Telaga Warna Dieng, Telaga Berwarna Unik di Dieng Plateau

Dataran tinggi Dieng menyajikan berjuta keindahan yang mempesona. Dataran tinggi dieng memiliki keindahan alam dan kekayaan budaya yang luar biasa. Di wilayah ini, selain landscape perbukitan luas dengan rimbun pepohonan hijau dan candi Hindu bermotif indah, juga terdapat 5 telaga yang menawan.


Telaga Merdada, Telaga Cebong, Telaga Pengilon, Telaga Warna, dan Telaga Menjir. Diantara 5 telaga dataran tinggi itu, telaga Warna menyuguhkan keistimewaan. Air telaga warna bisa berubah ubah warna. Ini mengingatkan pada danau 3 warna danau Kelimutu NTT yang juga ada di dataran tinggi vulkanik.

telaga warna dieng
Telaga warna dieng. Image via: @iwanbossman

Telaga Warna Dieng

Telaga Warna yang indah dan alami dan menjadi sebuah ikon bagi kabupaten Wonosobo. Harmoni alam yang masit alami, berpadu dengan kesejukan atmosfer dataran tinggi membuat suasana di Telaga Warna Dieng membuat nyaman dan betah untuk bersantai.

Suasana mistis yang ditimbulkan oleh kabut putih, ditambah pohon-pohon rindang tinggi yang mengelilingi danau, memancarkan fibrasi ketenangan, halus dan relaksasi. Bisa dipastikan merupakan sebuah kerugian jika Kunjungan ke Dieng tidak dilengkapi dengan singgah ke danau ini.

telaga warna dieng 2
Telaga warna dieng nan hijau. Image via: @deviariansyah

Simak juga: daftar tempat wisata di Dieng

Telaga ini diberi nama Telaga Warna, karena fakta soal perubahan warna air danau yang berubah ubah. Sewaktu-waktu bisa hijau, kuning, ungu atau bahkan warna pelangi. Secara ilmiah ini dijelaskan sebagai akibat dari kandungan sulfur yang tinggi pada air danau.

Ketika matahari menyinari air berkadar sulfur tinggi, air akan memantulkan warna bervariasi.

Menyepi menyendiri di antara perbukitan di ketinggian lebih dari 2.000 meter di atas permukaan laut, tidak membuat Telaga Warna sepi pengunjung. Keindahan dan misteri yang dimilki danau, bagaikan wajah ayu dan senyum manis gadis pingitan, yang membuat banyak pemuda penasaran. Di antara objek wisata di dataran tinggi dieng, danau warna tergolong yang paling ramai dikunjungi.

Bagi masyarakat sekitar telaga, Telaga Warna juga sangat berguna. Mereka menggunakan air danau sebagai sumber untuk mengairi perkebunan kentang dan kubis yang menjadi komoditi pertanian utama daerah ini.

telaga warna dieng 3
Cantiknya telaga warna dieng. Image via: @halodieng

Akses Menuju Telaga Warna Dieng

Telaga Warna Dieng Berada di Desa Dieng, Kecamatan Kejajar, Wonosobo.

Cara termudah untuk sampai ke dataran tinggi Dieng adalah dengan mobil pribadi. Dibutuhkan sekitar tiga jam perjalanan dari Yogyakarta atau hanya 25 km dari Wonosobo.  Untuk kendaraan pengunjung, parkiran tersedia di dekat situs utama.

Dianjurkan untuk berangkat ke dataran tinggi lebih awal agar bisa mencapai lokasi sebelum tengah hari. Karena ketinggiannya, dataran tinggi sering tertutup kabut pada sore hari, kawatirnya membahayakan bagi pengemudi yang belum terbiasa dengan kabut.

Dengan angkutan umum, pengunjung dapat mengambil bus dari Yogya ke Magelang dan mengganti ke Wonosobo. Dari Wonosobo, mengambil minibus ke Desa Dieng. Situs di dataran tinggi dapat dicapai dengan berjalan kaki dari desa Dieng.

telaga warna dieng 4
Bersantai nikmati keindahan .Image via: @petak_9_dieng_bukit_sidengkeng

Simak: review wisata Candi Arjuna

Jam Buka Telaga Warna Dieng

Telaga warna dieng dibuka untuk kunjungan umum pada jam: 08.00 pagi sampai jam  – 17.00 sore.

Tiket Masuk Telaga Warna Dieng

Tiket masuk telawa warna dieng 2019 ada kenaikan dari Tiket masuk telawa warna diang 2018. Kenaikan itu berlaku pertanggal 15 April 2019.

Tiket masuk telaga warna dieng, jadi satu dengan tiket masuk telaga Pengilon, yakni sebesar Rp 12.500 untuk Senin-jumat, dan Rp 15.000 untuk akhir pekan. Harga ini khusus untuk pengunjung indonesia. Sedangkan pengunjung asing, dikenakan tarif tiket Rp 100.000 di hari kerja dan Rp 150.000 di akhir pekan.

Fasilitas Telaga Warna Dieng

Wisata telaga warna dieng menyediakan berbagai fasilitas pendukung kenyamanan bagi pngunjung dalam menikmati keindahan danau ini. Fasilitas yang tersedia meliputi: areal parkir yang luas, mushola, kamar mandi atau WC umum, warung makan, dan pedestrian.

Semua fasilitas yang tersedia sudah memiliki sudah memadai untuk mendukung kegiatan wisata dan tidak akan membuat kecewa.

Legenda Telaga Warna Dieng

berduaan
Indahnya danau ini seindah cinta kita!. Image via: @petak_9_dieng_bukit_sidengkeng

Ada banyak versi cerita legenda terbentuknya Telaga Warna Dieng. Ada versi mengenai Telaga warna yang dipercaya sebagai tempat mandi para bidadari. Masyarakat mempercayai tempat ini sebagai tempat bidadari bermain-main air.

Versi lain bercerita tentang cincin bangsawan yang amat sakti. Warna warni air telaga yang berubah-ubah, hijau keemasan, biru hingga merah, dianggap sebagai luruhan warna cincin bangsawan yang terlempar ke tengah telaga.

Dari berbagai versi yang ada, nativeindonesia.com ingin menyuguhkan versi yang yang dapat diambil nilai moralnya. Versi mengenai penghargaan terhadap keseriusan, komitmen, detail, kesungguhan, dan ketekunan dalam menunaikan pekerjaan. Bukan sekedar cepat dan asal jadi saja.

Versi ini mengenai ratu penguasa samudera yang memiliki putri cantik jelita. Kecantikan sang putri amat terkenal, hingga menarik dua kesatria tampan untuk meminangnya. Sang Ratu kebingungan saat harus memilih salah satu. Akhirnya ia memutuskan untuk membuat sayembara lomba membuat telaga.

Sunrise-di-Petak-9-Telaga-Warna-Dieng
Sunrise telaga warna, dari ketinggian Bukit sidengkeng. Image via: wisatadieng

Perlombaan dimulai. Terciptalah Telaga Menjer yang lebih cepat selesai dan Telaga Pengilon yang selesai belakangan. Sesuai syarat, maka ksatria pembuat telaga tercepat itulah yang menikah dengan sang putri.

Dalam hitungan hari usai pernikahan, Sang Ratu bersama putrinya berkunjung ke Dieng. Mereka menikmati panorama Dieng dan melihat dua telaga. Usai melihat telaga itu, Sang Ratu tahu bahwa telaga buatan menantunya tidak lebih bagus dari telaga buatan ksatria lain, kendati selesai lebih cepat. Airnyapun beriak dan tidak tenang.

Telaga buatan ksatria lain lebih indah, airnya jernih dan tidak beriak, meski selesai lebih lama. Iapun menyadari ketekunan dan kesungguhan yang dipunyai ksatria lain itu. Sang Ratu lantas membatalkan pernikahan putrinya, dan menikahkannya dengan ksatria pembuat telaga yang lebih indah.

Ratu dan putrinya menyukai Telaga Pengilon dan mandi di sana. Mereka menaruh baju di ranting pohon. Angin lantas menerbangkannya dan jatuh ke telaga lain di samping Telaga Pengilon. Seketika, air telaga itu berubah menjadi berwarna warni. Hijau keemasan, biru dan merah.

Aktivitas Menarik di Telaga Warna Dieng

Trekking

bukit sidengkeng
Gardu pandang bukit sidengkeng. Image via: tripadvisor

Berjalan kaki menyusuri jalan setapak menaiki perbukitan menjadi aktivitas menyenangkan bagi yang ingin menyaksikan landscap pesona alam Telaga Warna dari sudut pandang yang berbeda.

Berjalan kaki menuju spot puncak Bukit Sidengkeng merupakan pilihan yang tepat. Tak memerlukan waktu lama untuk mendaki bukit ini. Di puncak bukit disediakan sebuah gardu pandang yang photogenic untuk memandang lepas Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari ketinggian.

Menikmati Taman Bunga

taman bunga
Ketemu nobita di taman bunga. Image via: @petak_9_dieng_bukit_sidengkeng

Saat pengunjung berjalan kaki melalui jalur Bukit Sidengkeng, kita akan melintasi taman bunga yang berada di depan gerbang Bukit Sidengkeng. Taman ini bernama Wana Wisata Petak Sembilan Bukit Sidengkeng.

Ada sekitar 75 spesies tanaman bunga yang tumbuh di taman ini. Salah satu yang menjadi primadona adalah bunga pancawarna. Bunga yang bernama latin bunga Hortensia ini wujud bunganya nampak berwarna putih, namun bunga tersebut bisa berubah warnanya jika PH tanahnya diubah.

Menikmati Landscape Telaga

landscape danau
Landscape telaga warna dieng. Image via: bukitsikunirdieng.com

Menikmati landscape Telaga Warna dan Telaga Pengilon di pagi hari menjadi menu sarapan yang sempurna. Berselaras dengan alam di pagi, saat embun mulai ditimpa hangatnya sinar matahari,menambahkan aroma magis. Sungguh suasana yang tidak bsia terlupakan dalam waktu panjang.

Sunyinya suasana kawasan ini dapat menyegarkan pikiran dari segala kepenatan yang ada di kepala. Dalam sesaat, semua beban, masalah, tekanan pekerjaan, dalam kehidupan mendadak menguap menghilang saat berada di sini.

Photo Hunting

spot foto
Foto instagramable. Image via: tempatwisataindonesia

Saat mengunjungi lokasi wisata, berburu photo telah menjadi aktifitas wajib di masa ini. Di kawasan wisata Telaga Warna ini, banyak spot photogenic yang dapat dieksplore untu menghasilkan foto foto instagramable.

Namun kondisi sempurna untuk berburu photo baru akan bisa diperoleh saat cuaca cerah. Saat mendung mngkin hasil photo kurnag maksimal, karena faktor pencahayaan.

Batu Pandang Dieng

Batu Pandang Dieng
Batu Pandang Dieng. Image via: mangkatdolan

Pengunjung yang mengunjungi telawa warna dieng sangat sayang jika tidak datang ke tempat Batu Pandang Dieng ini. Terletak di sebelah Dieng Plateau Theatre, lokasi ini menjadi idola bagi kalangan pengunjung. Karena di tempat ini pengunjung dapat melihat keindahan Telaga Warna Dieng dari atas bukit batu yang menonjol.

Dari atas batu ini pengunjung  disuguhi pemandangan yang luar biasa. Keindahan Telaga Warna Dieng dari atas awan dapat dilihat dengan jelas dari atas Batu Pandang. Pengunjung  bisa berfoto dengan latar dua telaga kembar yang berdampingan di kanan dan kiri.

Daya Tarik Lain Dekat Danau Warna Dieng

goa semar
Patung di depan Goa Semar. Image via: shintanod

Di sekitar Telaga Warna, banyak terdapat goa yang seringkali dijadikan tempat meditasi oleh orang-orang yang memiliki kepercayaan tersebut. Diantaranya Goa Semar, Goa Sumur dan Goa Jaran.

Goa Semar sendiri dikenal sebagai tempat pertapaan Mandalasari Begawan Sampurna Jati. Sementara Goa Sumur, memiliki mata air yang dinamakan Tirta Perwita Sari. Artinya mata air kehidupan. Goa Jaran yang berarti goa kuda. Dianggap sebagai perlambangan nafsu liar kuda. Manusiapun memiliki sebagian nafsu liar tersebut yang harus bisa dikendalikan.

Jika ingin merasakan hawa dingin layaknya di Eropa, bisa menginap di homestay di sekitar lokasi. Harganya relatif terjangkau. Makan rumah makan yang ada di dekatnyapun juga relatif murah

Demikian nativeindonesia.com bisa memberikan beberpa informasi mengenai beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukans aat berkunjung ke danau warna dieng.  Yang penting untuk diingat ketika menjadwalkan kunjungan ke Dieng adalah pastikan hari itu cuaca akan cerah.

Baca juga:

Artikel lainnya:

Leave a Comment