Tebing Koja, Keindahan Batuan Geologi di Sarang Godzilla

Tebing Koja mulai dikenal warga karena sempat viral di jejaring sosial sekitar pertengahan tahun 2017. Di tempat ini formasi bebatuan tebingnya memang mirip dengan habitat dinosaurus di film-film dokumenter arkeologi.


Tebing Koja memancarkan pesona mistisnya di kala mendekati sunset
Tebing Koja. Image via: @felicia.navarone

Tebing Koja memiliki beberapa unsur yang menjadikannya wisata alam komplet. Ada tebing-tebing kapur menjulang indah, sawah, dan kolam hijau pekat yang bisa dijelajahi dengan sampan kecil. Semuanya tergabung dalam lahan terbuka seluas 2 hektar.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Tebing Koja adalah saat matahari terbit dan terbenam. Foto yang dihasilkan bakal terlihat lebih dramatis, karena berpadu dengan cahaya kemerahan matahari.

Asal Usul Nama Tebing Godzilla

Saat melakukan pencarian di google mengenai tebing koja, kemungkinan Google akan mengarahkan pada kata kunci Kandang Godzilla. Ini bukan google lagi eror.

Populernya nama Tebing Godzilla untuk menyebut tebing koja, ada ceritanya tersendiri. Menurut pemilik tanah, sebutan kandang Godzilla sebenarnya diberikan oleh pengunjung yang datang dan mempopulerkan lokasi ini di sosial media.

Batu berbentuk Monster Kadal Godzilla, lokasi foto pavorit di Tebing Koja.
Mejeng di atas kepala Godzilla. doubletrackers.com

Simak: Lokasi wisata indah seputaran Tanggerang.

Jika diperhatikan, ada salah satu tebing batuan kapur yang bentuknya menyerupai Godzilla. Monster kadal raksasa dari film animasi jepang, yang sudah dibuat film versi manusia oleh hollywood.

Posisinya berada di depan area tebing yang bisa langsung terlihat ketika pertama kali kamu masuk ke kawasan ini. Disinilah menjadi salah satu spot favorit pengunjung untuk berfoto ria.

Sejarah pembentukan Tebing Koja Kandang Godzilla

Tebing Koja bukan terbentuk secara alami. Tapi juga bukan sengaja dibuat untuk wisata. Menurut cerita pemilik lokasi, dulunya tidak ada tebing di daerah ini. Melainkan hanya lahan kapur yang datar.

Tapi karena selama 6 tahun dilakukan penambangan pasir secara manual menggunakan cangkul, lama-lama tergeruslah tanah tersebut hingga sedalam 5-10 meter. Karena penggalian tidak menggunakan mesin berat, maka pada beberapa bagian yang keras masih tersisa tidak tergali

Bagian yang tersisa itulah yang sekarang menjadi tebing-tebing batu yang bentuknya tak beraturan. Namun tanpa diduga ternyata tebing sisa penggalian itu membentuk formasi cantik yang terkesan alami.

Perahu di kaki Batu Godzilla tebing koja
dI kaki godzilla. Image via: @rahmancosta92_

Awalnya anak-anak penduduk lokal berfoto-foto di situ dan di upload ke Facebook. Kemudian ada warga dari kota terdekat yang melihat unggahan di Facebook dan tertarik menggunakannya untuk sebagai lokasi foto prewedding. Jadilah lokasi ini viral di media sosial sejak pertengahan tahun 2017.

Lokasi Tebing Koja

Secara administratif alamat tebing Koja berada di desa Cireundeu, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Lokasi wisata cukup jauh dari pusat kota Tangerang yakni jarak kurang lebih 42 kilometer dengan waktu tempuh 1.5 jam

Perjalanan Menuju Tebing Koja

Stasiun Maja adalah salah satu stasiun terdekat dari Tebing Koja. Untuk menuju ke sana, Anda dapat menggunakan KRL Commuter Line relasi Tanah Abang-Maja atau Tanah Abang-Rangkasbitung. Biayanya Rp 7.000.

Dari Stasiun Maja, perjalanan dilanjutkan dengan naik ojek menuju sebuah sungai yang letaknya tak jauh dari Tebing Koja . Biayanya sekitar Rp 10.000.

Seperjuangan, fote kebersamaan di tebing koja, tinggalkan kenangan yang membekas akan makna kebersamaan dengan sahabat
Seperjuangan. Image via: mytrip.co.id

Sesampainya di tepi sungai, akan ada tukang rakit untuk melayani melanjutkan perjalanan. Untuk menyeberang dipungut biaya Rp 5.000. Meski hanya terbuat dari bambu, rakit ini mampu menampung maksimal 7 orang. Pemilik rakit tinggal di sekitaran sungai, jadi Ia siap setiap saat jika ada pengunjung yang ingin menyeberang. Namun disarankan pengunjung tak menyeberang dengan rakit lewat pukul 18.00 WIB.

Jarak antara tepi sungai pendaratan rakit dan Tebing Koja sangat dekat. Pengunjung cukup berjalan sekitar 10 menit saja untuk sampai di pintu pasuk tebing. Sebelum sampai di tebing, ada berbagai spot wisata menarik yang dapat Anda kunjungi. Misalnya saja gubuk-gubuk kayu yang cantik untuk dijadikan latar berfoto. Biaya masuknya Rp 5.000 saja.

sekali dan selamanya. Tebing KOja, salah satu lokasi paforit untuk foto preweddinglokasi
Sekali dan Selamanya. Image via: https://www.instagram.com/erwindealova/

Periksa Juga: Lokasi indah lain di Provinsi Banten.

Jam Buka Tebing Koja

Tidak ada informasi pasti mengenai jam buka dan tutup lokasi wisata alternatif ini. Namun dari pengalaman pengujung, ada yang bilang jika datang jam 07.00 lokasi udah buka. Sedangkan untuk waktu tutup, kemungkinan setelah Sunset. Hal itu karena pemandangan sunset adalah salah satu tujuan utama di lokasi ini. Namun tidak bisa juga jika sampai gelap. Karena tidak adanya fasilitas penerangan. Jadi perkiraan kami lokasi ini tutup sekitar jam 18.30.

Tiket Tebing Koja

Lokasi wisata eksotis Tebing Koja tidak memerlukan biaya tiket masuk yang mahal. Pengunjung hanya membayar tiket wisata sebesar Rp. 5.000. Dengan biaya yang ringan ini pengunjung pun dapat menikmati pesona alam tebing dan bebas berfoto ria.

Fasilitas Tebing Koja

Di sekitar Tebing Koja Kandang Gozila terdapat warung makan. Di warung ini pengunjung bisa memesan makanan dan minuman yang tersedia. Ada pula tempat parkir untuk kendaraan pribadi.

Aktivitas Menarik di Tebing Koja

  1. Berburu foto cantik

Haparan bebeatuan di tebing koja, lokasipemilihan spot foto cantik
Lokasi foto cantik. Image via: kaskus.co.id

Di Tebing Koja pengunjung bisa berfoto dengan berbagai spot yang berbeda. Selain batu yang mirip Godzilla, masih ada tebing batu yang terlihat seperti gapura masuk yang bisa menjadi opsi spot foto keren untuk dibagikan ke Instagram.

Puas berfoto di bagian atas tebing, pengunjung bisa turun ke bagian bawah. Di dasar tebing terdapat area persawahan ladang sayur, dan formasi bebatuan kapur yang lebih kecil. Pengunjung dapat memilih lokasi yang tidak berair, untuk melanjutkan perburuan spot foto.

Di bagian bawah juga terdapat pondokan kecil yang bisa dipakai untuk berteduh jika kamu datang di siang hari.

  1. Foto saat Sunrise dan Sunset

Waktu sunrise. Dengan aksen kabut, membuat waktu fajar adalah waktu tepat mengambil foto bernuasa mistis.
Saat Sunrise. Image via: @nyos_item

Di Tebing Koja tidak hanya bisa menikmati tebing dan melakukan foto tebing saja. Namun, pengunjung bisa menikmati keindahan matahari terbit tenggelam. Perpaduan cantik tebing dan matahari terbit ataupun tenggelam bisa menjadi latar untuk berfoto.

Waktu terbaik untuk berburu foto di Tebing Koja adalah saat pagi dan sore hari karena perpaduan sunrise dan juga sunset dengan tebing kapur menghasilkan foto yang instagramable dan juga dramatis.

Jika hendak melihat matahari terbit, maka pengunjung harus datang lebih pagi. Kabut tipis yang dilengkapi dengan bulir embun, akan menambah nuansa syahdu. Nuansa pagi ini bisa dijadikan latar untuk foto prewedding agar lebih terasa romantic.

  1. Kolam

moment menatap harapan di tebing koja, memandang ke depan. bagai mengautkan hati untuk mencapai tujuan.
Menatap harapan. Image via: @naana1704

Di lokasi Tebing Koja terdapat kolam dengan air hijau pekat yang cukup luas. Untuk menambah daya tarik, maka pengelola menambahkan fasilitas sampan kecil. Sampan tersebut bisa muat hingga 5 orang saja. Terdapat petugas yang akan mengayuh sampan, sehingga akan lebih aman saat menaikinya.

Pengunjung bisa mengambil foto dari bawah ataupun dari sudut tertentu. Misalnya sudut yang hanya bisa diambil jika menggunakan sampan. Namun, jika ingin naik sampan tersebut, pengunjung harus membayar tiket yang berbeda dengan tiket masuk.

Keindahan kolam semakin bertambah, setelah dibangun jembatan. Jembatan tersebut berada di kolam Kandang Godzila, sehingga pengunjung bisa menikmati keindahan kolam dan Tebing Koja tanpa harus naik sampan.

Pencinta wisata tebing Cek: Tebing Breksi.

senja di Kandang Gozilla. tebing koja dengan langit berhias semburat merah
Senja di kandang Godzilla. Image via: travelingyuk.com

Tips Mengunjungi Tebing Koja

Saat mengunjungi Tebing Koja, ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan. Hal ini memang terlihat kecil namun akan sangat mengganggu jika sampai terlupakan.

  • Datanglah pada pagi hari atau sore hari. Pengelola menyarankan agar para wisatawan tak mengunjungi kawasan wisata ini pada siang hari. Siang itu terlalu panas. Untuk jalan enggak nyaman. Fotonya juga pasti menjadi terlalu banyak sinar (over lighting) hasilnya tidak bagus.
  • Gunakan sendal atau sepatu sol datar yang nyaman. Lokasi wisata ini banyak membuat pengunjung berjalan atau naik turun tangga batuan kapur. Batuan jenis ini jika basah akan jadi licin.
  • Pastikan baterai HP dan power bank dalam keadaan penuh. Akan sangat banyak kesempatan untuk mengambil foto cantik di lokasi ini. Tentu tidak lucu jika datang jauh-jauh tapi gagal ambil foto karena low bat.
  • Cari spot photo yang pas untuk hasil photo yang keren.
  • Waspada keselamatan. Tempat ini masih dikelola dengan seadanya. Termasuk belum dipasang rambu-rambu keselamatan dan peralatan keselamatan yang memadai. Jadi sebaiknya berhati hati ketika di dekat tepi tebing.
  • Patuhi peraturan yang ada termasuk soal kebersihan.
jembatan kolam tebing koja, untuk nikmati keindahan dari dalam kolam
Jembatan Kolam. Image via: algilas9b

Objek Wisata Dekat Tebing Koja

Bagi pengunjung yang terlanjur jatuh cinta pada wisata alam, setelah mengunjungi tebing Koja, bisa melanjutkan perjalanan ke Telaga biru. Telaga yang berjarak 6 km dari tebing ini menyimpan keunikan alami. Danau Biru Cisoka, memiliki 3 danau yang berbeda. Warna danau bervariasi yaitu hijau, kuning dan toska yang merupakan perpaduan warna hijau dan kuning.

Namun jika pengunjung ingin ada variasi objek wisata, bisa memilih wisata yang berbau taman modern. Salah satu taman wisata modern di dekat lokasi ini adalah citra raya water world. Taman modern ini berjarak hanya 20 km dari tebing. Beragam wahana menarik bisa dimainkan di taman rekreasi air ini. Tidak hanya permainan dan petualangan bertemakan aktivitas air tetapi permainan lain juga bisa dimainkan.

Sekian artikel tentang informasi lengkap Tebing Koja Tangerang Banten. Semoga bermanfaat bagi anda. Apabila dirasa informasi ini bermanfaat bagi teman-teman, luangkan waktu sejenak membaca artikel lain seputar review wisata di nativeindonesia.com. Terimakasih.

 

Tebing Koja, Keindahan Batuan Geologi di Sarang Godzilla
5 (100%) 1 vote[s]

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment