Telaga Remis, Tempat Wisata Paling Romantis

|

Telaga Remis menjadi tempat wisata yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan, tepatnya di tahun 1980 hingga 1990-an.

Bahkan karena ramainya pengunjung yang datang, tempat wisata ini sampai dibuatkan lagu oleh Nano S. dengan judul lagu Telaga Reumis dan dinyanyikan oleh Nining Meida.

Telaga Remis tentu menjadi lokasi yang romantis, apalagi kalau anda berkunjung dengan kekasih hati. Seperti halnya lagu romantis berbahasa Sunda tersebut.

telaga remis
telaga remis. google maps. sumber: Jaya jaya

simak juga: bukit gronggong

Membahas soal tempat wisata Telaga Remis ini rasanya menjadi tempat yang paling lengkap ya. Mulai dari suasana yang nyaman, suhu di Telaga Remis juga terkenal dengan kesejukannya, dan tidak hanya itu Telaga Remis juga terkenal dengan keromantisannya.

Berikut deskripsi tentang Telaga Remis untuk anda yang ingin mengistirahatkan raga dan jiwa dengan suasana alam yang sejuk.

Lokasi Telaga Remis

Telaga Remis menjadi bagian dari Wisata Cirebon yang paling banyak didatangi oleh para wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia.

Mungkin anda akan sedikit kebingungan mengenai dimana lokasi Telaga Remis, karena secara administratif berada di Kabupaten Kuningan namun secara geografis lebih dekat ke Kota Cirebon. Oleh karenanya banyak juga pengunjung yang menyebut Telaga Remis Cirebon, atau Telaga Remis Kuningan.

Secara adminitratif tempat wisata Telaga Remis ini berada di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

gowes ke talaga remis
gowes ke talaga remis. google maps. sumber: Doni Pbb

simak juga: bukit bambu

Rute Menuju Telaga Remis

Apabila anda berangkat dari Terminal Harjamukti Cirebon tinggal mengarahkan kendaraanmu ke selatan untuk menuju Jalan Pantura.

Ambil Jalan Kalitanjung hingga tiba di Jalan Sunan Malik Ibrahim, terus saja melaju hingga tiba di Jalan Cisaat – Kramat. Selanjutnya tinggal mencari lokasi dari tempat wisata Telaga Remis. Rute yang dituju dapat pula mengikuti arahan ke Desa Wisata Cikalahang, karena searah.

Jam Buka Telaga Remis

Bagi anda yang berniat menghabiskan waktu liburan di Telaga Remis, anda bisa mengunjunginya mulai pukul 08.00 sampai dengan 17.00 WIB. Setiap hari Senin hingga Minggu.

area parkir kendaraan
area parkir kendaraan. google maps. sumber: Sausan A

simak juga: belawa cirebon

Harga Tiket Telaga Remis

  • Harga tiket masuk ke Telaga Remis sebesar Rp. 7.500,-
  • Parkir mobil dengan membayar sebesar Rp. 5.000,-
  • Parkir motor membayar Rp. 3.000,-

Fasilitas Telaga Remis

Sebagai tempat wisata yang dikenal lebih dari 50 tahun tentu fasilitas yang disediakan di Telaga Remis semakin meningkat setiap tahunnya, fasilitas yang bisa anda jumpai ketika berkunjung kesini diantaranya:

  • Gazebo,
  • Warung Makanan dan Oleh-oleh,
  • Penyewaan tikar,
  • Ayunan Air,
  • Area parkir kendaraan,
hunting foto
hunting foto. google maps. sumber: House Of Janah

simak juga: kawasan batik trusmi

Mitos dan Misteri Telaga Remis

Banyak kisah yang melatarbelakangi Telaga Remis, ada yang mengatakan bahwa sejarah Telaga Remis ini terbentuk dari air mata Pangeran Selingsingan yang menangis tiada henti dikarenakan mendengar nasihat dari Elang Sutajaya kepada Pangeran Purabaya.

Sehingga Telaga Remis ini disimbolkan sebagai simbol kerendahan hati dari seorang pangeran muslim yakni Pangeran Selingsingan.

Hingga muncullah mitos bahwa pengunjung yang datang dilarang untuk berpacaran di sekitar Telaga Remis, jika melanggar maka hubungannya akan berakhir begitu saja.

Hal tersebut memanglah tidak dapat dibuktikan kebenarannya, namun bukan berarti kita tidak menghormati dan menghargai kisah yang berkembang tentang Telaga Remis.

pemandangan alam yang sejuk
pemandangan alam yang sejuk. google maps. sumber: Yofanca Meinofilsa

simak juga: keraton kasepuhan cirebon

Daya Tarik Telaga Remis

1. Pemandangan Alam

Siapa yang tidak tahu akan keindahan alam Telaga Remis, hamparan Telaga yang luas dikelilingi pohon-pohon besar yang menambah kesegaran. Dengan luas telaga atau danaunya sekitar 3,25 hektar.

Selain itu, sepanjang hari telinga mu akan dimanjakan dengan suara burung yang berkicau bersahutan. Sungguh suasana yang tepat untung menenangkan pikiranmu dari penatnya kehidupan kota yang penuh bising dan polusi.

Telaga Remis berasal dari kata Telaga dan Remis, yang diambil dari bahasa sunda. Telaga artinya sebuah danau, sedangkan remis ialah sejenis kerang yang berwarna kuning. Dan kerang tersebut banyak terdapat di sekitar telaga.

wahana permainan yang ada
wahana permainan yang ada. google maps. sumber: Agung Munizar

simak juga: makam sunan gunung jati

2. Ragam Wahana Permainan

Selain menikmati alamnya yang sejuk, di sekitar Telaga Remis juga terdapat beberapa wahana permainan yang dapat anda coba. Beberapa diantaranya:

  • Bebek-bebekan,
  • Perahu,

Untuk dapat menikmati wahana tersebut anda harus mengeluarkan biaya tambahan.

Penutup

Itulah informasi wisata alam Telaga Remis yang bisa anda jadikan referensi berlibur diakhir pekan ini bersama pasangan, keluarga, kawan tongkrongan, teman kerja dan lainnya.

Tetap jaga protokol kesehatan ya, juga tetap sama-sama menjaga lingkungan dari sampah. Mari kita jaga wisata alam Indonesia dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Selamat berlibur.