Telaga Biru Cisoka, Eloknya Kawasan Bekas Galian Tambang Pasir

0

Indonesia mempunyai segala potensi alam yang luar biasa. Bahkan, alam buatan pun bisa menjadi sangat menarik untuk dikunjungi. Menariknya lagi dengan hadirnya fenomena dari media sosial dengan selfie dan wefie, membuat pariwisata di Indonesia tumbuh dengan pesat. Kebanyakan dari mereka dikenal karena viral.

Saat ini di wilayah Tangerang, sedang banyak diperbincangkan tentang sebuah kawasan wisata yang cukup unik keindahnya. Sebuah telaga yang cantik nan romantis dengan berbagai macam spot foto menarik. Tempat wisata tersebut adalah Telaga Biru Cisoka.

dago dream park

dago dream park info

Telaga Biru Cisoka View
Image via: www.instagram.com/fotonyaaldo

Catatan Sejarah Telaga Biru Cisoka

Catatan sejarah menulis, telaga ini berasal dari sebuah penambangan yang dlakukan pada tahun 1999 hingga tahun 2005. Kemudian, ditinggalkan dan tidak terurus lagi. Bekas galian ini membentuk sebuah cekungan yang cukup besar. Akibat curah hujan yang cukup tinggi, akhirnya cekungan ini terisi oleh air.

Semakin hari, semain banyak air yang memenuhi cekungan sehingga menjadi danau. Kurang lebih ada 3 bekas galian pasir yang bisa dilihat di kawasan ini uniknya lagi, warna air bukanlah biru seperti yang dilihat saat ini melainkan, keruh dan kotor. Seiring berjalannya waktu partikel-partikel yang membuat keruh tersebut tenggelam.

Setelah partikel ini tenggelam, warna air di telaga ini berubah menjadi biru. Bukan karena sebuah mitos dan misteri melainkan karena faktor alam yaitu tingkat keasaaman telaga ini begitu tinggu. Sama halnya dengan tingkat keasaaman di wilayah gunung Ijen Banyuwangi yang juga sangat tinggi.

Selain tingkat asamnya, ternyata telaga ini pun memiliki alga atau tanaman air yang terbukti ampuh mampu merubah warna air. Apalagi, saat terkena sinar matahari. Warna air ini pasti berubah sesuai dengan warna dari alga tersebut.

Baca Juga :  Pantai Baron, Selalu di Hati dan Tidak Akan Pernah Mati

Jumlah telaga disini ada 3, dimana memiliki kedalaman yang berbeda-beda. Telaga pertama dengan kedalaman 5 meter. Telaga inilah yang akan menyambut Sobat Native. Dengan warnanya yang biru kehijauan. Kemudian, telaga ke dua memiliki kedalaman sekitar 15 meter. Kemudian, Telaga ketiga memiliki kedalaman sekitar 20 meter.

Telaga Biru Cisoka View 1
Image via: www.instagram.com/dindadaniya

Apa yang Menarik?

Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah apa yang menarik dari telaga bekas penambangan pasir ini. Keindahannya berada di air telaga yang sangat mencolok. Dimana, sobat Native bisa melihat warna air ini biru tetapi, juga bisa berubah menjadi hijau. Warna ini yang dianggap warga bila kawasan ini cukup angker.

Tetapi, bila dilihat dari ilmu alami. Perubahan warna ini memang didasarkan karena tingkat asam dan alga seperti yang sudah disebutkan diatas. Jadi, kehadiran asam yang tinggi ini bisa dijadikan sebagai peringatan bagi Sobat Native agar berhati-hati. Bisa-bisa kulit Sobat Native terluka.

Apabila, dilihat lebih dalam. Rasanya tidak mungkin, keindahan telaga ini terbentuk dari sebuah galian pasir. Airnya yang begitu jernih, apalagi, saat Sobat Native mengambil sudut foto dan gambar yang pas. Pasti akan menipu setiap orang yang melihatnya.

Sobat native akan disambut dengan dua telaga langsung. Dimana, telaga pertama memiliki latar belakang tebing pasir yang mengesankan. Telaga yang kedua airnya sedikit berwarna putih. Penyambutan yang cukup menarik diantara dua sisi saat Sobat native datang. Keindahan yang tersaji ini benar-benar melelehkan mata.

Semua wisatawan pun akan geram dan gemes untuk segera melakukan aksi dan bergaya dengan berbagai macam pose. Hanya saja, saat siang hari, kawasan ini akan sangat terik sekali, dan terlihat sangat gersang. Disarankan, Sobat native datang ke tempat ini pada sore hari atau pagi hari, dimana sinar matahari masih tampak malu-malu.

Baca Juga :  13 Tempat Wisata di Cirebon Yang Perlu Anda Kunjungi

Ada begitu banyak spot foto yang sudah tersedia disini. Spot kekinian ini memang menjadi salah satu daya tarik yang tidak bisa terhindarkan. Apalagi, dengan latar belakang pepohonan yang hijau, menambah keindahan kawasan ini.

Telaga Biru Cisoka Boat
Image via: www.instagram.com/yuana.arshndi_
Telaga Biru Cisoka Photo Spot 1
Image via: www.instagram.com/liamellya69
Telaga Biru Cisoka Photo Spot 2
Image via: www.instagram.com/reymelda_yohanna

Sobat Native pun bisa mengelilingi danau ini dengan menyewa perahu yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Harga sewa perahu ini cukup murah hanya dengan 20 ribu saja. Sobat native bisa menikmati aksi romantis bersama dengan orang yang dicintai. Dengan perahu ini, sobat native bisa membawanya menuju ke titik-titik instagramable.

Mau bersantai saja menikmati hari dengan secangkir kopi? Kawasan ini sudah tersedia gubuk kopi yang menyediakan berbagai macam jenis kopi dengan cita rasa yang cukup nikmat. Ada pula para petugas dengan seragam pink yang cukup ramah, yang akan menyapa Sobat native.

Hal yang menarik yang bisa dirasakan di tempat ini adalah nuansa pedesaan yang akan sangat terasa. Teduh, tenang dan terbebas dari hiruk pikuk perkotaan. Berada disini akan membuat Sobat Native fresh dan mampu melepas penat serta tuntutan pekerjaan yang menumpuk.

Alamat Dan Rute Lokasi

Alamat kawasan ini berada di jalan cigaru cisoka, Desa Sukatani, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Ada dua alternatif yang bisa ditempuh Sobat Native. Bisa naik transportasi umum bisa juga naik kendaraan pribadi.

Sobat Native yang memilih untuk naik kendaraan pribadi, Sobat Native bisa mulai dari Pusat Kota Tangerang. Arahkan kendaraan menuju ke Jalan Pemda Tigareksa. Saat Sobat Native masuk di bunderan tigaraksa, arahkan kendaraan menuju ke Cisoka dengan belok kearah kanan.

Baca Juga :  12 Tujuan wisata di Banten dan sekitarnya

7km dari sini ada papan nama SMPN 1 Cisoka lalu, belok ke kiri. Setelah belok ke kiri, Sobat Native akan sampai di tempat ini dengan menempuh 2 km lagi. Jarak yang cukup jauh memang tetapi, semua akan terbayarkan bila sudah sampai di kawasan ini melihat keindahan yang ditawarkan.

Alternatif kedua adalah naik Transportasi umum. Sobat Native bisa naik kereta api terlebih dahulu dengan naik KRL dari Stasiun Tanah Abang –Maja. Kemudian turun di Stasiun Tigaraksa. Lanjutkan, perjalanan dengan menggunakan angkutan umum dengan jurusan Adiyasa – Balaraja. Hanya saja, untuk meraih angkot ini, Sobat Native harus berjalan terlebih dahulu sekitar 300 meter.

Bilang kepada sopir angkot untuk turun di pertigaan gang SMAN 08 Cisoka. Sampai di depan gang, Sobat Native bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki atau memilih untuk naik ojek yang juga sudah tersedia di tempat ini.

Telaga Biru Cisoka Flying Bike
Image via: www.instagram.com/nuryanaerwin
Telaga Biru Cisoka Flying Fox
Image via: www.instagram.com/ogisatria29

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuk, kawasan ini tidak menerapkan harga tiket. Tetapi, Sobat Native yang membawa kendaraan pribadi harus merogoh kocek lebih dalam. Dimana, biaya parkir untuk mobil ditarik 10 ribu rupiah. Untuk motor ditarik 5 ribu rupiah.

Jam operasional kawasan ini buka dari pukul 7 pagi hingga pukul 6 sore. Waktu yang cukup panjang untuk Sobat Native menikmati kawasan yang sepertinya tampak sangat sempurna.

Telaga Cisoka, Tangerang adalah kawasan wisata yang dimiliki oleh provinsi Banten. Dengan berbagai macam spot foto membuat semua orang pun pasti akan tergoda untuk datang ke kawasan ini. Jika, mereka sudah kesini. Kapan sobat Native akan pergi kesini?

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.