukumba, provinsi Sulawesi Selatan. Di sana terdapat sebuah lokasi untuk menikmati sebuah pantai yang tidak memiliki pasir pantai.

Tebing Apparalang Wisata Bulukumba
Tebing Apparalang Wisata Bulukumba. Google Maps. Sumber : lh5.googleusercontent.com

Nama lokasi tersebut adalah Tebing Apparalang. Sebuah tebing batu yang sangat tinggi dan lebar, untuk menikmati indahnya pantai Apparalang.

Biasanya, pantailah yang menyuguhkan bonus sajian wisatanya berupa tebing. Namun berbeda dengan yang satu ini, justru tebinglah yang mempersembahkan bonus wisata berupa pantai yang indah.

Daya Tarik Tebing Apparalang Bulukumba Sulawesi Selatan

1. Tebing Pantai

Daya tarik yang pertama tentu saja kehadiran sebuah tebing kokoh, yang menjulang  tinggi. Di lokasi tersebut sudah terdapat jalur khusus untuk menikmati keindahan pantai.

Melihat Indahnya Pantai Dari Kejauhan
Melihat Indahnya Pantai Dari Kejauhan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Bahkan spot di tebing tersebut ada yang menjulur ke tengah pantai. Sehingga, bagi para pengunjung yang menginjakan kaki di spot itu, akan merasakan sensasi yang luar biasa.

Satu hal lagi, bahwa jalur tersebut menjadi spot yang sangat instagramable bagi wisatawan yang menyukai dunia fotografi.

Pesona Keindahan Tebing
Pesona Keindahan Tebing. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

2. Pantai Apparalang

Daya tarik selanjutnya dari Tebing Apparalang adalah pesona keindahan Pantai Apparalang. Pantai tersebut memiliki air laut yang biru, bersih, dan ombaknya tidak terlalu besar.

Indahnya Pantai Appalarang
Indahnya Pantai Appalarang. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Pantai Apparalang adalah pantai yang tidak memiliki pesisir. Namun kelemahan tersebut dapat ditutupi dengan kehadiran Tebing Apparalang. Sehingga para pengunjung masih bisa menikmati keindahannya.

Tebing Apparalang, dan Pantai Apparalang adalah perpaduan keindahan yang menjadi sebuah daya tarik bagi para wisatawan untuk datang ke objek wisata tersebut.

Spot Yang Tepat Menikmati Indahnnya Alam
Spot Yang Tepat Menikmati Indahnnya Alam. GoogleMaps.Sumber: lh5.googleusercontent.com

Aktivitas Wisata Di Tebing Apparalang

Inilah beberapa ragam aktivitas yang bisa dilakukan oleh para pengunjung saat berada di Tebing Apparalang :

1. Hunting Foto

Aktivitas wisata yang pertama adalah hunting foto. Pesatnya perkembangan dunia media sosial, khususnya selfie,  menjadi sebuah keseharian bagi masyarakat saat ini, terutama kaum milenial.

Hunting Spot Foto Terbaik
Hunting Spot Foto Terbaik. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Tebing Apparalang merupakan lokasi yang tepat bagi mereka yang mencari eksistensi di media sosial. Karena alam sekitar Tebing Apparalang mampu menjadi latar yang eksotis.

2. Cliff Jumping Dan Berenang

Aktivitas wisata yang satu ini hanya bagi mereka yang sudah mahir berenang di laut. Cliff jumping adalah aktivitas wisata yang bisa dilakukan di Tebing Apparalang.

Spot Lompatan
Spot Lompatan. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Melompat dari atas tebing menuju Pantai Apparalang memang sangat menguji adrenalin. Tetapi bagi mereka yang sudah biasa, hal tersebut menjadi sebuah keseruan yang luar biasa.

3. Hunting Kuliner Dan Merchandise

Kunjungan ke sebuah objek wisata tak lengkap rasanya jika tanpa hunting kuliner, dan merchandise khas objek wisatanya.

Lokasi Berbelanja Souvenir
Lokasi Berbelanja Souvenir. GoogleMaps. Sumber: lh5.googleusercontent.com

Di Tebing Apparalang, tepatnya setelah area parkir, terdapat warung – warung yang berderet rapih, yang menjajakan makan, serta pernak – pernik khas Tebing Apparalang.

Lokasi Tebing Apparalang

Tebing Apparalang adalah objek wisata bahari yang berlokasi di Desa Ara, Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

Lokasi indah ini berjarak sekitar 37.5 kilometer dari ibukota Kabupaten Bulukumba. Atau sekitar 190 kilometer, sekitar 5 jam perjalanan, dari Pusat Kota Makassar.

Rute Menuju Tebing Apparalang

Bagi pengunjung yang memulai perjalanan dari Makassar menuju Apparalang didahului dengan menuju kota Bulukumba. Makassar menuju Kabupaten Bulukumba sejauh 185 KM. Dari Kota Bulukumba menuju Desa Ara, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba sejauh 37,5 KM.

Dari Kota Bulukumba ikuti Jalan Poros Bira Bulukumba ke arah Tanah Lemo. Sekitar 26 kilometer dari Kantor Bupati Bulukumba, di Tanah Lemo, belok ke kiri ke jalan yang lebih kecil. Ikuti jalan sampai jalan mentok di pertigaan, belok ke kanan.

Sekitar 1 kilometer perhatikan sebelah kiri, ada gerbang dengan tulisan ‘Apparalang’. Dari gerbang tersebut ke Pantai Apparalang berjarak sekitar 2,5 kilometer. Jalannya sangat kecil, perlu berhati-hati kalau berpapasan dengan mobil dari arah depan.

Jangan khawatir soal lahan parkir. Tersedia lahan luas untuk parkiran. Ada beberapa warung yang menjual souvenir dan makanan serta minuman. Sekitar 200 meter pengunjung akan melihat pemandangan menakjubkan.

Akses jalan menuju lokasi ini kurang bagus naik turun. Tidak disarankan mengendarai mobil yang ceper, dikhawatirkan mobilnya bisa bermasalah dikarenakan jalanan yang kurang bagus.

Jam Buka Tebing Apparalang

Pantai wisata tebing Apparalang terbuka 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Dengan waktu operasional yang leluasa ini, pengunjung bisa leluasa menentukan waktu kunjungan.

Tiket Tebing Apparalang

Tak perlu bayar mahal untuk masuk ke Tebing Apparalang, harga tiket masuk cukuplah murah bila dibandingkan keindahan yang ada di Apparalang.

Harga tiket wisatawan yang membawa mobil dikenakan tarif Rp 20.000 sebagai biaya parkir, dan untuk harga per orangnya cuma Rp 5.000 saja.

Fasilitas Tebing Apparalang

Fasilitas yang disediakan pengelola Tebing Apparalang juga terbilang lengkap. Kamar mandi hingga gazebo untuk bersantai sudah ada di pantai yang dekat dengan pantai bira ini. Beberapa toko souvenir juga tersedia di Pantai Apparalang sehingga Anda bisa membeli beberapa buah tangan khasnya.

Penutup

Demikian review tentang Tebing Apparalang Wisata Bulukumba yang sangat indah. Selalu utamakan keselamatan, dan patuhi protokol kesehatan ya..


Leave a Comment