Tebing Koja, Batuan Tinggi Penghasil Foto Yang Instagramable

Tebing Koja merupakan wisata alam yang Instagramable, yang terletak di Cireundeu, Kabupaten Tangerang. Lokasi wisata yang satu ini sempat viral sekitar tahun 2017 karena banyaknya orang-orang yang berfoto dengan latar tebing tinggi mirip film Jurassic Park.

Selain berwisata modern, kamu juga dapat mengunjungi wisata alam yang menakjubkan di Tangerang, tepatnya di Kabupaten Tangerang.

tebing koja
tebing koja. google maps. sumber: Tommy Tjahjono

Simak: Lokasi wisata indah seputaran Tanggerang.

Wisata Alam Tebing Koja sendiri memiliki beberapa pintu, ada yang bernama Taman Tebing Koja adapula yang bernama Tebing Koja Kandang Godzila.

Namun semuanya mempunyai pemandangan yang sama, yakni Deretan tebing tinggi yang menghadirkan pemandangan yang sangat menakjubkan, apalagi jika menyaksikan sunset atau sunrise dari atas tebing, wow pasti tak terlupakan.

Asal Usul Nama Tebing Godzilla

Namanya memang menyeramkan, namun ternyata sangat mengagumkan. Kenapa? Karena nama tersebut diambil dari bentuk salah satu tebung batuan kapur yang bentuknya mirip dengan Godzilla.

Jika diperhatikan dengan seksama, hal itu memang benar adanya. Tebing tersebut memang mirip dengan monster kadal raksasa.

Posisinya berada di depan area tebing yang bisa langsung terlihat ketika pertama kali kamu masuk ke kawasan ini. Disinilah salah satu spot favorit pengunjung untuk berfoto.

Sejarah pembentukan Tebing Koja

banyak spot foto keren
banyak spot foto keren. google maps. sumber: tofan shys

Tebing Koja tidak terbentuk secara alami, tapi bukan pula sengaja dibuat untuk tujuan destinasi wisata. Karena lokasi ini awalnya merupakan lahan kapur yang datar.

Kemudian secara berangsur-angsur dilakukan penambangan pasir secara manual dengan menggunakan cangkul, sehingga mengakibatkan tergerusnya tanah sedalam 5 hingga 10 meter.

Karena menggunakan peralatan manual, sehingga bagian yang keras tidak digali, akhirnya menyisakan tebing-teing batu yang bentuknya tak beraturan, namun sangat eksotis.

Awalnya anak-anak penduduk lokal berfoto di tempat tersebut kemudian diupload di Facebook, sehingga banyak warga dari kota terdekat datang berkunjung bahkan ada yang menjadikannya sebagai lokasi untuk pemotretan pre-wedding.

Ragam Wisata Seru Di Tebing Koja

1. Hunting Spot Foto Kece

seru seruan bersama
seru seruan bersama. google maps. sumber: Didin Hendriana

Hal pertama yang harus kamu lakukan ialah hunting spot-spot foto kece dengan mengelilingi wilayah Taman Tebing Koja. Pastikan kamu menggunakan kacamata hitam atau topi ya, karena udara di siang hari cukup menyengat.

Selain itu gunakan alas kaki yang tidak licin dan nyaman, supaya kamu dapat memburu foto yang cantik hingga naik ke atas tebingnya.

Banyak sekali spot-spot foto yang Instagramable yang wajib kamu eksplore, apalagi dengan bentuk tebingnya yang sangat alami sehingga membuat hasil jepretan kamera menjadi semakin memuaskan.

Ngga perlu bingung harus mengambil angle yang mana yang bagus, karena sudah banyak penduduk sekitar yang akan membantumu mengarahkan dan mengambil gambar yang bagus.

Dijamin hasil fotonya akan memuaskan banget. Untuk jasa yang diberikan kamu hanya perlu membayar seikhlasnya saja, mereka ngga masang tarif kok.

2. Menantikan Sunset atau Sunrise

langit yang sangat cantik
langit yang sangat cantik. google maps. sumber: Apo Kidd

Kegiatan lain yang dapat kamu lakukan ketika berada di Tebing Koja ialah, menanti kehadiran warna alam yang amazing dan banyak dijadikan waktu terbaik untuk mengambil sebuah gambar.

Menantikan Sunset atau Sunrise di lokasi yang mengagumkan seperti ini, menjadikan pengalaman pemandangan yang tak terlupakan sepanjang hidupmu.

3. Naik Perahu

naik perahu
naik perahu. google maps. sumber: Panji Wijaya

Pencinta wisata tebing Cek: Tebing Breksi.

Satu lagi nih, keseruan yang dapat dilakukan disini, yakni naik perahu atau sampan yang hanya muat hingga 5 orang saja. Dimana kamu akan berkeliling di sebuah kolam, sambil memandangi tingginya tebing-tebing yang ada.

Banyak pengunjung yang menjadikan kegiatan tersebut untuk diabadikan dalam sebuah foto atau video. Untuk dapat bermain perahu atau sampan tersebut, kamu harus membayar tiket tambahan sebesar Rp. 10.000,- per orang.

Jika kamu ngga mau naik perahu, kamu dapat menapaki jembatan yang sengaja dibangun di sekitar kolam. Jadi, masih tetap dapat menikmati keindahan kolam tanpa harus naik perahu.

Lokasi & Alamat Tebing Koja

Secara administratif alamat tebing Koja berada di Cireundeu, Desa Cikuya, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

jembatan di sekitar kolam
jembatan di sekitar kolam. google maps. sumber: Jerry

Rute Menuju Tebing Koja

Lokasi wisata ini cukup jauh dari pusat kota Tangerang yakni sekitar 42 kilometer dengan waktu tempuh kira-kira 1.5 jam. Dan dapat dilalui dengan menggunakan motor maupun mobil.

Sebaiknya hindari menggunakan kendaraan umum, karena tidak ada angkutan umum yang akan membawamu kesana.

Kamu dapat menuju Jalan Tol dengan keluar di pintu Tol Balaraja Barat, sudah ada petunjuk yang akan mengarahkanmu menuju Tebing Koja jika sudah di Balaraja.

Setelah memasuki area Tebing Koja, jalan sudah mulai menyempit namun masih bisa dilalui oleh kendaraan mobil meski harus ada yang bersabar.

Suasana di sepanjang perjalanan masih sangat asri, nantinya kamu akan mendapati lokasi parkir yang sudah disediakan namun lokasinya masih jauh dari pintu masuk.

Teruskan saja perjalanan hingga di depan pintu masuk menuju Tebing Koja.

berfoto bersama pasangan
berfoto bersama pasangan. google maps. sumber: Dwi Kurniawan

Periksa Juga: Lokasi indah lain di Provinsi Banten.

Jam Buka Tebing Koja

Tebing Koja dibuka setiap hari mulai pukul 05.00 hingga pukul 18.00 waktu setempat.

Tiket Tebing Koja

  • Tiket masuk Tebing Koja dengan membayar Rp. 5.000,- per orang
  • Parkir Mobil sebesar Rp. 10.000,- per unit

Fasilitas Tebing Koja

Fasilitas yang ada di sekitar Tebing Koja, diantaranya:

  • Area parkir kendaraan motor maupun mobil
  • Warung-warung makanan dan minuman

Penutup

Bagaimana dengan ulasan Tebing Koja? Menakjubkan bukan? So, untuk kamu yang Instagramholic pastikan berkunjung ke Tebing Koja, weekend ini ya!


Tinggalkan komentar