Telaga Arwana, Menikmati Aktivitas Pedesaan di Tengah Metropolitan

Di tengah-tengah suasana kota megapolitan seperti Jakarta rasanya hampir mustahil menemukan atmosfer pedesaan yang masih asri. Kalaupun ada, mungkin belum banyak orang tahu keberadaan destinasi wisata tersebut.


telaga arwana sebuah taman bermain yang konsentrasi pada anak unutk mengajak merek amegenali kegiatan pedesaan
Telaga Warna. Image via: wisata-tanahair.com

Telaga Arwana Cibubur memenuhi kriteria soal suasana pedesaan di tengah kota metropolitan. Dengan konsep alam terbuka, tempat ini cocok dijadikan tujuan wisata keluarga, terlebih bagi orangtua yang ingin mengajak anak-anaknya berlibur.

Berbagai fasilitas tersedia untuk memberikan wisata pendidikan yang sekaligus menghibur bagi anak-anak. Ada kolam renang, motor ATV, water park, bungee trampoline, saung mainan anak-anak, saung sawah, kebun obat-obatan. Selain itu juga tersedia kolam lumpur, tanam padi, bajak sawah dengan kerbau, kolam tangkap ikan, paintball. Bahkan juga wahana outbound seperti flying fox sepanjang 150 meter.

Setiap fasilitas sudah terstandariasasi sehingga anak-anak bisa bermain dengan aman. Area taman wisata ini pun sangat sejuk karena pepohonan memadati kawasan ini.

Selain berbagai jenis wahana permainan, Telaga Arwana juga memiliki tempat pemancingan yang diberi nama Galatama. Kolam ini lengkap dengan toko umpan yang memenuhi kebutuhan pengunjung. Pengunjung tidak perlu khawatir tersengat panas Matahari atau diguyur hujan saat memancing, sebanyak 100 lapak beratap dibangun untuk membuat pemancing nyaman.

megajak anak untuk outbound di telaga arwana menanamkan sikap positif dalam kehidupan mereka
Out bound. Image via: elviravacation

Simak juga: 10 tempat wisata hits di depok

Lokasi Telaga Arwana

Telaga arwana Cibuur berlokasi di Jalan Jambore, Pondok Ranggon, Harjamukti, Cimanggis, Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat.

Rute Menuju Telaga Arwana

Karena letaknya yang dekat dengan kota, lokasi ini bisa dijangkau dengan kendaraan umum maupun pribadi. Selain itu akses jalan juga sangat baik.

Apabila menggunakan kendaraan pribadi maka Telaga Arwana Cibubur dapat diakses melalui Tol Jagorawi. Dari pintu keluar tol Cibubur, pengunjungdapat mengambil jalan ke arah ke Kota Wisata. Ketika menemukan pom bensin Petronas, arahkan kendaraan ke Pondok Rangon, TAC berada 1 kilometer di dekat Pondok rangon.

Akan tetapi jika anda memakai kendaraan umum seperti bis umum atau angkutan lainnya juga bukan masalah besar. Pengunjung bisa berhenti di terminal bus kota Jakarta Timur. Setelah itu melanjutkan dengan menggunakan ojek ataupun kendaraan pribadi anda menuju lokasi Wisata Telaga Arwana Cibubur.

Jam Buka Telaga Arwana

Untuk berkunjung ke Telaga Arwana Cibubur ini, pengunjung bisa datang mulai jam 09.00 pagi hingga jam 17.00 sore.

wahana atv di telaga arwana mengajka anak untuk bersenang senang dan meyluran energi mereka secara positif
ATV. Image via: @igustiayuandinamaharani

Tiket Telaga Arwana

Harga tiket masuk ke TAC sebesar Rp 8 ribu per orang. Jika ingin menikmati outbound maka pengunjung perlu merogoh kocek Rp 30 ribu per orang, motor ATV Rp 10 ribu per orang, menangkap ikan Rp 20 ribu per 20 menit, dan untuk flying fox Rp 80 ribu per orang.

Fasilitas Telaga Arwana

Wisata Telaga Arwana Cibubur (TAC) bisa dibilang sebuah wisata Edukasi yang memiliki fasilitas dan pelayanan lengkap. Di antara fasilitas yang tersedia, meliputi: Area Parkir kendaraan, Mushola, Kamar mandi / MCK, Tempat Istirahat, Arena Permainan, dan juga Rumah Makan.

Aktivitas Menarik di Telaga Arwana

  1. Bajak Sawah

Wisata bajak sawah di telaga arwana memebuat anak bisa menghargai betapa besar usaha yang ada dibalik dari sepiring nasi di meja makan mereka..
Wisata bajak sawah. Image via: tribunnews.com

Simak juga: Telaga Warna.

Membajak sawah dan menanam padi ternyata bisa dikemas menjadi atraksi wisata yang menarik. Seperti dikemas Telaga Arwana Cibubur ini. Dalam kegiatan ini anak-anak diajarkan cara membajak sawah dengan menaiki kerbau, kemudian dilanjutkan menanam padi.

Dalam program ini, pengunjung anak-anak yang umumnya berasal dari metropolitan Jakarta bisa menjajal gaya hidup serta pekerjaan keseharian petani. Di awali dengan menggembala bebek, dan pergi ke sawah. Mereka menelusuri pematang sawah dengan riang gembira.

Akan sangat lucu melihat beberapa anak yang terpeleset lumpur. Namun tidak mengurangi gairah dan semangat anak-anak kota itu untuk mengecap kehidupan ala petani. Pengunjung anak yang kebanyakan tidak pernah menegnal kegiatan persawahan, kemudian belajar membajak sawah dengan menggunakan tenaga kerbau.

Walau sebagai pengunjung biasanya takut-takut pada kerbau, namun ada juga yang berani menaiki bajak kerbau. Mereka akan diajak mengelilingi pematang sawah dengan menaiki bajak kerbau. Sebuah pengalaman yang sangat berguna untuk membentuk sikap mental anak terhadap pekerjaan dan makanan.

  1. Outbound & Flying Fox

flying fox telaga arwana menanamkan rasa percaya diri dan kesiapanmengehadapi tantnagan serta mengatasi rasa takt.
Flaying fox. Image via: elviravacation

Out bound dan Flying Fox di Telaga Arwana Cibubur ini diperuntukkan bagi pengunjung anak-anak. Anak-anak diajak meluncur di lintasan flying fox dengan merintangi jembatan bambu dan jaring laba-laba terlebih dahulu.

Kegiatan Outbound sangat bagus bagi anak-anak.  Outbound menstimulasi anak untuk berpikir, merancang, bergerak dan bertindak bebas. Anak dapat berekspresi dan bereksperimen sebebas-bebasnya. Anak bisa mengungkapkan keinginan mereka dan juga perasaan. Apakah senang, takut, marah, berani, acuh, rendah diri, percaya diri, kuat, dan lain sebagainya.

Seorang anak yang pada mulanya merasa rendah diri, ketika mengikuti outbound dan berhasil menyelesaikan berbagai permainan yang menantang tentu akan membuat dirinya merasa senang dan bangga. Hal tersebut membuat kepercayaan diri pada anak tumbuh.

Outbound didominasi oleh permainan-permainan yang menantang dan memacu adrenalin. Tentu saja hal tersebut akan menumbuhkan keberanian anak. Anak diajarkan untuk tidak takut menghadapi tantangan seberat apapun.

  1. Pemancingan Gembira

Kolam pemancingan galatama di telaga arwana salah satu yang terbaik di wilayah Jakarta
Mancing nyaman. Image via: indonesiaituindah.com

Simak juga: Telaga Madirda.

Telaga Arwana juga memiliki tempat pemancingan yang diberi nama Galatama. Kolam ini lengkap dengan toko umpan yang memenuhi kebutuhan pengunjung. Pengunjung tidak perlu khawatir tersengat panas Matahari atau diguyur hujan saat memancing, sebanyak 100 lapak beratap dibangun untuk membuat pemancing nyaman.

Kolam pemancingan Galatama di kolam Telaga Arwana Cibubur ini merupakan salah satu kolam galatama yang ada di Jakarta. Lokasinya yang strategis membuat pemancing mania dapat melepas hobi yang banyak disukai oleh banyak orang.

Kolam ini sering dijadikan tempat untuk lomba mancing yang di adakan oleh IFT seperti Lomba  IFT Fourstrikes yang setiap tahun pasti selalu diadakan oleh IFT. IFT menggunakan tempat ini sebagai ajang lomba karena tempat ini memang sangat strategis dan sangat nyaman untuk para pemancing.

  1. Radio Cilik

radio cilik sebuah wahana untuk mengajak anak berani dan percaya diri berbicara di depan umum
Penyiar cilik. Image via: @telagaarwanacibubur

Pada program ini, pengunjung anak-anak di telaga arwana cibubur diajarkan bagaimana cara menjadi penyiar radio. Seperti, mengoperasikan mixer yaitu alat menggabungkan lagu.

Lalu, juga akan diajarkan bagaimana berbicara di depan mikrofon. Selain itu, sebagai penyiar juga harus memiliki pengetahuan banyak mengenai musik.

Dengan mengikuti program radio cilik, diharapkan anak-anak mendapat manfaat berupa bisa berkomunikasi dengan banyak orang. Menambah rasa percaya diri. Dan menumbuhkan keberanian untuk mengekspresikan diri.

  1. Tangkap ikan

permainan berburu ikan. di telaga arwana mengajak anak anak untuk menyalurkane nergi mereka secara positif melalui kegiatan fisik
Serunya berburu ikan. Image via: @telagaarwanacibubur

Simak juga: Telaga Ngebel.

Telaga arwana menyediakan beragam wahana hiburan untuk anak-anak. Salah satu fasilitas yang tersedia di TAC adalah wahana tangkap ikan. Wahana tangkap ikan berupa kolam ikan dengan kedalaman sekira 20 cm. Di dalam kolam tersebut dilepas sejumlah ikan mas beragam warna dengan ukuran sedang.

Pengunjung yang ingin menangkap ikan harus membeli tiket seharga Rp.20.000,- per orang. Setelah itu tiket diserahkan ke penjaga kolam. Lalu penjaga kolam memberikan serokan jaring untuk menangkap ikan dan ember buat menaruh ikan yang berhasil ditangkap.

Ikan yang berhasil ditangkap tidak boleh di bawa pulang. Setelah puas bermain, ikan dimasukkan kembali ke kolam. Menangkap ikan di kolam merupakan aktivitas yang seru dan disenangi anak-anak.

  1. Wahana lain

Melukis caping, salahs atu kegiatan kreatifitas dan seni di telaga arwana
Melukis caping. Image via: @telagaarwanacibubur

Selain kegiatan kegiatan bermanfaat di atas, ada juga beberapa kegiatan lain, seperti mengendarai motor ATV di jalur yang cukup menantang. Juga ada kegiatan Melukis Caping. Kegiatan ini berdurasi sekitar 30 menit, anak-anak berkreasi melukis di atas caping setelah selesai caping bisa dibawa pulang.

Ada juga fasilitas Kolam Renang, dimana Anak-anak bisa bermain air dan berenang sepuasnya. Juga ada kegiatan Bermain Keramik / Fun with Clay. Diprogram ini anak-anakdiajarkan cara membuat keramik dengan tehnik putar dan tehnik cetak, dengan berbagai macam motif yang lucu dan unik, hasilnya juga bisa dibawa pulang sebagai kenang-kenangan.

  1. Kuliner

Restoran Mang Engking cukup terkenal di kawasan TAC. Membawa konsep Sunda yang kental, pengunjung dapat menikmati resep orisinil Bumi Parahyangan. Santapan menjadi lebih nikmat karena tersedia gubug dan saung yang mengatapi, pemandangan yang ditawarkan pun sangat nyaman dengan adanya taman dan kolam ikan.

Kuliner mang engking di telaga warna memebrikan masakan tradisional jawa barat.
Kuliner mang engking. Image via: jejakpiknik.com

Simak juga: Telaga Sarangan.

Menu favorit di sini antara lain udang bakar madu, gurame cobek, tumis kangkung dan kepiting saus padang. Berbagai minuman tradisional seperti es cincau dan es kelapa muda pun memperkaya daftar menu.

Tips wisata ke Telaga Arwana Cibubur

Saat mengajak anak untuk berkunjung ke Telaga Arwana Cibubur, ada baiknya memperhatikan beberapa tips berikut.

  • Ada baiknya kenakan pakaian tertutup untuk buah hati agar terhindar dari sengatan matahari.
  • Sebelum melakukan kegiatan di TAC pastikan anak Bunda sudah sarapan karena kegiatan di luar ruangan seperti ini menuntut stamina yang ok.
  • Bawa bedak atau minyak penawar gatal untuk melindungi buah hati Bunda dari gangguan gatal biang keringat atau gangguan gatal efek main lumpur.
Kolam permainan anak salah satu wahana water park di telaga arwana utnuk mengajak anak riang gembira dan berinteraksi sosial.
Kolam permainan anak. Image via: tempatwisataseru.com

Objek Wisata Dekat Telaga Arwana

Setelah puas bermain dengan alam, anak-anak bisa diajak untuk melanjutkan kunjungan ke wisata budaya. Pilihan terdekat dan terlengkap tentu saja Taman Mini Indonesia Indah, yang berjarak hanya 15 km dari telaga arwana. TMII merupakan taman miniatur yang mendokumentasikan kebudayaan daerah seluruh Indonesia di dalam 1 taman rekreasi.

Objek wisata lain yang tidak kalah menarik, adalah museum layan-layang. Sebuah museum unik yang mungkin hanya ada di Jakarta. Museum ini berjarak 24 km dari telaga arwana. Layang-layang yang dikoleksi museum berasal dari Indonesia dan negara asing seperti Tiongkok, Jepang, Belanda, Vietnam dan beberapa negara lainnya. Museum ini memiliki beberapa layang-layang berukuran raksasa terbesar di tanah air seperti “Megaray” berukuran 9 x 26 meter.

Semoga informasi seputar Telaga Arwana Cibubur ini bisa berguna untuk anda. Selamat berlibur.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment